header permata pengalamanku

Simak Tips Memilih Bunga Untuk Orang Tersayang

24 komentar
tips bunga
Sumber: unsplash.com

Menghadiahi atau memberi bunga kepada seseorang adalah solusi yang tepat untuk berbagai konteks hadiah. Buket bunga dapat juga disandingkan dengan hadiah lainnya. Yang perlu diperhatikan dalam memilih bunga untuk orang lain adalah bunga yang cocok untuknya dan tepat pada konteksnya. 


Jangan asal dalam membeli bunga. Salah-salah akibatnya adalah pesan yang tidak tersampaikan. Jangan sampai membuat orang lain salah dalam menerjemahkan makna sebuah hadiah.


Memilih Bunga Berdasarkan Kepribadian


Dalam memilih bunga untuk seseorang, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana orang tersebut bersikap. Sikap yang ditunjukan oleh seseorang sedikit banyak adalah dorongan dari sifat asli mereka.


Orang-orang yang memiliki tanggung jawab tinggi dapat dilihat dari bagaimana sikap yang mereka lakukan pada keluarganya. Mereka menomorsatukan kebahagiaan keluarganya biasanya juga memiliki perasaan lebih sensitif daripada yang tidak. Mereka sangat cocok diberikan bunga anyelir.


Untuk mereka yang hidup mandiri terutam wanita biasanya mereka adalah orang yang multitasking. Orang-orang dengan kepribadian seperti ini biasanya suka membantu orang lain, namun jarang meminta bantuan. Karakter seperti ini sangat cocok dengan bunga tulip terutama tulip putih. Jangan memberi mereka tulip kuning karena itu adalah simbol penolakan cinta. 


Jika orang tersayang adalah orang yang penyayang mereka akan bersikap lembut. Sikap tersebut muncul akibat dorongan dari sifat keibuan yang ada pada diri mereka. Mereka sangat suka memberi ketulusan dalam setiap curahan kasih yang mereka tunjukan. Bunga yang cocok untuk karakter seperti ini adalah bunga lily putih.


Untuk mereka yang banyak disukai orang karena keramahannya, mereka layak mendapatkan bunga matahari. Sosok ini adalah orang yang akan diingat pertama kali oleh temannya. Mereka banyak membawa keceriaan dan dapat memahami orang lain yang mereka kenal. 


Orang tersayang adalah pendengar yang baik? Artinya mereka adalah orang yang selalu berusaha melakukan yang terbaik untuk segala kebaikan. Mereka berusaha dan mampu memahami orang lain tetapi mereka jug terkadang kebingungan harus merespon bagaimana. Bunga dengan kepribadian seperti ini adalah bunga poeny.  


Memilih Bunga Berdasarkan Perayaan


  1. Melamar 

Jika menyatakan cinta identik dengan mawar merah, maka biarkan itu tetap mejadi bunga lambang cinta. Di moment yang dipersiapkan untuk melamar seseorang gunakanlah bunga mawar biru. Mawar biru yang aslinya tidak pernah ada sangat cocok dalam menunjukan keseriusan dalam menjalani hubungan terutama pada komitmen yang lebih serius. 


  1. Hari Ibu

Ibu sudah pasti masuk dalm daftar orang tersayang. Pada perayaan seperti hari ibu, hari ulang tahun ibu, hari wanita, atau hadah untuk ibu yang baru saja melahirkan tidak salah untuk memberikan bunga. Bunga yang cocok untuk mendeskripsikan tulus kasih cinta ibu adalah bunga bakung putih. Bunga lily sangat identik dengan cinta seorang ibu. Hal ini disebabkan dari sebuah mitologi yang mengatakan bahwa bunga lily terbuat dari air susu seorang ibu. 


  1. Hari Ayah

Tidak hanya untuk ibu, ada juga hari ayah. Bunga hortensia atau hydrangea, tulip, dan gerbera sangat cocok diberikan kepada laki-laki terkasih. Bunga-bunga ini sangat bermakna jika diberikan kepada ayah, pacar, ayah mertua, dan saudara laki-laki. 


  1. Hari Pernikahan

cara memilih bunga segar
Sumber: pixabay.com

Pada perayaan pernikahan orang tersayang, bunga yang akan diberikan juga harus diperhatikan. Bunga yang cocok diberikan untuk pernikahan orang tersayang adalah buket berisi bunga kecil yang dirangkai dengan indah. Bunga-bunga kecil sangat elegan dan manis ketika dijadikan sebagai hadiah pernikahan. Beberapa bunga kecil yang cocok dijadikan buket bunga pernikahan adalah bunga lily of the valley, hydrangea, dan baby’s breath. 


