header permata pengalamanku

Bad Mood? Atasi dengan 15 Cara Sederhana Ini!

21 komentar

 bad mood

Bad mood dapat berarti perasaan yang buruk atau negatif. Gejalanya antara lain: malas, terlalu sensitif, dan pesimis. Hal-hal tersebut sebenarnya normal dialami manusia. Namun, kadang kala, perasaan enggak enak itu hadir terlalu sering, random, atau malah terjadi di momen yang penting. Kalau sudah begini, jadi gawat, kan?

Bahkan, meski masih dalam batas normal pun, bad mood harus segera diatasi supaya enggak mengacaukan keadaan. Nah, biar enggak khawatir situasi kacau oleh suasana hati yang buruk, yuk lakukan hal-hal berikut ini!

1. Mengakui Apa yang Dirasakan

Ini langkah awal yang penting, ya. Daripada mengingkari dan mencoba mengubur suasana hati yang negatif, mending sadari dan akui bahwa saat ini kamu sedang mengalaminya. Penerimaan membuatmu lebih tenang dalam mengatasinya.

2. Menangis

Jangan sungkan mengeluarkan tetes demi tetes air mata. Selama masih dalam batas wajar dan terkontrol, menangis pada dasarnya bisa melepaskan energi negatif hingga suasana hati pun membaik. 

3. Ketahui Penyebabnya

Coba amati, memburuknya perasaanmu ini sebenarnya karena apa. Apakah masalah hormonal, lingkungan yang penuh tekanan, atau pola hidup yang kurang ideal. Kemampuan mendefinisikan masalah dengan tepat akan membantumu menemukan solusi yang benar pula.

4. Cukup Istirahat

Bisa jadi, suasana hati yang buruk itu karena terlalu lelah. Fisik yang enggak kuat berpengaruh ke mental. Usahakan selalu cukup tidur dan Luangkanlah sehari untuk melakukan aktivitas ringan aja. Ciptakan lingkungan kamar tidur yang tenang, gelap, dan rapi untuk membantu tidur. Istirahat akan membuat tubuh dan pikiran kita segar kembali.

5. Olahraga

Berolahraga membantu memperlancar peredaran darah ke seluruh tubuh dan melepaskan hormon bahagia. Hasilnya, tubuh dan pikiran akan lebih segar karena cukup asupan. Tinggal pilih aja jenis olahraga apa yang kamu suka. Bersepeda, lari, jalan cepat, bermain basket, atau bermain bulu tangkis?

6. Konsumsi Asupan Sehat

Pola hidup sangat memengaruhi naik-turunnya suasana hati dalam jangka panjang. Bila kamu makan makanan yang sehat, istirahat cukup, dan olahraga rutin, kestabilan suasana hati akan lebih terjaga. Pastikan untuk makan makanan yang seimbang, kaya nutrisi, dan rendah lemak jenuh. Pola hidup yang enggak sehat bisa membuat asam lambung. Penyakit ini mengakibatkan perasaan cemas berlebih. 

Kamu juga bisa memasukkan makanan yang bisa meningkatkan perasaan positif ke dalam menumu dalam porsi yang seimbang. Misalnya: cokelat, jus alpukat, telur, almond, pisang, ikan, kacang-kacangan, makanan yang mengandung probiotik, dan sayur-sayuran. Ketika dikonsumsi, makanan ini memicu hormon dopamin serta serotonin yang memengaruhi kemunculan rasa bahagia. 

Hindari alkohol karena dapat membuat suasana hati terasa jauh lebih buruk. Ia juga berpotensi menimbulkan perilaku berisiko dan keputusan buruk yang dapat berdampak jangka panjang. Mengurangi kafein, apa lagi di malam hari, juga menjadi satu di antara cara untuk mendapatkan tidur yang berkualitas dan suasana hati yang lebih baik,.

7. Beribadah

Mendekatkan diri kepada Sang Pencipta membuat lebih tenang dan nyaman. Maka itu, jangan lupa untuk selalu beribadah meminta petunjuk dan kemudahan. 

8. Bersyukur

Kamu perlu bersikap realistis tentang seberapa besar pengaruh suasana hati yang buruk ini dalam hidup jika dibiarkan berlarut-larut. Daripada menyalahkan semua dan merasa enggak adil, coba untuk selalu bersyukur dan berdamai dengan diri sendiri untuk membantu melegakan rasa. 

