Lebih Dekat dengan Hewan di Batang Dolphin Center

Batang Dolphin Center

Sekilas Tentang Batang Dolphin Center


Batang Dolphin Center (BDC) disebut juga Taman Safari Indonesia 4 yang buka setiap hari pukul 08.30 – 17.00. Taman Safari Indonesia yang lain adalah Taman Safari Cisarua di Bogor, Taman Safari Prigen di Pasuruan, Bali Safari dan yang terbaru adalah Jakarta Aquarium.

Baca juga: Kalau Liburan Sekeluarga di Bali, Mau ke Mana?

Selain tergabung dalam unit Taman Safari Indonesia, Batang Dolphin Center juga bekerjasama dengan Badan Konservasi Sumber Daya Alam. Taman safari yang satu ini ditetapkan sebagai penangkaran lumba–lumba. Di sini, lumba-lumba dilindungi dan dikembangbiakkan.

Lumba–lumba yang ditangkarkan di Batang Dolphin Center tidak selamanya dipelihara. Sebagian ditransfer ke taman safari lain di Indonesia. Jika populasinya berlebih, akan dilepaskan kembali ke Laut Jawa. Jadi, jika kamu bertemu lumba-lumba yang terampil, bisa jadi lulusan BDC. Hehehe ...

Tim Batang Dolphin Center juga mengedukasi nelayan Batang supaya tidak terjadi konflik ketika sedang mencari ikan. Diharapkan agar para nelayan tidak lagi menganggap lumba-lumba sebagai musuh atau hama yang harus diserang. Lumba-lumba juga bagian penting dari rantai makanan.

Batang Dolphin Center mulai beroperasi sejak tahun 2010. Proses pembangunannya dikerjakan selama tiga tahun di atas lahan 15 hektar. Memang tidak terlalu luas dibandingkan taman safari lain. Dari luar, bangunan bagian depannya berbentuk kapal.


Lokasi Batang Dolphin Center


tol Semarang Batang

Lokasi Batang Dolphin Center terletak di dalam kawasan Pantai Sigandu di Desa Sidomulyo, Kelurahan Klidang Lor, Kecamatan Batang, Batang. Berjarak kurang lebih 1 jam berkendara dari kota Semarang. Tarif tol Semarang Batang kemarin sejumlah 71.500 rupiah.

Baca juga: Jalan-Jalan ke Kebun Binatang Semarang, Yuk!

Pantai Sigandu

Pantai di lokasi Batang Dolphin Center lebih bersih dan lebih indah karena terdapat spot gundukan batu karang besar. Namun jika Anda ingin menikmati permainan flying fox, ATV atau melihat camar laut dari dekat, masuk melalui loket Pantai Sigandu adalah jawabannya.


Harga Tiket Masuk Batang Dolphin Center


Batang Dolphin Center

Aku datang ke Batang Dolphin Center pada Hari Kamis lalu. Harga tiket masuk yang tertera di loket adalah 40.000 rupiah per orang. Aku tidak tahu apakah sama untuk akhir pekan dan hari libur. Ibrahim (3 tahun) dan Maryam (18 bulan) tidak dihitung. Biaya parkir roda 4 sebesar 5.000 rupiah.


Fasilitas Batang Dolphin Center


Batang Dolphin Center

Fasilitas di Batang Dolphin Center ini terbilang lengkap. Di bagian depannya, tersedia area parkir yang sangat luas, gazebo untuk bersantai sambil menikmati pemandangan laut, area bermain, musala, toilet dan pujasera. 

Tempat bersantai, restoran dan area bermain juga tersedia di dalam lokasi. Namun, sepertinya wahana bermain yang membutuhkan operator seperti komidi putar, tidak beroperasi di hari kerja.


