header permata pengalamanku

11 Tips Packing Ransel untuk Bepergian Sekeluarga

10 komentar

tips packing ransel

Untuk persiapan jalan-jalan atau staycation, aku biasa sediakan satu tas yang siap dibawa kapan saja. Setelah mengetahui apa aja barang yang dibawa bepergian, aku pun menerapkan tips packing ransel berikut ini.

1. Pilih Tas yang Tepat

Enggak semua tas bisa dipakai bepergian. Yang pertama, ia harus memiliki kapasitas yang cukup untuk menampung semua perlengkapan. Selain itu, kita juga perlu memikirkan kenyamanan saat akan membawanya. Pastikan talinya cukup tebal dan empuk. Tas dengan banyak sekat akan sangat membantu kita mengepak barang dengan rapi. Apa lagi, kalau ada tempat khusus laptop seperti ransel Bloods di atas. 

2. Catat Barang Bawaan

Tulis di sebuah buku kecil atau catat dalam ponsel. Jika sekadar dituliskan pada sobekan kertas, kemungkinan akan hilang di perjalanan. Catatan ini berguna bukan hanya saat akan mengepak barang sebelum berangkat, tetapijuga sebelum pulang untuk mengecek enggak ada barang tertinggal.

3. Gulung Pakaian

Untuk bahan baju yang tidak mudah kusut seperti Bloods clothing, kita bisa menggulungnya dengan ukuran sama agar mudah disusun dalam tas. Luruskan pakaian dan gulunglah mulai dari bawah hingga ke atas. Bisa menggulungnya satu per satu atau tiap satu stel. 

4. Lipat Pakaian

Untuk pkaian dengan bahan yang mudah kusut, lipatlah menjadi ukuran paling kecil yang efisien. Kalau punya, gunakan plastik vakum agar tidak memakan banyak tempat. 

5. Gunakan Metode Bundling

Untuk pakaian ganti yang tidak segera dipakai, kita bisa menggunakan metode bundling dengan cara meletakkan beberapa pakaian dan dibentangkan dari kiri-kanan dan atas-bawah secara berselang-seling hingga terdapat satu lipatan baju yang erat dan tanpa celah.

Bloods clothing

6. Susun Barang

Penyusunan yang baik adalah berdasarkan tingkat seberapa sering benda tersebut dibutuhkan. Peralatan mandi dan tidur biasanya baru dikeluarkan ketika sudah masuk ke kamar penginapan. Berbeda dengan kamera atau tisu yang akan lebih sering dibutuhkan ketika sedang dalam perjalanan. 

7. Urutkan Pakaian

Tentukan pakaian mana yang akan dipakai pertama dan berikutnya. Apakah kaus kasual seperti Bloods clothing akan dipakai di tengah liburan saat bersantai, atau untuk pulang? Masukkan pakaian yang dipakai terakhir dan tumpuklah secara berurutan hingga yang paling atas adalah pakaian ganti pertama.

8. Tata dari Bawah atau Belakang

Agar rapi, tatalah barang mulai dari bawah atau belakang secara berurutan. Pastikan setiap lapis terisi dengan seimbang. Hal ini akan meringankan saat membawanya, menjaga barang-barang tidak berpindah tempat, dan membuat pakaian tidak mudah kusut.

9. Selipkan Barang Kecil

Selipkan barang kecil semisal kaus kaki atau celana dalam di sela-sela kosong agar keseluruhan isi tas menjadi kompak. Kaus kaki bisa dimasukkan ke rongga sepatu. Alat mandi atau aksesori lain dapat diselipkan pada bagian tengah tumpukan baju. 

10. Pisahkan Uang

Jangan menyimpan uang dalam satu tempat. Gunanya untuk menghindari kehilangan semua uang jika ada orang jahat beraksi. Taruh koin dan sebagian uang yang diperlukan selama perjalanan dalam dompet yang mudah terjangkau. Sisanya bisa disimpan di tempat yang lebih aman dan dalam.

11. Pakai Pakaian Paling Berat

Saat bepergian, kenakan baju paling tebal dan berat agar tas bisa memuat barang lain lebih banyak. Jaket, boots, dan celana denim lebih baik dipakai saja sehingga tidak memenuhi ransel dan berat membawanya.


Itulah tips packing ransel agar bisa membawa barang-barang kebutuhan kita selama perjalanan. Kamu punya tips tambahan lain?

Related Posts

10 komentar

  1. Menggulung pakaian cukup RIngkas juga karena menghemat space tas juga
    Dan kebiasaan aku kalau pas traveling, misahin duit di dua tempat juga mbak.

    BalasHapus
  2. Bener sekali kalo staycation terkadang butuh ransel yang bisa masuk semua. Ini tips yang keren ini untuk kita bagi yang ingin berpergian tapi tidak banyak barang.

    BalasHapus
  3. Kalau bepergian itu bawaan sebisa mungkin sesimple mungkin tapi semua keperluan kebawa ya kak. Apalagi kalau ngebolang, ngeluarin bawaan dari ransel urutannya kalau bisa sesuai destinasi yg direncanakan. Jadi nggak bolak balik bongkar dan merapikan. Makasih tipsnya.

    BalasHapus
  4. Makasih tipsnya cocok banget buat aku mom backpaker, yg lebih suka pake tas ransel ketimbang tas bergaya 🤭, biar muat sekompi

    BalasHapus
  5. Mantap banget infonya. Udah menjelang akhir tahun psa banget nih hihi ambil liburan akhir tahun. Bawa baju banyak pakai ransel jadi lebih mudah dan nggak keliatan gede bgt tasnya haha

    BalasHapus
  6. Nah cocok nih buat saya yang suka travelling kak. Sangat membantu buat persiapan backpacker selanjutnya.

    BalasHapus
  7. Penting banget ini packing kalau sedang bepergian. Apalagi kini bepergian bersama anak-anak. Jadi harus well-prepared dan bener-bener tahu dulu pergi kemana, untuk apa, berapa lama dan hal-hal detil lainnya.

    BalasHapus
  8. Nice info ini Mbak. Tapi yang juga jadi permasalahan adalah, packing pas pulang. Udah pada berantakan. Campur sari sama yang kotor �� Bikin postingan buat packing koper pas pulang dong...

    BalasHapus
  9. Tips bagian gulung pakaian juga aku pasti aplikasikan tuh kalo pas mau travelling mba, jadi lumayan hemat space jadi bisa lebih banyak bawa baju juga maklum lah yaa cewek tuh rasanya kalo bisa sekontainer dibawa semua hahaha

    BalasHapus
  10. Aku masih pakai metode gulung, belum yang bundling. Penasaran, karena selalu ga berhasil metode bundling ini hiks

    BalasHapus

Posting Komentar