header permata pengalamanku

Bu, Ini Caranya Memanfaatkan Internet untuk Mendidik Anak

5 komentar

mendidik anak

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi telah mengubah cara kita hidup, termasuk cara kita belajar dan mendidik anak. Internet dan e-learning adalah solusi yang tepat bagi orang tua yang ingin memberikan pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak mereka di rumah. 

Namun, penggunaan internet dan e-learning juga memerlukan pendekatan yang tepat agar efektif dalam membantu anak-anak belajar. Berikut adalah beberapa solusi terbaik untuk mendidik anak dengan internet dan e-learning.

6 Cara Memanfaatkan Internet untuk Mendidik Anak

  1. Membatasi Waktu Anak untuk Mengakses Internet

Saat menggunakan internet dan e-learning untuk pendidikan, penting untuk membatasi waktu yang dihabiskan Anak melakukan aktivitas tersebut. 

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan komputer atau perangkat digital dapat membahayakan kesehatan mental dan fisik anak lho. Lebih baik buat jadwal belajar yang membutuhkan akses internet, jadwal belajar biasa, dan jadwal kegiatan fisik serta sosial anak. 

Untuk mengatur dan mengelola akses internetnya, Anda bisa menggunakan aplikasi myIndiHome. Bahkan melalui aplikasi ini, Anda bisa memantau aktivitas anak saat berinternet, memblokir situs-situs berbahaya, dan mengatur jadwal akses dari perangkat yang anak gunakan.

  1. Pilih Platform e-learning yang Berkualitas

Ada banyak platform e-learning yang tersedia di internet. Pilihlah platform belajar yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan anak Anda. Pastikan platform tersebut memiliki kurikulum yang sesuai dengan usia anak, memadukan bahan belajar yang menarik dan interaktif, serta mudah digunakan.

Kalau Anda berlangganan akses internet cepat IndiHome dari Telkom Indonesia, Anda bahkan mendapatkan fitur tambahan untuk mengakses platform belajar online Ruangguru, Khan Academy, Rumah Belajar, sekolah.mu, Quipper, dan masih banyak lagi.

  1. Gunakan Teknologi yang Tepat

Teknologi dapat membantu anak belajar secara lebih efektif. Beberapa teknologi yang dapat digunakan termasuk papan tulis interaktif, video pembelajaran, kelas online, virtual library, dan aplikasi pembelajaran lainnya. 

Dilansir dari Pricebook, semua teknologi yang menyediakan materi edukasi lengkap di atas sudah tersedia di IndiHome lho, yaitu:

  • IndiHome Edukasi: akses online ke konten pendidikan dari SD hingga SMA berbentuk video pembelajaran, latihan soal, dan ulangan online. 

  • IndiHome Study: Online Class, Virtual Library, dan Online Exam yang dapat membantu anak belajar di rumah dengan lebih efektif.

  • IndiHome Kids: video pembelajaran, lagu anak, dan permainan edukasi yang dapat membantu anak-anak belajar dengan cara yang menyenangkan.

  1. Ajarkan Anak tentang Keamanan Berinternet

Penting bagi anak-anak untuk belajar tentang keamanan internet dan cara menghindari bahaya online. Ajarkan anak-anak tentang privasi online, cara menghindari situs web yang tidak aman, dan cara menghindari konten yang tidak pantas.

  1. Berikan Bimbingan dan Dukungan

Orang tua harus memberikan dukungan dan bimbingan yang tepat bagi anak-anak selama proses pembelajaran. Berikan pujian dan dukungan ketika anak-anak menyelesaikan tugas atau mengalami kesulitan dalam pembelajaran. Selain itu, orang tua juga dapat berpartisipasi dalam pembelajaran anak dengan membantu menjawab pertanyaan dan memberikan saran.

  1. Ciptakan Pengalaman Belajar yang Menyenangkan

Pengalaman belajar yang menyenangkan dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk belajar. Cobalah untuk memadukan pembelajaran dengan kegiatan yang menyenangkan seperti bermain game edukasi, menonton video pembelajaran, dan melakukan proyek kreatif.


Dengan menerapkan cara di atas, diharapkan para orang tua bisa membantu anak belajar dan dapat memberikan pendidikan yang berkualitas. Satu hal yang pasti, gunakan teknologi internet dan media e-learning dengan tidak berlebihan, berinternet secara bijak, dan tetap utamakan keamanan dan kesejahteraan anak. 

Related Posts

5 komentar

  1. Jadi orang tua memang harus benar-benar melek teknologi, jangan sampai ketinggalan info. Bisa-bisa kecolongan

    BalasHapus
  2. Beneran ini info yang aku butuhin banget, kak..
    Aku pikir IndiHome aja sebatas jaringan internet dengan channel-channel kerennya, tapi juga ada kelas yang bisa diakses anak-anak untuk belajar.
    Jadi bisa mengarahkan ananda untuk tetap bisa belajar dan sesekali boleh refreshing nonton.

    BalasHapus
  3. Keberadaan internet emang sangat membantu ortu ya. Sejak jadi ortu juga rajin nyari info ttg kesehatan, makanan, printilan buat anak dari browsing2 gtu.
    Apalagi buat yang jauh dr keluarga kyk aku keberadaan jaringan inet bisa membuatku memungkinkan diskusi ttg parenting di grup2 parenting.

    BalasHapus
  4. internet bikin dunia baru ya mbak, anakku kalau waktunya pegang gadget sudahlah youtube kids langsung, apalagi pakai indihome yang emang no lola, lancar2 jaya.
    jadi emang penting banget poin2 diatas dikenalin ke anak agar tidak kecanduan youtube :)

    BalasHapus
  5. Teknologinya tepat lalu didukung juga dengan pemakaian yg tepat, jadilah berkah dan manfaat

    BalasHapus

Posting Komentar