Mini Safari di Batang Dolphin Center


Batang Dolphin Center

Selain lumba-lumba, Batang Dolphin Center juga merupakan penangkaran bagi hewan lainnya. Terdapat kurang lebih 42 ekor hewan, baik jenis unggas, reptil, serta mamalia. Ada Llama (sejenis unta asal Amerika), Gnu (sejenis banteng), Emu (sejenis burung unta) dan satwa langka lainnya.

Batang Dolphin Center

Hewan–hewan ini kebanyakan endemik di Indonesia dan Afrika yang tahan dengan iklim panas. Berhubung lingkungan Batang Dolphin Center yang bersuhu tinggi, yaitu di atas 30 derajat Celcius. Disediakan papan keterangan di setiap kandang tentang hewan yang ada di dalamnya.

Baca juga: Maharani Zoo & Goa: Eksotika Alam di Jalur Pantura.

Sebenarnya, kita juga dapat memberi makan beberapa hewan jinak di sini dengan membayar biaya makanan untuk hewan ini sebesar 5.000 rupiah. Namun saat kami datang, aktivitas ini tidak tersedia. Entah karena hari kerja, atau tidak bertepatan dengan jam makan hewan-hewan tersebut.

Begitu juga aktivitas menunggang hewan, tidak tersedia hari itu. Kata petugas, hewan-hewannya sedang berlatih sehingga tidak dikeluarkan. Gajah dan unta dapat dinaiki orang dewasa, sedangkan kuda hanya boleh ditunggangi oleh anak–anak. Karena kuda di sini jenis poni dan kuda Madura.

Katanya, kita dapat merasakan sensasi menunggang unta dan berjalan-jalan di pinggir pantai. Jika belum berubah, tarif naik hewan di Batang Dolphin Center adalah:

  • Gajah Rp 25.000
  • Unta Rp 20.000
  • Kuda Rp 10.000


Atraksi Lumba-Lumba di Batang Dolphin Center


Batang Dolphin Center

Atraksi Lumba-Lumba memang menjadi alasan utama para pengunjung datang ke Batang Dolphin Center. Istimewanya, kita bisa menikmati atraksi lumba-lumba ini setiap hari pukul 13.00. Tidak seperti tempat lain yang biasanya hanya menyediakan pada hari libur saja.

Batang Dolphin Center

Memasuki area ini, kita akan mendapati Palka Reptil Aquarium di sebelah kanan. Ini merupakan wahana untuk mengenal aneka jenis ikan, reptil dan ular. Lebih maju, akan tampak kolam penyu sisik yang  terhampar memanjang.

Batang Dolphin Center

Selanjutnya, kita akan menemukan toko cinderamata yang berdampingan dengan restoran di bawahnya. Di sisi kanan-kirinya terdapat tangga menuju bangunan berbentuk kapal besar. Bagian bawah kapal ini merupakan akuarium lumba-lumba.

Batang Dolphin Center

Bagian atasnya? ya, tempat terbuka untuk menyaksikan atraksi lumba-lumba. Walau tidak sedang pertunjukan pun, kita tetap bisa naik ke sini untuk melihat tingkah menggemaskan para lumba-lumba yang bebas berlompatan, berjemur, makan atau sedang berlatih.

Setelah agak lama menunggu melewati jam 13.00, akhirnya atraksi lumba-lumba pun digelar selama 15-20 menit. Tidak selama atraksi lumba-lumba yang pernah kami saksikan di Taman Safari Prigen sih, ya. Sambil menonton, kita disuguhi aneka penegtahuan tentang lumba-lumba.

Usai pertunjukan, anak-anak sudah tak sabar ingin mengelus lumba-lumba. Maka, aku pun membayar agar anak-anak bisa berfoto dengan hewan lucu ini. Modusnya berfoto, padahal ingin memegang dan memberi makan. Hehehe ...

Berapa tarifnya berfoto dengan lumba-lumba? Harga awal yang disebutkan petugasnya adalah 25.000 rupiah untuk satu anak dan 50.000 rupiah untuk 2 anak, kalau berempat dengan ibunya jadi 80.000 rupiah. Berhubung yang berfoto 3 anak, jadi 65.000 rupiah.

