Sudahkah Kamu Menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi?

Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia

Apakah itu Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM)? Enggak heran kalau masih banyak yang enggak tahu. Soalnya, ternyata memang pengetahuan para remaja perempuan Indonesia tentang menstruasi masih tergolong rendah. Sedih, ya?
Itu sebabnya, sejak tahun 2014 dicanangkan Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia (Menstrual Hygiene Day) yang jatuh pada tanggal 28 Mei. Hal ini untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya Manajemen Kebersihan Menstruasi, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. 
Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas. Karena itu pula, Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia dan Mundipharma Indonesia menyelenggarakan Webinar ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ yang diikuti oleh 1.000 perempuan Indonesia. Seru, kan?

Dalam webinar yang dipandu oleh Novita Angie ini, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, dr. Dwi Oktavia Handayani, M. Epid mengatakan: 
Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. 

Baca juga: Tips Berenang Saat Haid.

 

mkm adalah

Nah, karena MKM adalah salah satu hal penting untuk terus diedukasikan, maka Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta menyelenggarakan program kesehatan pendukung kesehatan reproduksi remaja seperti di atas. Semoga layanan ini semakin merata dan meluas di provinsi-provinsi lain, ya.


Dari dalam keluarga sendiri, perlu nih, membiasakan MKM pada diri maupun anak-anak perempuan kita. Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan: 
Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. 
Kembali menjawab pertanyaan di awal artikel ini, sesungguhnya MKM adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Apa saja sih, yang harus dilakukan para perempuan kala haid? Ini dia!

Manajemen Kebersihan Menstruasi

Selain itu, Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH juga mengingatkan untuk membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala, yaitu menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi. 
Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari agar terhindar dari keputihan, iritasi vagina, gatal miss V, bau tidak sedap area kewanitaan, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. 
Dianjurkan pula untuk menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual, sebaiknya melakukan pemeriksaan pap smear atau IVA secara teratur. Apabila merasakan gejala yang tidak normal, konsultasikan lebih lanjut ke dokter.        

Sudah tahu pentingnya MKM, lalu bagaimana cara mendiskusikannya dengan anak? Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memberikan tips sebagai berikut: 
(1) Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; (2) Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; (3) Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; (4) Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan; (5) Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi; (6) Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; (7) Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.  

Di bawah ini adalah beberapa hal yang bisa kita jadikan bahan diskusi dengan anak perempuan, sejak sebelum mereka mengalami menstruasi hingga sesudahnya. Semoga enggak mati gaya lagi ya, saat sudah tiba waktunya.

menstrual hygiene day

 

Mundipharma Indonesia sendiri melalui Betadine Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal memperingati Hari Kebersihan Menstruasi Sedunia (Menstrual Hygiene Day) ini. Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan:

Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. 


Betadine feminine


BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi yang bisa didapatkan di Shopee dan Tokopedia, yaitu:

  • pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; 
  • pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; 
  • pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; 
  • tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable


Jadi, sudahkah kamu menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi?

131 komentar

  1. Umumnya ibu² terdahulu hanya membekali cara menggunakan pembalut saja tanpa membekali cara menjaga kebersihannya. Beruntung bgt aku baca artikel ini saat sebelum menikah kelak bisa membekali anak perempuanku perihal menstruasi dengan lengkap. Thanks for this article mbak 💕

    BalasHapus
  2. informasinya lengkap banget, dulu masih tabu ya bahas soal begini sekarang infonya bisa kita dapatkan bahkan lewat blog seperti ini mba.

    BalasHapus
  3. Dulu kan blm ada jnternet tuh jd bunda jelasin tentang menstruasi ke anak pr berdasarkan pengetahuan bunda sendiri. Jangan panik dan takut karena itu hal yang wajar dzn alami. Jaga kebersihan dan jaga jngn szmpai ada yg mdlihst kita sedang menstruasi. Wlp bunda orang zaman baheula taulah cara2 cebok yg benar utk menjaga kebersihan Miss V.