5. Hari Duka

Pada saat acara duka seperti pemakaman pantaskah memberi bunga? Jawabannya, pantas. Beberapa bunga memang dapat dijadikan buket bunga untuk menunjukan rasa duka. Bunga mawar merah dapat mewakilkan rasa berkabung dan turut berduka cita yang cukup dalam. 


Selain mawar hitam, bunga untuk menunjukan empati pada orang tersayang saat hari duka mendatanginya adalah bunga gladiol dan bunga forget me not. Bunga tersebut menyimbolkan kasih sayang Tuhan pada ciptaannya. Saat hari kematian seseorang sering kali terdengr kalimat “Tuhan memanggilnya karena Tuhan lebih sayang padanya daripada kita”. Hal ini yang membut bunga forget me not menjadi bunga yang melambangkan duka cita. Pada sebuah cerita Tuhan tetap mengingat dan mengasihi ciptaannya sekecil apapun (bunga ini), maka bunga ini disebut forget me not. 


Memilih Buket Bunga

IMG_256

Untuk orang tersayang, jangan asal dalam membeli bunga. Bunga yang tepat akan membuat kebahagiaa seseorang bertambah. Maka jangan sampai bunga yang dipilih adalah bunga yang tidak membuat orang bahagia. 


  1. Bunga segar 

Pilihlah bunga hidup yang masih segar. Jangan memberi orang tersayang bunga palsu atau bunga plastik. Selain tidak elok, bunga plastik juga hanya akan meambah limbah. Bunga yang masih segar adalah bunga yang terbaik.


  1. Ketahanan bunga

Ketahanan bunga sangat erat kaitannya dengan bunga segar. Ketika akan memberikan bunga kepada orag tersayang, sesuaikanlah dengan bulan saat itu. Bulan menentuka waktu mekar bunga. Bunga yang dijadikan buket saat bukan musim mekarnya biasanya akan cepat layu. Jadi, memperhatikan waktu adalah hal yang penting dalam memilih bunga. 


Selain itu, tangkai pada bunga juga mentuka ketahanan bunga. Bunga dengan tangkai yang besar biasanya adalah bunga yang sehat sehingga tidak cepat layu. Tangkai pnjang pada bunga juga akan mebuat buket lebih cantik dan pas untuk digenggam. 


  1. Ukuran bunga

Ukuran sedikit banyak berpengaruh pada pilihan bunga yang tepat. Jangan memberi buket bunga dengan ukuran yang berat dan banyak bunga kepada orang yang berbadan kecil. Bunga-bunga tersebut akan meberatkannya. Belilah bunga yang pas untuk digenggam atau dibawa oleh orang terkasih. Bunga besar seperti buket bunga lily dan buket bunga tulip sebaiknya diberikan pada acara tertentu bukan pada saat harus dibawa-bawa.


  1. Sesuaikan dengan acara

Sesuaikanlah bunga yang akan diberikan pada orang tersayang tersebut dengan acara atau hari. Jangan memberikan bunga gladiol untuk hari pernikahan. Jangan berikan bunga tulip kuning untuk menyataka cinta. Jangan memberikan hydrangea atau lily of the valley pada acara duka.


Jika memang pemberian bunga bukan di hari-hari penting, maka sesuaikanlah bunga yang dengan kepribadin orang tersayang. Jika dirasa kurang tepat atau kurang cocok pada orang tersayang. Untuk itu harus diketahui apa bunga favorit dari orang tersayang.


  1. Toko bunga terpercaya

Carilah di internet mengenai rekomendasi toko bunga. Temukan toko bunga terpercaya yang memiliki kualitas bunga yang bagus. Alternatif lain untuk mendapatkan bunga yang berkualitas untk orang tersayang adalah meminta saran dari teman untuk rekomendasi toko bunga Jakarta


Berbagai tips di atas mungkin akan sangat membantu dalam memilih bunga untuk orang tersayang dalam rangka membahagiakannya.

 

Related Posts

24 komentar

  1. Ada bunga2 tertentu ya mbak. Aku suka Krisan, dalam banyak hal bunga itu cocok. Warna warni ya juga cantik. Digabungin apa aja cakep

    BalasHapus
  2. Mungkin tradisi memberikan hadiah bunga di Indonesia masih sangat jarang ditemui ya Mba. Jadi banyak yang belum paham bagaimana memilih jenis bunga yang tepat untuk orang tersayang. Taunya ya paling bunga mawar aja.

    BalasHapus
  3. Lain perayaan maka lain pula bunga nya ya kan kak.. btw saya sangat suka bunga mawar kuning. Biasanya lebih cocok buat perayaan apa ya kak?

