header permata pengalamanku

Peran Internet bagi Ibu Menyusui yang Berpuasa

21 komentar

 
ibu menyusui puasa

Siapa di sini yang ibu menyusui? Sama dong kita, ya. Apakah kamu berpuasa? Memang, bagi ibu hamil dan menyusui ada keringanan untuk enggak berpuasa. Mereka bisa menggantinya di waktu lain atau membayar fidyah, sesuai dengan pendapat mazhab mana yang diikuti.

Namun, tentu aja enggak ada larangan bagi ibu hamil dan menyusui jika ingin tetap berpuasa. Yang penting, jangan sampai menyengsarakan ibu atau bayi, ya. Nah, bagaimana caranya agar ibu menyusui bisa berpuasa dengan lancar?

Tips Puasa bagi Ibu Menyusui

tips puasa

Pada dasarnya, tips agar ibu menyusui tetap sehat saat berpuasa hampir sama dengan tips untuk kondisi umum seperti yang disebutkan dalam situs teknologi ini. Beberapa tambahan khusus untuk ibu menyusui, antara lain:

Sedia Stok ASI

Perah dan simpan ASI sebagai cadangan sejak sebelum memasuki bulan Ramadan. Hal ini untuk menjadi pertolongan pertama jika terjadi hal-hal di luar perkiraan. Seenggaknya, dengan memiliki persediaan ASI, mengurangi kecemasan ibu akan kecukupan gizi bagi bayi. 

Perhatikan Kondisi Bayi

Untuk memutuskan apakah akan puasa hari ini atau enggak, sebaiknya teliti betul kondisi bayi. Pastikan bayi tetap sehat selama ibu berpuasa. Kondisi-kondisi rentan yang perlu diperhitungkan antara lain jika bayi masih ASI eksklusif alias berusia enam bulan ke bawah, sedang malas makan, sedang sakit, perjalanan jauh, dan lain-lain.

Tambahkan Asupan Air Putih

Kebutuhan cairan ibu menyusui lebih banyak dibandingkan orang pada umumnya. Jadi, wajar banget kalau ibu menyusui mengonsumsi lebih dari dua liter dalam sehari semalam. Jumlah ini bisa dibagi pemenuhannya sepanjang waktu berbuka hingga menjelang Subuh tiba.

Tetap Rutin Menyusui

Berpuasa bukan berarti aktivitas menyusui perlu dikurangi. Tetaplah memberikan ASI secara rutin sesuai permintaan bayi. Hal ini akan menjaga persediaan ASI selalu stabil untuk mendukung tumbuh-kembang bayi. 

Jika, jarang atau malah berhenti menyusui dengan alasan sedang berpuasa, bisa jadi bukannya membuat ibu lebih sehat. Hal itu justru memicu timbulnya mastitis alias peradangan pada jaringan payudara. Rasa nyeri dan pegal yang diakibatkannya malah akan sangat mengganggu aktivitas kita.

Peran Internet Menjaga Kesehatan Ibu Menyusui Saat Berpuasa

peran internet

Semua tips di atas bisa banget kita jalankan kalau didukung oleh internet yang cepat dan stabil. Internet ini akan sangat membantu para ibu menyusui untuk:

Mencari Tips Puasa bagi Ibu Menyusui

Seperti aku yang mendapatkan informasi tentang tips puasa sehat di atas, para ibu menyusui pun dapat melakukan hal yang sama. Sehingga, enggak perlu ragu lagi memutuskan apakah akan berpuasa atau enggak. Setiap pilihan dapat diambil dengan mantap bahwa itu yang terbaik bagi kesehatan ibu dan bayi.

Mendapat Ide Menu

Mengonsumsi menu sehat menjadi lebih mendesak dipenuhi saat ibu sedang menyusui. Agar enggak mati gaya untuk menyusun apa aja menu sahur dan berbuka yang sehat dan bergizi lengkap bagi ibu menyusui, kita bisa memanfaatkan internet untuk mendapatkan jawabannya.

Mempelajari Manajemen ASI Perah

Hal yang satu ini memang enggak bisa dilakukan asal-asalan, supaya hasilnya bisa melimpah, efektif, dan tahan lama. Ibu menyusui yang akan berpuasa perlu banget tahu cara memompa ASI, memilih wadah penyimpanan, mengatur stok ASI, menyimpan, dan memanaskan ASI untuk dikonsumsi bayi.

Mengunduh Aplikasi

Ada banyak aplikasi tentang puasa dan kesehatan yang bisa diunduh ibu menyusui. Aplikasi pelacak kesehatan dapat melacak berbagai parameter kesehatan seperti detak jantung, tekanan darah, kadar gula darah, jumlah kalori yang terbakar, jumlah cairan yang dikonsumsi, serta pola tidur dan aktivitas fisik.

Begitu juga aplikasi untuk menyusun menu sehat akan membuat hari-hari ibu menyusui lebih praktis dalam menjalankan puasanya dengan sehat. Ibu menyusui yang enggak rutin berpuasa dalam sebulan, bisa memakai aplikasi pelacak puasa untuk tahu berapa hari dia enggak berpuasa. Dengan begini, ibu jadi tahu berapa hari utang puasanya atau sebanyak apa harus membayar fidyah.

Untuk mengatasi beberapa keluhan yang mungkin muncul selama berpuasa, ibu bisa mengunduh aplikasi konsultasi dokter daring sehingga dapat ditegakkan diagnosis yang benar. Jika diperlukan, ibu menyusui juga bisa mengunduh aplikasi apotek daring untuk membeli obat.