Rutin menulis jurnal syukur bisa menjadi pilihan kebiasaan yang positif. Hal ini membuat kamu berpikir optimistis karena lebih berfokus pada kendali yang kamu miliki sehingga mampu berusaha mencari cara untuk keluar dari masalah.

9. Cari Hiburan

Aneka jenis hiburan sesuai selera juga bisa membantu memperbaiki suasana hati. Lakukan aja hal-hal yang sekiranya membuat senang, meski terkesan sepele. Enggak perlu merasa bersalah melakukan aktivitas semacam ini. Asal enggak berbahaya, aktivitas tersebut masih sangat wajar dilakukan sesekali sebagai penyegaran.

Aktivitas hiburan ini misalnya: bermain gim, menonton film, jalan-jalan ke mal, berkebun, memancing, memasak, membaca buku, mendengarkan musik yang ceria dan berenergi, atau menonton para noona di drakor. 

10. Jangan Menunda

Menunda pekerjaan bisa menyebabkan berbagai perasaan negatif karena pikiran enggak akan tenang. Teguran dan tuntutan yang datang terus-menerus akibat menunda pekerjaan akan meningkatkan hormon penyebab stres dalam tubuh.

11. Bersama Orang Terdekat

Seseorang akan merasa lebih nyaman saat bersama orang terdekat, baik itu keluarga atau kawan. Kenyamanan ini bisa membantu mengangkat suasana hati. Apa lagi bila orang terdekat ini suka melucu. Tawa dari humor mereka benar-benar obat mujarab.

12. Curhat

Jangan takut menceritakan masalah ke orang yang terpercaya, agar enggak menjadi penyakit bagi tubuh. Curhat akan membantu melihat suatu masalah dari perspektif yang berbeda dan menjadi sarana menyalurkan emosi.

13. Hindari Orang Toksik

Orang toksik membuat suasana hati yang mulanya naik bisa langsung jatuh begitu mendengar ucapan atau melihat sikapnya. Hindarilah mereka yang sifatnya cenderung negatif dan dapat merusak kebahagiaan hati.

14. Selesaikan Masalah

Jika telah melakukan banyak penyegaran seperti di atas, tentu akan mulai terbentuk kembali kekuatan untuk menyelesaikan masalah. Maka, atasi sumber persoalan tersebut biar enggak terus menghantui hingga bikin stres. Apa pun hasilnya, perasaan akan lebih lega dan tenang selepas itu.

Jika buruknya suasana hati akibat pengaruh PMS, misalnya, bisa diatasi dengan membuat diri lebih nyaman. berbaring di kasur saat merasa sakit, mengonsumsi obat pereda nyeri, mengenakan pakaian yang enggak ketat, atau merendam kaki dengan air hangat supaya tubuh lebih relaks.

15. Pertimbangkan ke Psikolog/Psikiater

Jika cara-cara di atas enggak cukup membantu, mungkin memang ada gangguan dalam diri yang hanya bisa ditangani oleh tenaga medis profesional. Pertimbangkanlah untuk berkonsultasi ke psikolog atau psikiater agar mendapatkan solusi yang tepat.


Jadi, cara apa yang biasa kaupakai untuk memperbaiki suasana hati?

Related Posts

21 komentar

  1. Mengakui dan validasi perasaan tuh pentiiingg bgt ya
    Tapi sayangnya, banyak orang yg sering denial.
    Lagi bad mood tapi enggga ngaku

    BalasHapus
  2. Aku kalau lagi badmood sukanya nyuruh paksu pulang cepet. Buat minta pelukan dia dan minta tolong jaga anak-anak. sembari aku menenangkan diri.

    BalasHapus
  3. Poinnya penting semuaaaa Ida!
    Tapi aku suka di poin : Jangan suka menunda! karena ini tuh berdampak ke banyaaaak sekali hal hal yang tak diinginkan!

    BalasHapus
  4. Kalo badmood biasanya kalau situasi mendukung saya pilih tidur, hehe
    Atau menjauh dari orang2, sebab kasian nanti mereka jadi pelampiasan 😁
    Smoga kita ngga sering2 badmood ya, aamiin

    BalasHapus
  5. Kalau mau curhat, kita kudu pilih-pilih juga mau curhat sama siapa. Jangan sampai deh kita maunya pingin mood membaik eh di masa depan malah makin kacau gegara teman yang dicurhatin.
    Terus orang toxic ini emang nggak bisa didekatin sih. Mending mah jauh-jauh. Biar kitanya sehat. Hehehe....