    BalasHapus
  4. Yeay, sudah donk MKM ini aku terapkan, apalagi pnya anak perempuan, duh suka rumpi soal kewanitaan saat menstruasi, apalagi buat menjaga kebersihannya .
    Maksih udah reminder kita semua soal MKM ini, semoga khususnya buat Ibu2 adalah utamanya untuk memberikan informasi kepada anak2nya.

    BalasHapus
  5. Penting disampaikan beberapa hal yang bisa kita jadikan bahan diskusi dengan anak perempuan, sejak sebelum mereka mengalami menstruasi hingga sesudahnya ya, biar siap mereka. Juga untuk anak laki-laki agar bisa memahami teman perempuannya

    BalasHapus
  6. Saya baru tau kalo 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi. Sedih ya, ternyata tingkat kesadaran kebersihan menstruasi di Indonesia masih rendah. Semoga para ibu makin proaktif deh ngajakin anak ngobrol soal menstruasi. Kan demi kebaikan anak juga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, daku juga baru engeh ternyata ada peringatan terkait menstruasi ya. Jadi pengingat pastinya

      Hapus
  7. Lengkap juga ya produk dari Betadine untuk merawat kebersihan wanita, ada yang digunakan untuk sehari-hari, saat menstruasi dan traveling. Penting memang untuk menerapkan manajemen kebersihan menstruasi ini. Pemahaman tentang MKM perlu ditanamkan sejak dini pada anak agar mereka tahu apa yang harus dilakukan saat menarke

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah sekarang molly sudah menerapkan mkm walau kadang suka missed juga xix. Yah wajib diterapkan demi kesehatan juga.

    BalasHapus
  9. Menstruasi adalah proses normal, makanya anak perempuan harus bisa menghadapinya dengan wajar berbekal ilmu yang tepat, ya Mbak.

    BalasHapus
  10. Beruntung aku bisa ikutan webinar yang membahas masalah menjaga kesehatan dan kebersihan saat mentruasi, jadi tahu cara menerapkan manajemen kebersihan menstruasi sebagai bekal untuk mengedukasi anak perempuan ku.

    BalasHapus
  11. program-program pemerintah dalam mendukung para anak remaja dalam menjaga kesehatan dan kebersihan menstruasi termasuk dalam memberikan vaksin

    BalasHapus
  12. dengan ikut webinar ini, aku jadi makin tahu bagaimana melakukan manajemen kebersihan dan kesehatan menstruasi
    Aku juga makin sadar betapa pentingnya peranku sebagai ibu, untuk mengedukasi anak anakku informasi seputar menstruasi ini

    BalasHapus
  13. Jadi kepikiran, bagus banget ya kalau Betadine bisa berkeliling lagi ke sekolah-sekolah untuk menjelaskan tentang manajemen kesehatan menstruasi ini pada anak SD, SMP dan SMA semoga pandemi segera berakhir

    BalasHapus
  14. Cara mendapatkan produk Betadine ini tergolong mudah yaa..
    Karena itu, aku jadi pengen ikutan nyobain niih...yang untuk penggunaan sehari-hari.

    BalasHapus
  15. Saya sudah lulus dua kali karena anak sudah belasan tahun. Tapi memang ada rasa tidak nyaman karena belum dapat ilmu yang kemarin.
    Memang kita perlu bersiap-siap jelasin tentang menstruasi ke anak perempuan/laki-laki

    BalasHapus
  16. Produk Betadine nggak cuma buat luka ya, ada juga buat pembersih area miss v wanita.

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah.. untuk diri sendiri sudah mbak, kalau untuk anak perempuan masih belum, masih otw bikin hahaha.. InsyaAllah semoga bisa nanti punya anak perempuan :D

    BalasHapus
  18. kebersihan area inti wanita tuh memang perlu banget dipelajari, karena jika salah bisa fatal akibatnya. Ilmu begini bermanfaat banget, Mba. Jangan dianggap tabu.

