Pindah Rumah Sebagai Bagian dari Metamorfosis Hidup


Rumah Online



Ganti tema blog

Kalau kamu sering berkunjung ke sini, pasti kamu bisa menyadari perubahan tampilan karena ganti tema blog ini. Sebelumnya, aku ceritakan dulu ya, perjalanan metamorfosis tampilan blogku ini sejak pertama hingga sekarang.

Awalnya, blogku ini memakai theme gratis bawaan dari Blogger.com. Aku memilih yang juga memiliki tampilan versi mobile. Suatu saat, entah mengapa, tampilan versi mobile ini jadi acak-acakan. Aku curiganya sih, karena ukuran gambar-gambarku yang terlalu besar.

Mau menelisik satu per satu gambar di setiap artikel, ya pusing juga. Makanya aku memilih ganti theme saja. Ternyata, di Blogger.com ini cuma ada satu theme gratis yang punya versi mobile.

Apa mau di kata, aku butuh segera ganti tema blog. Berhubung saat itu aku akan mengikuti lomba blog Velvy yang salah satu syaratnya adalah memasang banner lomba di bilah sisi blog. Aku kawatir, banner ini susah dikenali dalam tampilan versi mobile yang berantakan.

Jadilah theme keduaku tidak mobile friendly. Namun setidaknya, dengan ganti tema blog ini, banner lomba tetap terlihat jelas di sisi kanan, baik saat dilihat melalui komputer maupun ponsel. Syukurlah, aku menang sebagai juara 2 dalam lomba blog tersebut.


Aku tahu suatu saat harus ganti tema blog lagi. Sejak usai pengumuman pemenang lomba, aku mulai mencari-cari bagaimana membuat tampilan blog kembali memiliki versi mobile dan makin bagus performanya. 

Gongnya pun muncul minggu lalu. Berawal dari masuknya aku ke grup WA untuk mengatasi spam score.

Hal pertama yang disarankan adalah melengkapi meta description dan meta keyword. Ternyata dong, theme-ku sebelumnya tidak bisa menyimpan perubahan kode html. Jadi, dia cuma bisa memiliki meta description, tanpa meta keyword, sebagaimana aslinya.

Akhirnya aku terpikir untuk ganti tema blog saja. Selain mencari yang bisa dimasuki meta description dan meta keyword, juga sekalian yang punya tampilan versi mobile serta SEO friendly.

Aku pun menghubungi Mbak Ria Kurniasih, pemilik blog www.momsodell.com yang jago mengutak-atik theme. Maka, jadilah rumah online-ku seperti sekarang. Makin cantik ya, setelah ganti tema blog?

Perubahan tampilan blog memang perlu dari waktu ke waktu. Kalau bagiku, bukan sekadar untuk menghilangkan kebosanan, tapi lebih kepada meningkatkan fungsionalitasnya. Ini juga merupakan sebuah proses belajar untuk makin mendalami ilmu dalam dunia blog.


Semoga dengan ganti tema blog yang baru ini, setiap target di atas dapat terealisasi, bahkan melebihi ekspektasi. Khususnya, blogku bisa lebih sehat dan bebas dari spam score gendut yang selama ini terus menghantui. Amin.


Rumah Offline


Pindah rumah

Selain pergantian tampilan blog, ternyata minggu ini aku mengalami pergantian yang lebih heboh, yaitu pindah rumah. Hal ini kami pilih karena lokasi sekolah anak-anak yang jauh dari kontrakan sebelumnya. Biar lebih hemat waktu dan tenaga, begitu.


Agar lebih terbayang gegap gempitanya acara pindah rumah kami yang berlangsung dari pagi hingga malam, silakan simak video hasil kolaborasi aku dan Bilqis ini, ya.


Momen pindah rumah selalu mengajarkan banyak hal dalam perjalanan kehidupan. Sebuah proses berhenti sejenak dari aktivitas sehari-hari, menyiapkan banyak hal untuk langkah selanjutnya. Mirip dengan fase kepompong pada hewan yang bermetamorfosis sempurna.

