Memantaskan Dapur Impian Bersama Pantes Home Decoration Gallery


Sebagaimana yang pernah aku ceritakan sebelumnya, aku jatuh cinta pada rumah kontrakan yang kutinggali di Semarang ini. Karena tampak sekali bahwa setiap detilnya digarap dengan sengaja menambahkan sentuhan artistik di sana-sini.

Yuk, baca ini dulu: Sstt... Cintaku Bersemi di Dapur dan Kamar Mandi.

Dinding bertekstur batu alamnya, lantai parketnya, ubin hiasnya, pintu-pintu tinggi dan pintu kaca a la minimarketnya, membuatku betah memandanginya berlama-lama. Suami sempat bertanya pada pemiliknya, apakah sulit mengadakan material semacam ini. Ternyata di Semarang ada, kok!

Aku pun mendapatkan informasi tentang Pantes Home Decoration Gallery Semarang yang berlokasi di Jalan Pekojan Pertokoan THD A-7, Semarang. Begitu ada kesempatan, aku mengajak Suami berkunjung ke sana.

Kami ke sana untuk melihat-lihat dan mencari inspirasi bagi rumah baru kami. Ya, masa kontrak kami akan berakhir beberapa bulan ke depan. Dan rencananya, kami ingin membangun rumah sendiri setelah ini. Lokasi pastinya belum ditentukan, sih.

Aku sudah membayangkan, bahwa berkunjung ke toko ini akan banyak yang dimau. Dan biasanya tidak cukup dengan sekali datang. Karena pasti isinya macam-macam, kan? Jadi, agar kami bisa fokus, kami menetapkan mau melihat apa untuk kunjungan pertama ini.

Sebagai ibu yang sok doyan memasak, dapur menjadi perhatian utamaku. Karena dapur itu laksana istana dengan ibu sebagai ratunya. Makanya kali ini kami akan berburu berbagai keperluan untuk mendesain dapur dulu.

Belakangan ini, aku lagi kesengsem dengan dapur bergaya Yunani. Setahuku, dalam dunia arsitektur, Gaya Yunani adalah salah satu dari bagian Gaya Mediterania. Gaya Mediterania yang lain adalah Gaya Italia dan Spanyol.

Seperti apa sih, dapur bergaya Yunani itu? Mengapa aku suka? Dan apakah kunjunganku ke Pantes Gallery dapat menjawab impianku terhadap dapur ini? Yuk, baca terus ya, ceritaku ini!

Sekilas Mengenal Interior Dapur Bergaya Yunani

Gaya Mediterania mengadopsi unsur-unsur alam di sekitarnya. Perairan berwarna toska di Eropa Selatan, Hangatnya gurun, cerahnya mentari dan warna-warni bunga yang semarak di Eropa daratan, mengilhami interior Mediterania. Kesannya santai dengan warna ceria namun menenangkan.

Perabotan yang dipakai biasanya berukuran besar. Bernuansa pedesaan khas Eropa yang terbuat dari bahan kayu pinus. Lampu dan peralatan memasak umumnya terbuat dari besi dan tembaga. Bunga dan tanaman, baik segar maupun kering, sering dipilih untuk menghias ruangan bergaya Mediterania.


Interior Yunani sangat mudah dibedakan dari Gaya Mediterania lainnya. Karena nuansanya yang lebih sederhana dengan dominasi warna putih dan akses biru atau hijau. Itulah yang membuatku sangat jatuh cinta pada gaya interior ini. Simpel, tenang namun artistik.

Aku ingin membuat dapur yang tidak terlalu besar. Asalkan dapat mengakomodasi semua aktivitas dan keperluan memasak. Tempat penyimpanan yang praktis, rapi dan muat banyak barang tentu sangat aku sukai. Yang terpenting, ada meja makan besar karena anggota keluargaku banyak.

Semua contoh desain yang kupilih dan kupajang di sini mewakili impianku itu.

"Selamat siang! Ada yang bisa kami bantu, Bu?" Demikian sapaan ramah dari para petugas yang aku temui di setiap lantai Pantes Gallery.
"Oh, iya terimakasih. Saya lihat-lihat dulu, ya," jawabku.
"Oh iya silakan..."

