Ini 11 Cara Bangkit dari Kegagalan

Bangkit dari Kegagalan

Kadang, walau sudah sebaik apa pun rencana dan tindakan yang kita ambil, ada saja masalah yang terjadi hingga kemudian berujung pada kegagalan dan bahkan keterpurukan. Jika hal ini terjadi, jangan menyerah! Kita masih bisa bangkit dari kegagalan, kok. Begini caranya:


1. Relakan Kegagalan


Setiap orang pasti pernah gagal. Relakanlah jika kali ini kegagalan hadir. Merelakan itu sebuah keterampilan yang perlu dilatih. Sadari bahwa semua itu sudah ketentuan-Nya. Jika hati sudah rela, akan lebih mudah untuk melangkah selanjutnya. Setelah itu, tersenyumlah dari hati hingga ke wajah!

2. Kegagalan Bukan Cerminan Diri


Mungkin kita malu saat gagal. Namun sebenarnya, kegagalan tidak menunjukkan siapa kita. Justru nilai kita yang sesungguhnya adalah bagaimana kita menyikapi kegagalan. Bila ada orang yang menghakimi kita karena pernah gagal, itu adalah masalah dia yang tidak up to date. Hehehe ...


3. Tetap Percaya Diri


Kita harus selalu yakin dengan yang kita kerjakan. Suatu saat nanti, apa yang kita ingin meraihnya akan benar-benar terwujud. Pikiran yang sehat akan menghidupkan semangat yang positif. Pikiran terwujud dalam tindakan. Tindakan menjelma jadi rutinitas, dan rutinitas akan membuat kita sukses.


4. Ingatlah Keberhasilan Terdahulu


Tidak ada orang yang selalu gagal sepanjang hidupnya. Pasti dia pernah merasakan keberhasilan, sekecil apa pun itu. Saat ia mampu berbicara, berjalan, membaca, menulis, ... Ya, kita pasti pernah berhasil!

Cobalah mengingat keberhasilan terbesar yang pernah kita capai. Ingatlah kembali sensasinya saat berhasil, dan tanamkan pada diri kita untuk mengulangi rasa itu. Galilah bagaimana kita bisa berhasil saat itu.

Bangkit dari Kegagalan

5. Jadikan Kegagalan Menjadi kekuatan


Kegagalan adalah tempaan agar kita lebih kuat, cerdas dan percaya diri. Orang yang sudah pernah gagal biasanya akan lebih kuat bertahan saat ditimpa masalah kembali. Kita harus berpikir bahwa kita tengah dalam proses menuju keberhasilan karena semakin banyak faktor kegagalan yang kita tahu.



6. Ambil Pelajaran dari Kegagalan


Sikap paling tepat saat mengalami kegagalan adalah selalu berpikir positif dan mengambil satu pelajaran dari kegagalan yang Anda alami. Evaluasi dan perbaiki penyebabnya. Kegagalan yang Anda alami bukan akhir segalanya, melainkan kita belum menemukan sesuatu yang lebih berarti. 


7. Tumbuhkan Rasa Ingin Tahu


Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan selalu mencari tahu hal baru akan membuka pintu kesuksesan. Kita jadi mendapatkan ilmu baru yang bisa dimanfaatkan untuk menghindari kegagalan berikutnya.


8. Tingkatkan Kemampuan


Kita perlu meningkatkan daya saing agar menjadi yang terdepan dan sukses. Bisa dengan menambah keterampilan, menciptakan inovasi, melakukan branding yang bagus dan bisa jadi dengan memiliki tim yang handal. Jangan lupa untuk memperkuat sandaran kepada-Nya.

Bangkit dari Kegagalan

9. Lebih Tekun


Untuk bisa sukses, kita memang memerlukan rencana, aksi, evaluasi dan ketekunan untuk menjalani itu semua secara berulang dan terus-menerus. Satu masalah tidak akan membuat kita langsung mundur selamanya. Dengan memiliki sifat tekun, kita akan mampu menghadapi semua masalah.


10. Belajar dari Orang Sukses


Lebih bagus lagi jika orang sukses itu ada di sekeliling kita. Biasanya orang sukses tidak segan berbagi ilmu yang dia miliki untuk menularkan kesuksesannya. Bangun hubungan dengan seseorang yang bisa menjadi untuk membantu kita bangkit dari kegagalan.
Bahkan ada beberapa orang di dunia ini yang cuma ada di dekatnya saja sudah bisa membuat kita tertular semangat. Jadikan orang-orang berenergi positif ini sebagai lingkungan kita sehari-hari, sehingga menyulut gairah positif dari dalam diri kita juga.


11. Nikmati Setiap Proses


Jika semua hal di atas sudah dikerjakan dengan benar, kita hanya perlu menikmati prosesnya. Tidak ada hasil yang mengkhianati proses. Cepat atau lambat, sejalan dengan besarnya perjuangan, kita akan sampai pada hasil yang diinginkan.

Bangkit dari Kegagalan

6 komentar

  1. Bangkit dr kegagalan memang bukan hal yg mudah, bnr2 hrs ada motivasi dari dalam diri buat bangkit

    BalasHapus
  2. Nikmati semua proses, setelah usaha dan doa, hasilnya tawakal serahkan pada Alloh :)

    BalasHapus
  3. Sepakat dengan semua point tips-tips positif di atas.
    Semua yang hidup, inshaaAllah akan temui kegagalan, sebagai keping lain dari kesuksesan.

    BalasHapus
  4. Bahkan ada yg pernah sampai bilang bahwa orang sukses itu yg mampu bangkit setelah mengalami 1000 kegagalan ya mba. Tapi ga mudah bangkit dari kegagalan bagi sebagian besar orang.

    BalasHapus
  5. Bangkit dari kegagalan tidaklah mudah tapi juga bukan mustahil. Trims Tntuk tips2 nya mba..

    BalasHapus
  6. Menikmati setiap proses itu menjadi modal saat gagal, jadi nggak bikin patah semangat. Justru menjadi suport untuk bangkit lagi

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^