Mau Tau Apa Saja Ciri Cincin Berlian Asli?

cincin berlian
Foto: https://www.diamondnco.id/

Memakai perhiasan tentu menjadi sebuah nilai tambah tersendiri bagi beberapa orang karena memiliki suatu rasa tersendiri. Salah satu yang paling banyak digunakan terutama bagi kaum hawa adalah cincin karena memang memiliki beragam motif dan model sesuai keinginan. 

Baca juga: Tampil Manis dengan Midi Dress.

Tidak semua kaum hawa mengetahui mengenai indah dan bagusnya cincin berlian, padahal kilau dari cincin jenis ini sangat menarik pandangan mata. Bahkan, dalam kategori sebuah perhiasan bisa dikatakan bahwa cincin bertipe berlian memiliki nilai sangat tinggi ketika berada dalam jari pengguna. Pastinya, memakai dalam bentuk asli jauh lebih menyenangkan dan sangat disarankan terutama pada masalah berliannya.

Baca juga: 9 Mitos Tentang Berlian.


Memahami Ciri Cincin Berjenis Berlian Asli

Sebagai penggemar perhiasan, tentu sudah tidak akan asing tentang keberadaan ciri utama dari batu tersebut ketika dipasang pada cincin. Tetapi, tidak semua penggemar perhiasan bisa mengerti mengenai setiap tanda terutama pada saat ingin membeli agar tidak merasa tertipu pastinya. Oleh karenanya, pastikan terlebih dahulu mengetahui informasi terkait pemilihan dimana mendukung agar mendapatkan yang asli.

Berikut merupakan beberapa ciri atau tanda dari sebuah perhiasan terutama cincin berlian bisa dikatakan asli atau tidak:

Bisa memantulkan cahaya

Ciri paling pertama dan sering dicoba pada sebuah batu berlian adalah karakter dari material di mana mampu atau bisa memantulkan cahaya. Bila pada jenis palsu, maka cenderung cahaya tidak bisa menembus sehingga daya pantul tidak ada dan indikasi tidak benar dari material. Perlu dipahami juga, bahwa refleksi cahaya milik berlian asli akan muncul warna abu-abu bukan berbagai warna.

Material kuat

Perlu dicatat juga, bahwa pada dasarnya berlian murni akan memiliki daya tahan bantingan atau goresan cukup besar. Oleh karena itu, ketika terjatuh atau semacamnya tidak akan mempengaruhi batu biasanya ketika terjadi benturan. 

Akan tetapi, jika sebuah berlian mudah retak atau tergores akan dapat dipastikan dengan jelas bahwa benda tersebut bukan asli. Jadi, harus sangat teliti melihat banyaknya batu berlian untuk cincin imitasi atau palsu biasanya.

Baca juga: 7 Merk Jam Tangan Pria dengan Model dan Kualitas Terbaik.

berlian asli
Foto: https://www.diamondnco.id/

Tidak memunculkan kabut

Kabut di sini adalah seperti bekas ketika melakukan pengujian di mana diberikan semburan nafas perlahan biasanya. Berlian memiliki karakter tidak mudah mendapatkan kabut, sehingga hanya butuh waktu sebentar saja ketika diuji akan hilang. Ini juga akibat kemampuan berlian di mana cukup kuat dan tahan terhadap panas. Oleh karena hal tersebut, maka batu berlian tidak akan mengalami suatu masalah, berbeda dengan yang palsu.

Memiliki sertifikat

Tentu tidak bisa sembarang juga karena harga dari sebuah cincin berlian biasanya cukup tinggi dan membutuhkan namanya sertifikat. Keberadaan sertifikat juga sebagai tanda bahwa batu tersebut asli atau tidaknya sehingga tidak akan salah atau menipu saat dipakai. Pastinya, keberadaan dari sertifikat juga sangat penting dan berharga bagi pemilik perhiasan agar menjamin kondisi barang.

Tidak mengapung di air

Mungkin terdengar sederhana, tetapi pada beberapa jenis pengujian cincin berlian juga harus melakukan penglihatan apakah batu mengapung atau tidak. Batu berlian asli biasanya tidak akan bisa mengapung karena bobot dari material, sehingga bila mengapung bisa diindikasi palsu. Dengan begitu, pastinya sebagai calon pengguna bisa lebih jelas dan jeli dalam memilih cincin.


Melihat beberapa tanda dan ciri di atas, tentu untuk mengetahui bahwa batu asli atau tidaknya harus melakukan pengujian terlebih dahulu. Tak bisa dipungkiri juga, sejatinya memang dalam mendapatkan cincin berlian perlu merogoh kocek cukup besar agar bisa dipakai di jari. Namun, dengan adanya informasi tersebut sudah tidak perlu khawatir ketika ingin mendapatkan cincin tersebut lagi.

Jika ingin memiliki berlian tanpa khawatir keasliannya, Anda bisa berbelanja perhiasan berlian di Diamond & Co yang merupakan salah satu toko online perhiasan berlian asli di Indonesia dengan mengunjungi diamondnco.id dan pilih berbagai berlian dengan desain unik. 

11 komentar

  1. Well noted banget ini khususnya bagi aku yang awam banget sama berlian dan bisa jadi panduan banget buat orang yang saat ini sedang dan akan membeli berlian ya.. supaya bisa mengetahui ciri ciri keaslian berlian sebelum memutuskan untuk membeli yang mana dan dimana

    BalasHapus
  2. wah terima kasih infonya mbak, saya jujur nggak tau bedanya berlian asli sama palsu karena punya juga nggak hahahaa

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya mbak. Baru tau kalo berlian asli mengapung di air

    BalasHapus
  4. Well bagus banget ini infonya mbaa,, khususnya bagi aku yang gak ngerti banget sama berlian.. baru tau berlias asli ngapung di air.

    BalasHapus
  5. Aku naksir banget mba pengen punya cincin berlian. Haha. gara-gara liat bu bos punya cincin berlian kok cakep bener. Mau nanya harganya eh takut kemahalan. Hahhaa

    BalasHapus
  6. Nah, ciri-ciri berlian asli ini harus diketahui ya supaya tak mudah kena tipu penjual barang palsu.

    BalasHapus
  7. Nah banyak yg blm mengerti cara membedakan berlian asli dan gak nih mbak. Saya aja selama ada sertifikat baru ngeh kalau itu asli... Thanks for share mbaaa

    BalasHapus
  8. Wah ternyata cirinya banyak ya jadi sebelum beli harus tau betul berlian asli kaya gimana dan harus beli ditempat terpercaya.

    BalasHapus
  9. Berlian ini cantik banget..
    Dan ternyata banyak yang KW juga yaa..
    Sedih kalau gak tau bedanya, terus dibanderol dengan harga mihil.

    BalasHapus
  10. let me check my diamond ring then... semoga ciri - sirinya seperti yang disebut di atas yaaa

    BalasHapus
  11. Wah belum tahu nih Mba soal ciri Berlian asli Kaya gimana. Membantu banget. Makasih ya sharingnya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^