Honor 10 Lite, Saatnya Beri Makna Ramadhan dengan Karyaku

Mendampingi anak belajar berpuasa di Bulan Ramadhan memang sebuah tantangan tersendiri. Rata-rata, aku mulai mengizinkan anak-anakku belajar berpuasa di usia 6 tahun. Rupanya, masa dimulainya berpuasa ini sesuai lho, dengan artikel yang kubaca di haibunda.com (*).


Kegiatan Ramadhan, Memahami Makna Ramadhan Sekaligus Berkarya


Namanya anak-anak, tentu masing-masing memiliki keunikan tersendiri, ya. Salah satu yang aku syukuri pada Ramadhan tahun ini adalah semangat berpuasanya Bilqis, putri ketigaku. Detilnya bisa dibaca di artikel Butuh Referensi Make Up Saat Lebaran?

Ya, begitulah. Orangtua tidak boleh kalah kreatif dari anaknya. Agar semangat berpuasa anak tetap berkobar, kita harus menyimpan setumpuk trik hingga anak-anak bisa merasakan nikmatnya Ramadhan dan tetap produktif walaupun sedang berpuasa.


Ada banyak ide bertebaran yang bisa kita tiru sebagai kegiatan Ramadhan anak. Misalnya, seperti yang disebutkan dalam situs resmi Tabloid Nova (**). Aku pun menerapkan beberapa di antaranya, seperti mengikutkan anak-anak ke pesantren kilat Ramadhan.


Selain itu, kita juga perlu menyiapkan ide-ide aktivitas mandiri lainnya, baik di rumah maupun di luar. Bisa saja kita tanyakan terlebih dulu pada anak, apa saja kegiatan yang disukainya. Kemudian kita membantu untuk mengalokasikan waktu dan mendampinginya agar terlaksana dengan bahagia.



Tak disangka, beragam ide pun mengalir dari benak-benak segar mereka. Mulai dari aktivitas sehari-hari yang tetap dilakukan dengan bersemangat seperti belajar, bermain, mewarnai dan menggambar. Juga aktivitas-aktivitas baru yang terasa istimewa karena dimulai di Bulan Ramadhan ini.

Misalnya saja, aku mengizinkan Bilqis untuk mengolah sendiri menu buka puasa pilihannya. Benar-benar ditanganinya sendiri tanpa bantuan. Kegiatan bermainnya pun jadi makin berlipat karena bisa mengabadikannya dalam video selfie  layaknya vloger.

Yang teristimewa adalah keikutsertaannya dalam proyek keluarga kami membangun marketplace baru. Di sini, ia berperan sebagai desainer grafis situsnya. Terbayang ya, betapa riangnya Bilqis mendapat penyaluran hobi dan karyanya akan dinikmati berjuta-juta warganet nantinya.


Ciptakan dan Abadikan Karya dengan Perangkat yang Mendukung


Antusiasme yang tinggi jangan sampai padam hanya karena keterbatasan fasilitas. Sebagai keluarga digital, gawai elektronik masih menjadi salah satu alternatif kami memenuhi kebutuhan belajar, bekerja, bermain dan bersosialisasi.

Sedihnya, sejak awal Ramadhan ini, ponselku mulai menunjukkan penurunan kemampuan mendukung kegiatanku. Sudah 2 tahun usianya, dan mulai sering minta di-reboot tanpa alasan jika kehabisan baterai. 

Berbagai langkah perbaikan telah ditempuh, hingga akhirnya sampai pada kesimpulan bahwa memang ponselku ini sudah waktunya diganti. Entah berapa hari lagi ponselku akan bertahan, hingga akhirnya benar-benar tidak dapat di-reboot untuk selamanya.

Makanya aku sudah mulai ancang-ancang untuk mencari penggantinya sambil menyiapkan dananya. Kalau bisa sih, ponsel baru bisa terbeli sebelum yang lama menutup mata. Duh, pilih yang mana, ya? Aku inginnya cari ponsel kelas menengah seperti ponselku, tapi dengan fitur-fitur yang lebih baik.

