header permata pengalamanku

Rem Tangan Mobil Macet? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

16 komentar

Sumber: suzuki.co.id

Rem tangan mobil tiba-tiba macet tidak bisa dikembalikan ke posisi awal, Anda pasti panik. Apalagi jika Anda masih baru pertama kali lancar mengendarai mobil, tapi belum sampai ke cara mengatasi permasalahan yang kapan saja bisa muncul. 

Sudah menjadi kewajiban pengemudi untuk cepat tanggap dalam mengatasi masalah saat berkendara. Khususnya rem tangan mobil yang tiba-tiba macet, mengenali penyebabnya mempermudah Anda menangani dan mencegah masalah terulang. Cek apa penyebab sekaligus solusinya di sini. 

Alasan Rem Tangan Macet dan Solusinya 

Rem tangan memiliki fungsi darurat ketika rem utama ternyata blong. Fungsi lainnya adalah untuk membantu pengereman ketika berada di jalan tanjakan atau turunan. 

Sayangnya seiringan dengan fungsi tersebut juga bisa menimbulkan dampak buruk yaitu rem menjadi macet.  Ketika digunakan terlalu lama, maka kerak pun akan muncul di bagian kampas rem dan juga cakram. 

Penyebab lain rem tangan macet juga bisa karena Anda terlalu kuat saat menariknya. Tarikan yang lebih dari ambang batas gerigi sering membuat rem menjadi macet. Jika sudah begini Anda hanya bisa melakukan beberapa solusi berikut ini:

  1. Menarik Tuas Rem dengan Perlahan 

Apabila Anda terlalu kuat dalam menarik tuas rem, maka kini mulailah untuk perlahan menariknya kembali. Operasional rem ini harus dilakukan secara perlahan. 

Terlalu kuat saat menarik rem bisa membuatnya macet. Ketika sudah berada di posisi yang benar dan tidak digunakan kembali Anda bisa melepaskannya dengan tenaga yang sama. Tidak perlu berlebihan dalam memberikan tekanan tarikannya. 

  1. Berulang-Ulang Melepaskan dan Menarik Rem Tangan 

Apabila Anda tidak bisa lagi menarik atau melepaskan rem tangan karena tersangkut maka cobalah untuk berulang kali. Mencobanya beberapa kali menarik dan melepaskan bisa membuat kaliper tidak tersangkut kembali. 

Setelah dicoba dan tidak berhasil maka Anda bisa mencoba langkah selanjutnya. 

  1. Menggoyangkan Mobil agar Maju Mundur 

Solusi ini membutuhkan tenaga lebih dari satu orang, karena Anda perlu menggoyangkan mobil maju mundur. Goyangan yang dihasilkan ini diharapkan mampu membuat kotoran atau kerak pada bagian pengereman dapat rontok. 

Sambil menggoyangkan mobil, Anda juga bisa melakukan tahapan kedua yaitu melepaskan dan menarik rem tangan. 

  1. Mendongkrak Mobil 

Masih saja gagal dengan solusi ketiga? Artinya Anda harus memanfaatkan dongkrak. Cukup dongkrak bagian belakang mobil dan lepaskan roda ban. Usai melepaskannya Anda akan melihat tromol yang terkunci. 

Tugas Anda adalah melepaskan dari bagian kampas rem yang tersangkut. Biasanya mobil yang sering melewati area banjir atau genangan air sering mengalami masalah ini. Kampas rem atau tromol yang basah bisa menimbulkan kerak dan harus dibersihkan. 

  1. Mengenali Jenis Rem Tangan Otomatis dan Manual 

Tidak semua jenis rem tangan pada mobil sama. Ada yang menggunakan rem tangan otomatis ada juga manual. Perbedaanya pada sistem manual Anda perlu menarik tuas rem tangan yang seringkali sulit dilepaskan jika sudah tersangkut. 

Berbeda dengan sistem tersebut, pada rem otomatis maka Anda hanya menggeser tuas transmisi ke posisi parkir saja. Tidak perlu menarik tuas lagi walaupun Anda ingin parkir dalam waktu lama. 

Apa yang harus dilakukan jika semua solusi ini tak kunjung bisa mengatasi masalah rem tangan nyangkut? Anda bisa segera menghubungi kendaraan derek atau towing. Mobil yang tidak bisa berjalan karena rem menyangkut tidak boleh dipaksa berjalan. 

Kerusakan pada sistem pengereman bisa bertambah parah jika Anda memaksanya. Otomatis biaya perbaikan akan jauh lebih besar. Mobil juga sangat berbahaya bila digunakan yang bisa menimbulkan kecelakaan. 

Datanglah ke bengkel resmi Suzuki terdekat untuk mendapatkan penanganan tercepat dan tepat. Bengkel juga akan melakukan pengecekan rutin sehingga menghindari terjadinya rem tangan nyangkut di masa yang mendatang. 

