header permata pengalamanku

Kandungan dan Manfaat Obat Sanmol Drop

14 komentar

 sanmol drop

Berbagai jenis obat apotek disediakan untuk mengatasi berbagai gejala penyakit yang muncul secara tiba-tiba. Biasanya berbagai jenis obat-obatan tersebut digunakan dengan takaran dosis yang berbeda-beda.

Umumnya, untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, dan demam bisa diatasi dengan obat Sanmol. Sanmol sendiri memiliki banyak manfaat dengan kandungan bahan yang bisa meredakan sakit gigi dan kepala hanya dalam waktu yang singkat. Apa saja manfaat dan kandungannya? Mari simak pada pembahasan berikut ini!


Apa Itu Sanmol? 

Sanmol merupakan salah satu obat yang biasanya digunakan untuk meredakan demam, sakit kepala, dan sakit gigi. Sanmol ini merupakan jenis obat yang di dalamnya terdapat kandungan parasetamol yang berfungsi sebagai analgetik yang bisa meredakan berbagai rasa nyeri dan antipiretik yang bekerja untuk menurunkan demam. 

Kandungan parasetamol di dalamnya biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, sakit gigi, dan sebagai penurun demam. Kandungan di dalam obat ini biasanya bekerja dengan cara mengurangi produksi zat kimiawi prostaglandin yang merupakan suatu senyawa yang dihasilkan tubuh sebagai respons terhadap rasa nyeri dan sakit. 

Saat produksi prostaglandin dihalangi, tubuh menjadi tidak fokus pada rasa sakit. Biasanya parasetamol berperan dengan memengaruhi area otak yang bekerja dalam mengendalikan suhu tubuh. 


Kandungan Sanmol 

Sanmol sendiri memiliki kandungan parasetamol yang terbagi menjadi beberapa bentuk, yakni: tablet dan sirop. Berdasarkan studi yang dilakukan pada binatang untuk memperlihatkan risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol yang dilakukan pada wanita hamil. 

Untuk kategori lain yang berbentuk suntik bagi ibu hamil dan menyusui, berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan menunjukkan tidak adanya peningkatan risiko terjadinya cacat bawaan.

Parasetamol yang terkandung di dalam Sanmol ini dapat terserap ke dalam ASI. Bila anda sedang menyusui, sebaiknya konsultasikanlah ke dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakan obat ini lebih lanjut. 

Sekarang ini tersedia aplikasi untuk konsultasi dengan dokter secara online yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Untuk keperluan lebih lanjut, silakan akses dan download di sini.


Manfaat Sanmol 

Sanmol sendiri memiliki banyak manfaat untuk segala jenis penyakit yang biasanya muncul secara tiba-tiba. Biasanya Sanmol digunakan untuk meredakan sakit demam, sakit kepala, dan sakit gigi. 


Jenis-jenis Sanmol 

Sanmol sebagai obat pereda nyeri ini tersedia dalam berbagai jenis yang bisa dikonsumsi oleh siapa saja sesuai dengan takaran dan dosis masing-masing yang disesuaikan dengan usia mereka. Tersedia dalam berbagai bentuk seperti: 

Sanmol Tablet

bat Sanmol yang tersedia dalam bentuk tablet dengan dosis dewasa sebanyak 1-2 tablet yang diminum sebanyak 3-4 kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak, sebaiknya diminum sebanyak ½-1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari. 

Sanmol Tablet Forte

Merupakan jenis obat Sanmol dalam bentuk tablet forte yang biasanya dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak usia >12 tahun yang diminum sebanyak 3-4 kali sehari.

Sanmol Sirop

Merupakan jenis obat Sanmol yang disediakan dalam bentuk sirop yang ditujukan pada penggunaan anak-anak usia 9-12 tahun, 6-9 tahun, 2-6 tahun, dan 1-2 tahun yang keseluruhannya diminum sebanyak 3-4 kali sehari. 

Sanmol Drop

Sanmol Drop merupakan jenis obat yang tersedia untuk penggunaan anak-anak usia 1-2 tahun dengan dosis 0,6-1,2 ml yang diminum sebanyak 3-4 kali sehari.

Sanmol Sirop Forte

Merupakan jenis obat Sanmol yang tersedia dalam bentuk sirop yang biasanya dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak usia >12 tahun dengan dosis 10-12,5 ml yang diminum sebanyak 3-4 kali sehari. Sedangkan untuk anak usia 9-12 tahun, biasanya diminum sebanyak 3-4 kali sehari dengan takaran 5-10 ml.


Cara Penggunaan Sanmol Yang Benar 

Sanmol merupakan jenis obat yang bisa dikonsumsi oleh segala usia dan bisa didapatkan tanpa perlu resep dokter. Oleh karena itu, sebelum penggunaannya sebaiknya bacalah petunjuk lengkap yang tersedia dalam dalam kemasan sebelum menggunakan Sanmol ini.

Atau, jika masih ragu untuk menggunakannya tanpa resep dokter, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui aplikasi konsultasi.

Biasanya, jenis pemberian suntik atau infus akan diberikan secara langsung oleh dokter dan petugas medis di bawah pengawasan dokter. Sanmol tablet dan sirop dapat dikonsumsi sebelum dan sesudah makan. Jika Anda minum Sanmol tablet, sebaiknya telanlah obat dengan bantuan air putih agar bisa diproses dengan sempurna. 