Fitur apa saja yang aku butuhkan dari ponsel baruku? Beberapa di antaranya adalah:
  • Ringan dan nyaman digenggam
  • Layar yang luas
  • Kualitas grafis yang bagus
  • Kamera yang canggih
  • Prosesor yang tangguh
  • Memori cukup besar
  • Baterai awet
  • Harga 3-4 juta Rupiah


Honor 10 Lite, Honor Smartphone Murah Pilihanku


Wah, banyak maunya, ya. Memang ada yang memenuhi semua itu? Untuk mendapatkan jawabannya, aku membaca berbagai artikel rekomendasi smartphone Ramadhan. Aku tertarik dengan produk Honor yang banyak diulas, di antaranya kutemukan di rubrik inet.detik.com (***).

honor 10 lite

Sudah terkenal ya, bahwa Honor smartphone murah berkualitas. Aku tinggal memilih yang sesuai kebutuhanku. Sebagai sesama produk baru Honor, aku lebih jatuh cinta pada Honor 10 Lite dibandingkan Honor 8A atau Honor 8X, karena fitur andalan Honor 8A adalah audionya.


Sedangkan aku lebih membutuhkan ponsel dengan kemampuan visual yang handal. Honor 10 Lite adalah jawabannya. Coba kita periksa satu per satu ya, Bagaimana Honor 10 Lite bisa menjawab semua kebutuhanku.


Ringan dan Nyaman Digenggam


Bobotnya yang hanya 162 gram membuat ponsel ini nyaman digenggam dalam waktu lama dengan satu atau dua tangan. Ini penting sekali untukku yang sudah jelas dituntut multitasking sebagai ibu. Apa lagi ditambah dengan kesibukan menekuni dunia blog ini.

honor 10 lite

Selain nyaman di tangan, bonusnya adalah ponsel ini begitu memanjakan mata. Desain belakang Honor 10 Lite dibuat dari delapan lapisan bahan berkilauan! Pantas saja bisa menghasilkan efek visual yang mempesona dengan 2 pilihan warna gradien, yaitu: Sky Blue dan Midnight Black klasik.

Honor 10 Lite adalah simbol fashion dalam genggaman. Desainnya berjiwa muda, penuh energi dan alami. Membuatmu yang percaya diri dan ekspresif jadi pusat perhatian. Memang Honor smartphone murah yang trendi untuk Ramadhan.

Visual dan Audio


Layar yang luas sangat aku butuhkan sebagai orang visual pemilik mata minus. Bentang layar Honor 10 Lite seluas 6,2 inci dengan notch waterdrop. Layarnya jernih dengan panel IPS LCD beresolusi 1080 x 2340 pixels dan rasio 19.5:9. Bezel tipis membuat tampilannya jadi tampak lebih luas lagi.

Warna tampilannya yang vivid tentu sangat menarik bagi anak-anak. Termasuk Bilqis yang suka sekali menggambar digital. Bagiku, mode eye comfort dari Honor 10 Lite lebih kupilih. Kenyamanannya bagi mata sudah mendapat sertifikasi dari TUV Rheinland.

Keunggulan visual ini juga ditunjang oleh kualitas speaker yang baik.  Walau masih menggunakan Bluetooth 4.2, ponsel ini memberikan range volume yang baik saat dihubungkan dengan headset nirkabel. Makin asyik deh, buat menonton video.

Kamera


Sebagai bloger, tentu kamera ponsel menjadi salah satu senjata andalan untuk bisa menghadirkan foto-foto cantik pendukung konten blog. Kamera belakang HONOR 10 Lite berupa kamera ganda AI 13MP + 2MP yang ditingkatkan. Lensa F/1.8 menambah penerangan pencahayaan hingga 50 persen.