    BalasHapus
  6. duh zaman now jgn sembarangan cerita ke org deh, kalo memang lagi depresi better cari bantuan psikolog yaaaa, sudah jelas latar belakang pendidikannya

    BalasHapus
  7. Kalau aku lagi badmood, atau bahkan stress, yang aku lakuin:
    1. Tidur... Bisa lama banget lo
    2. Massage full body ke Reflexiology
    3. Ngurus tanaman hias...

    BalasHapus
  8. Kalau untuk saat ini, yang harus saya lakukan ketika bad mood cuman 1, BUTUH TIDOOORRRR hahahaha.
    Beneran dah, saya tuh merasa fakir tidur banget, tidur cuman bisa 2-3 jam, sesekali bisa 4 jam.
    Ya ampyuunnn berasa sok sibuk sedunia dah, nggak heran kalau saya suka mengaum kek singa hahahaha

    BalasHapus
  9. Kalau aku badmood milih menyendiri dulu, mba. Hindari orang toxic dan milih istirahat.

    Kalau udah legaan baru curhat ke temen yang bisa dipercaya, atau malah milih nonton drama atau film favorit biar mood membaik. Hehe

    BalasHapus
  10. Daku kadang dengan tidur, scroll TikTok, dengerin musik, nonton tivi, atau jalan-jalan

    BalasHapus
  11. Aku jarang menangis. Hehehe. Tapi aku suka makan kalau bad mood. Mungkin jatuhnya ke nomor 6 ya, konsumsi asupan sehat. Jangan makan mecin kalau lagi bad mood. Yang ada makin menggendats dan makin bad mood.

    BalasHapus
  12. ya ampun lucunya si kecil
    Saya setuju banget dengan semua saran di atas
    terlebih ketika bahu rasa berat banget yang artinya utang kerjaan udah terlalu banyak

    BalasHapus
  13. Sebenarnya aku kalau bad mood cukup duduk tenang sejenak
    Lalu ngemil cokelat
    Hehe sesimpel itu
    Ternyata banyak juga ya mbak cara buat ngilangin bad mood

    BalasHapus
  14. Beribadah (kalau aku ngaji) adalah obat galau paling mujarab selain curhat sama orang yang tepat

    BalasHapus
  15. Badmood ini mengganggu banget sih..
    Aku sekarang sedang mengalaminya. Kayak yang males ngapa-ngapain. Kalo bobok, pas bangun badan terasa capeeekk banget.

    Kaya yang "Ada apa sih?"

    Kudun banget cari aktivitas yang santai, gak banyak pikiran dan perbanyak bersyukur agar hidup gak capek.

    BalasHapus
  16. Menerima apa yang terjadi penyebab bad mood itu aku banget Mba. Berusaha menyelami apa yang sedang terjadi, n kalau bisa ditinggalkan dulu orang atau lingkungan yg buat badmood, nonton drakor jg bisa ngebantu hehe

    BalasHapus
  17. Bad mood menurut aku normal sih, karena itu hanya kondisi perasaan aja. Kalo dibawa maen/traveling dll pasti bisa sembuh dengan sendirinya, termasuk berolahraga bareng teman itu cara yg sering saya lakukan.

    BalasHapus
  18. Noted mbak, iya nih beberapa sebab di atas suka bikin bad mood.Kudu dihindari bener2 biar gak menyebabkan bad mood berujung stress.
    Aku biasanya pelariannya paling makan atau ndrakor hehe.

    BalasHapus
  19. Tempat buang kebeteanku adalah pada suami. Untung dia mau dengerin, walau cuma lewat kuping doang tapi lumayan mengurangi kekesalanku pada orang-orang di luar sana hihi

    BalasHapus
  20. Kalau saya cari hiburan mbak, main game sambil ngemil. Setelah capek main terus tiduuur. Alhamdulillah biasanya setelah bangun tidur perasaan sudah jadi lebih baik

    BalasHapus
  21. aku kalau lagi badmood biasanya ngapain yak.. kayaknya mending tidur deh kalau aku. Tapi seumpama masih gak reda, ujung-ujungnya emang nangis. Makanya kadang ada lho yg rela makan pedas biar bisa nangis dan lega gitu habis nangis.

    BalasHapus

Posting Komentar