header permata pengalamanku

Bisnis Modal Kecil? Bisa Banget Bareng Istana Sublim!

18 komentar

sublim kain

Terus terang, aku baru tahu lo, kalau sublimasi merupakan salah satu nama teknik printing kain. Selama ini, tahunya sublimasi itu ya berkaitan dengan perubahan wujud zat seperti yang kita pelajari dalam mata pelajaran IPA sejak SD itu.

Pengertian Sublim Kain

Jadi, seperti apa sih, teknik print sublim kain itu? Dalam pertemuan via Zoom dengan salah satu penyedia jasa printing sublim di Bandung, yaitu Istana Sublim, aku jadi mendapat banyak tambahan wawasan, deh. 

Pendiri jasa printing Istana Sublim Bandung, yaitu Bapak Rio Hardy, ditemani sang istri, menjelaskan bahwa sublim kain dilakukan mulai dari berkas gambar yang telah dicetak di kertas ditempelkan ke dalam jenis kain sublim, yaitu yang berbahan poliester dan turunannya, lalu dipanaskan pada suhu 200-220 derajat Celcius dalam mesin pemanas untuk memindahkan gambar pada kertas ke kain. 

Kain yang bisa disublim memang cuma poliester, ya. Poliester merupakan istilah umum untuk kain/tekstil yang menggunakan serat dari: senyawa kimia, etilen glicol, dan asam tereftalat yang dikombinasikan dengan polietilen tereftalaf tereftalat (PET) dari minyak bumi. Karakteristiknya tahan lama, cepat kering, dan tidak mudah berkerut.

Istana Sublim

Keunggulan Sublim Kain

Sekarang ini sublimasi menjadi metode printing kain yang paling favorit, lo! Kenapa, sih, kita perlu memilih teknik sublim kain polyester ini? Tentunya, karena ada sejumlah kelebihan teknik ini dibandingkan yang lain, yaitu:

  1. dapat mencetak tanpa batasan warna dengan hasil yang tajam
  2. mampu mencetak banyak dengan desain berbeda
  3. bidang cetak yang luas

Desain serumit apa pun bisa di-print ke kain. Hasilnya bisa dipakai untuk jadi kain hijab, baju, tas, sarung bantal, selimut, gorden, sepatu, kaos jersey, syal, topi, celana, rok, jaket, ... Semuanya deh, pokoknya! 

sublim di bandung

Serahkan Aja ke Istana Sublim!

Kalau membutuhkan jasa sublim di Bandung, langsung aja datangi Istana Sublim Jl. Cihampelas No. 64C Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung 40116 atau hubungi di 0817-5777-898 pada jam operasional 9.00-18.00 WIB untuk berkonsultasi bagaimana mewujudkan idemu menjadi produk garmen idaman.

Kenapa sih, jasa sublim di Bandung ini layak direkomendasikan? Sebab, ada empat keunggulan utama di Istana Sublim, yaitu:

Kapasitas Besar

Istana Sublim mampu menampung pesanan pabrik dalam jumlah yang besar karena memiliki mesin berskala semi industri dengan teknologi terbaru yang pastinya berkualitas terbaik. Kecepatan pegerjaannya di atas beberapa kompetitor yang ada, lo! 

Umumnya mesin mampu mencetak dengan kecepatan 40-60 meter per jam. Sedangkan mesin yang digunakan untuk teknik printing kain Istana Sublim ini bekerja 150-180 meter per jam. Terbayang ya, betapa jauh bedanya!

Lebar area cetak di Istana Sublim ada beberapa variasi ukuran yang disediakan, yaitu: 125 cm, 160 cm, dan 180 cm. Tinggal sesuaikan dengan kebutuhan kita. Jangan lupa, sisakan 2,5 cm di setiap sisi karena biasanya area ini tidak bisa dipakai, ya.

Pengerjaan Cepat

Percaya enggak, sih? Di Istana Sublim ini, untuk kapasitas kecil, kamu bisa ordern pagi dan sore sudah selesai, lo! Asalkan banyaknya pesananmu masih sesuai dengan kecepatan mesin cetak Istana Sublim di atas, bisa aja kok!

Harga Terjangkau

Harga cetak aja mulai 30.000 rupiah per meter. Makin banyak, yaitu di atas 50 meter, biaya cetak akan makin murah. Kalau kita punya contoh desain yang perlu dilakukan tracing, biayanya 100.000 rupiah. Sedangkan untuk desain mulai dari nol, biayanya 300.000 rupiah. 

Tenang! Untuk order di atas 50 meter, biaya tracing dan desain ini gratis! Mau bikin sendiri desainnya? Bisa banget. Tinggal serahkan file jadi desainmu berukuran minimal  150 dpi dalam format jpg, png, psd, atau pdf, ya!