    BalasHapus
  19. menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi itu penting ya mbak
    beruntung ada produk Betadine yang lengkap gini
    yg mampu menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan setiap perempuan

    BalasHapus
  20. Bagian menjelaskan dengan konkrit dengan gambar mengenai barang yang digunakan dan bagaimana cara menggunakannya ini penting banget. Aku jadi ingat cerita temanku saat pertama kali mens. Dia menggunakan pembalut dengan posisi terbalik. Bagian perekatnya ngadep ke atas. Nah tu, gimana tu. Hehehe

    BalasHapus
  21. Edukasi soal menstruasi memang perlu banget loh, biar ketika si gadis ngalamin menstruasi pertamanya, dia nggak kaget lagi dan telah siap menghadapinya dengan senyuman, hahaha.

    Sekarang mah nggak perlu tabu lagi, setiap orang tua perlu banget edukasi sejak dini mengenai menstruasi kepada setiap anak gadisnya. Orang tua juga wajib menambah ilmu soal menstruasi, jadi bisa memberikan penjelasan yang komprehensif sekaligus berbagi pengalamannya.

    Penting banget nih menjaga kebersihan saat menstruasi. Untung ada Betadine Feminine Care....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap nih, kalau kaum pria sudah teredukasi, ya

      Hapus
  22. ikut webinar ini saya jadi tahu ada Posyandu Remaja, emang sih beberapa waktu lalu sempat lewat di salah satu Puskesmas dan lihat ada spanduk launching Posyandu Remaja, bertanya2 juga dalam hati, ternyata kegiatannya seperti itu, bagus nih agar anak remaja khususnya putri jadi lebih aware juga menjaga kesehatannya apalagi kesehatan reproduksi :)

    BalasHapus
  23. sedih juga sih saat tahu masih banyak juga yaa yang belum sadar betul tentang kebersihan dan kehigienisan ketika menstruasi. memang sebaiknya obrolan tentang hal ini lebih dihidupkan di rumah yaa.. biar anak2 perempuan juga makin sadar bahwa ini penting

    BalasHapus
  24. Manajemen menstruasi ini penting ya mba...dulu pas sekolah pernah nemu hal-hal yang dirasa kurang higienis dan rumor-rumor tentang menstruasi ini...Penting banget untuk edukasi oleh orang tua ke anak, jadi jangan sampai anak malah nanya orang lain dan dapat info yang salah

    BalasHapus
  25. Semoga penerapan MKM bisa istiqomah dilakukan ya, karena demi kesehatan dan kebersihan diri

    BalasHapus
  26. Penting banget memang menjaga kebersihan saat menstruasi. Terkadang saja, meski dirasa kita sudah bersih, masih saja terasa gatal.
    Memang tidak bisa hanya sekedar membersihkannya dg air biasa. Tetapi, harus ada sabun anti bakterial spt betadine ini.

    BalasHapus
  27. Sepenting itu ya menjaga kebersihan daerah kewanitaan saat menstruasi apalagi kalau jorok bisa terkena berbagai macam infeksi.. saatnya nyetok betadine hygine di rumah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups kak, maaf ikut nimbrung hehe...setahu saya memang jika tidak menjaga kesehatan reproduksi saat mens bisa menyebabkan infeksi sekitar kelamin, PMS, terkena penyakit jamur kulit, dan lainnya. Berarti edukasi dan manajemen menstruasi juga cowok perlu tahu ya?

      Hapus
    2. Laki perempuan harus tahu, dong..

      Hapus
  28. pengetahuan tentang menstruasi ini sebenarnya sekarang bisa dengan mudah didapat di internet ya, mbak. tapi sebagai ibu kayaknya lebih ideal kalau kita yang memberitahukan ke anak

    BalasHapus
  29. Ikutan webinar ini kemarin juga bikin aku pengen ikuran vaksin hpv hhehe..
    Penting banget soalnyaa. Ngga bisa diremehkan kebersihan di area kewanitaan yaa. Udah ngga boleh dianggap tabu lagi kalo ngomongin kesehatan mah.

