header permata pengalamanku

Kado Ulang Tahun untuk Anak Perempuan

16 komentar

Sebagai orang tua, melihat tumbuh kembang si kecil dari tahun ke tahun menjadi kegiatan menyenangkan sekaligus mengharukan. Setiap hari melihat tingkah lucu bayi dan mengajaknya berceloteh yang kadang kita tidak mengetahui bahasanya jadi momen yang perlu diabadikan.

Berbagai momen dan perayaan penting akan dilalui olehnya, seperti pertama kali masuk sekolah, lulus sekolah dasar, hingga ulang tahun. Ulang tahun jadi momen spesial bagi anak karena dengan mengingatnya, si kecil akan merasa disayangi di mana ini jadi sumber semangatnya. Saat ulang tahun, satu keluarga akan berkumpul dalam suasana menyenangkan sehingga ini juga dapat mendekatkan si kecil dan orang-orang terdekat.

Sebagai orang tua, terkadang bingung menentukan kado terbaik untuk anak perempuan. Apalagi jika ia masih belum menginjak dewasa. Selain mempertimbangkan kado yang aman digunakan bermain, ada perlunya memilih sesuai dengan umur anak. Bagi Ayah dan Bunda yang masih belum menentukan kado ulang tahun untuk si kecil, tak perlu khawatir. Berikut kami sediakan rekomendasi kado khusus anak perempuan yang bisa membantu Anda.


Rekomendasi kado imut untuk umur 3 hingga 10 tahun

1. Buku mewarnai

Mewarnai termasuk kegiatan paling disukai semua anak dan baik diterapkan pada umur 4 tahun. Melalui kegiatan mewarnai pada gambar orang tua bisa mulai mengenalkan objek seperti hewan dan warna untuk menambah pengetahuannya. Dilansir dari Pop Mama, mewarnai juga bisa melatih konsentrasi anak karena kalau sudah asyik mewarnai, fokusnya tidak mudah beralih ke hal lain.


2. Mukena anak-anak

Mukena anak adalah pilihan tepat buat Ayah Bunda yang ingin mulai mengajarkan si kecil untuk sholat. Hal pertama dalam memilih mukena adalah memastikan kualitas kain. Anda bisa memilih mukena berbahan ringan dan lembut agar nyaman dipakai oleh si kecil.

Memilih mukena dengan warna favoritnya atau trend warna-warni manis bisa membuatnya tertarik untuk memakainya. Momen belajar agama di rumah juga bisa seorang ibu manfaatkan untuk membangun kekompakan bersama buah hati. Contohnya seperti memakai mukena couple untuk ibu dan anak yang senada.


3. Sepeda mini

Menyisihkan waktu di akhir pekan dengan melakukan latihan olahraga baik untuk menjaga kesehatan. Selain akan terbantu dalam olahraga, buah hati bisa memanfaatkan sepeda untuk bermain, jadi dia bisa lebih termotivasi untuk bergerak aktif. Bersepeda umumnya cukup aman untuk anak karena tidak terlalu berat. Ditambah lagi, bersepeda memerlukan ketelatenan sehingga membuat kegiatan ini lebih seru.


4. Dress cantik

Dress berbahan katun cocok digunakan perempuan sehari-hari. Hadiah ini sangat mudah dicari dan harganya terjangkau. Banyak dress anak dengan desain imut, sehingga penampilannya kelihatan makin lucu saat memakainya. Anak kecil biasanya punya karakter favorit, jadi Ayah Bunda bisa pilih dress dengan karakter kesukaan si kecil nih agar buah hati suka.


5. Boneka

Biasanya, boneka menjadi hadiah yang pertama kali diberikan orang tua pada saat umur 2 tahun, bahkan saat masih bayi. Boneka lembut dan empuk sehingga aman buat bermain balita. Boneka praktis dibawa ke manapun dan bisa berfungsi sebagai teman anak melakukan kegiatan.

Pernahkah Anda melihat si kecil bermain rumah-rumahan dan berbicara pada boneka? Nah, menurut Big Ted, bermain boneka bermanfaat bagi buah hati untuk belajar banyak hal tentang kehidupan. Karena melalui bermain di lingkup dalam imajinasinya, dia bisa belajar cara interaksi sosial, memahami peran, dan melakukan kegiatan sehari-hari.


6. Flash card

Flash card adalah hadiah simpel tetapi penting untuk mengasah daya ingat si kecil. Umumnya flashcard berisi nama bunga, warna, musim, dan alfabet yang pas untuk usia 5 tahun. Flashcard juga tersedia untuk pembelajaran bahasa sehingga juga cocok untuk anak umur 6 tahun ke atas yang tertarik belajar bahasa.


7. Lego

Lego adalah mainan yang terbuat dari plastik dan berfungsi mirip seperti batu bata. Lego digunakan untuk membangun sesuatu yang dapat menstimulasi kreatifitas anak. Cara menggunakannya dipasangkan sesuai petunjuk dengan hasil akhir berupa bangunan atau karakter. Ada juga berbentuk wahana permainan.


Cocok diberikan untuk yang sudah remaja

1. Sepatu trendy

Saat remaja, buah hati akan mulai memerhatikan penampilan dan terdorong ingin seperti teman sebayanya. Nah, salah satu benda yang bisa membantu dia tampil cantik dan percaya diri adalah sepatu up-to-date. Banyak sepatu lokal dengan kualitas terbaik, jadi Anda tidak akan kebingunan mencari sepatu yang pas.


2. Gamis remaja

Gamis bersifat fleksibel karena bisa dipakai saat acara formal maupun santai. Selain itu, gamis bisa jadi pengganti rok agar kenyamanan buah hati terjaga. Gamis polos mudah dikombinasikan dengan kerudung bermotif atau beda warna. Jadi, ia tidak akan bosan dengan satu model pakaian.


