Tips Sehat dan Produktif Selama Pandemi

tips produktif selama pandemi

"Kok bisa sih, tetap sehat dan produktif di masa pandemi begini?"
"Eh, anu ... Aku juga bingung kok bisa."
"Sampai begadang gitu, ya?"
"Enggak juga. Kalau waktunya tidur, ya aku tidur aja."
"Kapan nulisnya, dong?"
"Ya, pas jam bangun. Di sela-sela kesibukan."
"Iya, sih. Katanya perempuan itu multitasking. Tapi, masa bisa mengetik sambil mengurus rumah dan anak? Enggak lupa habis anak teriak minta ini-itu?" 

Terus terang, aku lebih banyak speechless-nya kalau ditanya seperti itu. Tips sehat di masa pandemi yang kulakoni ya cuma berusaha menerapkan kembali pola hidup sehat. Jaga makanan, penuhi kebutuhan gizi, cukup gerak, istirahat, dan selalu berpikir positif. Itu aja. Syukurlah, itu berhasil buatku, dan mestinya buat semua orang, kan?

Setelah mengikuti webinar "Kesehatan dan Produktivitas Dimulai dari Tidur Berkualitas" pada 18 Juni 2021 lalu, aku menyadari bahwa ternyata justru di masa pandemi begini ada 22% orang yang kualitas tidurnya memburuk karena stres, takut, dan cemas. Apakah kamu sedang mengalami masalah tidur? Mungkin salah satu atau beberapa hal inilah penyebabnya:

tips sehat di masa pandemi

Kuantitas dan Kualitas Tidur


Dalam webinar yang dimoderasi oleh Mbak Sara Neyrhiza dari Ibu-Ibu Doyan Nulis ini, Dr. (Cond.) dr. Inggrid Tania, M.Si (Herbal) selaku Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia menjelaskan tentang kuantitas dan kualitas tidur yang ideal.

Terkait kuantitas tidur, kebanyakan orang dewasa membutuhkan 7–9 jam tidur di malam hari, walaupun ada pula yang membutuhkan lebih sedikit/banyak. Sedangkan tidur disebut berkualitas jika kita dapat tertidur dalam waktu 30 menit atau kurang, tidur malam tanpa terbangun di tengah malam atau hanya sekali, dan kembali dapat tidur dalam waktu 20 menit setelah terbangun.                                                  

Kurangnya kuantitas dan kualitas tidur akan: 
  • menurunkan imunitas
  • menurunkan fungsi kognitif dan working memory span sebesar 38%
  • membuat rentan mengalami moodiness dan depresi
  • membuat semakin besar kemungkinan mengalami kecelakaan
  • membuat rentan mengalami penuaan dini
  • meningkatkan selera makan makanan yang tidak sehat.

Kalau menilik tebakan orang-orang, sepertinya  kebanyakan berpikir bahwa butuh begadang untuk bisa menghasilkan lebih banyak, ya? Memang, menurut US National Sleep Foundation, kualitas tidur lebih dominan dalam mempengaruhi kesehatan secara keseluruhan daripada kuantitas tidur. Namun, begadang aja enggak otomatis bikin lebih produktif jika tidur kita tidak berkualitas.

Maka, untuk meningkatkan kualitas tidur, kita bisa melakukan hal-hal berikut ini:
  • mengonsumsi makanan kaya magnesium dan seng
  • membaca buku
  • kurangi kafein
  • mandi air hangat
  • matikan TV/komputer
  • olahraga
  • redupkan lampu kamar
  • meditasi

Jadi, tidur berkualitas adalah salah satu tips produktif selama pandemi. Selain membuat tetap sehat di masa pandemi, kinerja otak juga terjaga dan kondisi emosional kita lebih stabil. Dengan demikian, kita bisa merasakan manfaat konsentrasi dalam menulis dan melatihnya sehingga tetap produktif. Mau coba?

Antangin Good Night untuk Tetap Sehat dan Produktif


antangin good night

Apt. Drs. Victor S. Ringoringo, S.E., M.Sc sebagai Chief Business Development and R&D PT. Deltomed Laboratories dalam webinar yang sama memperkenalkan produk Antangin Good Night yang sudah mengantongi izin BPOM dan ISO 9001 : 2015 ini.

Produk ini mengandung bahan alami utama sehingga aman dikonsumsi mulai usia 12 tahun dan tidak menyebabkan ketergantungan. Terbuat dari Passion Flower dan Valerian yang membantu meringankan gangguan sulit tidur, serta jahe untuk meredakan gejala masuk angin dan menghangatkan badan.