    BalasHapus
  30. Bersyukur bangeett bisa ikutn webinar sarat faedah seperti ini.
    Dan memang banyak ya, PR yg kudu dilakukan oleh para ortu.
    supaya kita bs memberikan edukasi terbaik utk buah hati juga ye kan

    BalasHapus
  31. Aku lupa dulu gimana mama mengajarkannya tapi pertama kali haid udah ga kaget & tau cara menggunakan pembalut sampai membersihkan pembalut bekasnya. Ga ada lagi kata tabu ya untuk membicarakan menstruasi pada anak sedini mungkin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah udah siap ya pas menstruasi pertama

      Hapus
  32. Ih, betadine antiseptik nya sekarang bervariasi. Saya suka pakai betadine ini. Memang kalau kesehatan miss v itu harus diperhatikan banget. Makasih ya, bun. Catatan juga buat saya menerangkan ke anak-anak perempuan saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, nih. Bisa dipilih sesuai kebutuhan

      Hapus
  33. Bagus ya... sekarang banyak media edukasi tentang menstruasi seperti ini. Paling enggak orang tua dan anaknya sendiri jadi punya persiapan mengahadapi menstruasi. Dulu saya hal kayak begini belajar sendiri, tanya-tanya sama teman yang sudah lebih dulu menstruasi. Karena buat orang tua saya dulu, ngomongin hal kayak gini tuh dianggap tabu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sedih, ya. Insyaallah sekarang kita enggak gitu sebagai ortu.

      Hapus
  34. Acaranya super duper keren. Terima kasih untuk betadine udah ngadain webinar yang bermanfaat seperti ini

    BalasHapus
  35. Yups kak, maaf ikut nimbrung hehe...setahu saya memang jika tidak menjaga kesehatan reproduksi saat mens bisa menyebabkan infeksi sekitar kelamin, PMS, terkena penyakit jamur kulit, dan lainnya. Berarti edukasi dan manajemen menstruasi juga cowok perlu tahu ya?

    BalasHapus
  36. Zoominar ini bikin aku jadi paham management kebersihan mba. Hepi banget banyak yang bisa didapatkan pokoknya. Alhamdulillah

    BalasHapus
  37. Aku kadang tuh masih suka ganti pembalut lebih dari 4 jam. Kadang suka nunggu penuh ajaaa.. huhu. Abis baca ini jadi berasa dapet cubitan. Hehe. Karena emang penting banget menjaga manajemen kesehatan menstruasi yaaa

    BalasHapus
  38. Semoga di daerah lain juga ada program vaksinasi HPV untuk anak sekolah, syukur-syukur kalau gratis karena vaksin ini meski penting tapi masih mahal. Juga toilet bersih harus disediakan tiap sekolah biar anak perempuan nggak malas ke toilet untuk ganti pembalut.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toilet bersih nih yang kadang masih susah nemunya

      Hapus
  39. Saya udah ajak anak perempuan untuk bahas tentang menstruasi. Bahkan dengan anak laki-laki pun dikenalkan. Menjadi diskusi yang menarik kalau anak-anak tau dari ibunya.

    BalasHapus
  40. MKM gini harus diinfokan ke anak perempuan dan anak laki sejak dini agar mereka paham dan lebih peduli sama dirinya.

    BalasHapus
  41. Pengetahuan tentang pentingnya menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim, terutama saat menstruasi, penting diajarkan ke anak perempuan, bahkan sejak pertama mereka mengalaminya. Oh satu lagi, sama harus sering ganti pembalutnya juga penting tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Termasuk salah satu poin manajemen kebersihan menstruasi.

      Hapus
  42. menjaga kebersihan saat sedang haid sangat penting agar area kewanitaan kita tetap terjaga dan bersih dan sehat. pastinya ilmu yang didapat dalam webinar ini sangat banya dan bermanfaat buat pesertanya ya

    BalasHapus
  43. Saya sendiri sudah menerapkan, sekarang PR-nya ya anak perempuan saya ini. Bagaimana agar menstruasi pertama tidak menakutkan sekaligus membuat ia paham dan mengerti apa yang harus dilakukan dengan tubuh dan darah menstuasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak ketigaku nih, masih takut dewasa hahhaha..

      Hapus
  44. Semoga dengan edukasi seperti ini makin banyak yang paham dan peduli tentang MKM, pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi.