Apa saja sih, yang bisa kita pelajari selama proses pindah rumah? Ini beberapa di antaranya yang aku alami sendiri.

1. Memetakan Potensi


Saat memilah, mengepak dan kembali menata barang di hunian baru, kita jadi mengkaji ulang barang-barang yang kita miliki. Mana yang sudah tidak terpakai, mana yang bisa dialihfungsikan dan berapa banyak barang yang masih bisa dimanfaatkan.

Seringnya, dalam keseharian, kita merasa kekurangan ini dan itu sehingga merasa perlu membeli lagi. Padahal setelah pindah rumah, kita jadi tahu bahwa ternyata selama ini ada banyak barang tak terpakai karena terlalu lama disimpan, dan kita lupa pernah memilikinya.

2. Bekerja Sama 


Pindah rumah

Tidak dapat dipungkiri. Pindah rumah pasti membutuhkan kerja sama antar anggota keluarga. Walaupun misalnya menggunakan jasa pindah rumah, tetap saja seisi rumah harus ikut bergerak. Setidaknya menyiapkan barang-barangnya sendiri.

3. Menyadari Kebaikan di Setiap Tempat


Pindah rumah

Setiap tempat pasti memiliki kelebihan dsn kelemahan masing-masing. Soal hawanya, fasilitasnya, kenyamanannya. Dengan semakin banyak berkeliling menjajali tempat-tempat yang berbeda, membuat kita lebih bisa menerima berbagai kondisi dan beradaptasi di sana.


4. Bertemu Lebih Banyak Orang


Saat kita berdiam di sebuah tempat dalam jangka waktu lama, kadang persepsi kita tentang manusia menjadi terkungkung hanya berdasarkan orang-orang di sekitar kita. Dengan bertemu dan berinteraksi bersama lebih banyak orang, pandangan kita pun akan lebih kaya.

Pindah rumah

Kita akan lebih menyadari dan menghargai kebaikan orang-orang yang pernah kita temui di sepanjang hidup. Ya, orang baik ada di mana-mana. Seperti penjual kasur di dekat kontrakan baru ini, misalnya. Belum apa-apa, sudah memberikan minuman dan biskuit sekaleng.

Mungkin saja motivasinya adalah untuk merebut hati pelanggan baru. Namun, berapa banyak pedagang serupa yang melakukan ini? Jika tanpa dibekali dengan kebaikan hati, rasanya berat juga ya, kalau harus membagikan bawaan seperti ini pada setiap pengunjung?

Pindah rumah

Saat akhirnya kami jadi membeli pun, tak segan ibu pemilik tokonya sendiri yang mengangkut dan mengantarkan kasur belanjaan kami, dibantu putranya. Kerja kerasnya dan dedikasinya benar-benar luar biasa. Selalu ada inspirator di sekeliling kita.

Akhir kata, menurutku, pindah rumah adalah salah satu cara bagi kita untuk bermetamorfosis menjadi lebih berpikir strategis, kooperatif, adaptif dan pandai bersyukur. Bagaimana menurutmu? Apakah manfaat lain yang kaudapat dari pindah rumah?

20 komentar

  1. aku pernah mengalami beberapa kali pindah rumah mbak, ya ampun ribetnya hahahaa capek banget beres2nya, apalagi kalau barangnya banyak, ga kelar seminggu bongkar2nya hahahaa

    BalasHapus
  2. Ternyata rumahnya pindahan online dan offline ya mbak. Templete seo memang prnting mbak agar lebih responsif codingnya. Aku suka tampilan rumah online barunya, keliatan lebih fresh.

