Habis Hilang, Terbit Melangkah Bersama Blogger Gandjel Rel


Lho? Apa ini yang hilang? Yang pernah hilang adalah kesempatanku untuk menulis blog. Kisah selengkapnya pernah kutulis di #SayaNgeblogKarena: Alah Ngeblog Karena Cinta Mentok. Berikut ini cuplikan ceritanya:

Untuk kegiatan ngeblog sendiri, saya mulai di tahun 2008. Suami memperkenalkan blog pada saya sebagai sarana untuk menulis dan dibaca oleh seantero warga jagad internet. Agar saya bisa mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat di tengah kesibukan mengurus 2 balita. Syukur-syukur jika menghasilkan uang.

Pikir punya pikir, kira-kira apa yang akan saya tulis di blog. Akhirnya saya memilih niche yang dekat dengan dunia saya. Blog pertama ini membahas seputar perawatan, kesehatan dan pendidikan anak.

Awalnya, blog saya memakai domain gratisan dari Wordpress. Setelah melihat konsistensi saya menulis satu artikel tiap hari dan respon positif dari para pengunjung maupun mesin pencari, Suami menawarkan untuk mengubah blog saya ke dalam domain berbayar. Saya sih setuju saja.

Jadilah saya memilih blog Top Level Domain (TLD) yang beralamat di http://www.mommygadget.com dengan tagline “Mommy’s Got to Get” itu. Blog ini pun makin ramai dari hari ke hari. Pageview-nya rata-rata 1000 per hari. Saya pun sempat merasakan penghasilan dari blog ini melalui iklan yang dipasang di blog saya.

Anda sudah mengintip blog saya di atas? Bagaimana? Kosong? Memang. Hehehe… Karena blog itu sudah tidak aktif sejak tahun 2012. Lho, kok? Ya, banyak pertimbangan mengapanya. Diawali dari semakin sibuknya saya karena telah memiliki 3 anak. Ditambah dengan mengurus bisnis online yang mendompleng nama blog saya itu juga berjalan cukup lancar. Fokus pun teralih sehingga saya jadi semakin jarang membuat artikel baru di blog.

Hingga ketika kami berpikir untuk mulai lebih serius mengelola homeschooling kami karena Si Sulung akan memasuki usia 7 tahun. Bisnis online pun kami stop agar lebih fokus.

Apa kabar blog saya? Karena jarang dirawat, perlahan namun pasti, performanya pun semakin menurun. Apalagi menilik banyak artikel kesehatan di dalamnya yang sudah tidak sejalan dengan perkembangan ilmu kesehatan terbaru, maka kami pun sepakat untuk menghentikan pembayarannya. Sehingga, musnahlah blog itu dari dunia persilatan maya. Hiks.

Habis Hilang, Terbitlah Kesempatan


Ya, kesempatan itu hadir sekitar 3 tahun yang lalu. Berupa waktu luang karena sistem pembelajaran dan manajemen waktu yang berjalan dengan lebih baik di rumah ini. Sehingga aku bisa menyalurkan kembali hobi menulisku. Maka aku pun kembali membuat akun blog gratisan di Wordpress.

Kebanyakan, blog ini aku isi dengan artikel yang diikutsertakan dalam lomba. Sederhana saja, karena dalam lomba, sudah ada tema yang ditentukan sehingga aku tinggal mengembangkannya. Salah satu tema menarik yang aku ikuti adalah tentang Aku dan Kamera Ponsel

Sambil mengikuti lomba, sambil berusaha mengenal lebih dekat tentang penyelenggaranya. Beliau adalah Mbak Uniek Kaswarganti. Kalau membaca tulisan-tulisannya dan bagaimana bentuk interaksi Beliau dengan para pengunjung blognya, kesannya Beliau ini asyik sekali orangnya.

www.hidayah-art.com

Di antara lomba blog yang kuikuti, ada juga beberapa yang berhasil aku menangkan, salah satunya giveaway yang diadakan Mbak Hidayah Sulistyowati tentang resolusi pergantian tahun. Seru banget lhogiveaway-nya. Bertaburan banyak hadiah untuk 16 pemenang!

Hadiahnya ini hasil donasi berbagai pihak. Dari sini, aku mencium bau-bau komunitas. Hihihi... Selidik punya selidik, ternyata memang Mbak Wati (panggilan akrab Beliau) ini merupakan salah satu anggota dari komunitas bloger perempuan di Semarang, Blogger Gandjel Rel namanya.   