Teknisi biasanya akan membersihkan area kaki kaki mobil yang sudah mulai berkerak. Dengan begitu Anda bisa dengan nyaman untuk berkendara. Kunjungi bengkel resmi Suzuki terdekat ini. 

Suzuki Dealer Handijaya Buana Trada - https://suzukigunungsahari.co.id

Suzuki Sejahtera Buana Trada Jabodetabek- https://suzukitrada.co.id

Suzuki Indomobil Multi Trada - https://indomobilsuzukidealer.co.id

Related Posts

16 komentar

  1. Penting banget ya menjaga fungsi rem tangan ini bisa bekerja dengan baik. Kita harus tahu di mana bisa menghubungi teknisi atau bengkel yang mumpuni jika tiba2 ada masalah.

    BalasHapus
  2. whuaaa bayangin rem tangan atau rem utama blog aku kok keringet dingin ya

    pernah sekali, aku mengendari feroza, tapi ini kejadiannya malah sebaliknya. Aku ngantuk banget (pulang kerja shift malam jam 11 lebih) dan di perempatan PI aku salah injak kopling malah injak rem sekuatnya

    hiiii aku bersyukuuur ga ada mobil lewat saat itu.

    oke segera ceki ceki rem

    BalasHapus
  3. Degdegan ya kalau kejadian rem tangan yang macet. Pengetahuan tentang rem tangan ini penting ya apalagi kalau macet, harus tahu bagaimana cara menanggulangi. kalau sudah tidak bisa lebih baik terlpon bengkel terdekat

    BalasHapus
  4. Rem adalah salah satu instrumen penting dalam kendaraan. Jika ngadat atau sudah aus wajib di ganti karena posisinya peting banget ngettt.

    Makasih tipsnya paling tidak jadi tahu langkah yg di hadapi ketika rem ngadat sebelum menuju bengkel

    BalasHapus
  5. Rem ini bagian penting banget bagi kendaraan ya, mengendalikan laju maupun saat parkir. Saya nggak bisa nyetir, tapi sering juga memperhatikan pak suami menarik rem tangan saat parkir

    BalasHapus
  6. jadi.. ngak cuma bisa nyetir mobil ya mbak, tapi juga harus siap jika sewaktu-waktu ada kendala seperti ini. Sama sih kayak kehidupan yang nggak cuma hidup aja hahaha.. kan jadi kemana-mana :D

    BalasHapus
  7. Masukan penting banget ini, terutama buat emak-emak seperti aku yang lagi ngumpulin keberanian untuk belajar nyetir. Beberapa hal teknis otomotif juga harus dikuasai kalau terjadi sesuatu di jalan..

    BalasHapus
  8. duh bahaya banget kalo rem gak berfungsi, mending cepet bawa kebengkel terdekat aja..yang berpengalaman, jangan diutak atik sendiri...6

    BalasHapus
  9. Kalau aku pasti udah panik nih apalagi nyetirnya sendiri, yang udah bener telpoon bengkel deh ya maklum cuma bisa pakai tapi ga bisa perbaiki

    BalasHapus
  10. Rem tangan ini tools penting di mobil jadi harus benar-benar sehat kondisinya ya mba, jadi wajib dicek penggunaannya

    BalasHapus
  11. Jadi ingat nemenin ayah bawa mobil ketika aku masih kecil dan senang banget mengamati rem tangan Alhamdulillah belum pernah rek rem tangan blong takut banget kalau kejadian

    BalasHapus
  12. Aku pernah...
    Dan bener aja, berhenti gak mau jalan di tengah jalan jelang malam hari ((it means di rush hour orang pulang kerja)) huhuu... Dari yang panik banget, sampai tenang sendiri karena aku gak tau harus berbuat apa selain menunggu orang bengkel bantu aku di keadaan yang super darurat kaya gitu.
    Mana mesinnya gak mau dinyalain karena matic, jadi bener-bener stuck di tengah jalan rame di Bandung.

    BalasHapus
  13. Wah, ini pernah banget kami alami. Ya ampun, panik banget memang rasanya apalagi di kota baru dan nggak kenal siapa-siapa. Untungnya suami orangnya selow nggak panikan, jadi kami googling, Alhamdulilah nggak sampai 30 menit mobil bisa jalan.
    Makasih mbk sharingnya

    BalasHapus
  14. Kalau ada masalah dengan kendaraan dan ga paham sy pilih langsung ke bengkel resmi deh. Kalau nyoba-nyoba perbaikin sendiri malah takut merembet rusaknya

    BalasHapus
  15. Pernah dikondisi rem tangan macet dan alhamdulillah cukup melakukan langkah 1-2 aja langsung bisa aja.

    BalasHapus
  16. aku pernah mbak merasakan mobil tetiba mundur sendiri ternyata suami kurang menarik rem tangannya. untung gak sampai mundur ke jalan raya karena saat itu lagi parkir di depan indomaret. ternyata penting banget ya dan musti paham penggunannya

    BalasHapus

Posting Komentar