Detoks dengan Perawatan Rambut Alami

Perawatan Rambut Alami

Selain tubuh, rambut juga perlu didetoks, lho. Bagaimanapun, rambut kan juga sering terpapar sinar matahari, debu, keringat, alat-alat penata rambut, dan aneka produk berbahan kimia buatan. Jadi, kita perlu mendetoksnya dengan perawatan rambut alami.


1. Minum Air Minimal Dua Liter Per Hari


Meski terdengar klise, tetapi minum air putih yang cukup memang bisa membuang racun lewat urine, termasuk racun di rambut. Jadi, jangan pernah abaikan asupan cairan ini dan penuhi setiap hari dalam jumlah yang cukup, ya!

2. Makan Buah dan Sayur


Buah dan sayuran segar merupakan sumber serat terbaik yang mampu menyerap toksin, menyehatkan kulit kepala, dan mengembalikan kesehatan rambut kering. Pilih yang tinggi antioksidan, vitamin E, dan C yang baik untuk pertumbuhan dan kesuburan rambut.

Baca juga: Bikin Smoothie Bowl untuk Hidup Lebih Sehat.

3. Olahraga Rutin


Aktivitas fisik akan membantu mengeluarkan racun melalui keringat. Olahraga ringan pun asal dilakukan secara teratur hingga berkeringat bisa menjadi pilihan sebagai bagian dari gaya hidup sehari-hari.

4. Hindari Alat dan Produk Rambut yang Berlebihan


Kalau sampo, kondisioner, dan vitamin rambut tetap bisa dipakai secara rutin. Selebihnya, beberapa bulan sekali, jangan dulu memakai pewarna rambut, hair spray, dan teman-temannya, serta alat penata rambut seperti catok, hair dryer, pengeriting dan lain-lain.

Baca juga: Mempercantik Diri di Sanasya Salon & Spa Muslimah.

5. Pijat Kulit Kepala


Gunakan sepuluh jari dan pijat kulit kepala secara perlahan dengan gerakan memutar. Sebagai alternatif, bisa juga menggunakan sisir kayu bergigi besar untuk memijat kulit kepala dengan gerakan zig-zag kecil dari atas ke bawah.

Gerakan ini berguna untuk menstimulasi dan memperkuat folikel rambut sehingga tumbuh lebih sehat. Selain itu, kulit kepala pun jadi terasa lebih rileks dan sirkulasi udara di kulit kepala menjadi lancar.

6. Potong Rambut


Cara ini terutama jika bagian ujung rambut telah rusak. Idealnya, lakukan enam minggu sekali untuk menjaga kondisi rambut tetap sehat secara keseluruhan.

Perawatan Rambut Alami

7. Scrub Garam Laut


Garam laut dapat mendetoks residu produk yang menempel pada kulit kepala. Tekstur garam yang kasar bisa membersihkan kotoran, sebum, debu, dan sel kulit mati yang selama ini sulit dibersihkan dengan sampo.

Campurkan garam laut, sampo, dan minyak zaitun masing-masing satu sendok makan. Aplikasikan perlahan pada rambut basah, lalu bilas rambut dengan air dingin. Lakukan dua kali seminggu agar rambut lebih sehat, bersih, lembut, bervolume, dan berkilau.

8. Masker Minyak Alami


Minyak andalan untuk masker rambut adalah minyak kelapa dan minyak zaitun. Untuk minyak zaitun, panaskan terlebih dahulu selama kira-kira 10-15 detik. Selanjutnya, usapkan salah satu bahan tersebut secara merata pada rambut kering. Diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas hingga bersih dan keramas seperti biasa. Penggunaan masker ini bisa dilakukan seminggu sekali.

9. Soda Kue


Kandungan sodium bikarbonat dalam soda kue dipercaya bisa meluruhkan dan menyapu bersih sisa-sisa produk rambut dan bahan kimia yang tertinggal di rambut. Satu atau dua minggu sekali, tambahkan sedikit soda kue ke dalam sampo dan keramas seperti biasa.