Karena kepo maksimal, maka aku pun mengunjungi web resmi komunitas ini. Ternyata Mbak Uniek Kaswarganti yang aku sebutkan sebelumnya itu adalah salah satu pendirinya, lho! Di sana juga aku temukan nama-nama bloger yang sudah tak asing membacanya bersliweran di dunia blog.

Seperti Mbak Dewi Rieka yang namanya sudah menggaung sejak zaman Multiply, juga Mbak Rahmi Aziza yang saat itu baru saja kueja namanya sebagai salah satu pemenang lomba blog di tempat lain. "Mantap betul komunitas ini!" pikirku.

Terbitnya Kesempatan, Mengantarkanku pada Blogger Gandjel Rel


Tadinya kupikir aku hanya bisa menjadi pengagum rahasia komunitas ini beserta anggota-anggotanya. Tapi ternyata, takdir yang dirancang untukku jauh lebih indah. Secara tak terduga, Suami menjatuhkan pilihan untuk tinggal di Semarang, kota kelahiranku.

Berada di lingkungan baru, membuatku merasa perlu untuk segera bergabung dengan komunitas bloger di sini agar dapat segera beradaptasi tentang banyak hal. Pikiranku langsung tertuju pada Blogger Gandjel Rel. Bagaimana sih, rasanya akan bertemu para idola? Itulah suasana hatiku saat itu.


Ajaibnya lagi, ketika mengetahui aku akan pindah ke Semarang, Mbak Sri Untari yang sebelumnya kukenal sebagai sesama online seller ternyata juga seorang bloger, dong. Dan Beliau merekomendasikanku untuk bergabung dengan Blogger Gandjel Rel setibanya di Semarang.

Cling cling cling! Meriah deh, rasa di kalbu. Namanya jodoh memang nggak bakal ke mana-mana, ya. Singkat cerita, bergabunglah aku dengan komunitas ini. Pengalamanku di dunia blog pun meningkat pesat beberapa level. Apa sajakah itu?


Walaupun sebelumnya aku sudah bergabung dengan beberapa komunitas bloger, namun semuanya hanya sebatas aktivitas daring. Kegiatan luring pertama yang melibatkan bloger yang aku ikuti ya bersama Blogger Gandjel Rel ini.

Bahagia sekali, pastinya. Karena di sepanjang perjalanan, ada banyak hal yang kudapatkan bersama mereka. Jaringan teman-teman yang super keren, ilmu, pengalaman, keterampilan, kepedulian. inspirasi, motivasi dan penghasilan juga.

Dan saat ini, ternyata jodohku masih panjang bersama mereka. Karena Suami masih berencana tinggal lebih lama di Semarang. Etapi, keanggotaan di komunitas ini ternyata tidak terpaku pada batas wilayah, lho

Jadi, walaupun ada beberapa anggota yang sudah pindah domisili di luar Semarang, tetap saja mereka diizinkan untuk berada di komunitas ini. Benar-benar sebuah penemuan berharga bagiku. If blog is gold, then Blogger Gandjel Rel makes me a great miner. Thanks a bunch!

Harapanku untuk Blogger Gandjel Rel yang akan genap usianya 4 tahun di tanggal 22 Februari 2019 ini, semoga makin solid, berdaya dan bergelimang prestasi. Semangat!


#BlogChallengeGandjelRel, #RoadTo4thGandjelRel

Komentar

  1. Keanggotaannya fleksibel ya, ini menyenangkan karena nuansa kekeluargaan dan saling berbagi terus dijaga. Masih saling berhubungan baik dan saling supprot meskipun sudah tidak berada di Semarang lagi

    BalasHapus
  2. Nah ..aku pengen juga nih ketemu langsung dg mba Farida yg tulisan2nya ok punya ini... Semoga di kesempatan ultah GR ke-4 besok y mba.. Aamiin..

    BalasHapus
  3. Berarti yang diluar wilayah Semarang juga boleh ikutan gabung ya kak, gimana caranya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. awalnya tinggal di semarang dan bergabung di sini mbak. namun jika kemudian harus pindah domisili, tetap bisa menjadi member, bukan kemudian dikeluarkan dari grup :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. alhamdulillah, terimakasih apresiasinya :)

      Hapus
  5. Alhamdulillah, seneng banget ya bisa ketemu dengan banyak bloger yg tinggal sewilayah. Mba Farida ini bloger senior juga nih yg udh banyak asam garamnya di dunia blogging. Senang bisa kenal denganmu mbaaa...juga teman2 GRes lainnya. Laf laaafff.....semuanyaaa...