Kualitas Bahan dan Hasil Print yang Tinggi

Sudahlah menggunakan mesin cetak seperti yang disebutkan di atas, Istana Sublim juga menggunakan mesin press terbaru dengan kualitas yang enggak perlu kalian ragukan lagi. Apa lagi, Istana Sublim juga menerapkan tiga proses Quality Control, yanga terdiri dari:

  1. cek kebersihan kain. Kain di-vacuum cleaner untuk menghindari adanya benang-benang kecil dan kotoran lain yang mengganggu proses produksi
  2. cek bowing kain. Memastikan kain tidak ada yang melengkung
  3. cek akurasi warna. Memastikan warna pada hasil sampel sublim kain sudah akurat sebelum dilanjutkan ke produksi masal.

Selain menyediakan jasa Print & Press, di Istana Sublim juga menyediakan beberapa jenis kain yang bisa digunakan untuk produk kamu. Jadi, enggak perlu lagi deh, repot-repot bawa kain kamu sendiri. Soal kualitas, sudah pasti bisa diadu. 

Sebab, bahan-bahan yang dipakai di Istana Sublim ini lahir dari hasil riset atas kebutuhan konsumen dengan spesifikasi yang sulit ditemui di pasaran. Maklum, Istana Sublim ini memesan khusus lo, bahan-bahan kainnya agar sesuai dengan kebutuhan kita.

Untuk yang mager atau ada di luar kota Bandung, Istana Sublim bahkan juga dengan senang hati akan mengirimkan sampel kainnya, lo! Kurang asyik apa lagi coba memulai bisnis dengan Istana Sublim ini? Jadi, sudah terpikir mau bikin produk garmen apa?

Related Posts

18 komentar

  1. Baru dengar nih istilah sublim kain. Rupanya biaya cetaknya juga terjangkau, ya. Sayang jauh di Bandung.

    BalasHapus
  2. Menarik nih proses sublim kain. Saya memang biasa lihat proses sablon kain di rumah. Namun, kalau sublim kain sepertinya lebih keren.

    BalasHapus
  3. Iyaya...istilah sublim jadi kayak pelajaran IPA. Saya pengen juga nih nyobain desain jilbab sendiri kemudian diprint sublim. Jadikan model aja, trus ditawarin ke teman untuk PO. Nah baru deh, pesan ke Istana Sublim...

    BalasHapus
  4. Cepat banget ya kak proses pengerjaannya. Kasih pagi, sore udah siap. Hasil dan kualitasnya oke punya jugak. Rekomended nih

    BalasHapus
  5. Makin ke sini peluang untuk berbisnis makin terbuka lebar. Apalagi ada Istana Sublim Kain di Bandung. Bisa pesen model kain yg kita design, terus dicetak. Bahkan di luar Bandung pun bisa kirim samplenya dulu. Keren iikkss...

    BalasHapus
  6. Pas banget nih, sekarang aku lagi nyari usaha tambahan buat di rumah. jadi kepikiran mau bikin desain baju sendiri.. makasih ya mbak buat informasinya..

    BalasHapus
  7. Jadi lebih praktis dan tentunya cepat ya.
    Pesanan sublim pun bisa langsung diselesaikan

    BalasHapus
  8. Ah iya, aku beruntung bisa ikutan zoom ini
    Jadi inspirasi buat memulai bisnis dengan modal kecil ya mbak

    BalasHapus
  9. Waah sublim kain boleh nih di coba...sangat menarik cocok buat yang memiliki usaha atau baru mencoba berbisnis.

    BalasHapus
  10. Dengan metode sublim kain ini selain memaksimalkan kualitas juga bisa memangkas waktu sehingga produksi semakin efisien tapi hasil maksimal ya

    BalasHapus
  11. Wah cocok nih untuk usaha fashion bisa gunakan kain printing dengan teknik sublim. Apalagi kualitas tetap bagus dan tanpa batas warna ya, Mba. Terpenting sudah ada percetakan Istana Sublim yang siap menerima order berapa banyak pun kebutuhan kain yang dibutuhkan.

    BalasHapus
  12. Pas banget nih buat yang suka dengan fashion. Sepertinya sebuah inovasi untuk memulai usaha yang pas

    BalasHapus
  13. Buat usaha fashion atau bikin pakaian handmade berdasarkan pesanan bisa nih dikombinasi dengan kain dari istana sublim. Bisa jadi peluang bisnis fashion kekinian juga

    BalasHapus
  14. Keren juga teknik printing kainnya, Kak. Baru tahu ada teknik ini. Apalagi Istana Sublim bisa menerima order berpapun jumlahnya.

    BalasHapus
  15. Wah ini menarik buat bikin usaha kaos atau hijab motif nih. Biaya cetak per meternya 30 ribu rupiah aja ya di Instana Sublim. Noted, siapa tahu nanti tertarik buka usaha bidang fashion

    BalasHapus
  16. Harga sublim kain ternyata cukup terjangkau yak, cocok nih buat yang punya usaha soal fashion. Apalagi motifnya juga beragam.

    BalasHapus
  17. Ternyata proses sublim kain itu dipanasin sampe suhu 200-220 derajat celcius ya mbak, agar bisa pindah gambarnya ke si kainnya. BTW saya simpen dulu nih kontak istana sublim, siapa tahu butuh saja sublim kain nantinya hihihi.

    BalasHapus

Posting Komentar