Batang Dolphin Center

Usai berfoto, kami diberi kartu cokelat untuk mengambil hasilnya di toko cinderamata di bawah tempat atraksi lumba-lumba ini. Setelah anak-anak puas mengelus dan berinteraksi dengan lumba-lumba, kami pun turun mengambil foto. Ternyata lengkap dengan pigura cantik!

Batang Dolphin Center

Oh ya, selain berfoto, kabarnya Batang Dolphin Center juga menyediakan kesempatan untuk berenang atau terapi bagi anak keterbelakangan mental bersama para lumba-lumba. Tarifnya 250.000 rupiah per 30 menit. Sayangnya, hari itu Maryam mood-nya sedang kurang bagus.


Atraksi Burung Pemangsa di Batang Dolphin Center


Selain atraksi lumba-lumba, sebenarnya di Batang Dolphin Center ini sebelumnya ada pertunjukan ketangkasan hewan (anjing, kucing, tikus, burung, ayam dll) setiap hari pukul 11.00. Namun kami tidak sempat menyaksikan karena saat itu baru datang. Hanya mendengar suaranya dari kejauhan.

Batang Dolphin Center

Nah, setelah atraksi lumba-lumba, masih ada pertunjukan hewan lain yang bisa ditonton, yaitu atraksi hewan pemangsa pada jam 14.00. Ini juga berlangsung setiap hari. Lokasinya tidak jauh di depan lokasi atraksi lumba-lumba. Ketiga atraksi ini bisa kita saksikan gratis, ya. Tanpa tambahan biaya.

Batang Dolphin Center

Baru kali ini aku melihat atraksi burung pemangsa. Ternyata cukup seru juga. Melihat burung-burung itu beterbangan saat dipanggil dan hilir-mudik ke sana ke mari menampakkan keindahannya. Tentu saja, pengetahuan kita tentang burung pun bertambah. Lengkapnya, bisa disaksikan dalam video ini:



Batang Dolphin Center di Masa Depan


Sebenarnya, Taman Safari Indonesia sudah menyiapkan total lahan seluas 50 hektar untuk dikembangkan menjadi cottage, tour safari hewan, dan waterpark. Selain itu, juga akan ada beberapa wahana seperti yang ada di Dunia Fantasi. Kapan ya, bisa terwujud?

Sedangkan untuk rencana yang lebih dekat, pengelola Batang Dolphin Center ini akan membangun tempat baru berupa kampung tematik, yaitu Kampung Asia dan Afrika. Sebagai upaya pengklasteran asal hewan di Batang Dolphin Center yang nantinya dikumpulkan pada satu komplek benua.

Tentu saja, komplek tersebut juga akan dimodifikasi dengan menambahkan spot-spot yang menarik untuk swafoto. Makin sedap saja berwisata sekaligus mereguk edukasi di sini. Padahal, sekadar berdiam diri menikmati suasana alam bebas dan debur ombak di kejauhan saja sudah nikmat, lho.

Sekarang atau nanti, jangan lupa sempatkan ke Batang Dolphin Center, ya!

21 komentar

  1. Saya di yg dibogor pernah kesana, yang di pandan malah g pernah n__n padahal di lewati tiap minggu

    BalasHapus
  2. wah nanti kalo pulang kampung berkunjung

    BalasHapus
  3. Mayan deket dari SMG ya
    Kiddos pasti hepi kalo lihat kumpulan satwa kayak gini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  4. Wah...aku yg lebih dekat dr Batang malah blom sempat ke sini mba..hehe.. Jadi pengen ajak krucil ke sini juga ah kapan2..

