header permata pengalamanku

Pilih Percaya Diri Bersama Aplikasi Siap Kerja QuBisa

62 komentar


Aplikasi siap kerja

Pandemi memang telah menjungkirbalikkan rutinitas kita sebelumnya. Tak jarang, banyak yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Tiga minggu terakhir ini, Indonesia telah resmi terbebas dari zona merah dan semakin banyak saja yang dinyatakan sebagai zona hijau. Meski begitu, tidak otomatis pekerjaan yang dulu raib akan kembali.

Bagaimanapun, roda perekonomian harus tetap berputar. Kita mesti terus menggerakkannya sesuai kemampuan masing-masing. Sebagai bagian dari departemen Sumber Daya Manusia di sebuah perusahaan, aku berusaha berkontribusi dengan memberikan pekerjaan pada orang-orang yang berkompeten.


Curahan Hati Seorang Staf HRD

Sayangnya, enggak semua pelamar yang datang memiliki spesifikasi sesuai dengan lowongan yang kosong. Bahkan, dicari-carikan posisi lain pun sulit sekali menempatkannya. Kenapa? Ya, karena memang enggak punya keahlian standar apa lagi khusus! Sedih, deh.

Jadinya serba salah, ya. Inginnya membantu sebanyak-banyaknya orang agar bangkit dari kegagalan dan mulai meniti karier, tetapi yang dibantu belum meningkatkan kemampuan agar memiliki kualitas sukses. Padahal, aku enggak terlalu pemilih juga, lo.

Misalnya, nih, untuk posisi spesialis sosial media. Ini sebenarnya merupakan profesi yang berfokus menciptakan konten digital yang kreatif dan menarik untuk berbagai platform media sosial perusahaan tertentu. Akan tetapi, yang melamar ternyata enggak punya kemampuan desain grafis, fotografi, maupun membuat video.

"Menurut Anda, Anda bisa bekerja sebagai apa?"

"Saya bisa menjadi customer service di berbagai sosial media itu, Bu."

Baiklah, soal konten mungkin nanti aku cari orang lain saja yang lebih ahli. Aku coba kulik semaksimal mungkin potensinya. Mengingat CV yang dikirimkan pun polos sekali tidak banyak bercerita. Jelas pula bahwa dia enggak berpengalaman sebagai customer service sebelumnya. 

Aku tanyakan pengalaman menulis atau presentasi bahkan semasa sekolah, enggak bisa memaparkan. Berjualan juga enggak pernah. Belum menyerah, aku meminta semua tautan sosial medianya. Berharap di sana aku bisa melihat konten-konten yang menarik dan betapa luwesnya dia bergaul. 

Ternyata? Nihil, dong. Konten B aja, hanya foto selfie asal-asalan. Takarir minim dengan tagar seadanya dan enggak berhubungan. Jumlah teman sedikit, apa lagi yang berkomentar dan menyukai. Padahal, tugasnya nanti berkomunikasi dan menjelaskan ke konsumen. Njur aku kudu piye?

Bandingkan dengan pelamar lain yang baru aja lulus kuliah Agustus kemarin. Meski nilai bahasa Inggrisnya minim, dia tetap tegar saat kuminta memperkenalkan diri dalam bahasa tersebut. Pertanyaan demi pertanyaan pun dijawabnya dengan tenang dan jelas.

Bahkan, ketika aku tanya apa kekurangan dari skripsinya, dia bisa segera menuturkan tanpa takut. Begitu kutanya apa yang bisa diperbaiki dari sana, dia pun langsung punya ide. Yang menarik, idenya itu adalah mempelajari hal baru. Ya, aku suka pembelajar sejati!


Cara Belajar Efektif untuk Upskilling dan Reskilling

Semangat untuk terus upskilling dan reskilling aku terapkan pada diriku agar selalu berkembang. Tahu dong, beda keduanya, ya? Kalau upskilling adalah proses meningkatkan kemampuan di bidang yang sudah kamu kuasai, sedangkan reskilling adalah mempelajari keterampilan baru. 

