header permata pengalamanku

16+ Makanan Penghilang Bau Mulut Secara Alami

1 komentar

bau mulut

Bulan puasa memang sudah berlalu. Namun, apakah masih ada yang bingung cara mengatasi bau mulut selama puasa maupun dalam keseharian seperti sekarang. Perut kosong memang bisa menjadi salah satu penyebab bau mulut. Untuk mengatasinya, kita bisa kok mengonsumsi beberapa makanan penghilang bau mulut berikut ini.

1. Air Putih

Cara paling sederhana dan menyehatkan untuk mengatasi apa pun penyebab bau mulut kita adalah dengan mengkonsumsi banyak air putih, terutama ketika bangun tidur. Saat bangun tidur, produksi air liur yang berkurang menyebabkan pertumbuhan bakteri. 

2. Teh Hijau

Teh hijau telah lama diketahui mengandung zat yang bersifat antibakteri dan antioksidan, serta terbukti mampu mengurangi peradangan. Ternyata, dia juga ampuh menghilangkan bau mulut, lo. Untuk memperkaya cita rasa teh hijau, cobalah tambahkan daun mint yang juga dipercaya efektif mengatasi bau mulut.

3. Susu

Ketika mengonsumsi makanan yang berbau menyengat, seperti bawang putih atau bawang merah, minumlah susu setelahnya. Penelitian telah membuktikan bahwa susu memiliki kandungan yang mampu menghilangkan bau mulut akibat mengonsumsi makanan berbau menyengat. 

4. Yogurt

Produk olahan susu ini memiliki kandungan probiotik yang ampuh menyingkirkan bakteri jahat di mulut serta menurunkan jumlah hidrogen sulfida yang dihasilkan oleh bakteri. Dengan demikian, kita akan terbebas dari bau mulut.

Sebuah studi dari International Associations for Dental Research menemukan bahwa orang yang mengonsumsi 3 ons yogurt bebas gula 2 kali sehari selama 6 minggu memiliki kadar senyawa penyebab bakteri yang lebih rendah.

5. Jeruk, Lemon, dan Tomat

Selain memiliki rasa yang menyegarkan, buah-buahan ini juga kaya akan vitamin C yang berfungsi meningkatkan produksi air liur. Sehingga, bakteri penyebab bau mulut akan banyak dibuang dari mulut. Ada juga penelitian yang menyatakan bahwa vitamin C bermanfaat untuk mencegah radang gusi dan sariawan.

6. Apel

Tekstur apel membantu menghilangkan kelebihan plak di gigi. Apel dapat memberikan kelembapan pada mulut dan memiliki kandungan polifenol yang ampuh menghilangkan bakteri. Selain itu, mengunyah apel dapat membantu memproduksi air liur yang menciptakan pembersih mulut alami, 

7. Ceri

Penelitian telah menunjukkan ceri menghilangkan bau methyl mercaptan, yaitu gas penyebab bau mulut yang terjadi secara alami dalam makanan, termasuk bawang dan beberapa jenis keju.

8. Permen Karet

Pilih yang tanpa gula, ya, agar tidak meningkatkan kerusakan gigi. Cobalah permen karet yang dimaniskan dengan xylitol alternatif alami. Mengunyah permen karet segera setelah makan sampai 20 menit dapat meningkatkan aliran air liur. Hal ini mempercepat waktu yang dibutuhkan air liur untuk mengeluarkan asam dalam mulut sehingga napas kembali segar.

makanan penghilang bau mulut

9. Daun Sirih

Daun sirih banyak digunakan dengan cara dikunyah untuk mendapatkan efek antibakteri dan antiradang yang dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan mulut. Efek ini juga baik dalam mengatasi bau mulut.

10. Akar Manis

Akar manis mengandung senyawa antibakteri yang dipercaya dapat menghilangkan bau mulut, meredakan sariawan, serta mencegah kerusakan gigi dan gusi. Ekstrak akar manis bisa ditemukan pada berbagai produk obat herbal, baik dalam sediaan gel, tablet isap, atau obat kumur. Meski bahan ini telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menentukan seberapa jauh efektivitas bahan ini.

11. Daun Saga

Sebuah studi menunjukkan bahwa daun saga mengandung senyawa antibakteri yang dipercaya mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut serta kerusakan gigi dan gusi. Selain itu, daun saga juga dipercaya dapat mengurangi peradangan pada gusi dan mulut, sehingga bisa mengatasi bau mulut serta sariawan, meskipun masih diperlukan penelitian lebih lanjut.

12. Seledri

Sayuran segar seperti seledri mampu membantu menghasilkan air liur yang membersihkan bakteri penyebab bau mulut. Karena kaya serat, seledri mampu bertindak sebagai sikat gigi alami.

13. Peterseli

Peterseli mengandung polifenol, yaitu bahan kimia alami yang menurut penelitian berhasil sebagai obat bau mulut dan bisa bermanfaat untuk menyegarkan napas kembali dengan hanya mengunyah tangkainya. Tak hanya di mulut, peterseli juga memiliki kandungan herbal yang dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan memberi sensasi segar di perut.

14. Jahe

Jahe mengandung senyawa yang disebut 6-gingerol, yang merangsang enzim dalam air liur kita membantu memecah senyawa belerang di mulut. Cobalah kombinasikan jahe, jus lemon, dan air hangat untuk pembilasan mulut yang mudah di rumah.

15. Bumbu yang Renyah

Untuk solusi lainnya, kita bisa mengunyah bumbu-bumbuan seperti kapulaga, ketumbar, atau biji adas yang akan mengeluarkan minyak untuk menetralkan bau mulut tidak sedap.

16. Almond dan Kacang-kacangan

Cara kerjanya sama seperti buah dan sayuran. Makanan kaya serat ini bertindak seperti ‘sikat gigi kecil’ pada gigi dan telah terbukti menjaga bakteri penyebab bau.


Ternyata, jika kita jeli memilih bahan makanan, maka tidak perlu lagi khawatir dengn penyebab bau mulut, ya. Yang mana bahan makanan favoritmu?

Related Posts

1 komentar

  1. Zaman sekarang ada tuh yang praktis kayak lembar2an merk listerine. Tinggal ambil selembar langsung wusshh

    BalasHapus

Posting Komentar