Nah, sambil melanjutkan ceritaku, aku ajak kalian sekaligus menyusuri Pantes Gallery ya, untuk melihat bagaimana toko ini menjawab kebutuhanku. Sepertinya berbeda dari kebanyakan orang, aku menyusuri toko ini mulai dari lantai teratas dan terus bergerak ke bawah secara berurutan.

Pintu dan Jendela



Ukurannya yang agak besar menjadi ciri khas dari desain jendela dan pintu rumah bergaya Mediterania. Hal ini sesuai iklim daerah tersebut yang cenderung berangin. Pintu dan jendela yang besar dibuat agar sirkulasi udara mengalir lancar.

Permukaan kusen jendela pada dapur biasanya dibuat lebar untuk tempat menaruh pot tanaman. Baik itu sebagai hiasan, atau seringnya justru berupa tanaman yang dapat dijadikan bumbu masak.

Aku antusias sekali saat melihat jendela geser putih memanjang di bawah itu. Ini benar-benar sesuai dengan keinginanku. Alih-alih memiliki jendela lebar yang memberikan pemandangan langsung ke luar, aku lebih memilih jendela panjang begini yang dipasang di atas tinggi badanku.

Hal ini supaya aku bisa bebas beraktivitas di dapur menggunakan pakaian rumah tanpa terekspos dari luar. Posisi memasangnya seperti di gambar contoh kiri atas itu, ya. Aku akan memasang beberapa jendela seperti ini untuk memenuhi kebutuhan ruangan akan sinar matahari dan sirkulasi udara.

Asyiknya lagi kalau memasang jendela model begini adalah kita tidak perlu pusing memilih antara kerai atau tirai. Karena posisinya relatif aman dari jangkauan mata orang asing. Kecuali memang berniat untuk mendekorasinya, ya silakan saja.

"Wah, ini bagus, Mi. Pegangannya panjang bisa ditarik dengan 2 tangan!" Begitu seru putraku saat melihat pintu putih dengan pegangan yang sangat panjang. Pilihan yang unik dan bagus!


Tentu saja ada beragam jenis dan macam pegangan pintu yang tersedia di Pantes Gallery. Ada yang dengan kunci maupun tanpa kunci. Baik yang kuncinya menyatu atau pun terpisah dengan pegangannya. Tinggal disesuaikan deh, dengan tema dan desain rumah kita.

Jangan lupa juga untuk memilih engsel yang sesuai ya, dengan besar dan beratnya pintu serta jendela yang dipilih. Engsel yang tepat akan membuat pintu dan jendela jadi lebih mudah dibuka tutup dan minim risiko macet. Konsultasikan saja ke petugas di Pantes Gallery yang pasti siap membantu.

Dinding dan Lantai

Sedangkan untuk lantai, dapur bergaya Yunani bisa menggunakan warna putih maupun warna dan motif dari bahan alami lainnya. Seperti kayu, batu, marmer, granit, terakota atau travertin.


Aku pribadi terus terang ingin sekali punya lantai parket seperti di kontrakan. Cantik, alami, mudah dibersihkan dan hangat di kaki. Aku inginnya menggunakan kayu pinus yang berwarna putih krem gitu biar Yunani banget. Tapi lantai bermotif batu kok juga menggoda, ya?

Aih, ya sudahlah jeprat-jepret aja dulu ya, sebagai referensi. Jadinya pilih yang mana, dipikir lagi nanti. Parket di sini harganya relatif terjangkau, lho. Kalau kalian ingin memberikan efek lantai kayu dengan biaya lebih miring, bisa memilih bahan vynil yang banyak sekali variasinya di Pantes Gallery.


Gaya Yunani secara tradisional menampilkan dinding plesteran putih polos atau diberi aksen warna biru/hijau. Bisa juga dengan mengikuti Gaya Mediterania yang lain yaitu dengan memberikan tekstur pada dinding menggunakan marmer, granit, batu alam atau ubin keramik.

Kalau aku sih, memilih menggunakan ubin lukis dengan motif acak seperti yang di contoh. Karena ikonik sekali, ya. Dan ternyata ada lho, di Pantes Gallery! Dia sedang tergolek bersama aneka pilihan tekstur berpola batubata dengan berbagai pilihan warna dan motif.