Sebagai pekerja digital yang selalu menyiapkan alat kerja di rumah berhubung masih WFH, aku tahu banget kalau zaman sekarang itu belajar gak ribet. Salah satu cara belajar efektif bisa melalui aplikasi belajar online QuBisa, kursus online terbesar dan nomor 1 di Indonesia untuk para profesional yang senantiasa ingin berkembang.

kursus online gratis
Selain berbayar, aplikasi siap kerja ini juga menyediakan kursus online gratis, kok! Misalnya, seperti salah satu video kursus yang pernah aku ikuti di atas. Inilah beberapa video yang muncul begitu aku ketik kata kunci "human resource".  
Aku pun memilih video yang gratis berjudul "Online Learning & Certification on Human Resources Management". Video berdurasi 15 menit ini diampu oleh Ibu Kumala Insiwi Suryo. Isinya berupa gambaran sekilas tentang berbagai tugas di departemen SDM serta bagaimana memeroleh sertifikasi untuk masing-masing jenjang karir di sana, mulai sebagai staf, supervisor, dan manajer.

Yang Kusuka dari QuBisa

Aku memilih belajar gak ribet dengan aplikasi siap kerja QuBisa ini karena memang sejumlah keunggulannya, antara lain:

Kaya Konten

Bagaimana tidak? Aplikasi belajar online QuBisa memiliki 300+ instruktur, 200+ kursus, dan 2000+ microlearning. Enggak heran kalau sampai sekarang sudah 120000+ murid terdaftar di aplikasi siap kerja ini. Ada banyak kelas yang mencakup hampir semua topik penting untuk karier dan pengembangan pribadi. 
Materi-materi hadir dalam bentuk webinar, kursus, belajar kilat, microlearning, paket kursus, dan sertifikasi. Dibagi dalam dua kategori besar yang unik dan krusial di era digital ini, yaitu Keterampilan Sukses Milenial (KSM) dan Keterampilan Digital Milenial (KDM)

KSM adalah keterampilan pengembangan diri untuk membantu kamu sukses di berbagai bidang. Program ini terdiri dari: kemampuan dasar, agilitas, kepemimpinan, inovasi, dan keseimbangan diri. Dengan menguasainya, kita akan bisa menghasilkan kinerja yang baik dengan meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan, berkomunikasi, berkolaborasi, serta hal-hal penting lainnya.

Sedangkan KDM mencakup keterampilan digital terkini mulai dari level pemula sampai ahli. Program ini terdiri dari perkembangan digital, produktivitas digital, analisis data digital, komunikasi dan kolaborasi digital, keamanan informasi digital , serta publikasi konten digital.

Terbayang, kan? Nantinya, kita akan tahu cara menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan keterampilan di berbagai bidang. Kita bisa meningkatkan kualitas penggunaan perangkat digital untuk menganalisis data, menyampaikan informasi, dll dengan memilih media digital yang tepat dan aman.

Instruktur Ahli

QuBisa berkolaborasi dengan universitas / industri / profesional untuk menyediakan konten. Jadi, sudah bisa dipastikan bahwa materi-materi di dalamnya akan berkualitas dan tepat sasaran.

Penilaian Bakat

Bukan hanya teori yang diberikan, QuBisa juga menyediakan penilaian bakat untuk pengguna. Banyak video yang disertai dengan tes awal dan tes akhir untuk mengukur pengetahuan kita tentang materi yang dibahas. Bahkan di dalam kursus online gratis sekali pun. Dengan demikian, kita jadi tahu seberapa banyak peningkatan kita usai mengikuti materi tersebut.

Road Map 

Qubisa juga menyediakan webinar yang memandu kita untuk mengenali arah karier dan langkah-langkah apa saja yang perlu ditempuh guna mencapai setiap tahapannya.