Selain itu, ia juga menggunakan teknologi segmentasi semantik yang canggih. HONOR 10 Lite dapat mengenali obyek dan membuat penyesuaian optimal berdasarkan 22 skenario yang berbeda. Membuat hasilnya sempurna dalam segala cara.

honor 10 lite

Di mode foto malam super, kita dapat mengambil foto malam kurang dari 6 detik pencahayaan dengan fitur antigoyang. Ini benar-benar idamanku karena ponselku saat ini sangat lambat menangkap foto pada night mode dan hasilnya kabur jika obyek bergerak.

Aperture mode berguna dalam mengambil foto makro, yang turut memungkinkan penggunanya mengatur kedalaman setelah mengambil gambar. Portrait mode menghadirkan fitur bokeh. Aku sangat penasaran ingin mencoba, karena ponselku kemampuan bokeh-nya masih malu-malu.

Sebagai tambahan, ada juga mode pro, panorama, HDR, hingga time lapse. Selain itu, ada juga pilihan filter hingga stiker. Pasti Bilqis senang sekali mengoperasikannya!

Honor 10 Lite juga didukung dengan fitur pengenalan wajah 3D, serta fungsi kecantikan AI yang memungkinkan perangkat untuk menyesuaikan efek kecantikan berdasarkan usia, jenis kelamin, dan warna kulit kita.

Sedangkan kamera depannya yang 24 MP justru merupakan fitur utama Honor 10 Lite. Juga didukung pengenalan AI 8 skenario dan beberapa opsi pencahayaan. Pilihan pencahayaan ini dapat digunakan untuk menghasilkan potret stereoskopik dan selfie sebagus studio.

Kamera depan ini juga didukung oleh kompensasi eksposur teknologi fusi cahaya 4-in-1, yang membuat gambar selfie lebih detail, indah dan lebih jelas, baik diambil pada siang atau malam hari.

Prosesor dan Memori


Honor 10 Lite dimotori prosesor eksklusif Huawei, yakni Kirin 710 dipadu pilihan RAM 4GB dan ROM 6GB. Mampu menjalankan 2 aplikasi sekaligus tanpa lag. Juga langsung menampilkan aplikasi yang mendukung mode split screen ketika penggunanya ingin membuka dua aplikasi sekaligus.


Cocok sekali kan, dengan ibu bloger yang sok sibuk ini? Selain tentu saja jadi incaran para gamer. Terobosannya merekonstruksi kerangka kerja pemrosesan grafik tradisional di sistem lapisan yang lebih rendah. Secara signifikan meningkatkan efisiensi pemrosesan grafik GPU.

Memberikan pengalaman bermain game terbaik yang terasa lebih stabil dengan laju bingkai yang tinggi.

Baterai


Untuk menyokong semua perangkatnya, GPU Turbo di atas ditemani baterai 3.000 mAh yang tahan seharian. Hanya butuh sekitar 1,5 jam untuk mengisinya hingga penuh. Tak lupa, ada juga fitur AI berguna boost performa, seperti Adaptive Battery serta Adaptive Brightness.

Harga


HONOR 10 Lite dijual secara online di Shopee dan offline di toko mitra termasuk Erafone dan HONOR store. Harganya? Tenang! HONOR 10 Lite ini dipasang pada titik harga yang tidak ada duanya di kelasnya, yaitu IDR 3.299.000 saja!

Bagaimana? Sepertinya memang Honor 10 Lite ini pilihan bagus ya, untuk menjadikan momen Ramadhan lebih menyenangkan. Kemampuannya yang merata di banyak lini membuatnya cukup memuaskan untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari akan ponsel.

Menyelesaikan pekerjaan, belajar, bermain dan mengabadikan momen jadi lancar dengan Honor 10 Lite!

Asyiknya lagi, Honor mempunyai forum resmi bernama HONOR Club. Forum ini menyediakan berbagai informasi seputar Honor Smartphone dan teknologi.  Jadi lebih nyaman kan, kalau ada komunitas pendukungnya. Lagi pula, sering bagi bagi banyak hadiah lho, di sini!

