5 Tips Menurunkan Berat Badan Tanpa Menghitung Kalori


Hai, Teman-Teman! Kalian percaya nggak, sebenarnya kita bisa lho, menurunkan berat badan tanpa menghitung/terobsesi dengan kalori sama sekali? Kuncinya adalah memastikan semua makanan yang kita makan setiap hari mengandung kepadatan gizi super tinggi.

Makanan bergizi super tinggi, terlepas dari kandungan kalori dari makanan tersebut, akan membuat tubuh kita secara otomatis menyesuaikan nafsu makan dan menghilangkan rasa lapar. Karena tubuh sudah mendapatkan asupan sebanyak yang dibutuhkannya untuk hari itu.

Jika semua makanan yang kita miliki di rumah adalah makanan sehat, maka kita hanya akan memakan yang sehat. Pada dasarnya, semuanya dimulai dengan membuat pilihan cerdas dan menghindari godaan ketika kita sedang berbelanja. 

Mungkin sempat terpikir, rasanya tidak realistis jika kita hanya boleh makan makanan yang itu-itu saja. Sebenarnya, boleh saja sesekali mengonsumsi makanan-makanan yang rendah gizi. Namun, berusahalah untuk bisa makan makanan sehat setidaknya 90% dari seluruh asupan kita sehari-hari..

Nah, untuk membantu menyusun daftar belanja yang sehat, ada 5 tips untuk memilih bahan apa yang harus kita beli dan simpan di dapur.

1. Membeli Produk Lokal


Ini bukan masalah nasionalisme, ya. Di mana pun kita berada, usahakan untuk membeli bahan makanan sedekat mungkin dengan produsennya. Karena semakin jauh suatu makanan diangkut, artinya dia semakin membutuhkan proses atau bahan tambahan untuk mengawetkan.

Selain baik bagi kesehatan, rasa bahan makanan yang segar tentu lebih nikmat. Juga, hal ini akan membantu memutus rantai panjang bahan bakar yang berperan memperparah pemanasan global.


2. Pilih Makanan yang Tidak/Minimal Diproses


Sebisa mungkin konsumsilah makanan yang dapat dinikmati dalam keadaan segar. Misalnya, buah dan sayuran. Atau yang hanya mengalami sekali proses pemasakan. Misalnya: beras ditanak menjadi nasi, daging direbus, atau beberapa sayuran kukus.

Jadi, sebaiknya kita mulai mengurangi makanan yang mengalami bermacam proses. Misalnya, perkedel. Itu kan ceritanya kentang digoreng setengah matang, kemudian dihaluskan bersama bumbu dan dimasak kembali dengan cara dilapisi telur dan digoreng.

3. Hindari Makanan Kemasan yang Terbuat Lebih dari 4 Bahan


Tentu saja. Selain itu menunjukkan panjangnya proses, juga bisa diduga bahwa banyaknya bahan tambahan tersebut sebenarnya bahan yang tidak diperlukan tubuh, seperti: bahan pewarna, bahan perasa dan bahan pengawet.

4. Pelajari Cara Memasak yang Sehat


Hal ini sangat berguna untuk menjaga agar nilai gizi dalam makanan bisa sebanyak-banyaknya terjaga dan dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan tubuh kita. Misalnya, cara ideal untuk memasak sayuran adalah dengan memblansir.

5. Sediakan Aneka Bumbu yang Berfungsi Membakar Lemak


Yup, selain menyedapkan masakan, sejumlah bumbu juga berkhasiat untuk membakar lemak dan meningkatkan vitalitas tubuh, lho. Misalnya: bawang putih, jahe, kunyit, kayu manis, daun ketumbar dan masih banyak lagi.

Bagaimana? Siap mendapatkan berat badan ideal dengan cara sehat dan tanpa ribet?

Komentar

  1. Bagus nih mbak tipsnya.. �� Selain berat badan jadi ideal, asupan nutrisi ke tubuh juga terjaga ya mbak.. Catet aaah

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup betul. kalau makanan kita sehat, perlahan tapi pasti berat badan kita juga akan menuju ideal

      Hapus
  2. Duh lemak tubuh saya sudah banyak ni, terutama di bagian perut. membuncit. Terimakasih tipsnya mbak.

    BalasHapus
  3. Yeess benar mba... Semakin pendek proses pengolahnnya smkin baik makanannya...

    BalasHapus
  4. Nah ..tips bagus nih..tinggal kita yg harus benar2 disiplin menjalankannya ya mba .

    BalasHapus
  5. Wah, cocok nih buat tubuhku. Melihat badan makin lebar sepertinya saya harus menjaga pola makan

    BalasHapus
  6. Makanan yg direbus atau dikukus, terus makan buah dan kurangi jajan diluar kayak gorengan gitu ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam hal ini, gorengan di luar sama dengan gorengan di rumah sih hihihi... asal cara gorengnya sehat, gpp :)

      Hapus
  7. Wahhh menarik dan bagus mbakkk... btw aku suka nyarap bubur tapinyaa.. dari nasi diproses lagi jadi bubur... tambahan 1 proses gapapa kali yaa hhehehe *pembenaran*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi... mending langsung dari beras jadi bubur aja. pake slow cooker lbh sehat. tapi lama sih ya :)

      Hapus
  8. 5 tips menurunkan berat tanpa kudu ngitung kalori yang pastinya bermanfaat banget terutama bagi yang ngga gemuk-gemuk banget tapi buncit perutnya kaya saya ini mah atuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul. jadi yang kurus pun akan sampai pada berat ideal kalau dietnya begini :)

      Hapus
  9. Wah bagus mbak tipsnya. Terutama yang poin 5.
    Related banget sama aku yang lagi jadi #pejuangdiet
    Aku nulis juga di blog mbak.

    BalasHapus
  10. aaak... perkedel. Padahal itu aku suka banget mbaaak. huhuhu

    BalasHapus

Posting Komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^