Konsultasi 

Kita juga bisa berkonsultasi dengan ahli terkait karier sehingga masalah-masalah yang ada bisa diatasi satu per satu.

Untuk Semua

Ya! Setiap orang dapat menjadi pembelajar di sini. Materi-materi QuBisa sudah diklasifikasikan berdasarkan level pemula, menengah, dan ahli. Kita jadi lebih mudah memilih video sesuai dengan kondisi dan kecepatan belajar masing-masing.

Praktis

Akses tanpa batas ke seluruh kursus QuBisa. Belajar di mana pun dan kapan pun. Kita bisa menikmati akses ini seumur hidup, baik melalui situs web atau aplikasi QuBisa.


QuBisa: Aku Bisa, Kamu Bisa!

Aplikasi belajar online
Contoh kasus yang kuceritakan di awal membuktikan bahwa baru lulus kuliah aja bisa tahu kok, cara meningkatkan personal branding. Yang penting, kamu tahu cara belajar efektif sembari berselancar di situs lowongan kerja. Terus Upskilling dan reskilling diri agar kegagalan pun enggan datang ke kamu.

Makanya, langsung unduh deh, aplikasi QuBisa di App Store atau Play Store! Aplikasi belajar online ini menyediakan banyak kursus online gratis yang akan selalu membuatmu tampil beda dibandingkan kebanyakan orang di lahan yang sama. Yuk, selami nikmatnya ilmu di sini!

upskilling dan reskilling

Oh, iya. Saat ini QuBisa sedang mengadakan kompetisi blog juga, lo! Sekalian ikutan, yuk! Masih sampai 10 Desember 2021, kok. Kunjungi aja QuBisa sekarang juga untuk mendapatkan info lebih lengkapnya, ya. Semoga beruntung!

Mari mulai rajin berproses untuk meningkatkan kepercayaan dirimu dan siap kerja! Siapa tahu, kita bisa bekerjasama suatu saat.

Related Posts

62 komentar

  1. Aku lumayan paham sih mbak, orang kalau mau kerja harus bener-bener tahu posisi yang dia lamar kan. Selain itu HRD juga akan lebih tertarik dengan calon pelamar yang kreatif. Aplikasi Qubisa beneran bisa jadi pilihan para calon pelamar kerja untuk belajar

    BalasHapus
  2. kesempatan emas nih, buat pencari kerja kudu siap upgrade skillnya masing-masing

    BalasHapus
  3. wah ada kompetisi blog qubisa ya mba? mantaab nih infonya..mau ngulik lebih jauh aah..

    BalasHapus
  4. Namhya eye cath banget nih. Gampang diingat karena suka diucapkan orang juga untuk motivasi diri ya. Semoga sukses ya mba

    BalasHapus
  5. Oh, Farida sekarang kerja jadi HRD?
    Kukira dirimu mompreneur, sayy

    Btw, Qubisa emang keren banget yak.
    bisa upgrading skills kita semua nih.

    BalasHapus
  6. Aku nangkapnya aplikasi QuBisa sebagai wadah calon pelamar untuk praktek interview sebelum langsung ketemu HRD ya mba. Ngebantu banget menurut ku, jadi calon pelamar ada bekal dan siap untuk interview HRD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak cuma untuk interview, sih. Tapi ya sebelum masuk dunia kerja biar siap gitu

      Hapus
  7. Aplikasinya membantu banget HRD dan pencari kerja. Aku inget dulu pas lulus kuliah bingung mau cari kerja apa. Apalagi jurusan kuliah yang aku pilih belum banyak lowongan tersedia. Jaman sekarang apa2 jadi serba mudah yak.

    BalasHapus
  8. Yang mau tambah skill wajib banget ya merapat ke Qubisa, layanan dan fiturnya tuh sangat membantu

    BalasHapus
  9. Sudah berstatus karyawan pun rasanya saya masih kepengen meningkatkan skill. Haus ilmu gitu, cieeeh ... Mau ah, ikutan belajar di aplikasi Qubisa. Siapa tahu dengan skill lebih, bisa dapat penghasilan lebih. Aamiin. ..