    BalasHapus
  4. bunga mawar itu yang paling identik banget ya tuk kasih sayang, bunga yang paling banyak dicari ya sama dengan mawar putih juga ya.
    bunga tulip gak susah apa ya ditemukan di Indonesia? ternyata ada simbolnya juga ya dari warna itu. Noted nih :)

    BalasHapus
  5. Memberi bunga juga ada maknanya ya. Memilih warna dan jenis bunga harus disesuaikan dengan perayaannya. Terimakasih untuk infonya

    BalasHapus
  6. Saya suka semua bunga, dari bunga sedap malam, bunga melati, bunga anggrek, bahkan bunga yang di pinggir jalan. Kalau di perkampungan, di pinggir jalan masih sering ada bunga liar yg nggak kalah cantiknya

    BalasHapus
  7. Di Indonesia budaya memberi bunga sepertinya masih nggak banyak ya. Paling ya hanya pasangan yang ingin memberi kejutan romantis gitu. Tapi emang sih. HArusnya pemilihan bunga memang berdasarkan pada sesuatu. Agar cocok dan nggak salah pengertian. Hehehehe

    BalasHapus
  8. Mau hari Ibu nih, lama banget rasanya sampai lupa kapan terakhir kasih Mamaku bunga. Huhu. Berarti ntar aku bakal kasih bunga Lily yaahh, makasih inspirasinya..

    BalasHapus
  9. Tidak sembarangan bunga bisa kita kasih karena ada jenis dan momen yang tidak boleh dipandang sebelah mata ya. Salah kirim bunga yang gak cocok sama momennya bisa bisa bakalan malu sendiri ya...

    BalasHapus
  10. Lihat-lihat momennya bener banget, apalagi juga ceki-ceki ketahanan bunga nih penting, biar tetep segar dalam waktu yang lama.

    BalasHapus
  11. Bunga punya sejuta makna ya mbak
    makanya saat akan memberi bunga, pastikan tidak salah ya
    sesuaikan dengan acaranya

    BalasHapus
  12. Aku jadi inget bangett dlu ga suka bunga. Sekarang malah suka bangettt. Dikasi bunga senengnya bukan main hhahaa. Apa umur ini ngefek yaah wkwk

    BalasHapus
  13. Setiap bunga punya arti khusus dan momen spesial. Jadi inget ungkapan "katakanlah dengan bunga" emang sangat spesial setiap momen dengan bunga

    BalasHapus
  14. Aku selama 9.5 tahun nikah baru 2 kali dikasih buket bunga sama suami. Itu juga karena anak pertamaku yang minta untuk kasih ke bundanya saat bunda ulangtahun. wkkwkw.
    Sepakat kalau setiap bunga punya artinya masing-masing.

    BalasHapus
  15. Memahami makna bunga ini penting yaa..
    Bagaimana menggunakan baju. Jangan sampai saltum, bisa beda makna, beda pesan yang ingin disampaikan.

    BalasHapus
  16. aku rasa bunga yang paling dikenal sama masyarakat kita adalah bunga mawar merah untuk menyatakan cinta hehehe

    BalasHapus
  17. haduh kok ya tiba-tiba jadi kepengin dikasih bunga. pengin tau aku rasanya gimana, bakal seneng apa biasa aja ya? 😂

    BalasHapus
  18. Entah kenaapa dari sekian bunga yang ada aku kok jatuh cinta sama bunga baby breath yang sering dipakai oleh pengantin. Buatku bunga itu mungil dan cantik

    BalasHapus
  19. Duh gemes liat bunga bunga cantik iniiii, aku jadi pengen beli bunga buat diri sendiri nih abis baca iniii.. hihihiii. Sekarangpun beli bunga bisa lewat online aja ya kak.. praktis bangeeeetssss

    BalasHapus
  20. Keren banget Floweradvisor ya yang mengklasifikasi jenis-jenis bunga berdasarkan peruntukannya. Misalnya kepada ibu di Mother's Day, sebaiknya menghadiahkan bunga lily

    BalasHapus
  21. Dalam budaya kita maupun budaya barat ternyata hampir sama saja ya Mbak merayakan sesuatu memang selalu identik dengan memberi bunga atau menghiasi perayaan dengan bunga.

    BalasHapus
  22. Beberapa hari yang lalu, suamiku pulang dengan buket bunga yang cantiiiik banget
    Akunya kaget dong. Seumur-umur nikah dia gak pernah ngasi aku buket bunga
    Ternyata dia dapat dari kantor hahahaha

    BalasHapus
  23. baca ini jaid tahu ya, memilih bunga untuk tiap event dan orang-orang pastinya ada perbedaaanya ga sembarangan langsung main beli aja

    BalasHapus

Posting Komentar