    BalasHapus
  6. Dukungan keluarga khususnya suami memang penting dalam menjalankan aktifitas harian, baik sebagai ibu rumah tangga atau lainnya.. tanpa dukungan keluarga khususnya suami.. tidak berkah dan tidak berjalan dengan baik ya mba.. yuk ah selalu semangat

    BalasHapus
  7. Mpo juga awal menulis buatbikutan kuis atau lomba.

    Banyak kalahnya daripada menangnya. Terus belajar di komunitas grandjel rel

    BalasHapus
  8. wah syg banget kak pdhdl pv per hari banyak banget yah aku belum segitu heheh, tapi dimaklum sih klu ad aktits yg udh jdi prioritas utama. Btw gabung di komunitas blogger itu memang menyenangkan

    BalasHapus
  9. Aku gak ikut Ganjel Rel tapi beberapa kali ketemu mereka. Pernah seharian rumpi padahal niat awalnya belajar. Mereka tuh seru dan rame!

    BalasHapus
  10. Seneng ya mba MBA hobi didukung orang2 tersayang tambah semangat dah gitu bisa kumpul sama teman2nya yg punya hobi sama

    BalasHapus
  11. Jadi pengen sekali-kali ikutan meet up sama gandjel rel. Pengen ngitik2 foundernya yg semok semlohay :D

    BalasHapus
  12. Suhu mastah banget ini udah ngeblog sejak jaman aku blm ngeblog. Aku mulai ngblog 2009. Tapi aktif banget mulai setahun setelahny. Aku belum kaya mba Farida lah ya yang mampu menyabet bbrp penghasilan dr menang lomba

    BalasHapus
  13. Halo mba farida. Ku jadi tau siapa mba uniek dan mba wati grup bw hehe. Selama ngeblog ku blum pernah meet up komunitas mna pun mba. Krn ku ngeblog aktif saat udah jauh di rantau. Jd cm bisa mupeng baca cerita kya gini hiks

    BalasHapus
  14. Barakallahu fii umriik, Blogger Gandjel Rel.
    Semoga di usianya yang makin matang bisa meluas manfaatnya ke seluruh Indonesia.

    Aamiin~

    BalasHapus
  15. Selamat yaaaa untuk semua.. insya Allah blog Gandjel Rel makin berjaya ke depannya

    BalasHapus
  16. wahhh gandjel rel mau ulang tahun yang ke-4 yaa, selamat ulang tahun yaa gandjel rel, semoga semakin jaya, amiin.

    saya masih baru dalam dunia perbloggingan ini, Mba. baru mulai ngeblog tahun 2015 lalu :)

    BalasHapus
  17. Aduhhh aku jujur baru tau komunitas gandjel rel, blogger macam
    Aku ini... makasih infonya mba yah..

    BalasHapus
  18. Gandjel Rel ini termasuk komunitas blogger di luar Jakarta yang cukup aktif ya mbak. Pengen deh ke Semarang dan kopdaran sama tmn2 blogger di Semarang.

    BalasHapus
  19. Alhamdulillah yeee Gandjel rel mau nambah gede heheheh... Berkah banget berkecimpung di dalamnya alhamdulillah. Gandjelrel. Ak meski ga di Semarang hehehe tapi masih bisa join itu happpy banget

    BalasHapus
  20. duhhh saya juga ikut komunitas blogger, tapi enggak aktif nih hehehhe. Pengin deh aktif, cuma waktunya kadang suka kebentrok sama kerjaan kantor dan freelance :)

    BalasHapus
  21. Salam kenal untuk semua personil Gandjel Rel ya Mbak. Senang kalau ke Semarang jadi banyak teman.

    BalasHapus
  22. Bener mba, yg Ku rasain bergabung dengan komunitas blogger itu oenting banget dan membawa manfaat luar biasa buat aku

    BalasHapus
  23. aku pernah bertemu dengan blogger Semarang. waktu saya di semarang mereka menyambutku dengan ramah sekali waktu ada di event di Semarang.

    Lalu bertemu kembali tanpa sengaja di sebuah hotel. mereka juga menegurku dengan ramah sekali walau aku suka lupa dengan namanya. tapi aku berteman dengan mereka di sosial media.

    Ah, Saya yg selalu lupa bikin malu kalau harus ditegur duluan sama mereka. kekeluargaan blogger yg terjalin disana dapat aku rasakan juga. Terima kasih ya....salam buat teman2 disana.

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^