Sumber berita:

(*) https://www.haibunda.com/parenting/20190503124544-61-40186/usia-tepat-mengajari-anak-puasa
(**)   https://nova.grid.id/read/07650974/10-ide-seru-aktivitas-ramadan-bersama-anak?page=all
(**) https://inet.detik.com/review-produk/d-4491817/honor-10-lite-kamera-ai-yang-ditunjang-layar-menawan

115 komentar

  1. Cocok banget nih buat nemenin aktivitas sehari-hari ya. Apalagi seorang blogger sekaligus karyawan kayak saya, pasti butuh smartphone andal

    BalasHapus
  2. Saya suka Honor 10 Lite, resolusi kamera depannya cukup besar serta sudah di bekali fitur AI juga, jadi akan sangat menarik sekali untuk foto-foto

    BalasHapus
  3. Bagus sekali si honor 10 lite. Kameranya itulohh

    BalasHapus
  4. Waah udah pakai teknologi AI ya, aku penasaran nih sama ai ini. Harganya ternyata ga terlalu mahal yaa 3jutaan.

    BalasHapus
  5. Semoga suami ngasih THR Lebaran berupa Honor 10 ini, hehe.
    Soalnya kalau baca spesifikasinya bikin pengen coba pakai maksimal.

    BalasHapus
  6. Kabarnya Honor lite ini awet banget batrenya bisa buat menyetel musik dan film sepanjang perjalanan pulang kampung.

    BalasHapus
  7. wah keren ya. kebetulan lagi nyari smartphone handal dg harga bersahabat. cocok nih sama honor 10 lite :D

    BalasHapus
  8. Ihhh. Kok keren banget sih handphone ini.
    Aku mupeeenggg
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  9. Wah lensanya f/1.8! Keren nih pasti hasil jepretan fotonya Honor 10 Lite!

    BalasHapus
  10. Banyak keunggulan yang ditawarkan Honor ini ya... aku pun jadi pengen ganti Honor

    BalasHapus
  11. OMG, ini tahan baterainya seharian? Buat blogger kayak kita ini penting banget untuk mencari hanpdhone yang tahan seperti ini.

    BalasHapus
  12. Sering lihat smartphone Honor ini di e-commerce, ternyata speknya oke juga ya, apalagi buat foto + video. Bener-bener yang kita butuhkan buat sehari-hari.

    BalasHapus
  13. Aku suka banget liat warna birunya. Karena gak semua hp bagus warna birunya

    BalasHapus
  14. Suami saya pake hape Honor, dan betah sampai sekarang.
    Asyik ya...batrenya tahan lama.

    BalasHapus
  15. Mau bnget punya hp ini mba, spekny keren juga fiks nih mesti ganti hp yg lama

    BalasHapus
  16. wah anaknya udah mulai bikin desain grafis buat website? kok keren? Dia sudah mulai belahar desain sejak umur berapa mbak?

    BalasHapus
  17. RAM-nya tergolong gede ya buat HP.. 4 GB. Jadi tertarik buat beli :D.

    BalasHapus
  18. Ahey, ramadan semakin lengkap dengan honor 10 lite ya.. momen apapun dapat terekam dengan kecanggihan camera maupun video honor 10 lite.. ngga perlu kehabisan memori lagi deh.. beneran momen ramadan indah ini sih.. keceh banget honor 10 lite

    BalasHapus
  19. Memilih smart phone mmg harus disesuaikan dengan kebutuhan kita, untuk ngeblog, ngevlog, dan yang pasti yang awet baterainya. Fix, honor 10 lite, patut dipertimbangkan.

    BalasHapus
  20. Bilqis keren ya bisa desain situs market place sendiri. Aku kalah nih, bikin desain grafis aja udh lelah tangannya.