    BalasHapus
  3. waaah pindahan rumah itu emang sesuatu banget yaa, aku juga pindahan pas awal nikah berasa banyak banget, padahal barang nggak terlalu banyak juga hihihi, tapi emang PR banget ya hihihi

    BalasHapus
  4. Bakalan seru banget yaa kalo pindah rumah bisa ketemu orang-orang baru juga tapi yaa gitu beres-beresnya itu loh yang lelah hehe

    BalasHapus
  5. Wah iya rumah onlinenya ini jadi makin oke diliat. Jadi ingat kayaknya dulu Mbak yang pake theme latar ungu ya, hehe. Kalau menurut saya sih template yang simple dan background warna putih ini memang lebih menarik.btw saya juga nih baru-baru pindah ke kontrakan setelah sebelumnya tinggal di rumah mertua. Ya, selalu ada yang berkesan kalau kita pindah rumah. Selain ketemu orang2 baru, pastinya lingkungan yang kita tinggali juga jadi hal yang baru

    BalasHapus
  6. pindahannya banyak nih mba, online dan offline ya. Kalau drama pindahan rumah kami rutin alami setiap 3 - 4 tahun sekali hehe. Seru juga dari satu negara ke negara lain

    BalasHapus
  7. Aku pernah pindah rumah digital dari tumblr ke wordpress. Benahin rumah baru bikin 3 hari ga bisa tidur tenang hahahaha. Tapi pas udah beres, alhamdulillah nyaman banget :)

    BalasHapus
  8. Aku sudah pernah ngalamin pindah rumah 2x. Tapi untungnya ga banyak barang sih jadi ga terlalu repot. Yang terasa sih penyesuaian sama lingkungan baru alias tetangga aja.

    BalasHapus
  9. Pindah rumah emang rempong ya mba, yg rempong itu printil-printilan nya mba. Belum lagi anak-anak. Jadi pindahan nya dua ya mba? Pindahan rumah blog dan pindhaan rumah tinggal..

    BalasHapus
  10. pasti seru deh pas lagi angkut barang dan menata barang di dalam kamar. Jadi gotong royong sama orang sekitaar

    BalasHapus
  11. Memang pindah rumah agak ribet ya, tapi tentu saja banyak manfaat nya, diantaranya ganti suasana baru, dan juga bagian dari metanorfosis seperti kata kakak ^^

    BalasHapus
  12. Wahhhh, blogku juga ga ada meta description-nya mbak. Huhuuu :(
    Sepertinya harus ganti theme nih aku yaaa biar lebih SEO friendly juga.

    BalasHapus
  13. Blog aku juga sudah beberapa kali bermetamorfosis nih kak. Sampai ke tampilan blog aku yang sekarang menurut ku lebih baik dibanding tampilan blog aku sebelumnya.

    BalasHapus
  14. Iya banget, pindah rumah ini selalu berkesan. Aku waktu kecil pernah 3 kali pindah rumah. Walopun gak jauh-jauh, tetep aja bawa pengalaman baru. Dan pastinya, bikin diri mampu beradaptasi dengan berbagai keadaan.

    BalasHapus
  15. Ah suka penjelasan no 4. AKu jg lg berpikir pengen pindah rumah mendekati sekolah anak2 tahun depan (kalau jd sekolah). Btw selamat ya mbak buat rumah barunya baik yang online sama yang di dunia nyata.

    BalasHapus
  16. akhirnya ganti template y mba jadi lebih bagus mba karena background putih hehehe lebih enak juga dibacanya..sayang banget aju ga kesempatan gabung di kelompok nurunin score :( boleh share lagi ya mba buat nurunin SS

    BalasHapus
  17. Aku pernah merasakan momen ini saat masih kecil dan sekarang karena masih belum menikah jadi belum merasakannya lagi ya

    BalasHapus
  18. Ngomongin theme aku udah lama kepikiran ganti theme koq y ga jadi-jadi. Belum memutuskan pakai theme yang mana. Btw selamat ya atas kepindahan rumah online dan nyata nya. Semoga makin berkah.

    BalasHapus
  19. Aku beberapa bulan lalu pindhah rumah dan rempong banget. Tapi jadi pengalaman banget. Tapi aku ya sering juga ganti rumah maya. Hehehe

    BalasHapus
  20. Kebayang kehebohannya pindah rumah. Ngalamin 4x pada 4 kota berbeda

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^