Melawan Lupa Pernah ke Little Ranch Umbul Sidomukti Semarang

little ranch

Sebenarnya ini postingan yang sangat terlambat. Kami ke Little Ranch Umbul Sidomukti Semarang saat keluarga adikku berkunjung ke kota ini, seperti yang kuceritakan dalam artikel tentang Kota Lama Semarang. Kala itu masih belum ada pandemi dan pemberlakuan new normal. Kameranya pun masih pakai punya Vivo Y53.

Jadi, ceritanya kami memilih ke Umbul Sidomukti Semarang karena adikku ingin mencari tempat berudara segar. Berhubung kami tidak membawa baju ganti dan kebanyakan anggota rombongan adalah anak-anak, makanya kami memilih bagian Little Ranch untuk menghabiskan waktu.

Mengenal Umbul Sidomukti Semarang


Area wisata yang terletak di Desa Sidomukti, Jimbaran, Bandungan, Semarang ini sendiri luas dan terdapat banyak wahana di dalamnya. Bisa ditebak bahwa yang paling menarik di sini adalah bagian umbul alias kolam renangnya.

Umbul Sidomukti Semarang

Selain itu, di area ini juga sudah dibangun penginapan Pondok Wisata dan juga Pondok Panorama Umbul Sidomukti, Restoran Pondok Lesehan, Cafe Pondok Kopi, area berkemah dan fasilitas outbond seperti ATV, bersepeda, berkuda, dan jalur trekking.

Tiket Umbul Sidomukti Bagian Little Ranch


tiket umbul sidomukti

Sebelumnya, kami harus memasuki gerbang tiket Umbul Sidomukti dulu dengan biaya 5.000 rupiah per orang. Mengikuti papan penunjuk arah, kami pun menuju area taman kelinci. Di sini, kami harus membayar lagi sejumlah 15.000 rupiah untuk tiap pengunjung yang tingginya di atas 50 cm. Masing-masing akan diberi sekeranjang kecil berisi potongan wortel untuk makanan kelinci.

Ada Apa Saja di Little Ranch Umbul Sidomukti Semarang?


taman kelinci

Tentu saja daya tarik utama taman kelinci ini adalah Pondok kelinci yang berupa area terbuka luas dan berisi banyak kelinci aneka warna berlarian ke sana ke mari. Ada juga yang bersembunyi di terowongan maupun mendekam manis di dalam kandang.

burung merak

Selain itu, Little Ranch juga menyediakan fasilitas memanah untuk yang berusia 15 tahun ke atas. Di dekatnya terdapat kandang merak yang asyik berlenggak-lenggok dengan ekor indahnya. Ada juga kandang domba, rusa, dan kambing sehingga kita bisa melihat tingkah lucu mereka berlarian dan makan rumput.

spot foto semarang

Di sini juga bisa menjadi salah satu spot foto Semarang yang andal. Bagaimana tidak? Little Ranch di Umbul Sidomukti Semarang ini dikelilingi oleh taman bunga yang sangat luas. Beraneka jenis dalam warna-warni yang ditanam di lahan berkontur. Ayunan dan berbagai properti melengkapi spot foto Semarang satu ini.  

gardu pandang

Untuk menikmati pemandangan gunung di sekitarnya, kita bisa melakukannya sambil mencicipi aneka camilan di teras terbuka yang disediakan sehingga terasa seperti sedang makan di atas awan. Selain itu, ada juga gardu pandang untuk mendapatkan sudut pandang yang berbeda dan tentu saja menakjubkan.

mewarnai

Di dekat area makan, anak-anak juga bisa mewarnai gambar yang bisa dipilih sesuka hati. Harganya kalau tidak salah 15.000 rupiah per gambar. Anak-anak asyik sekali menorehkan warna di atasnya hingga tanpa terasa Little Ranch ini harus tutup di jam 5 sore.

Penjaganya sampai menyerahkan kunci ke aku agar mereka tetap bisa melanjutkan mewarnai hingga selesai karena area lain di Umbul Sidomukti ini masih buka sampai malam, kok. Begitu kelar, aku tinggal menitipkan kunci ke petugas loket.

Sangat menyenangkan berekreasi di sini. Lain waktu, ingin rasanya kembali ke Umbul Sidomukti dan menjelajah area lain yang pasti tidak kalah menariknya. Bagaimana denganmu? Pernahkah kamu ke sini?

9 komentar

  1. Senangnya jika anak juga jadi menikmati ya mba. Bisa juga puas melukis dengan harga Rp 15 ribu tuh juga oke. Tempatnya natural banget. Bener bener kembali ke alam ya mba jika berkunjung ke sini

    BalasHapus
  2. Pas berkunjung ke Semarang sempat rencanain ke sini sama teman eh cancel gara2 ada dadakan harus balik Jakarta lagi, semoga kalau pas ke sana lagi bisa berkunjung

    BalasHapus
  3. Tempatnya bersih dan sejuk ya Mba. Aku suka ke tempat² seperti ini, ada historicalnya. Pengen ke Semarang jadinya

    BalasHapus
  4. Semarang Kota sejuta cerita, banyak tempat menarik disana ya Mba. Langsung ngebayangin bisa menjejak juga disana, semoga Pandemi segera berlalu, Amiiiin

    BalasHapus
  5. Udah pernah mba ke sini pas anak wedok pulang, tapi karena kesorean ya jadi enggak bisa lama-lama di sana. Tapi dia udah seneng kok, yang penting bisa foto-fotoan kalau bocah gede. :)

    BalasHapus
  6. suka banget nih aku sama tempat tempat kayak ginii, cocok banget buat liburan sama keluarga hihi

    BalasHapus
  7. Umbul Sidomukti bagus sekali.
    Anak-anak betah banget pasti yaa...bermain berlarian dan menggambar seharian bersama hewan-hewan lucu...

    BalasHapus
  8. Sepertinya ini memang wisata untuk keluarga ya mbak, jadi bawa anak2 pun pasti happy krn banyak aktivitas yang bisa mereka lakukan, selain melihat2 pemandangan aja :D
    Noted kalau ke Semarang moga bisa mampir, tapi kapan yooooo :D

    BalasHapus
  9. Bebrapa kali lewat doang aku kalo ke sini belum sempet masuk mba, pengen juga bisa berenang di dalam ada kolamnya dengan view bagus ya

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^