header permata pengalamanku

Ruang dalam Rumah Ini Cukup di Lahan Sempit, Lo!

8 komentar
kamar mandi

Pandemi membuat hampir seluruh kegiatan kita berpusat di dalam rumah. Mahasuci Allah yang membekali manusia dengan akal, ya. Situasi begini bikin banyak orang makin kreatif. Beberapa di antaranya dengan berbenah rumah agar lebih nyaman dan fungsional.

Termasuk keluargaku, secara enggak sadar, berpikir hal yang sama. Mulai dari mendekorasi ulang, memperbaiki bagian yang rusak, hingga membangun lahan sempit memanjang selebar satu meter di samping rumah.

Satu meter? Bisa jadi apa? Tadinya, aku meragukan ide suamiku ini. Akan tetapi, Beliau tetap bersikeras membangun dinding agar kami bebas membuka jendela tanpa khawatir kelihatan dari luar lagi.

Selanjutnya, setelah putar otak, ternyata lahan sempit bisa jadi macam-macam, lo! Lahan sisa sepanjang 12 meter itu akhirnya terbagi 3 menjadi kamar mandi, ruang cuci, dan taman. Buat kamu yang mau membangun rumah lahan sempit, silakan simak terus untuk menginspirasi, ya!


Kamar Mandi

Berhubung di bawah atap ini tinggal keluarga besar beranggotakan 11 manusia dan 4 kucing, satu kamar mandi jelas enggak cukup untuk memenuhi kebutuhan bersih-bersih kami sepanjang hari. Sebelumnya, cuma ada kamar mandi darurat sebagai tambahan, berupa tempat cuci yang ditutup tirai mandi saat dibutuhkan, Namun, kalau urusannya buang hajat, tetap harus mengantre, deh.
Syukurlah, kamar mandi baru kami sudah bisa dipakai sekarang. Lahan sepanjang 4 meter ini dibangun di samping kamar depan. Jadi, terasa seperti kamar mandi dalam kamar seperti di hotel. Sudah cukup untuk memuat WC, pancuran, dan wastafel. Ruang gerak tetap bebas dan masih bisa menyimpan perlengkapan mandi, handuk, dan baju tanpa basah. 

ruang cuci

Ruang Cuci

Di belakang kamar mandi, ruang sepanjang 5 meter ini akan kami gunakan sebagai ruang cuci, jemur, dan setrika. Saat ini, baru selesai menyemen dinding dan memasang ubin lantai. Selanjutnya, dindingnya akan dicat dan atapnya diganti dengan yang transparan.

rumah lahan sempit

Taman

Sedangkan sisa lahan sepanjang 3 meter ini sudah diminta putriku untuk dibuatkan taman di depan kamarnya. Makanya, bagian atas dibiarkan terbuka. Di sini, kami akan mengisinya dengan kolam dan pancuran, ayunan, serta taman vertikal untuk menghias dindingnya. 


Nah, itulah cara kami menyiasati rumah lahan sempit agar tetap cukup memenuhi kebutuhan kami sekeluarga. Kamu bisa meniru atau menyesuaikannya dengan keperluanmu sendiri. Jadi ruang kerja, perpustakaan, atau dapur? Cukup, kok! Tinggalkan mainkan aja kreativitasmu.

Related Posts

8 komentar

  1. Wah, ternyata ya cukup-cukup aja ya 1 meter, asal kreativitas dimainkan. Beneran deh, kamar mandi itu nggak cukup kalau cuma ada 1 biji, karena kita nggak akan pernah tahu kapan seluruh anggota keluarga harus pakai untuk buang hajatan.

    BalasHapus
  2. Masya Allah, justru keterbatasan bisa membangkitkan kreativitas ya, Mbak Farida. Rasanya pengen melihat langsung bagian rumah Mbak Farida yang sudah dikreasikan jadi kamar mandi, taman, dan ruang cuci.

    BalasHapus
  3. Eh, iya ya. Bisa juga KM cuma toilet sm pancuran aja. Mungkin...mungkiiin nantinya kami juga butuh bikin KM lagi. Tfs, mbak.

    BalasHapus
  4. Nah ini kreativitas tanpa batas kadang muncul ya saat ada kebutuhan mendesak karena dengan anggota yang banyak rasanya yang namanya kenyamanan untuk kebutuhan hajat orang banyak kudu ada deh

    BalasHapus
  5. mba..bagus sekali idenya memanfaatkan lahan semaksimal mungkin ya.. ide taman itu jg kereen..memperindah rumah dan suply oksigen juga tentunya..

    BalasHapus
  6. Keren nih bisa memaksimalkan lahan yang ada tapi tetap memberikan kesan yang baik dan looking cool👍

    BalasHapus
  7. Betul juga ya kak. Kalau smart dalam memgelola ruang, lahan sempit pun bisa sangat bermanfaag dan ditata lebih bagus.

    BalasHapus
  8. Asiik~
    Paling suka sama ide kreatif yang bisa memanfaatkan lahan yang ada dan membuatnya menjadi lebih cantik. Rumah terasa lebih berwarna dengan memanfaatkan space minimalis.

    BalasHapus

Posting Komentar