    Honor 10 Lite mendukung kebutuhan proyek market place keluarga ya mba. Bisa untuk bantuin kerjaan kita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya bisa nih jadi perlengkapan tambahan, buat foto-foto. Atau bikin video, karena hapeku udah mentok jga untuk storagenya

      Hapus
  21. Aku pun suka pakai handphone untuk mengambil moment yang kadang pr banget kalau pakai kamera. Apalagi kalau menggunakan handphone biza langsung di update.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kamera jadi fitur penting di hp sekarang

      Hapus
  22. Kamera HONOR 10 Lite emang cocok banget ya kalau buat ngevlog. Ini ponakanku juga bergaya mau belajar ngevlog gitu. Kalau dikasih pinjam Honor pasti hepi juga

    BalasHapus
  23. Fitur kamera night mode sejernih siang hari ya mba. Videonya juga bersih hasilnya. Cocok buat vlogger

    BalasHapus
  24. Wah kakak Bilqis udah jago otak atik website ya berarti?
    Honor 10 Lite ini emang terkenal bagus kameranya ya mbak. Desainnya jg ok, dengan spek yg gk kalah keren

    BalasHapus
  25. Agak bingung ketika smartphone kisaran harga 3 jutaan ke atas dibilang murah.
    hehehe...
    Tapi, begitu baca speknya...aku baru paham maknanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balqis keren banget..
      Bisa mengembangkan bakat dan minatnya.
      Semoga makin banyak karya Balqis.

      Hapus
  26. Semoga Ramadhannya semakin produktif ya. Meski telah berlalu tetapi semuanya terekam baik dalam Honor ya asyik tuh jadinya semoga tahun depan masih bisa jumpa dengan Ramadhan. Amin

    BalasHapus
  27. Aku tuh sukaa deh dengan warnanya.. cakep yaa mba dan performancenya memang okeee ya. Makin banyak yg bisa dilakukan yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti karena keungu-unguan kami jadi melirik hehehe. Fitur favoritnya apa nih mba?

      Hapus
  28. Ahaa adikku lagi minta kado henfon balu buat ultahnya. Boleh nih jadi referensi.

    BalasHapus
  29. aku naksir dengan spesifikasi kameranya euy, worth it banget ya, meski masuk dalam level hp medium entry tapi kemampuannya mumpuni. Sebagai penikmat fotografi Honor 10 Lite ini bolehlaaaah....

    BalasHapus
  30. Buat video kayaknya oke juga ya mbak...jadi mupeng kepengen juga nih...

    BalasHapus
  31. Uh yang suka foto-foto dan take video pakai handphone, honor lite ini bisa jadi solusi nya sihkamera nya cakep banget. Bening. Gak shaking juga pas rekam video. Aah ciamik lah pokoknya

    BalasHapus
  32. Bakalan jadi gadget andalan bagi yang senang dengan spesifikasi Honor 10 ini

    BalasHapus
  33. Baru tahu ada handphone merek honor 10 ini Mbak, duhh saya kemana aja yaa. Bagus ya performa nya

    BalasHapus
  34. Lho.. Ke mana aja dong? Ikuuttt..

    BalasHapus
  35. Belum terlalu familiar namanya tapi perfoma nya bagus ya..jd pengen punya juga deh...hehe

    BalasHapus
  36. Wah salah satu andalan Honor 10 Lite ini kameranya ya mbak? Bagus tu apalagi yang butuh hape buat bikin konten, apalagi bikinnya malam2, hape ini bisa support ya..

    BalasHapus
  37. Amartphone Honor Lite ini cucok banget ya buat anak-anak muda masa kini kameranya juga oke dan designya kekinian warnanya hehe.

    BalasHapus
  38. kameranya honor 10 lite emang keren banget yaa.. kapasitas memori dan baterai juga besar, cocok banget lah buat travelling :)

    BalasHapus
  39. Whoaaaa dengan harga 3jtan udah bisa dapetin spek HP yang canggih dan keren abis gini. Aduh ini kameranya juara banget. Pengen punya satu.