10. Telur


Campurkan satu butir telur ke dalam shampo. Oleskan dan pijat campuran tersebut ke rambut. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Lakukan hal ini dua minggu sekali agar rambut kembali berkilau, tebal, dan kuat.

11. Timun dan Lemon 


Campurkan 2 sendok makan timun parut dengan 3 sendok makan air perasan lemon, kemudian aplikasikan ke area kulit kepala dan akar-akar rambut secara merata. Diamkan selama 60 menit, kemudian bilas dengan sampo dan kondisioner yang biasa digunakan sehari-hari.

12. Cuka Apel dan Madu 


Campurkan 1 sendok teh cuka apel dengan 2 sendok makan madu, balurkan langsung ke area kulit kepala dan akar rambut. Keringkan selama satu jam sebelum rambut dikeramasi dengan sampo regular yang biasa digunakan.

Nah, cara mana yang sudah pernah kamu coba?

12 komentar

  1. wah baru tau yang scrub garam laut, menarik untuk dicoba nih buat coba hilangin residu produk rambut

    BalasHapus
  2. Mulai dari timun, telur, madu, dan soda kue ternyata bisa digunakan sebagai masker rambut ya, kirain cuma buat masker wajah aja. Tapi ngebayangin telur di taruh di rambut rasanya agak risih sama baunya.
    Yang terpenting sih, emang prilaku hidup sehat ya. Kalau makanan kita sehat makan nggak cuma rambut yang jadi sehat tapi kulit, dan organ tubuh lainnya juga jadi sehat😁

    BalasHapus
  3. Kalau masalah rambutku itu rontok banget mbak. Tapi coba ah beberapa tips di atas memang belum dicoba

    BalasHapus
  4. No 7, 9-12 aku blom pernah coba nih. Wah, ternyata banyak juga ya cara alami.merawat mahkota kita. Terima kasih infonya mba..

    BalasHapus
  5. Belum pernah coba semuanya karena aku pemalas jadi lebih milih pake produk yang udah jadi aja daripada ngeracik2 haha. Kamu udah pernah coba shampoo Herbal Essences? Aku lagi pake dan sejak pake itu rambutku jadi cakep banget, super duper halus, ga kering, terus ga cepet lepek juga.

    BalasHapus
  6. Wah kebetulan aku cari bahan alami untuk rambut kering Nailah, Mbak Ida. Mau coba yang minyak zaitun ada bahannya di rumah..makasih ya..

    BalasHapus
  7. Aku ga bisa ngebayangin keramas pake telor mbak. Kek gimana tu baunya. Harus bersiih banget ya bilasnya heheh

    BalasHapus
  8. Aku belum pernah menggunakan campuran cuka apel dan madu, enak nggak mbak di kulit kepala?
    Aku lebih suka pakai vitamin rambut kalo abis kramas karena suka aromanya. Jadi nyium-nyium rambut sendiri, wkwkwk

    BalasHapus
  9. Pengin nyobain yang mentimun dan lemon mba. Siapa tau ya efektif untuk mengatasi kulit kepala yang mengelupas alias ketombean. Aman kan ya soalnya kan dari bahan alami ini.

    BalasHapus
  10. Wah ...alami semua ini. Bahannya mudah didapat dan harganya juga bersahabat. Kapan - kapan nyobain ah

    BalasHapus
  11. Ternyata olahraga juga berpengaruh pada kesehatan rambut ya? Memang perawatan alami lebih bagus dan biayanya terjangkau , lebih Aman Dan Sehat lagi ya mbak.

    BalasHapus
  12. potong rambut 6 minggu sekali ya...jadi dua bulan sekali...hmm...baiklah...saya biasanya setahun atau dua tahun sekali :D baiklah besok potong tipis2 aja bagian bawah, ujung rambut memang sudah ada kelihatan yg bercabang. Terimakasih tipsnya mb farida

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^