header permata pengalamanku

[Resensi] Pro Blogger: Rahasia Menjadi Blogger Profesional

7 komentar

Judul: Pro Blogger: Rahasia Menjadi Blogger Profesional
Penulis: Medhy Aginta
No. ISBN: 9789792925333
Penerbit: Andi Publisher 
Tanggal terbit: April 2012
Jumlah Halaman: 200
Berat: 271 gram

Pastinya para pembaca sudah banyak yang tahu ya, manfaat ngeblog bagi penulisnya maupun pemirsa. Beberapa di antaranya yang bisa saya sebutkan dari manfaat ngeblog adalah bisa digunakan untuk:

  • Berbagi pengetahuan
  • Mengasah kemampuan menulis
  • Menghasilkan uang
  • Membangun jaringan
  • Menjual produk
  • Pekerjaan yang lebih baik
  • Membangun kepercayaan
  • Media curhat
  • Mengikuti kontes
  • Meningkatkan kreativitas
  • Membantu banyak orang
  • Belajar manajemen waktu 
  • Belajar bersabar 
  • Belajar melatih kedisiplinan
  • Menciptakan pengaruh di masyarakat, dll

Menulis memang tidak hanya melatih hard skill, namun juga soft skill seperti masalah manajemen waktu dan kedisiplinan. Silakan klik tautan yang sudah aku sertakan barusan untuk mendapatkan tips ngeblog agar tetap teratur dan terlaksana dengan baik, ya.

Nah, kalau buku ini, ditulis oleh pemilik blog https://blogguebo.com/. Tips ngeblog yang termuat di dalamnya sangat membantu bagi kita-kita yang ingin merasakan salah satu manfaat ngeblog, yaitu mendapatkan penghasilan.

Buku ini berisi artikel-artikel pilihan yang pernah ditayangkan di blog pribadi penulis. Walau disusun delapan tahun yang lalu, namun sebagian besar tips ngeblog di buku ini masih sangat relevan untuk diterapkan, kok.

Bagi para bloger pemula, buku Pro Blogger ini akan membantu tentang peran dan manfaat ngeblog. Di sini juga dimuat kamus istilah yang akrab dipakai di dunia bloger, serta etika sebagai seorang bloger.

Ada tips ngeblog agar menarik pembaca, lebih banyak yang berkomentar, menyusun judul, SEO, mempromosikan blog, membuat kontes, dan lain-lain. Pokoknya penuh dengan tips ngeblog agar sukses, deh. Bukan hanya dalam bentuk tulisan, bahkan bisa dalam bentuk audio juga, lho.

Bagaimana caranya? Nah, buku Pro Blogger ini banyak merekomendasikan situs dan aplikasi yang bagus untuk mendukung blog kita agar lebih berdaya dan terus bertambah manfaat ngeblog yang diberikannya.

Lucunya lagi, ternyata buku Pro Blogger ini juga memuat beberapa lelucon seputar dunia blog. Memang, ada beberapa bagian yang mungkin sudah lewat masanya sehingga tidak bisa lagi diterapkan. Teknologi memang berkembang sedemikian pesat, ya.

Satu hal yang mengganggu selama membaca buku ini bagiku hanyalah topiknya yang acak, tidak diklasifikasikan berdasarkan kategori tertentu. Ya, maklum saja. Namanya juga kumpulan dari banyak artikel yang ditulis secara terpisah, ya.

Tapi, menurutku hal itu masih bisa disiasati agar terasa lebih rapi dibaca, sih. Sehingga, pembaca bisa lebih mudah mencari dan mempelajari setiap topik yang dibahas hingga tuntas, tidak melompat-lompat.

Itulah kesanku tentang buku Pro Blogger ini. Kalau kamu ingin sumber bacaan yang lain untuk meningkatkan kemampuan menulismu setingkat lebih tinggi, silakan baca artikel 5 Bab Pilihan untuk Bloger yang Ingin Menjadi Penulis. Buku tersebut akan membantu untuk memulai menerbitkan sebuah buku.

Artikel di atas kutulis sambil menerapkan salah satu tips ngeblog di dalam buku Pro Blogger ini, lho. Yaitu tips dalam bab yang berjudul 5 Tips Cerdas Menulis dengan Bernas. Di sini, kita ditantang untuk menulis dengan maksimal 6 kata saja di dalam setiap kalimat! Dan, artikel di atas itulah hasil latihanku. Hehehe.

Bagaimana? Apakah kamu memiliki tips ngeblog tersendiri? Tips apa yang menurutmu sangat berguna bagimu pribadi sebagai bloger dan tetap kamu terapkan hingga sekarang? Bagi tips ngeblog a la kamu di komentar, ya!

Related Posts

7 komentar

  1. Trims infonya mba. Barusan ke TKP blog sipembuat buku, emg bagus cara penulisannya yah.

    BalasHapus
  2. Sangat bermanfaat ni untuk seorang blogger.

    BalasHapus
  3. wuih ada bukunya yang begitu ya?

    BalasHapus
  4. Belum baca bukunya nih. Kapan-kapan pengen baca ah. Btw, ngeblog itu memang banyak banget ya manfaatnya.

    BalasHapus
  5. Itu harga bukunya berapa ya?. Bisa di beli di google play blok ngak.

    BalasHapus
  6. sekitar 50rb. bisa dicari di toko2 online

    BalasHapus
  7. Buku bagus, nih. Isinya menginspirasi untuk kembali semangat menulis. Di Ipusnas juga ada, lumayan bisa baca gratis di sana. Hehe...

    BalasHapus

Posting Komentar