header permata pengalamanku

Metode Lean Startup adalah Napas dalam Petualangan "Suami Akhir Pekan"

19 komentar
Suami Akhir Pekan

Sudah tahu belum, kalau skenario filmku yang berjudul "Suami Akhir Pekan" berhasil menjadi salah satu pilihan favorit dalam kompetisi Star Script Hunt 2021? Salah satu kekuatan dari skenario ini yaitu mengangkat tema bisnis di mana metode lean startup adalah jawabannya.

Saat ini, skenarioku bersama para pemenang lain sedang menjalani tahap mentoring untuk perbaikan di sana-sini. Mohon doanya ya, agar semuanya berjalan lancar dan skenario "Suami Akhir Pekan" ini benar-benar bisa diproduksi menjadi sebuah film yang ditonton dan menginspirasi banyak orang. Amin.

Omong-omong soal tema bisnis, Pak Ifan Ismail, mentorku, langsung setuju bahwa film-film Indonesia selama ini memang jarang sekali menjabarkan secara rinci tentang pekerjaan sang tokoh utama. Jadi, kehadiran skenario "Suami Akhir Pekan" ini merupakan sebuah angin segar di dunia perfilman Indonesia.

Eh, pada kenal sama Pak Ifan Ismail enggak, ya? Beliau adalah salah satu penulis skenario ternama di Indonesia. Karya-karyanya antara lain bisa dinikmati dalam film "Jomblo", "Ayat-Ayat Cinta 2", "Habibie dan Ainun", "Habibie dan Ainun 3", "The Gift", dan masih banyak lagi. 

Yang paling berhubungan dengan jalan cerita "Suami Akhir Pekan" sih, sepertinya film "Habibie dan Ainun" serta "The Gift". Sebab skenario ini menggambarkan romantisme pasangan sesama pekerja digital dan berbagai praharanya dalam mengurus anak-anak yang memiliki isu kesehatan mental.

Kenapa "Suami Akhir Pekan" Mengangkat tentang Lean Startup?

Pertama, karena menurutku metode lean startup adalah solusi paling efektif untuk memulai suatu usaha. Apa lagi, di masa pandemi begini. Kamu bisa menyaksikannya nanti kalau filmnya sudah tayang, ya (amin yang kenceng!).

Di sana, digambarkan tentang petualangan Bayu (sang tokoh utama) yang ingin mendirikan perusahaan sendiri. Namun, berhubung selama ini dia adalah pekerja lepas, maka dia merasa perlu untuk lebih dulu menimba ilmu dan pengalaman di perusahaan besar tentang bagaimana seharusnya sebuah bisnis berjalan.

Berhubung memang sudah berpengalaman belasan tahun dan memiliki keahlian tinggi di bidang teknologi informasi, diterimalah Bayu di sebuah perusahaan ternama di ibukota. Hal ini mengakibatkan dia harus hidup terpisah dari keluarga dan berusaha untuk tetap bisa pulang setiap akhir pekan.

metode lean startup adalah

Di kantor, Bayu mengalami proses lean startup yang berjalan secara alami. Diawali ketika dia diminta mendengarkan permasalahan divisi pemasaran dan Bayu dapat memberikan solusi cemerlang saat itu juga. Divisi ini pun meminta Bayu mengajukan proposal agar bisa mengerjakan proyek guna mengatasi masalah pemasaran.

Bayu jadi semakin terdorong mendirikan perusahaan dan mulai merekrut beberapa rekan sesama pekerja lepas untuk menjadi timnya. Ternyata, ada satu orang rekan kerja yang tidak disetujui istri Bayu untuk bergabung. Siapakah dia?

Kalau sudah begini, apakah Bayu berhasil membangun startup-nya? Bagaimana dengan keluarga yang ditinggalkan? Mampukah Bayu menyeimbangkan keduanya agar tetap berjalan baik? Apakah anak-anak Bayu bisa bertahan dengan kondisinya tanpa kehadiran seorang ayah setiap hari?

Dalam cerita ini, ada banyak hal yang bisa dipelajari. Kalau dari sisi bisnis, kita jadi makin tahu kualitas apa yang harus dimiliki agar menjadi pengusaha sukses dan bagaimana caranya bangkit dari kegagalan.

Bagaimana? Sudah tertarik ingin menonton? Atau malah ingin membangun usaha dengan metode lean startup? Yang mana pun itu, semoga harapanmu terkabul, ya! Sebab, keduanya akan membuatku bahagia sekali jika terwujud.