Jika Anda minum obat Sanmol dalam bentuk sirop, sebaiknya segeralah untuk mengocok obat terlebih dahulu agar kandungan di dalamnya bisa tercampur secara merata dan konsumsilah obat sirop tersebut dalam takaran yang sesuai dengan kebutuhan dan usia Anda. 

Obat Sanmol juga bisa digunakan untuk meredakan sakit haid yang biasanya dikonsumsi sebanyak 3-4 kali sehari dengan jeda 4 jam dengan dosis yang telah dikonsumsi sebelumnya. Ingatlah untuk tidak mengkonsumsi sanmol lebih dari 4 kali sehari. 

Ingatlah untuk menyimpan Sanmol dalam wadah tertutup dan segera jauhkan dari jangkauan anak-anak dan paparan sinar matahari secara langsung. 


Efek Samping Sanmol 

Sanmol yang mengandung parasetamol di dalamnya, jarang sekali memberikan efek samping kepada yang mengkonsumsi obat ini jika dikonsumsi sewajarnya dan tidak berlebihan. Namun, Sanmol juga bisa memberikan beberapa efek samping pada beberapa orang seperti mual, muntah, sakit kepala, dan sulit tidur. 

Segeralah untuk melakukan pemeriksaaan ke dokter terkait efek samping yang terus berkelanjutan jika efek samping tersebut tidak berhenti dan semakin memburuk. Ingatlah untuk selalu mengonsumsi obat dengan dosis yang sesuai dengan kebutuhan dan usia Anda.

Related Posts

14 komentar

  1. Obat sejuta umat. Obat produksi Sanbe Farma ini selain murah, juga sangat manjur. Apalagi kalau dibarengi dengan kompres air hangat

    BalasHapus
  2. Sanmol ya keluarga pernah menggunakan Sanmol sesuai analisa dari tenaga medis seperti dokter, informasinya keren

    BalasHapus
  3. Btw Sanmol keluaraan dari farmasi mana ya kak? Keren banget ini obat bisa meengatasi sakit gigi, demam dan sakit kepala. Penasaran nih, sakit gigi yang seperti apa ya? Kalau gigi berlubang bisa gak kak? karena ini yang sering aku alami

    BalasHapus
    Balasan
    1. Parasetamol itu untuk menurunkan demam dan pereda nyeri. Jadi cuma mengurangi rasa nyeri, ya. Enggak otomatis giginya sembuh kalau masih berlubang

      Hapus
  4. baru tau tentang Sanmol, mau coba ah karena pingin punya kemasan botol plastiknya hehehe

    selama ini saya selalu nyetok obat penghilang sakit kepala yang sering timbul tiba tiba, merknya tergantung yang ada di warung/supermarket ^^

    BalasHapus
  5. Daku pikir buat yg berhubungan sama sakit kepala aja, ternyata buat pas haid pun bermanfaat ya

    BalasHapus
  6. Sanmol emang banyak ragamnya ya.. disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. kemarin waktu di RS juga lihat ada sanmol yang untuk injeksi..bentuknya cair bening di dalam kemasan botol kaca gitu. Ternyata harganya termasuk murah...

    BalasHapus
  7. Anak ketigaku kalo demam pasti minum sanmol drops. Efektif banget nurunin deman. Makanya kami selalu sedia sanmol drops di rumah

    BalasHapus
  8. Saat anak-anak masih berusia di bawah 10 tahun, saya selalu stok SANMOL sirop untuk mereka dan SANMOL tablet untuk kami-kami orang dewasa. SANMOL selalu jadi andalan sebagai langkah pertama dan darurat sebelum akhirnya ke dokter jika tidak sembuh. Sekarang bukan cuma nyetok di rumah, tapi SANMOL tablet tuh udah sering saya bawa kemana-mana.

    BalasHapus
  9. Sebagai orang yang nyetok sanmol dalam berbagai varian aku suka sekali tulisan ini. Suamiku pernah mengalami migrain parah mbak, dan saat konsultasi, dokternya bilang bisa dibantu pakai sanmol forte. Sedangkan untuk anak-anak aku selalu menyiapkan versi sirupnya, paling mudah ditemukan dan diminumkan ke anak-anak

    BalasHapus
  10. Baru tahu kalau ada kandungan paracetamol di dalam sanmol. Biasanya aku kerap minum paracetamol dalam bentuk pil buat ngurangi sakit kepala. Dan baru tau juga cara kerjanya disini. Thanks infonya kak.

    BalasHapus
  11. Obat yang harus tersedia dirumah, tidak banyak namun kalo lagi dibutuhkan selalu menjadi repot, syukurnya obat ini harganya terjangkau dan mudah diperoleh

    BalasHapus
  12. Selalu sedia obat sanmol ini karena kalau demam datangnya ga permisi heheh dan terbukti ampuh redakan demam

    BalasHapus
  13. Sanmol drop yang udah dibuka kemasannya perlu disimpan di kulkas nggak ya? Ada yang bilang perlu ada yg bilang ngga boleh.

    BalasHapus

Posting Komentar