Salah satu kelebihan dari mengaplikasikan ubin keramik pada dinding adalah membuat ruangan jadi terasa lebih dingin. Tahu sendiri kan, bagaimana sejuknya berada di dalam kamar mandi atau masjid yang sebagian dindingnya dilapisi ubin?

Belum hilang girangku, eh ternyata saat aku menengok ke kanan, aku bertemu juga ubin putih yang lucu dengan dekorasi ornamen biru. Keren! Aih, jadi ingin semuanya untuk backsplash dapur. Backsplash itu dinding di antara kabinet bawah dan kabinet atas dapur itu, lho.

Bahan yang digunakan untuk menghias bagian ini haruslah kuat, tahan panas dan mudah perawatannya. Beberapa material tersebut antara lain ubin keramik, stainless steel, kaca, mozaik bahkan marmer antik cantik yang menarik. Nih, sebagian pilihan lain di Pantes Gallery:


Tak hanya backsplash, ingin mendekor bagian dinding yang lain? Bisa! Pada dasarnya baik ubin keramik, marmer dan granit dapat diterapkan untuk dinding, lantai maupun countertop (bagian atas kabinet bawah pada dapur). Ada lebih dari 800 koleksi ubin lho, di Pantes Gallery!

Perabotan Dapur



Tuh, kelihatan kan, bahwa dapur gaya Yunani ini tetap cocok dipasangkan dengan aneka perabotan masak modern seperti kompor gas, oven, kulkas, bak cuci piring dll. Kita bisa menjumpai aneka pilihannya mulai dari perabotan berat sampai aksesori kecil-kecilnya di lantai 1 Pantes Gallery.

Kesanku Berkunjung di Pantes Home Decoration Gallery

Puas! Sekaligus penasaran, hehehe... Inginnya bisa ke sini lagi untuk menuntaskan urusan yang belum selesai. Ciee...

Nah, buat kalian warga Semarang, sempatin deh mampir ke sini. Kenapa? Karena Pantes Gallery itu:
  • Koleksi tilesnya paling lengkap!
  • Produknya berkualitas, sesuai dengan harganya,
  • Galerinya bersih dan nyaman banget!
  • Ada program cicilannya,
  • Banyak promonya,
  • Banyak event berhadiahnya,
  • Lokasi strategis sehingga mudah dijangkau

dan masih banyak lagi keuntungan belanja di Pantes Gallery! Apa pun desain rumahmu, tanyakan pada Pantes Gallery. Karena dia punya yang kamu cari plus berbagai saran yang membantu.

"Sayang, kita bangun rumah di Semarang aja, yuk! Kan ada Pantes Gallery yang bisa mewujudkan rumah seperti impian kita (Kita? Aku aja, kali...)," Hmm... Kalau aku ngomong begini ke Suami, kira-kira apa ya, jawaban Suami? Ada yang bisa menebak?

Komentar

  1. Dapurnya cantik ya mbak. Makin betah memasak dong tentunya. Semoga mbak Farida segera bangun rumah di Semarang ya.

    BalasHapus
  2. Ya ampuuun itu komplit banget pilihannya. Tinggal sesuaikan kebutuhan dan budgetnya. Kalau punya dapur begini bisa masak terus sayaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ho oh, bikin mupeng pingin belanja hihihi..

      Hapus
  3. Dapur idaman banget ini Mba. Heheheh Pantes emang komplit ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh komplit bgt ternyata. Cari apa aja ada

      Hapus
  4. Dapur idaman banget dan makin semangat menyajikan menu untuk keluarga ya mbak... Aku juga nih lagi pengen dekorasi dapur...

    BalasHapus
  5. Ciamik banget model2 dapurnya...saya suka..saya suka

    BalasHapus
  6. Dapur gaya Yunani cantik juga nih. Ah dapur emang nafas utama sebuah rumah ya. Semoga lancar pembangunan rumahnya mba Ida

    BalasHapus
  7. Wainiiii...harus ke Pantes utk pilih2 mana yg paling cocok utk desain rumah. Aku juga pengin punya dapur yang rapi dan apik gitu Mba, biar makin rajin masak :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^