    BalasHapus
  45. Penting banget ya buat seorang ibu memberikan edukasi tentang menstruasi kepada anak perempuannya agar ia tidak mencari tau sendiri lewat internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau sumbernya terpercaya dan edukatif, ya

      Hapus
  46. Kebersihan menjadi kebutuhan saat menstrùasi, pendidikan yang tepat akan membantu menjelaskan lika liku pengetahuan menstruasi. Webinar dari Betadine membantu anak dan keluarga.

    BalasHapus
  47. Saya baru tau tanggal 28 mei sebagai hari menstruasi... semoga edukasi tentang menstruasi dan alat kesehatan reproduksi lebih digalakkan jika perlu dimasukkan dalam kurikulum sekolah.

    BalasHapus
  48. Berulangkali membaca artikel mengenai manajemen kebersihan menstruasi ini, makin menyadarkan saya akan pentingnya kepedulian akan organ reproduksi wanita. Seandainya bisa berkomunikasi dengan penyelenggaranya, saya ingin mengusulkan agar webinar seperti ini bisa diadakan di sekolah-sekolah (SMP dan SMA). Karena pengetahuan seperti ini wajib diketahui oleh anak-anak remaja yang sedang dalam masa-masa pubertas dan butuh bimbingan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kalau memang sudah dijalankan. Semoga anak-anak menjadi lebih terbuka pengetahuannya akan penanganan menstruasi yang benar dan memenuhi syarat kebersihan dan kesehatan

      Hapus
  49. walau sangat terlambat, baru pada 2014 Menstrual Hygiene Day dicanangkan

    lumayan lah daripada ngga ya?

    karena perempuan butuh banget edukasi manajemen kebersihan menstruasi agar bisa melakukan tindakan preventif bagi kesehatan Miss V

    BalasHapus
  50. Berapa senangnya punya anak perempuan yang bisa di ajak ngobrol, sayangnya anak² Saya jagoan semua btw ini program kece banget lho, keren.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngobrol sama anak cowok pun soal ini penting, ya. Sesuai kebutuhan dan porsinya sebagai cowok tentunya.

      Hapus
  51. Edukasi seperti ini harus terus dilakukan. Agar informasi yang didapatkan benar dan tepat

    BalasHapus
  52. Semoga edukasi macam gini lebih banyak disebarkan yah, supaya informasi keren ini makin banyak diketahui.

    BalasHapus
  53. kita sebagai perempuan wajib tau tentang manajemen kebersihan mentruasi untuk menjaga kesehatan area kewanitaan, menghambat tumbuhnya bakteri sehingga terhindar dari resiko iritasi ataupun infeksi..

    BalasHapus
  54. Manajemen Kebersihan Menstruasi ini penting buanget ya mba...slama ini blum nemu yg detail seperti ini, dari ganti, cuci semua lengkap info grafisnya...ini penting banget apalagi anakku menginjak remaja...bisa buat info untuk putriku....kebersihan saat menstruasi ini emang sngt penting sekali....makasih infonya mba farida.

    BalasHapus
  55. Manajemen Kebersihan Menstruasi (MKM) sangat penting. Alhamdulillah aku sudah terapkan MKM sejak pertama kali haid, dan sudah memberikan edukasi MKM ke anak perempuan. Semoga kita semua memiliki kesehatan dengan area kewanitaan kita.

    Rangkain produk Betadine Feminine Care nya lengkap. Bisa jadi pilihan untuk penggunaan sehari-hari ya.

    BalasHapus
  56. Webinar manajemen kebersihan mestruasi diikuti 1000 perempuan Indonesia. Keren banget ya. Semoga dengan penyelenggaraan webinar seperti ini, para perempuan makin memahami pentingnya manajemen kebersihan saat menstruasi

    BalasHapus
  57. Pelajaran banget buat saya untuk bisa menjelaskan ke anak-anak, baik laki-laki dan perempuan soal menstruasi ini. Soalnya memang harus berbeda penjelasannya buat mereka, walaupun punya garis besar yang sama. Terima kasih mbak, tulisannya

    BalasHapus
  58. alhamdulillah, dikasih kesempatan ikut webinar ini. jadi bertambah ilmu buat aku sebagai wanita

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus banget ya?
      Sebagai perempuan kita baru sadar ternyata banyak yang kita gak tau soal menstruasi
      Harus campaign terus menerus nih

      Hapus
  59. Ternyata soal managemen mentruasi juga gak cuma cewek yang tahu saja ya. Edukasi ke remaja putera juga penting ya supaya mereka bisa menghargai teman sebayanya yang puteri. Thanks juga kak info bagaimana menjaga organ reproduksi ternyata sangat berharga supaya terhindar dair jamur, bakteri bahkan kanker.

