header permata pengalamanku

Memilih Sisir Sesuai Jenis Rambut

20 komentar

jenis rambut

Selain untuk merapikan, sisir yang sesuai dengan jenis rambut juga menjadi bagian dari merawat rambut kepala tetap sehat. Dengan menyisir, sirkulasi darah dan minyak di kulit kepala menjadi lebih lancar. Menghindarkan sakit kepala, sekaligus membuat rambut jadi lebih berkilau. Hal ini berbeda dengan rambut lain di tubuh yang tidak perlu menyisir. 

Meski tidak selalu ke salon dan spa, kita tetap bisa rutin merawatnya dengan memilih sisir yang tepat di samping sisir keramas. Desain sisir yang bermacam-macam bukan hanya indah dipandang, melainkan juga untuk memenuhi fungsi tertentu. 

Sekarang, yuk cek! Kamu memiliki jenis rambut yang mana? Tipis atau tebal? Lurus, ikal, atau keriting? Atau kamu memiliki karakter khusus rambut yang mudah kusut dan rontok? Perhatikan baik-baik sisir yang direkomendasikan untukmu ini, ya!

Rambut Tipis

Memilih sisir yang salah bagi rambut tipis akan menyebabkan rontok dan semakin tipis. Carilah sisir yang terbuat dari bulu halus dan berbentuk lebar. Sisir seperti ini dapat membantu mengangkat kotoran dari kulit kepala dan mengeringkan rambut. 

Selain itu, sisir jenis ini juga dapat memicu keluarnya minyak alami pada rambut dan kulit kepala. Dengan begini, rambut tipis pun bisa lebih cepat tumbuh dan tentunya jadi lebih mudah diatur nanti ke depannya..

Rambut Tebal

Memilih sisir yang terbaik untuk rambut tebal agar lebih halus dan lurus, sebaiknya menggunakan sisir bergagang dengan bulu nilon yang renggang. Sisir berbulu sintetik memudahkan pengaturan rambut yang kusut dan menambah kelembaban rambut. Sangat cocok untuk rambut yang mengembang dan kering. Jika ingin menciptakan efek rambut yang lebih bervolume, jenis sisir bulat bisa menjadi andalan.

memilih sisir
Sisir Garpu

Rambut Ikal

Pemilik rambut ikal juga disarankan untuk memilih sisir dari nilon. Sisir semacam ini akan membantu rambut terlihat lembut dan berkilau. Bentuk sisir yang bisa dipilih yaitu sisir bulat untuk mengatur rambut agar tampak lurus namun bervolume. Selain itu, bisa juga memilih sisir garpu untuk mengurai dan merapikan rambut kusut.

Rambut Keriting

Sama seperti rambut ikal, jenis rambut ini pun direkomendasikan menggunakan  paddle brush dengan bulu berbahan nilon. Selain itu, waktu yang paling tepat untuk menyisirnya adalah saat basah. Jenis sisir yang bisa digunakan yaitu sisir garpu dan sisir gerigi yang paling banyak digunakan. 

Ukuran dan kerapatan gigi sisir dapat dipilih sesuai kebutuhan. Sisir bergigi kecil akan membuat rambut tampak lebih rapi namun juga mudah rontok. Sedangkan sisir yang bergigi besar dan jarang lebih kecil risiko kerontokannya.

Rambut Lurus

Pemilik rambut lurus alami sepertinya boleh merasa senang karena bisa menggunakan jenis sisir apa pun. Namun, jika ingin memberikan hasil penataan yang lurus natural, sisir bergigi rapat bisa jadi pilihan yang tepat. Bentuk sisir yang dipenuhi gigi rapat dapat membantu mengurai rambut lebih dalam, sehingga tampilan lurus natural bisa tercipta dengan mudah. 

Rambut Rapuh

Bagi yang mengalami masalah rambut yang mudah kusut dan rontok, sebaiknya pilih sisir lebar bergigi renggang. Sehingga, bisa meminimalisir kemungkinan rambut tersangkut sehingga patah dan rontok saat menyisir. Pilih yang berbahan halus untuk menjaga kulit kepala agar tetap sehat dan nyaman digunakan.


Nah, bagaimana? Sudah semakin jelas kan, sekarang? Apakah sisir yang kamu miliki sekarang sudah sesuai dengan jenis rambutmu?

Related Posts

20 komentar

  1. Ternyata memilih sisir itu mesti jeli juga ya mbak. kalau aku asala ketemu sisir apa aja di rumah asal yang gede dan bergigi renggang aja. Hehehe...