    BalasHapus
  10. Aplikasi Qubisa bisa nambah kemampuan diri ya agar siap dan mampu untuk masuk ke dunia kerja pas buat para calon2 karyawan nih

    BalasHapus
  11. Meski sudah bekerja dengan tenang dan damai, tetep kudu upgrade skills.
    Karena peluang itu selalu ada.
    Dengan memanfaatkan teknologi, saat ini belajar online akan sangat membantu.

    BalasHapus
  12. jadi ini tepat buat orang yang sudah lulus kuliah dan sedang mencari kerja atau naikin karier ya

    BalasHapus
  13. Dengan banyaknya kita dirumah, aplikasi seperti ini bermanfaat utk upgrade skill agar bisa kembali bersaing di dunia kerja ya setelah pandemi menjadi endemi.

    BalasHapus
  14. Bener juga ya mbak qubisa ini menjembatani pekerja yang punya kemampuan standar dan ingin ada peningkatan keren nih

    BalasHapus
  15. Kesempatan emas bagi saya nih untuk meningkatkan skill, soalnya ngelamar kerja dengan skill standard susahnya minta ampun. Apalagi saat lagi pandemi gini, perusahaan semakin selektif banget dalam merekrut karyawan baru. Bagi yang nggak punya skill lebih, ya siap-siap tersingkir.

    Saya ngalamin sendiri betapa sulitnya mencari kerja di era pandemi gini. Beruntung nih ada platform QuBisa, jadi setidaknya saya bisa belajar banyak soal branding dan skill lainnya. Terima kasih infonya Mba Farida.

    BalasHapus
  16. jaman sekarang emang perlu upgrade skill terutama skill2 digital yang dibutuhin era digital sekarang, pas banget klo banyak kursus2 soft skill via online di aplikasi qubisa yaa, jadi belajar kapan pun dimanapun

    BalasHapus
  17. road map ini dibtuhkan bagi2 orang2 yang memang bingung arah karir mau kemana..

    BalasHapus
  18. Nggak bisa kalau cuma punya skill minim terus melamar kerja.
    Kudu memiliki banyak keterampilan, biar percaya diri. Maka dengan belajar di QuBisa jawabannya

    BalasHapus
  19. Setujuuu, aku juga senang dengan beberapa keunggulan yang ada di QuBisa ini. Kontennya banyak, mau belajar apapun yang kita inginkan ada disini.

    BalasHapus
  20. Aku juga sepemikiran dengan kakak mengenai apa yang kusuka dari QuBisa. Selain itu, video pembelajaran QuBisa tu singkat, padat dan jelas. Nggak bikin cepat bosan deh. Cepet mengerti juga akutu.

    BalasHapus
  21. Pada intinya siapa saja yang mau belajar pasti dia akan berbeda dari yang lainnya, begitu ya, Mbak Farida?

    Aplikasi Qubisa memberikan fasilitas yang bisa dimanfaatkan bagi siapa saja yang mau berkembang.

    BalasHapus
  22. Saya udah nyobain kelas personal branding di QuBisa dan materinya sederhana mudah sekali diaplikasikan. Penjelasan juga nggak bertele-tele, jadi fokus apa yang dibutuhkan peserta.

    BalasHapus
  23. Wah aku juga ikutan kursus public speaking kemarin mba sama QuBisa. Seneng banget karena gratis hehe. Kalo di luaran entah dah itu dah berjuta-juta. Di QuBisa gratis Alhamdulillah, banyak juga skill pengembangan diri di sana yang bisa kita akses gratis yaa mba. Keren banget QuBisa ini emangg

    BalasHapus
  24. PR nih buat cobain qubisa, tapi harus ada alokasi dana dulu nih. Aku pengen nambah skill ilmu juga dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai video yang gratis dulu, banyak kok pilihannya

      Hapus
  25. iya, klo punya skill yang mumpuni pasti kita lebih percaya diri
    Untungnya ada Qubisa ya mbak, tempat kursus online gratis

    BalasHapus
  26. Kayaknya aku juga harus sering upgrade skill di qubisa ini mbak. Agar tetep berkualitas meski saya di rumah saja.

