Bilqis Belajar Youtuber di Kidsmotion Cinematography


Bagi yang sering membaca blogku ini, kemungkinan mengenali Bilqis sebagai anakku yang cukup giat mengisi video pendukung dalam konten artikel-artikelku. Tidak hanya suka tampil, namun Bilqis juga sama senangnya berada di belakang layar untuk memotret dan mengambil video.

Hal ini pernah aku ceritakan dalam artikel Saatnya Beri Makna Ramadan dengan Karyaku. Salah satu aksi inisiatif pribadi Bilqis di depan kamera bisa dinikmati dalam artikel Butuh Referensi Make Up Saat Lebaran?

Makanya, begitu ada info dibukanya kelas youtube untuk anak di Kidsmotion Cinematography, aku langsung menawarinya dan tentu saja disambut dengan antusias. Kelas Youtube editing ini mengajarkan cara mengolah data visual, baik berupa gambar tidak bergerak maupun bergerak.

belajar youtuber

Info tentang materi pelajaran Youtube editing ini seperti yang disebutkan dalam gambar di atas yang aku ambil dari IG kidsmotion.official. Banyak sekali kan, yang dipelajari? Sebelumnya, Bilqis hanya mengetahui cara memakai kamera secara otodidak dari mengamati kami dan menonton di Youtube.

belajar youtuber

Tujuannya dari kelas Youtube ini adalah agar anak dapat memahami, mengenal, dan mampu menghasilkan karya mulitimedia berupa visual, audio yang menjadi sebuah tayangan film secara penuh. 

Kelas Youtube Editing ini menggunakan aplikasi-aplikasi Youtube editing software yang dapat diterapkan di ponsel pintar. Lumayan, tidak perlu modal besar untuk anak memulai belajar Youtuber. Hehehe ...


Sekilas Tentang Kidsmotion Cinematography


Kidsmotion Cinematography Tri Supardi dan Gede Darma didirikan karena belum banyaknya sekolah sinematografi di Semarang, khususnya bagi anak-anak. Hal ini membuat profesi tersebut belum begitu diketahui dan menjadi cita-cita mereka.

Kegiatan pertamanya adalah pelatihan pembuatan film dan vlog dengan kamera ponsel pada akhir April 2018 lalu. Pelatihan ini diikuti hingga 60 anak. Dari pencapaian itu, mereka optimistis  membuka kelas reguler untuk menampung anak-anak yang berminat di dunia audio visual.

Kelas reguler mulai buka awal Juli 2018. Sebelumnya, juga ada kelas liburan, yakni pada akhir Juni 2018. Kelas yang berlangsung selama lima hari tersebut diisi dengan kelas pembuatan animasi.

Kelas reguler dibuka untuk usia 7-15 tahun. Pengajaran diberikan sekali dalam seminggu, dengan pilihan Jumat sampai Minggu. Kidsmotion membagi kelas dalam 3 kategori berdasarkan usia. Kelas Basic untuk 7-9 tahun, Advance untuk 9-11 tahun dan di atasnya kelas Professional.

Kidsmotion menggunakan ponsel pintar untuk mempelajari sinematografi. Agar anak-anak tidak menggunakan gawainya untuk bermain gim atau menonton Youtube saja, tetapi bisa menghasilkan sesuatu yang positif sehingga lebih produktif terutama dalam dunia audio visual. 

Saat aku ke sana, kulihat bidang sinematografi yang diadakan di sini bukan untuk belajar Youtuber saja, melainkan juga ada kelas fotografi, animasi dll.

Kalau kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut tentang program kelas yang diadakan di Kidsmotion Cinematography, kamu bisa menghubungi kantornya di Jl. Erlangga Raya no. 32 Semarang dengan data berikut ini:

Operasional Kantor:
🏠 Rabu-Minggu 09.00-17.00
📞 WA 0859-7518-2127 
☎ 024-8417557


Mengenal Salah Satu Pendiri Kidsmotion Cinematography


Tris, panggilan akrab Tri Supardi, bukanlah nama baru di dunia perfilman Semarang. Menggeluti dunia ini saat kuliah di Universitas Negeri Semarang (Unnes) sekitar 2010, Beliau dikenal memiliki komunitas film di kampusnya. 

Hingga kini, Tris telah membuat sejumlah film fiksi maupun dokumenter. Beliau juga mendirikan production house (PH) Segi Film yang konsen di film dokumenter. Setelah melakukan edukasi tentang film ke sekolah-sekolah, Beliau kini mencoba membesarkan Kidsmotion Cinematography.


Pengalaman Belajar Youtuber


belajar youtuber

Memasuki tempat kursusnya, aku baru tahu kalau di sini juga digunakan Think-E sebagai tempat belajar Bahasa Inggris. Begitu melakukan konfirmasi pendaftaran di kantornya, kami langsung dibekali sekotak camilan dan dipersilakan memasuki ruang belajar Youtuber.

belajar youtuber

Ada banyak kelas di sepanjang lorong masuk menuju sebuah lahan yang lebih luas dengan ruang baca yang cukup lega di ujung sana. Ada mainan, buku, alas bermain dan sofa baca. Sangat nyaman untuk belajar dan bermain.

Beruntung sekali karena kelas Youtube ini dibimbing langsung oleh Kak Tris. Walau duduk di belakang, Bilqis tetap bersemangat mengikuti materi. Apa lagi, saat dia berkesempatan untuk menunjukkan akun Youtube-ku, Farida Pane.