Related Posts

19 komentar

  1. Filmnya ancang ancang ditayangkan kapan mba? Yg ga disetujui sama istrinya utk gabung siapa ya kira-kira ��

    BalasHapus
  2. semoga di lancarkan ya mba, nanti info2 ya kalau sudah di tayangkan, mau ikutan nonton soalnya heheee

    BalasHapus
  3. Jadi makin penasaran sama filmnya, smoga prosesnya smua lancar dan bisa langsung tayang. Kabar2in kalau sudah tayang ya, mbak

    BalasHapus
  4. Wow, keren banget Mbak Farida. Sukses selalu untuk Mbak Farida. Jadi nggak sabar pengen nonton film "Suami Akhir Pekan". Ini jalan ceritanya kok seperti kisah nyata gitu ya? Bener nggak sih ini ceritanya dari kisah nyata?

    BalasHapus
  5. Wah bagus nih buat yg mau ancang-ancang jadi entrepreneur. Akupun pengen belajar euy, nanti liat dulu filmnya biar makin tercerahkan.

    BalasHapus
  6. Waaah keren banget, mba.. Semoga dilancarkan dan dimudahkan semua prosesnya ya mba.. Biar filmnya bisa segera tayang. Sukses selalu ya mba..

    BalasHapus
  7. Barokallah selamat ya Mba Farida, perjuangan luar biasa yang membuahkan hasil
    idenya unik dan judulnya langsung bikin terpesona

    BalasHapus
  8. Mpo suka alur cerita learn startup kebayang sambil nonton sambil belajar memulai usaha. Semoga cepat jadi film

    BalasHapus
  9. Waahhh film yang menarik banget nih buat ditonton, kira-kira istrinya akan setuju tidak ya kalau bisnisnya bisa berjalan dengan baik hhi

    BalasHapus
  10. Sepertinya menarik alur ceritanya dari judul saja membuat aku penasaran dan semoga cepat tanyang ya

    BalasHapus
  11. Mba, salut dengan ketekunanmu menulis terus. Kudoakan semoga segera bisa tayang jadi film ya mba. Judulnya catchy banget loh, suami akhir pekan. Kirain tadinya tentang lelaki yang menikah secara kontrak hehehe...

    BalasHapus
  12. wah, semoga yaa mba beneran diangkat jadi film nih, tertarik sama ide ceritanya, apalagi start up tuh memang lagi booming juga kan topiknya di kalangan anak muda

    BalasHapus
  13. Kak Faridaaaa..
    MashaAllah~
    Aku ikutan deg-degan niih.. Selamat yaa... barakallahu fiik.

    Aku doakan semoga sukses dan semakin bersinar untuk karya-karya lainnya yang aku tau banget niih...kak Farida sangat produktif menulis.

    BalasHapus
  14. kalau dari judulnya memang menarik ya mba.. Intriguing dan punchy banget hehehe, bikin kita penasaran dengan ceritanya seperti apa

    BalasHapus
  15. Baru tahu di postingan ini hehe... Btw judul filmya menarik dan menimbulkan tanda tanya hehe "Suami Akhir Pekan" kalau nggak baca ulasannya ini mungkin pikiran saya bisa melayang2 hanya untuk menebak apa maksud dari judulnya itu hehe

    BalasHapus
  16. Tertarik buat nontom dan tertarik juga untuk mulai bisnisnya. Hehehehe. Makasih ya mba sharing dan reviewnya.

    BalasHapus
  17. Wah, selamat ya mba Farida smeoga dilancarkan dan judulnya ini bikin tanda tanya, suami akhir pekan. maksudnya?? heheh, jadi nebak dan kepo kan

    BalasHapus
  18. wah barakallah mbak, kern banget naskah filmnya menjadi salah satu favorit juri. moga beneran jadi film dan aku moga berkesempatan menontonnya kelak. btw sekali lagi selamat yaa

    BalasHapus
  19. Keren, Mbak, bisa masuk pilihan favorit! Selamat ya Mbak! Ceritanya pun menarik. Menarik dari sisi bisnis, juga dari sisi percintaannya. Jadi penasaran, siapa kira2 ya yang ga disetujui istri Bayu? Apakah mantan Bayu? Atau malah mantannya istri Bayu? Wah, atau malah jangan2 ada selingkuhan istrinya Bayu? Hadeehh malah ke mana2 :D

    BalasHapus

Posting Komentar