    BalasHapus
  27. Kursus online QuBisa cocok buat freshgraduate supaya lebih siap memasuki dunia kerja. Biar lebih matang persiapannya.

    BalasHapus
  28. Upgrade skill ini penting buat yang mau melamar kerja atau bahkan buat pekerja untuk meningkatkan kemampuannya di dunia kerja. Bisa ikutan QuBisa biar bisa lebih kompeten

    BalasHapus
  29. Semoga menang lomba blognya ya, Mbak. Hari ini emang harus dong upgrade skill terus, kalau nggak bakalan kalah saing sama yang lain..

    BalasHapus
  30. Ah..iya, dengan belajar di masa pendemi, bisa mempercayakannya di aplikasi Qubisa. Semua fitur pendukungnya sudah ahli banget. Flexibilitas ini yang bikin ketagihan yaa..bisa belajar kapan saja di mana saja.

    BalasHapus
  31. Emak-emak baca gratisan langsung tertarik mau cari tahu hehe.. Ini beneran banyak kursus gratisan di Qubisa? Memang kadang gemes sama pelamar, dulu pas di HRD, kalau memang nggak punya kualifikasi kenapa melamar?

    BalasHapus
  32. wah sebagai pekerja kantoran aku kayaknya perlu banget nih daftar dan ikut kelas Qubisa ini biar makin bagus kinerjaku

    BalasHapus
  33. wah ada lomba blognya ya mbak
    jadi pengen ikutan, kebetulan kemarin pernah nyobain kursus di Qubisa

    BalasHapus
  34. Iya nih, beberapa kali baca review si QuBisa ini jadi penasaran pengen coba karena ingin upgrade skill biar gak mudah insecure. Nanti pengen banget coba download aplikasinya sambil dipelajari lagi. Thanks rekomendasinya Mba Farida

    BalasHapus
  35. Kita memang harus selalu semangat untuk upgrade skill yah mbak
    Apa lagi hari gini, berkembangnya pesat banget gak boleh ketinggalan nih

    Untunglah ada aplikasi Qubisa yang bisa membantu kita untuk selalu upgrade diri yah

    BalasHapus
  36. Beberapa kali pernah denger QuBisa ini, tapi belum sempet kepoin lebih dalam. Ternyata kursus online untuk upgrade skill ya (dan ada yang gratis pula). Menarik.. Kepoin sekarang ah..

    BalasHapus
  37. Sekarang memang kita dituntut utk punya skill yg tdk hanya didapat di bangku sekolah atau kuliah ya mba. Untung ada qubisa dimana kita bisa ikut webinar gratisnya juga.

    BalasHapus
  38. Yes, terus berproses meningkatkan kepercayaan diri dengan QuBisa sebagai solusi...kadang kelamaan diam dan berada di zona nyaman membuat kita merasa ga perlu untuk itu. Padahal dengan upskilling ,meningkatkan kemampuan di bidang yang sudah dikuasai, dan reskilling mempelajari keterampilan baru, kita bisa mendapatkan peluang dan kesempatan yang lebih baik

    BalasHapus
  39. Aku juga sudah ikutan beberapa kelas QuBisa, apalagi yang personal branding senang banget karena bisa meningkatkan ngak hanya hard skill tapi juga soft skill, apalagi banyak keterampilan baru di era digital ini yang wajib dan harus dipelajari.

    BalasHapus
  40. Benar sekali, zaman sekarang, asal ada kemauan, fasilitas sudah sangat banyak ya yang tersedia. terimakasih infonya mbak, jadi pengen instal Qubisa juga.