    BalasHapus
  5. Waahhh makin banyak ya tempat-tempat kayak gini, saya dulunya pernah liat atraksi dolphin di Taman Safari yang di Pandaan.
    Sudah 2 kali ke sana, tapi nggak bosan-bosan liatnya :)

    Kalau ke Jateng kudu mampir nih :)

    BalasHapus
  6. Tambah lagi ya destinasi satwa di Jawa Tengah. Eh tapi dolphin itu termasuk yang dilarang dijadikan pertunjukan bukan ya

    BalasHapus
  7. Whoaaa baru tahu Batang Dolphin Centre ini bagian dari taman safari. Nggak jauh pula dari lokasiku sini ��
    Biayanya masih terjangkau yaa daripada taman safari benerannya yg isinya super lengkap.

    Harus jadwalin nih

    BalasHapus
  8. Aku udah tahu tempat itu lama sekali, tapi belum pernah kesana. Dulu sih tahunya dari ponakan yang pamer foto sedang nonton pertunjukan lumba-lumba di Dolphin Center

    BalasHapus
  9. Aku baru tau ada dolphin center di Batang mba. Dan bekerja sama dengan BKSDA serta Taman Safari Indonesia ya. Semoga hewan- hewan ini terlindungi dengan baik dan tidak dieksploitasi

    BalasHapus
  10. Kalau memang ada tujuan konservasi dari dolphin center ini aku salut banget, gak nyangka di Batang ada dolphin center juga

    BalasHapus
  11. Wow ternyata Taman Safari ada 4 ya, salah satunya Barang Dolphin Centre ini. Seru pasti lihat aktraksi lumba-lumba dan tentunya lebih keperihewanan ya karena durasinya cuma sebentar

    BalasHapus
  12. Daerah rumahnya kak Farida suka banyak hal yang unik yaa..
    Bagus banget untuk berkegiatan bersama anak-anak.

    BalasHapus
  13. Oh aku baru tahu kalau Jakarta Aquariym juga termasuk bagian dari Taman Safari.
    Di Batang Dolphin Center jadi penangkaran lumba-lumba, asyuk ya bisa melihat hewan yang dilindungi di sini, jadi nantinya juga bisa dilepas ke laut lagi. Semoga para nelayan juga makin mengerti dnegan keberadaan lumba-lumba

    BalasHapus
  14. Baru tahu ttg Dolphin Center ini mbak, tenryata gak cuma liat lumba2 tapi bisa liat bbrp hewan lainnya. Seneng kalau ada konservasinya gtu jd gk sekadar pertunjukan lumba2.

    BalasHapus
  15. Wah, seru banget kayaknya kalo bawa anak-anakku ke sana. Anak-anakku suka banget binatang. Zoo di sini masih belom lengkap binatangnya. :(

    BalasHapus
  16. Anak-anak ku pernah main ke sini. Tai adek-adek nya belum main ke sini. Rencananya kami mau berkunjung lagi ke sini tahun ini mbak

    BalasHapus
  17. harga tiket gak dibedakan ya mba untuk warga pribumi dan orang asing?
    btw baru banget tau ada dolphin center dari sini

    BalasHapus
  18. Bakalan Salfa senang diajak mengenal binatang
    Soalnya hal yang berhubungan sama binatang menantangnya berpikir lebih kreatif

    BalasHapus
  19. Jadinya kayak tempat suaka ut lumba-lumba yah, akan dilepas jika jumlahnya berlebih.

    Dulu waktu di manado kalo mau nyebarang ke Bunaken sering tuh lumba-lumba ngiringi kapal-kapal turis. Saya pny videonya sayang buram

    BalasHapus
  20. Wah ternyata Taman Safari ada lebih dari satu toh, baru tau saya. Tapi meski gak sebesar Taman Safari lainnya, tapi BDC ini cukup menghiburlah, hewannya juga lumayan banyak. Semoga aja kedepannya bisa segera terwujud untuk memperluas lahannya, biar lebih bervariasi seperti Taman Safari lainnya. Nice share

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^