6 Amazing Things in The Capital of Wonderful Indonesia


Ke manakah tempat wisata impianku? Sebenarnya sudah kutulis dalam resolusiku tahun ini. Aku ingin ke 8 tempat baru yang berasal dari 8 kategori yang berbeda. Resolusi ini pun sudah tercapai, sebenarnya, antara lain:

  1. Wisata edukasi: Grand Maerakaca
  2. Pantai: Pantai Marina
  3. Taman bunga: Taman Bunga Celosia
  4. Staycation: Airy Rooms
  5. Camp Ground: Basecamp Mawar
  6. Sanggar: Batik Semarang 16
  7. Goa: Goa Maharani
  8. Taman Bermain: Wisata Bahari Lamongan

Aku sudah membuktikan bahwa Indonesia is really wonderful. Namun, jika boleh, aku ingin menambahkan satu lagi kategori, yaitu kota yang belum pernah kutinggali sebelumnya.

Tahukah kamu kota mana yang kumaksud? Ya, tentu saja kamu bisa menebak dari judul artikel ini, Jakarta. Tapi, mengapa?

Bukannya Jakarta itu sangat padat, sesak, sibuk dan identik dengan macet serta banjir? Sebagiannya mungkin masih menjadi masalah hingga saat ini. Namun itu tak menyurutkanku untuk menjadikan Jakarta sebagai destinasi berikutnya. Bukan hanya untuk berwisata, namun tinggal di dalamnya.

1. Aktivitas Bisnis yang Tinggi


Bundaran Hotel Indonesia, jantung Kota Jakarta

Ya, tentu saja, sebagai ibukota negara, Jakarta memiliki aktivitas bisnis terpadat di Indonesia. Berbagai bidang bisnis berkembang dengan semarak di sini. Baik yang bertaraf lokal, nasional maupun internasional. Jika motif ekonomi adalah pendorong kuat bagimu, Jakartalah jawabannya.

2. Fasilitas Lengkap


Pelabuhan Sunda Kelapa

Jakarta merupakan megapolitan. Kota ini adalah pusat bisnis, politik, dan kebudayaan di Indonesia. Tak hentinya nadi kota ini berdenyut, juga didukung oleh fasilitas yang memadai dan lengkap. Dari sisi bangunan, kesehatan, pendidikan, transportasi, akomodasi maupun hiburan. 

Tak heran jika kota ini mendapat julukan The Big Durian. Karena dianggap kota yang sebanding dengan New York City yang biasa disebut The Big Apple.

3. Taman Hiburan Impian


Dunia Fantasi, Taman Impian Jaya Ancol

Memang kota ini laksana hutan gedung pencakar langit. Namun hal ini diimbangi pula dengan keberadaan sejumlah taman sebagai paru-paru kota yang rata-rata dapat dinikmati secara gratis.

Selain taman kota, Jakarta juga memiliki beberapa taman hiburan. Dunia Fantasi adalah salah satu incaran kami. Sederhana saja alasanya. Karena wahana ini merupakan impian Suami sejak kecil dan hingga kini belum pernah terealisasi untuk mengunjunginya.

Tentu saja Taman Impian Jaya Ancol yang memuat Dunia Fantasi ini juga menawarkan banyak lagi keseruan lainnya. Seperti Seaworld, Atlantis Water Adventure, Eco Park, Ocean Dream Samudra, Fauna Land, Wahana Outbond dll..

4. Kebudayaan Lokal yang Terjaga


Pintu masuk Setu Babakan

Jakarta hanyalah berisi hiruk-pikuk dan modernisasi yang terus meluncur cepat mengikuti perkembangan zaman? Eit, tidak pernahkah engkau mendengar tentang Setu Babakan? Tempat ini merupakan wadah pelestarian dan kemajuan seni budaya Betawi, suku penduduk asli Jakarta. 

Batik Betawi motif Ondel-Ondel

Di sini, kita bisa melihat berbagai produk budaya khas Betawi. Misalnya: makanan, pakaian, bangunan, adat-istiadat, kesenian dan aneka hasil kerajinan. Kita juga akan merasakan napas kekeluargaan, gotong-royong dan religius yang kental sebagaimana jiwa murni Bangsa Indonesia.

Es Selendang Mayang

Sebut saja bir pletok, kerak telor dan es selendang mayang. Di mana kamu bisa menikmatinya? Ya, tidak bisa tidak. Hanya Jakartalah yang mampu menghapus rasa penasaranmu terhadap aneka kuliner yang semakin sulit ditemui ini.

5. Panorama yang Memukau


Deretan gedung-gedung yang menjulang dilintasi banyaknya kendaraan tentu sebuah pemandangan yang menakjubkan. Apa lagi di malam hari, saat kota bertaburan kemerlip lampu aneka warna.

Taman Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk

Namun, sesungguhnya Jakarta bukanlah melulu tentang kemegahan tingginya rekayasa manusia. Keramahan alam pun akan kita dapati saat menepi ke ujung Utara. Keasrian Taman Wisata Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk begitu menggoda dan membuat betah untuk berlama-lama di sana.

