Hemat Saat Lebaran di Tengah Pandemi

Hemat Saat Lebaran

Penghematan adalah salah satu dari Lima Kebaikan Tidak Mudik Tahun Ini Bagiku. Dengan Lebaran di Rumah, ada banyak pos pengeluaran yang dapat dipangkas, lho. Kamu menyadarinya juga? Pos-pos pengeluaran itu antara lain:


Buka Bersama


Mungkin, di antara kita ada yang gemar melakukan buka bersama selama Ramadan. Namun, untuk tahun ini, agenda ini tentu tidak dapat dilangsungkan. Pengeluaran untuk pos ini mungkin terasa sepele, namun sebenarnya nominalnya bisa lumayan juga kalau disimpan. 

Terkadang, kita melakukan buka bersama dengan orang-orang yang berbeda di sepanjang Ramadan. Walau tampaknya biaya tiap buka puasa masih dianggap normal, tapi frekuensinya jadi lebih sering selama Ramadan.

Baju Baru


Dari dulu, membeli baju baru bukan kebiasaan di keluarga kami. Walau begitu, jika memang dibutuhkan, kami tetap membeli baju agar memiliki pakaian yang layak pakai di hari istimewa. Pada masa pandemi begini, tak ada salahnya ‘menentang’ tradisi sekali-kali. Lagi pula, sah-sah saja membeli baju di lain hari.

Sajian Lebaran


Pertemuan dengan sanak saudara yang tidak dilakukan secara tatap muka membuat kita tak perlu menyediakan makanan berlebihan untuk menjamu tamu, baik itu berupa menu utama maupun kue kering. Cukup menyediakan untuk kebutuhan sekeluarga, dan mungkin melebihkan sedikit jika ada yang berkunjung sewaktu-waktu.

Mudik


Pos pengeluaran mudik jelas bisa disimpan karena pemerintah menerbitkan larangan mudik pada lebaran tahun ini, sehingga anggarannya bisa tidak digunakan. Apa lagi, pengeluaran mudik biasanya cukup besar karena tidak hanya untuk transportasi menuju kampung halaman, tapi juga untuk akomodasi hingga wisata.

Uang Amplop


THR kepada saudara mungkin ada yang bisa dikurangi. Walau bisa saja ditransfer, tapi jumlahnya jadi lebih terkendali. Kadang-kadang, kalau bertemu langsung kan, ada kecenderungan untuk memberi lebih.

Halalbihalal


Biaya ini juga bisa ditiadakan, karena kita tidak diperkenankan menyelenggarakan acara yang melibatkan kerumunan seperti ini. Jadi, dananya bisa dialokasikan ke yang lain, ya. Bisa untuk menambah dana darurat, anggaran kebutuhan sehari-hari, seperti untuk membeli makanan bergizi, buah-buahan, hingga multivitamin, atau justru untuk memperbesar jumlah sedekah kita.

Belanja


Walaupun kita disarankan untuk tetap di rumah, bukan berarti kegiatan berbelanja jadi terhenti. Saat ini, kita dimudahkan sekali dengan perkembangan teknologi internet yang memungkinkan kita berbelanja dari rumah.

Bersiaplah menghadapi godaan diskon dan tawaran spesial promo menyambut Lebaran. Yang sangat perlu diingat, jangan mudah tergoda diskon, ya. Jangan mentang-mentang lagi di rumah saja dan punya banyak waktu kosong, kita jadi lebih boros berbelanja daring.

Berbagai tips untuk tetap hemat berbelanja menjelang lebaran sudah pernah aku tuangkan dalam artikel Jika Ini Ramadan Terakhirku. Silakan disimak, ya. Semoga bermanfaat. Selamat mengejar Lailatul Qadar dan menyambut Idulfitri!

Posting Komentar