    BalasHapus
  60. Sidah bukan hal tabu lagi, ya jika membahas soal menstruasi, sex, dan pubertas bagi anak, baik anak wanita maupun laki2.

    BalasHapus
  61. Nah, management kebersihan menstruasi ini harus lebih di sounding agar setiap orang khususnya kaum perempuan lebih memahami cara tepat dan benar untuk menjaga kebersihan area kewanitaan terutama ketika masa dan waktu menstruasi nya tiba

    BalasHapus
  62. Betadine memang solusi ya untuk membersihkan ruang sensitif kewanitaan, bagus juga diadakan edukasi seperti ini, agar para mom lebih paham lagi

    BalasHapus
  63. Kebersihan dan pola hidup bersih saat menstruasi atau sebelumnya dari webinar betadine membantu anak dan orang tua memberikan pengetahuan kesehatan.

    BalasHapus
  64. Menjaga kebersihan saat memsnitu wajib banget loh biar nyaman meski harus beraktifitas seharian. Dan supaya selalu bersih agar terhindar dari bakteri jahat

    BalasHapus
  65. wah, aku baru tahu vaksin HPV bisa dari kelas 5 SD
    aku kira kalau udah masuk usia SMA
    duh, aku juga belum vaksin HPV nih, harus dipapsmear dulu karena sudah menikah

    BalasHapus
  66. lengkap banget ya produk dari Betadine Feminine care ini .Menjawab kebutuhan setiap wanita di setiap situasi yang berbeda...

    BalasHapus
  67. Baca pada saat sedang menstruasi berasa banget dapat tambahan ilmu baru mbak trims

    BalasHapus
  68. Alhamdulillah sudah menerapkan
    diajarin sama Ibu
    tapi yang belum kuterapkan ya pake betadine feminine care
    baru tahu sih, hoho
    dan hendak beli, hehe

    BalasHapus
  69. Sudah donk... dan PR buatku juga nih ngajarin anak-anakku untuk menerapkan manajemen kebersihan menstruasi yang bener..

    BalasHapus
  70. Suatu kebetulan saya sedang dapet. Jadi langsung catat dan praktikkan manajemen kesehatan menstruasinya. Makasih tips, ulasan dan rekomendasinya Mbak

    BalasHapus
  71. Wah ini nih hal yang kadang dianggap sepele dan remeh padahal dampaknya begitu sangat besar ya mba, jadi kita pun harus melek kebersihan dan kesehatan organ intim

    BalasHapus
  72. belum nerapin sih cuman dengan postingan ini aku tersadar dan next time akan menerapkannya soalnya kalau lagi mens emang mager banget

    BalasHapus
  73. Alhamdulillah saya sudah menerapkan manajemen kebersihan mentruasi dan saat ini sedang persiapan mensounding anak perempuan saya yang sudah hampir berusia 9 tahun.

    BalasHapus
  74. Rekomendasi artikel, artikelnya informatif, tidak bertele-tele

    BalasHapus
  75. Webinar yang keren. Nambah wawsan dan ilmu baru. Apalagi buat para ibu yang punya anak gadis kayak aku. Membuka mindset yang selama ini ngerasa tabu ngomong soal menstruasi. Kudu banyak yang tahu ya wanita Indonesia tentang cara menjaga kebersihan dan kesehatan diri saat menstruasi.

    BalasHapus
  76. Nambah ilmu baru nih tentang hal yang selama ini kadang dianggap tabu membicarakannya yah, padahal edukasi gni penting banget diberikan dan disosialisasikan pada anak - anak remaja,

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^