Tidak banyak pelajaran yang bisa kuikuti, karena kelas berlangsung dalam ruang tertutup berhubung menggunakan AC. Samar-samar aku mendengar ada sesi perkenalan dan pelemasan otot. Satu jam kemudian, aku pun pergi mengantar Ibrahim yang ingin beli makan.

Namun dari video yang diambil oleh Bilqis selama pelajaran, tampak bahwa mereka juga praktik mengambil gambar bergerak, mengisi suara, berbicara di depan kamera dan menyunting video. Menurut Opung yang tetap di lokasi hingga selesai, pengajarnya sangat perhatian dan mendukung.

Sepulangnya dari sana, Bilqis pun makin rajin berlatih membuat video. Kalau di artikel sebelumnya yang berjudul Main Salju dan Berbagai Aktivitas Seru di Jateng Fair 2019, Bilqis menyunting video dari hasil bidikanku. Kali ini, aku yang menyunting bidikannya di Jateng Fair. Selamat menikmati!

20 komentar

  1. wuah seneng banget mbak masih kecil bilqis tapi sudah tahu passionnya apa, jadi sebagai orang tua tinggal memberikan dukungan yang positif agar bisa terus dikembangkan yah mbak, semoga bilqis makin produktif membuat konten yang bermanfaat dari belajar menjadi youtuber ini

    BalasHapus
  2. Berguna banget nih kelas sinematografi buat anak-anak. Zaman sekarang nih akses untuk mengekspresikan diri dan menuangkan kreativitas udah ada banyak mediumnya, salah satunya Youtube. Anak-anak udah familiar banget sama platform audio visual yang satu ini. Tinggal gimana orang tuanya mengarahkan aja ya mbak.

    BalasHapus
  3. Wah skrg edukasi macem macem ya. Bahkan untuk memperdalam video di yutub aja udah ada kelas nya..

    BalasHapus
  4. Wah seru ya belajar jadi youtuber, hebat kakak Bilqis masih kecil sudah tahu passionnya di mana :)

    BalasHapus
  5. waaah keren bangeeet, masih kecil udah seneng belajar jadi youtuber, semoga besar kelak jadi youtuber sukses yang selalu menginspirasi yaa <3

    BalasHapus
  6. Aiiihhh seneng banget Bilqis yang langsung belajar dr sumbernya ya. Baru tau klo sekarang itu ada kelas belajar jd youtuber Mba. Youtuber juga punya potensi ladang duit media belajar. Semangat Mom n Bilqis :)

    BalasHapus
  7. Aku udha liat vlog nya kak bilqis waktu belajar jadi youtuber di yt nya mba farida, keren ya. Aktifitas pembelajaran inj juga positif dan bagus untuk anak anak

    BalasHapus
  8. Baru tau klo ada kelas buat belajar bikin konten video youtube hlo buat anak2 . Aktivitasnya bikin anak2 semakin kreatif nih jadinya

    BalasHapus
  9. wah seru banget info nya nih mbaa. Anak-anak udah kenal sama kesukaan mereka, jadi mudah ya buat d arahkannya. Keren!

    BalasHapus
  10. Waaah hebat banget ya mba ada kelasnya dan anak-anak jadi tau sejak kecil jadi vlogger ya

    BalasHapus
  11. Kreatif banget yg buat kursus untuk belajar audio visual kaya gini. Kalau gini sih, anak2 banyak yg minat dan pastinya semangat bgt ya ikutnya. Keren nih, untuk menyalurkan bakat anak. :)

    BalasHapus
  12. Seru banget yaaa sekarang buat jadi Youtuber aja udah ada kelasnya kayak gini. Jadi udah bisa mulai belajar edit video dan cara filming. Semangat bilqis! :)

    BalasHapus
  13. Keren Bilqis. Zaman sekarang ya, walau masih anak-anak kalau sudah bisa kreatif, tinggal orang tua yang fasilitasi menyalurkan bakatnya.

    BalasHapus
  14. aku baca rincian materi yang dipelajari jadi pengen ikutan deh, karena dapet dari basic banget ya. Bagus nih kelas begini, tinggal dikembangkan secara otodidak.

    BalasHapus
  15. Waah...anak-anak kecil yang kreatif.
    Bisa jadi youtuber yang keren niih...
    Berharap ada karya yang mengedukasi anak-anak seusianya, sehingga memudahkan anak-anak belajar lebih banyak.

    BalasHapus
  16. Ish keren banget ini. Anak-anak sekarang memang pada seneng Youtube ya. Anakku yang nomor 3 nih. Dia suka dan kepengen banget jadi Youtuber. Kalo ada yang begini, kepengen juga deh ikutkan dia. Biar nambah wawasan dan skilnya.

    BalasHapus
  17. Ini Kreatif banget ya buat kursus audio visual begini, jadi bisa belajar lebih mendalam lagi soal audio visual

    BalasHapus
  18. Wah sekarang udah ada kursus Youtube ya �� kok keren sih. Nanti pas anakku udah gede pengen aku masukan short course seperti ini

    BalasHapus
  19. Busett, anak sekarang cita-citanya jadi youtuber yah. Jadi inget keponakan gw juga pengen jadi youtuber-___-'

    BalasHapus
  20. kecil-kecil udah jadi youtuber. emang beda jaman yaaa... wkwkwk..
    tapi cinematografi sekarang emang lagi digandrungi sih

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^