    BalasHapus
  2. Seharusnya dikasih fotonya juga kak masing2 sisirnya biar ada gambaran. Sisir nilon itu kayak apa ya? Secara rambutku kan ikal. Kupikir ya aman2 aja sih pakai segala sisir. Asal jangan yang giginya rapat. Sakit banget ke rambut. Hehehe..

    BalasHapus
  3. ahhhh, penting banget nih referensi ini buat aku, aku tergolong rambut tipis dan gampang rontok gitu, dan bingung juga pake2 sisirnya, ada beberapa jenis sisir yg aku punya dan tep aja rambut aku rontok huhu

    BalasHapus
  4. dulu waktu masih ABG, nggak begitu ngeri perbedaan jenis sisir, waktu ke rumah nenek adanya sisir garpu
    makin gede karena rambut aku tiba tiba berubah dari lurus ke ikal, jadi nyari sisir yang bergerigi jarang

    BalasHapus
  5. Pilih sisir ternyata penting disesuaikan dengan jenis rambutnya. Kalo aku dari dulu suka sisir yang renggang biar rambutnya gak rontok

    BalasHapus
  6. Ternyata beragam sisir sesuai dengan jenis dan kondisi rambut ya, Mbak. selama ini saya asal pakai sisir saja. Termasuk sisir yang lebar itu, tapi terbuat dari plastik. Khusus ngebolang, bawa sisir kecil saja hehehe.

    BalasHapus
  7. aku dulu suka banget sisir yang bulet gitu. sekarang kalau pakai itu ya udah pasti makin rontok deh rambutku.. jadi aku pakai sisir yang giginya jarang2 aja

    BalasHapus
  8. Asyik nih perlu deh belajar memilih sisir yang baik dan benar

    BalasHapus
  9. Sisir yang tepat bagian dari perawatan rambut ya mba. Pilh sisir sesuai kebutuhan, agar kulit kepala tidak luka dan akar rambut tetap sehat.

    BalasHapus
  10. Wah baru tahu kalau jenis rambut pun semestinya punya sisir yang beda2 yaa hihi.. Apa kabar aku yang sisirnya suka suka ajaa mana yang ada huuwww

    BalasHapus
  11. Dari pemilihan sisir yang tepat dapat menjaga kekuatan dan kesehatan rambut juga ya kak. Keknya daku pernah salah pakai sisir hahah

    BalasHapus
  12. iya mbak, emang tiap jenis rambut punya jenis sisir yang berbeda
    biar pas, dan g sakit saat sisisran

    BalasHapus
  13. Istriku kan buka salon setelah ikutan pendidikan salon .. Trs pas belanja alat salon, aku takjub, ternyata jenis sisirnya itu buanyaaaakk banget. ahhahaha.

    BalasHapus
  14. Memilih sisir pun ada jenisnya ya Mbak... saya pakai sisir bergigi jarang nih, selain mudah mengurai rambut, sisir jenis ini biasanya juga lebih lembut ke kulit kepala, karena saya milih yg ujung2nya tumpul.

    BalasHapus
  15. Aku kaget liat tu boneka emang badannya kemana mbak hehe... Emang sih pilih-pilih sisir penting demi kenyamanan..Etapi salah pilih sisir bisa bikin rambut rusak juga sih ya...

    BalasHapus
  16. Kupikir semua sisir itu sama saja, ternyata beda jenis rambut beda juga cara penggunaan sekaligu sisirnya ya ka. Jadi tahu, pantas saja ketika di salon, mereka membawa tools dalemnya sisir semua, eh ternyata untuk penyesuaian yaa

    BalasHapus
  17. Alhamdulillah, rambutku lurus jadi bisa pakai sisir manapun tapi sayangnya belakangan karena sering rontok dengan jumlah yang lumayan banyak jadi malah takut wal hasil jadi jarang sisiran, huhuhuhh

    BalasHapus
  18. Penting banget nih ya kak biar ga sembarangan nyisir. Apalagi kalau sampai rambutnya rusak karena salah pakai sisir huhuhu. Ngenessss

    BalasHapus
  19. Selama ini aku tim yang pake sisir di depan mata sih mwkwkwk. Sisir pribadi tentunya, tapi nggak kepikiran buat beda-bedain sisir rambut keriting, rambut lurus, hehe

    BalasHapus
  20. Aku rambut tipis nih. Sisirku agak tebal dan jarang? Apa mesti ganti sisir yang lebih lembut aja kali ya?

    BalasHapus

Posting Komentar