Ibu Menyusui Tetap Sehat Berpuasa dengan IndiHome

Seluruh kebutuhan internet di atas dapat dipenuhi oleh provider internet IndiHome. IndiHome dari Telkom Indonesia telah sejak awal menemaniku menjalani bulan puasa dalam keadaan hamil dan/atau menyusui kedelapan anakku. IndiHome sangat membantuku mengusir segala kekhawatiran dan ketidaktahuan melalui jaringan internetnya yang cepat dan stabil.

Jadi, apakah Ibu akan berpuasa hari ini?

Related Posts

21 komentar

  1. Internet cepat seperti IndiHome ini sangat mendukung kegiatan online kita memperoleh informasi ibu menyusui saat puasa Ramadan. Jadi busui tidak salah memilih bahan makanan atau berbagai resep praktis agar menghasilkan ASI berkualitas bagi bayinya.

    BalasHapus
  2. Masya Allah ada delapan ya putra-putri, Mak...Sehat selalu semua
    Btw, memang ya IndiHome dengan layanan internet cepat dari Telkom Indonesia pas sekali menemani menjalani bulan puasa Ibu hamil dan menyusui yaaa

    BalasHapus
  3. IndiHome memang sangat membantu kita2 semua dalam mencari informasi dengan cepat ya. Tentunya hal ini sangat berguna bagi ibu yang tengah menyusui dan tetap ingin menjalankan ibadah puasa. Semoga ibadahnya dan produksi ASI tetap berjalan lancar ya.

    BalasHapus
  4. di rumah pasang IndiHome juga, alhamdulillah membantu untuk kerjaan juga entertain. bokap juga pakai buat ngajar online kadang-kadang

    BalasHapus
  5. Internet buat aku berarti nih mba, karena menu2 jg aku intip selalu dari dunia maya 😁 info menarik yg bermanfaat, galau masak apa yaudah ketak ketik deh. Asyik kalau lancar jaya inetnya seperti IndiHome

    BalasHapus
  6. Ibu menyusui juga bisa berpuasa ya. Yang penting kondisi kesehatan ibu dan bayi baik-baik saja, serta nutrisinya tercukupi.

    BalasHapus
  7. Asliii peran internet penting banget buat cari info seputar tips puasa bagi busui. Seperti manajemen asi perah kan ngga bisa sembarangan ya. Sama cari menu bergizi buat busui. Untunga da IndiHome bisa bantu googling dehhh.

    BalasHapus
  8. Aku dulu zaman menyusui gak puasa karena ada anemia hehe. Tapi kalau ibunya sehat sebaiknya puasa sih ya biar utang tak menumpuk :D
    Kalau ada internet di rumah enak bisa browsing2 seputar kesehatan ibu menyusui selama berpuasa ya :D

    BalasHapus
  9. Sekarang menyusui bayi walaupun lama, berteman internet, bisa browsing banyak hal bermanfaat. Jadi ingat, dulu saya menyusui, si bayi nenen, saya tidur. Kalau lagi mau baca buku ya baca buku sembari menyusui :D

    BalasHapus
  10. Ibu menyusui puasa harus lebih memperhatikan nutrisi yang masuk ya slain untuk dirinay juga untuk bayinya. Ide-ide menu sudah banyak di dunia maya tinggak diterapkan ya.. Yang penting ada koneksi internet semua lancar jadinya

    BalasHapus
  11. Banyak pertimbangan memang ketika seorang ibu mau memutuskan menyusui atau tidak selama bulan puasa. Tapi, jika keduanya sehat dan baik-baik saja, apa salahnya tetap berpuasa bukan?

    BalasHapus
  12. Bener yaa, internet sudah sangat bermanfaat bagi siapapun, tidak terkecuali ibu hamil. Alhamduillah sekarang ibu hamil sudah sangat dimudahkan dalam mencari informasi melalui internet.

    BalasHapus
  13. Ibu menyusui tuh emang kadang butuh niat kuat banget untuk bisa berpuasa ya mbak. mencari informasi dan rekomendasi untuk ibu menyusui supaya bisa tetap berpuasa bisa dilakukan lewat internet, tentu dengan syarat punya koneksi jaringan kenceng dan stabil ya

    BalasHapus
  14. Jaringan internet cepat dan stabil dari IndiHome ini memang sangat membantu aktivitas kita ya mbak
    Termasuk dalam mencari informasi untuk ibu menyusui

    BalasHapus
  15. aku dulu waktu menyusui malah enggak puasa, anaknya nangis terus. kata orang Jawa, ASI-nya kurang seger. hehehe
    oh ya, zaman sekarang, kehadiran internet memang sangat membantu sekali dan banyak manfaatnya ya :) apalagi dalam mencari informasi.

    BalasHapus
  16. Kalau Mbak-mbakku kebanyak hamil dan busui masih tetap puasa. Balik ke kondisi masing-masing sih. Toh kalau gak puasa juga gak papa karena dapat keringanan

    BalasHapus
  17. Ibu menyusui puasa?
    Saya.
    Internet dibutuhkan untuk apa?
    Belajar motivasi agar tetap semangat puasa meski disedot terus hahah

    BalasHapus
  18. Sekarang aku lagi menyusui dan tetap puasa juga. Alhamdulillah lancar si bayi juga tetap minum ASi dengan happy

    BalasHapus
  19. alhamdulillah sekarang tuh ada internet jadi mencari informasi apapun lebih mudah dan sat set. Ibu-ibu menyusui jadi semangat meski harus berpuasa, enggak takut ini dan itu karena di internet juga banyak pengalaman yang sama. Terpenting tetap memperhatikan kondisi bayi kan ya mbak ^_^

    BalasHapus
  20. Banyak emak emak puasanya pada bolong bolong karena menyusui .kalau tahu tips enak banget jadi puasa juga tenang.

    BalasHapus
  21. Masha Allah puasa jadi tenang yah meskipun sedang menyusui. Makasih banyak nih tipsnya.

    BalasHapus

Posting Komentar