    BalasHapus
  40. Ambil foto kala malam itu susah bukan main. Saya pernah pengen mewek karena gagal mengabadikan panorama malam yang indah.
    Semoga Bilqis senang dapat Honor Lite. Ponselnya keren dan berkesan mewah dengan tampilan luar. Untuk game bakal manjain gamer. Dan untuk narablog bisa memudahkan kinerja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bilqis insyaallah statusnya minjem sih, karena masih kecil hihihi..

      Hapus
  41. Aku belum pernah hands on review Honor nih tapi baca reviewnya ponsel pintar ini recommended. Dari spec dan kamera oke punya

    BalasHapus
  42. Keren banget ya Hp honor 10 lite ini fiturnya canggih tambah kamera depan yang sangat mumpuni dengan harga 3 juta masih murah lho dibandingkan hp dengan fitur sejenis tapi harganya bisa 2x lipat

    BalasHapus
  43. Senang banget kalau bisa punya gadget lengkap gini. Karena butuh yang bisa update langsung, simpel klo dikerjakan dengan gadget

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget. Semua kerjaan bisa tuntas dengan satu Genggaman

      Hapus
  44. wah lengkap ya spesifikasinya :) jadi penasaran pengen cobain langsung Honor nih, karena kayaknya punya Honor bisa ngerjain semuanya

    BalasHapus
  45. Yang paling aku suka dari Honor itu kamera nya yang bagus banget. Pengen punya hp kaya gini deh biar bisa foto2 yang hasilnya bagus cukup pakai hp aja.

    BalasHapus
  46. Slim banget bezel nya, keren. Harganya juga 3jt an dengan resolusi mumpuni, honor 10 lite bakalan masuk ke bucketlist aku nih mba

    BalasHapus
  47. jadi tergoda untuk ganti HP baru yang harganya nyaman di kantong dan dengan range 3-4 juta dan ini spesifikasinya udah mantap banget (yg fitur antigoyang saat night mode) jadilah di solawatin dulu siapa tau rezeki nya punya HP baru hehe

    BalasHapus
  48. Banyak berkarya selama Ramadan menebar kebaikan ya mba.. kaau HPnya juara pasti jadi enak semua yaaa mba. Ayoo diadopsi.. warnanya cakeep

    BalasHapus
  49. kamera 13mp lensa f/1.8 super banget deh smartphone nya cocok banget pastinya ini buat blogger ringan pula dan pastinya enak dibawa kemana-mana

    BalasHapus
  50. Hp nya bikin pengen punya mbak. Kalau buat kita2 yg kerjaannya di HP ya cocok banget nih.

    BalasHapus
  51. kameranya honor ini bagus banget yah. Pengen ganti hp lagi jadinya

    BalasHapus
  52. Aku banyak baca review katanya smartphone honor ini kualitas kameranya bagus yaa. Terus sampai ada fitur bisa bikin bokeh juga kaya kamera dslr. Jadi mupeng deh mau ganti hape.

    BalasHapus
  53. Cocok banget buat berbagai kegiatan. RAMnya juga cukup besar jadi ga usah khawatir bakal ngelag yaaa :)

    BalasHapus
  54. Naitu! Bokeh dan night modenya bikin mupeng

    BalasHapus
  55. Wahhh keren juga ya . Apalagi bisa mendukung dalam pekerjaan . Terutama kayak aku yang kerjaannya selalu berkaitan dengan smartphone

    BalasHapus
  56. Iya mbak sbg blogger aku juga kalau milih hape pasti no 1 liat kameranya kyk apa, bagus atai gak, soalnya buat keperlian foto drpd nenteng kamera berat hehe

    BalasHapus
  57. jadi penasaran nih sama handphone satu ini dengan spesifikasinya yang juara banget ya

    BalasHapus
  58. Fiturnya banyak dan harganya termasuk murah yaa, ini sih salah satu handphone yang recommended buat dibel nih :)

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^