Dua tablet Antangin Good Night sebelum tidur, dapat menjadi  tips sehat di masa pandemi. Harganya cuma 5000/strip, lo. Sangat murah untuk ditambahkan dalam anggaran kesehatan keluarga. Produk ini dapat diperoleh di apotek, toko obat luring, maupun toko daring resmi Deltomed Store di Tokopedia, Blibli, Lazada, Shopee, dan JD.ID.

Bagaimana? siap menjalankan tips produktif selama pandemi.ini?

17 komentar

  1. tidur Bekualitas itu emang penting ya mbak
    dgn memiliki kualitas tidur yang baik, kita akan jadi sehat dan bisa selalu produktif

    BalasHapus
  2. Makasih banyak mba Farida, jadi banyak rekomendasi ini buatku yang melek malam terus
    dari jam 3 pakmerku kesakitan kakinya, jadi nemenin.

    BalasHapus
  3. Iya, kualitas tidur ini cocok buat kita agar lebih produktif, ya

    BalasHapus
  4. Cocok banget emang ini buat aku jg mbaa hihi. Selama ini juga kurang bangett tidurku. Pantesan kok moody banget gitu

    BalasHapus
  5. Wah aku mau coba ini karena aku merasa tidur malamku kurang berkualitas. Terima kasih rekomendasinya ya mbak :)

    BalasHapus
  6. Aku kira Antangin good nigjt ini bentuknya cair kayak temannya itu mbak. Ternyata tablet ya

    Dan warnanya juga mencerminkan kandungan jahe nya

    BalasHapus
  7. kualitas tidur emang menentukan mood kita seharian kak, makanya kalo kurang tidur malam aq biasanya curi2 waktu tidur pas siang hari. tapi liat ulasan ini aq jadi pengen cobain Antangin Good nihght

    BalasHapus
  8. selama pandemi, saya juga berusaha untuk banyakin makan, istirahat, banyak minum air putih, kurangi mobilitas dan tetap positif thinking. Memang penyakit itu datang saat sistem imun lagi kurang bagus.

    Saya juga berusaha menjaga kualitas dan kuantitas tidur, karena ini menurut saya penting banget loh Mba.

    Saya juga pernah, (pernah loh ya bukan sering, soalnya kalo keseringan juga nggak baik buat tubuh) minum antangin saat masuk angin aja sih.

    BalasHapus
  9. So far saya bisa tidur nyenyak walau jam tidur saya pendek. Tetapi memang sebaiknya tidur cukup harus dijaga. Untuk menjaga kesehatan juga menjaga mood

    BalasHapus
  10. Setuju sekali untuk tetap produktif harus diimbangi dengan tidur yang cukup, apalagi untuk para ibu2 ya dimana esok paginya harus bangun pagi dan melakukan banyak aktivitas. Oh ya tidur yang cukup juga membuat mood lebih baik loh.

    BalasHapus
  11. persoalan tidur juga jadi masalah buat aku yang tergolong insom nih, aku sampe mencoba ubah habit jam tidur dan minum teh2 herbal buat atur pola tidur yang lebih baik mba, menarik nih nemu rekomendasi antangin goodnight

    BalasHapus
  12. Huhuhuhu bener nih kak.. kalo kurang tidur kita jadi kurang produktif. Otak kita gak bisa maksimal trus ide di kepala juga gak bisa lancar buat kerjaan. Apalagi kita kan blogger dan konten creator.

    Butuh banget tidur berkualitas, kayaknya aku segera cari Antangin good night nih..

    BalasHapus
  13. Dengan memiliki gaya hiduo sehat seperti tidur berkualitas juga bisa meningkatkan imun tubuh

    BalasHapus
  14. Matikan tv sih udh tapi matikan layar hp ini yang agak susah hiks. Akibatnya susah tidur. Besoknya ngantuk, jadi moody deh

    BalasHapus
  15. iya nih mbaa.. sekarang kudu kencengin sabuk pengaman yaa.. kudu lebih extra lagi jaga kesehatan. ya mulai dari tidur, gaya hidup, dan asupan sehari2

    BalasHapus
  16. Aku pengen cobain Antangin good night ini deh buat suamiku yang kalo malam seringkali susah tidur. Bisa kan yaa? Biar tidurnya bisa lebih awal dan lebih berkualitas. Sebab tidur yang berkualitas membantu memperbaiki mood dan produktivitas juga kan

    BalasHapus
  17. Tidur yang cukup ini memang koentji untuk tubuh yang sehat dan imun yang kuat ya mba. Merasa tertampar banget aku yang jam tidurnya berantakan ini. Harus berubah demi masa depan yang lebih sehat.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^