    BalasHapus
  41. Jadi staf HRD emang banyak galaunya ya. Mau membantu menolong orang untuk bekerja, tapi tak sedikit pelamar yang tidak masuk kualifikasi.

    Belajar di QyBisa bisa jadi pilihan tepat nih, sebelum memasuki dunia kerja.

    BalasHapus
  42. Mudah sekali kalau mau belajar apa saja di zaman ini ya Mbak Farida. Saya pun sudah lihat2 QuBisa ... masya Allah, banyak sekali yang bisa kita pelajari ternyata ya.

    BalasHapus
  43. wow upsklilling dan reskilling dg Qubisa bisa banget buat jadi bekal pengembangan diri semua orang nih, bahkan termasuk kaum rebahan jg bisa makin jago di bidang yg disukai

    BalasHapus
  44. Masa pandemi seperti sekarang dengan upgrade ilmu jadi terbantu sekali walau dari rumah saja. Qu bisa jadi pilihan terbaik apalagi oleh ahli yang isi materinya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan sudah banyak yang rekomendasikan Qubisa ini sebagai aplikasi yang menambah pengetahuan serta keahlian biar bisa cepat kerja

      Hapus
  45. Pelamar dengan nilai plus memang bisa mencuri perhatian sejak awal. Makanya emang kemampuan akademik aja nggak cukup, lulusan sekarang harus upgrade ilmu dan menguasai keterampilan soft skill biar dapat memikat interviewer

    BalasHapus
  46. Aku kemarin jg ikutan yang personal branding selain public speaking. Gratis lagii. nyenengin deh QuBisa ini

    BalasHapus
  47. walau di rumah aja tetap ya mau meningkatkan skill dan upgade ilmu, keren deh inovasi dari aplikasi QuBisa

    BalasHapus
  48. QuBisa ini emang aplikasi yang recomended buat belajar. meskipun cuma IRT dan di rumah aja, mau ah belajar di QuBisa.

    BalasHapus
  49. aku baru tahu aplikasi ini ma, kayaknya support banget ya buat yang mau nabah ilmu dan pengetahuan pakai aplikasi ini yah

    BalasHapus
  50. Membaca kisah pelamar jadi tertarik mencari kursus di QuBisa. Apa ada kursus tentang pengasuhan atau membangun komunitas? Syukur-syukur dapat sertifikat untuk memperkuat CV

    BalasHapus
  51. Menarik banget nih, pengalaman dan tips melamar kerja dari sudut pandang HRD... Jadi pengen cek qubisa juga deh...

    BalasHapus
  52. alami banget sebagai HRD kadang sedih juga lamaran yang masuk itu kadang jauh dari requirement yang ditentukan hasilnya terus mencari dan pernah kejadian persis yang mba tuliskan hehehe

    BalasHapus
  53. Wah ternyata dikau HRD yaa, keren banget. kalau saya dari dulu belum pernah kerja di kantor gitu mbak. jadi meski demikian penting memang mengetahui seluk beluk dunia kerja ya, terutama kerja di sosmed. makanya jadi pengen ikutan kelas kursusnya juga di Qubisa. makasih infonya mbak

    BalasHapus
  54. Ketemu lagi Qubisa di sini. Aplikasi yang mulai merajai dunia kerja dan segala yang berhubungan dengan digital. Saya pingin kepoin penilaian bakatnya buat putri saya.

    BalasHapus
  55. wah menarik juga ya aplikasi Qubisa ini pas banget buat yang mau memberdayakan diri, yuk segera instal ah

    BalasHapus
  56. Aplikasi yang dibutuhkan terutama saat pandemi ini. Penasaran dan akan download!

    BalasHapus

  57. Nah,, bener. QuBisa memang membantu siapa saja yang ingin meningkatkan kemampuan. Kursusnya beragam dan banyak yang free. .sangat membantu para fresh graduate ningkatin kemampuan untuk melamar kerja

    BalasHapus

Posting Komentar