header permata pengalamanku

Atap Baja Ringan Sebagai Penangkal Petir

14 komentar

baja ringan

Pernah dengar enggak kalau ada yang namanya atap atau genteng metal? Atap ini terbuat dari baja ringan. Pernah aku sebut sih, dalam artikelku tentang alternatif model atap rumah incaranku. Nah, katanya sih, atap baja ringan ini bisa sebagai penangkal petir, lo!

Kok bisa, ya? Bukannya material logam seperti baja ringan malah mempermudah sambaran petir terjadi? Ternyata, justru karena atap atau genteng metal itu merupakan konduktor listrik yang baik. Ketika siap menyambar, petir akan cenderung mencari konduktor listrik terbaik dan terdekat. 

Namun atap baja ringan ini sama dengan cara kerja penangkal petir, ya, bukan menarik petir, melainkan menyalurkannya dengan aman ke tanah jika petir menyambar ke area bangunan. Dengan begini, bisa menghindari terjadinya kebakaran hingga ledakan. Keren, kan?

Nah, kalau kamu tertarik menggunakan atap atau genteng metal dari baja ringan ini, kamu dapat memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar atap tersebut efektif untuk menangkal petir:

Kualitas produk rangka baja ringan untuk atap dan genteng metal 

Selalu gunakan kualitas produk yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI), ya! Biar dapat dipastikan keamanannya, mulai dari proses produksi hingga penggunaan. Kualitas produk menjadi salah satu hal penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan keselamatan dan keamanan penghuni rumah, kan?

Tukang baja ringan yang kompeten

Jangan lupa juga untuk lebih teliti dalam menggunakan jasa tukang baja ringan. Tukang baja ringan yang kompeten dapat memahami bagaimana menghitung rumus jarak serta memasang kuda-kuda baja ringan, kanopi baja ringan, rangka atap baja ringan, atap atau genteng metal, hingga dinding metal. 

Enggak cuma itu, tukang baja ringan juga harus mengetahui bagaimana cara instalasi listrik yang benar. Ini penting banget agar peralatan listrik tetap aman digunakan pada material baja ringan maupun atap atau genteng metal.

Menggunakan penangkal petir

Tetap menambahkan alat penangkal petir, ya. Hal ini merupakan salah satu cara untuk mencegah risiko berbahaya yang dihasilkan oleh sambaran petir. Biasanya, penangkal petir berada pada bagian atas bangunan mulai dari pabrik hingga gedung pencakar langit.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan atap baja ringan, terutama pada saat musim hujan, ya. Demi keamanan dan keselamatan banyak orang, kita dapat memilih produk rangka baja ringan dan atap atau genteng metal BlueScope Zacs®.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan. BlueScope Zacs® sudah dikenal memiliki ketebalan dan material yang telah sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI). Selain itu, produk ini juga memiliki garansi resmi berupa ketahanan karat dan warna. Nih, kartu garansi produk baja ringan BlueScope Zacs® penampakannya seperti foto di bawah ini.

atap dan genteng metal

Apa lagi, BlueScope Zacs® juga menyediakan jasa tukang ahli baja ringan. Jadi, kita enggak perlu khawatir lagi dengan prosedur keamanan dalam pemasangan rangka baja ringan maupun atap atau genteng metal.

Nah, sudah makin mantap kan sekarang untuk memakai produk ini. Yang penting, tetap lakukan tips aman menggunakan baja ringan saat musim hujan, yaitu: dengan menggunakan kualitas produk yang baik, menggunakan jasa tukang baja ringan yang berkompeten, dan menggunakan penangkal petir untuk mengurangi risiko yang dihasilkan oleh sambaran petir.

Selamat merenovasi!

Related Posts

14 komentar

  1. sudah lama pingin tahu tentang atap baja ringan

    ternyata terobosan yang sangat keren ya?

    apalagi BlueScope Zacs® menyediakan tenaga ahlinya

    BalasHapus
  2. Rumah keluarga millennial banyak yg pakai atap baja ringan ini ya.
    kalo rumah ortuku masih genteng tanah liat yg beraaatt itu dah

    BalasHapus
  3. Daripada kayu yg risiko kena rayap, rangka atap baja ringan sekarang lebih disukai ya. Lebih modern pula penampilannya

    BalasHapus
  4. Cara kerja baja ringan BlueScope Zacs keren juga ya, Mbak
    Aku baru ngerti lo ternyata inovasinya bisa keren gitu ya, Mbak. Selain ringan dan aman dari petir, apalagi ada jasa tukang baja ringannya lagi. Mantoool

    BalasHapus
  5. Rangka atap baja ringan ini bagus banget sih menurut saya, lebih kuat dan cepat pengerjaannya.
    Apalagi kalau pakai produk dari BlueScope Zacs® yang udah terkenal banget kualitasnya ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak rey. Rumahku juga sebagian pakai baja ringan. Lebih kokoh dan terkesan modern. Namun cukup bahaya juga ya penting juga pakai penangkal petir. Thanks info artikelnya bagus.

      Hapus
  6. Sudah beberapa kali saya dengar usulan menggunakan genteng metal ini dari tukang langganan. Toko material yang biasa support renovasi rumah juga pernah menunjukkan produknya. Saya kira karena ringan, kualitasnya tidak sekokoh genteng biasa. Tapi ternyata justu lebih bagus. Tahan banting dan kuat.

    Kepikiran untuk ganti dengan yang ini karena beberapa waktu lalu, saat genteng kebolak-balik karena hujan angin, rumah sempat kebocoran di beberapa titik. Sementara kalo pake baja ringan ini kan dia dikunci/ditembak sekrup dengan kuat.

    BalasHapus
  7. Rumah2 zaman sekarang semua sudah pasti menggunakan baja ringan. Lebih mudah didapat dan lebih awet dibandingkan kayu

    BalasHapus
  8. Pakai baja ringan kalau dihitung-hitung terbilang ramah dikantong ya, terus juga praktis

    BalasHapus
  9. Di kampung saya pun sekarang kalau bikin bangunan atau renovasi penggunaan baja ringan sangat direkomendasikan. Apalagi pasca banyak gempa dan longsor, baja ringan banyak jadi pilihan materi untuk bahan bangunan

    BalasHapus
  10. Menggunakan atap rumah baja ringan ini ada spesifikasinya, membaca artikel jadi mengenal dan itu penting

    BalasHapus
  11. Pengen banget nih bisa gunain atap baja ringan sebagai materi bangunan rumah nantinya. Insya Allah hasil bangunannya jadi lebih kuat nantinya

    BalasHapus
  12. wah noted kak pengetahuan baru nih buat saya ternyata atap baja ringan bisa untuk penangkal petir

    BalasHapus
  13. Bikin garasi dgn atap baja ringan juga lebih hemat dan lebih tahan lama

    BalasHapus

Posting Komentar