Restoran di Pulau Bidadari

Lanjutkan perjalanan menyeberangi Laut Jawa menelusuri gugusan-gugusan daratan di Kepulauan Seribu. Laut yang jernih membiru siap menyambut dengan aneka keragaman hayati yang terkandung di dalamnya. Kita bisa berenang, mendayung, snorkeling atau bersepeda di atas pantai berpasir putih.

Kita akan mendapati keunikan yang ditawarkan oleh masing-masing pulau. Bangunan peninggalan kolonial, penangkaran hewan laut, jembatan yang anggun atau yang lainnya.

Bahkan, tahun ini, Pulau Bidadari, salah satu pu;au di Kepulauan Seribu, tengah bersolek cantik mengusung tema "Soul of Batavia." Konsep ini merupakan perpaduan antara unsur kental budaya Betawi dan teknologi. Menghadirkan konsep kekinian yang serba digital dan berbudaya

Fiber optik mengelilingi pulau tersebut dan Wifi dipasang di beberapa spot. Segala macam transaksi di sini diupayakan dalam bentuk digital nontunai. Wow!

6. Kaleidoskop Keindahan Indonesia



Tak punya cukup waktu, tenaga dan dana untuk menjelajah seluruh pesona Wonderful Indonesia? Datang saja ke Jakarta. Di sini terpampang aneka rangkumannya. Jakarta memerankan tugasnya dengan baik sebagai ibukota negara yang mampu merepresentasikan pesona seluruh Indonesia.

Anjungan DKI Jakarta di Taman Mini Indonesia Indah

Di Taman Mini Indonesia Indah, misalnya. Terdapat anjungan dari setiap provinsi di Indonesia. Masing-masing anjungan ini menyimpan berbagai informasi tentang budaya provinsinya. Baik berupa pajangan, pertunjukan dll.

Sebagian koleksi Museum Tekstil

Jakarta juga sarat dengan aneka pilihan museum. Museum Tekstil, Indonesia Kaya, Indonesia Karya, Fatahillah dll .Koleksinya menunjukkan betapa beragamnya hal unik yang perlu kita ketahui tentang Indonesia.

Nah, itulah keistimewaan Jakarta sebagai destinasi wisata. Ada banyak gaya traveling yang populer di tengah masyarakat. Solo trip, family trip, business trip atau backpacker? Yang mana pun itu, Jakarta akan memuaskanmu dan memberikan pengalaman terbaik.

Makanya, berbahagialah jika engkau tinggal di Jakarta. Nikmati dan syukuri segala warnanya. Dan, tunggulah aku di Jakartamu!

Aku sudah menceritakan tentang kota impianku. Kini giliranmu untuk bercerita tentang keindahan Indonesia dalam Wonderful Indonesia Blog Competition. Bagikan kisahmu, ya!


Sumber foto: jakarta-tourism.go.id

Komentar

  1. Jakarta memang daya tariknya kuat banget ya mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheehe.. ya tiap tempat ada plus minusnya

      Hapus
  2. Selain masyarakat yang sangat heterogen, jakarata memiliki banyak potensi yang masih bisa dikembangkan.. good luck mbak :)

    BalasHapus
  3. Belum pernah jalan2 ke Jakarta nih aku. Ternyata gak cuma ada mall aja. Hihihi

    BalasHapus
  4. aku mau ke kota tua, belum2 saja

    BalasHapus
  5. Jakarta memang sempurna banget ya Mba. Ada semua di sini. Pantaslah dijadikan Ibukotanya Indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. semua ada plus minusnya sih. disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi kita aja

      Hapus
  6. Ke Jakarta itu nggak cukup sehari. Kayaknya butuh seminggu supaya bisa betul-betul menikmati uniknya Jakarta. Tapi kalau Dufan kayaknya sudah bukan eksklusif milik Jakarta lagi deh, Mbak. Yang serupa kayak gini sudah ada di Batu dan di Jogja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, makanya butuh stay. Dufan itu ada alasan nostalgianya sih. karena suami dijanjiin sama ortunya sejak kecil dan sampe sekarang blm keturutan :)

      Hapus
  7. Jakarta emang ngangenin..

    Aku pernah 1,5 th tinggal di jakarta..

    BalasHapus
  8. Aku pernah sekali datang berkunjung ke Jakarta, tapi nggak sempat eksplor semua. Berharap suatu saat aku bisa kemari lagi dam mengunjungi tempat yang mbak sebutkan di atas. Tunggu cerita wonderfull Indonesia dari daerahku ya mbak. 😁

    BalasHapus
  9. Kudu nginap lebih dari sehari kalau jelajah Jakarta, banyaaak tujuan wisatanya ya

    BalasHapus
  10. Jakarta seruuu, tapi gak kuat sama macetny hihihi

    BalasHapus
  11. Zaman sekolah dulu, ga kebayang aku bakal kerja dan tinggal di jakarta. Kalo utk libiran, bolehlah. . Tp tinggal? Ntr dulu :p. Ternyata, malah jd warga jakarta sekarang. Dan anehnya, aku udh bisa enjoy di sini. 11 thn kerja di jkt, rasa2nya udh bisa menikmati semua yg enak dan ga enak dr jakarta :D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. udah apal lekuk2nya supaya enak ya :)

      Hapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^