3. Lampu tidur


Tidur dengan keadaan lampu redup bisa memastikan anak tidur dengan tenang karena tidak merasa silau. Tidur menggunakan lampu khusus memberikan pencahayaan yang hangat, sehingga menciptakan keadaan nyaman saat tidur. Hal tersebut bisa membuat buah hati mendapat kualitas tidur terbaik.


4. Headphone


Headphone memiliki fitur noise cancel untuk mencegah masuknya berbagai suara dari luar saat memakainya. Otomatis, anak akan fokus mendengar suara dari headphone dan perhatiannya dapat fokus pada kegiatannya. Headphone standar bisa dipakai anak pada banyak kegiatan seperti belajar atau sekolah daring. Ada juga headphone gaming untuk kegiatan bermain game yang nyaman.

5. Pesta ulang tahun

Setelah menginjak masa remaja, buah hati akan lebih memerhatikan lingkungannya. Ia jadi ingin punya banyak teman dan menghabiskan banyak waktu bersama orang tersayang, khususnya di hari ulang tahunnya. Merayakan ulang tahunnya dengan mengundang teman, kemudian berfoto bersama akan jadi kenang-kenangan manis sehingga bisa selalu diingat olehnya.


Tips kado untuk anak 17 tahun ke atas

1. Voucher diskon makanan

Anak-anak memiliki hobi dan hal kesukaan tertentu. Saat dewasa, bisa jadi ia menyukai kegiatan berbelanja, traveling, atau mencoba berbagai ragam kuliner. Voucher diskon makanan sempurna untuk pemuda dengan keinginan mencicipi banyak kuliner tapi ingin tetap berhemat. Terkadang, ada orang tua yang tidak bisa membiarkan buah hatinya pergi sendirian. Karena itu, mungkin Anda bisa menemaninya langsung ke restoran sambil bercakap-cakap.


2. Powerbank

Saat anak bepergian, hal yang tak jarang membuat khawatir orang tua adalah ketika anak tiba-tiba sulit dihubungi. Entah karena sinyal yang sulit atau daya ponsel habis dan ponselnya tidak bisa segera di-charge karena terbatasnya listrik. Untuk mengurangi rasa khawatir tersebut, Anda bisa mempersiapkannya dengan menghadiahkan powerbank agar memastikan ponsel buah hati selalu berdaya penuh.


3. Buket uang

Anak perempuan pada dasarnya menyukai keindahan. Jadi, pasti dia kesulitan untuk menolak buket bunga. Bunga sejak lama menjadi hadiah populer di kalangan anak muda yang tepat untuk banyak kesempatan.

Akan tetapi, buket bunga masa kini tidak hanya terdiri dari bunga ya Bunda. Karena ada opsi bermanfaat lain untuk buah hati seperti buket uang. Buket uang mudah dicari karena banyak disediakan di toko bunga terdekat.


4. Perhiasan

Banyak anak yang sudah dewasa mengetahui mana style yang pas untuknya sekaligus jenis perhiasan untuk dipadukan. Karena perhiasan sendiri membuat penampilan lebih cantik dan ini banyak disukai perempuan. Perhiasan tepat sebagai kenang-kenangan si buah hati karena tidak mudah rusak dan bisa dipakai bertahun-tahun.

Sebelum memutuskan membeli, Anda bisa memastikan aksesoris yang sering ia dipakai. Si buah hati apakah sering mengenakan gelang, anting, atau kalung. Bisa jadi aksesoris yang sering dipakai tersebut sangat ia suka.

Related Posts

16 komentar

  1. Nah aku kemarin juga sempat bingung waktu mau beliin kado untuk ulang tahun anaknya temen yang sudah beranjak gadis remaja. Akhirnya aku beliin baju kaos bergambar Kaws dengan warna netral aja.

    BalasHapus
  2. hihi.. kalau anakku cewek masih balita, dari ulang tahun ke 3 dan ke 4 mintanya buku, hihi Alhamdulillah :)

    BalasHapus
  3. Terima kasih infonya, Mbak. Lumayan nih kalau anak ultah jadi ada ide mau kasih kado apa.

    BalasHapus
  4. Kado-kadonya keren-keren semua dan memang sesuai kebutuhan dan usianya ya, Mbak. Tapi yang paling fleksibel untuk semua usia itu adalah boneka. Gadis ABG kalau dikasih boneka gebetannya juga langsung happy hehehe.

    BalasHapus
  5. Bagaimanapun perempuan memang punya ciri khas dalam selera. Termasuk untuk urusan kado ultahnya. Tips nya sangat bermanfaat Mbak, karena saya punya saudara perempuan yang masih SD dan juga keponakan kecil perempuan.

    BalasHapus
  6. Wah cocok ini buat yang punya anak perempuan, Sayange anakku Lanang Kabeh mbak tp g nolak sih klo dibeliin lego๐Ÿ˜

    BalasHapus
  7. Wah makasih atas tulisan ini mbak
    Jadi tips buat aku untuk mencari kado buat anak
    Kebetulan anak anakku perempuan semua

    BalasHapus
  8. wah makasih mbak rekomendasinya. cocok buat ngadoin keponakan. ada beberapa yang udah pernah kukasih, tapi banyak juga yang belum dari list bisa jadi list buat dibeli :D

    BalasHapus
  9. Sekarang keknya yang lagi tren itu buket buket gitu ya. Apalagi isinya uang warna merah. Menggoda itu

    BalasHapus
  10. Anakku ulang tahu tetap minta kue tapi kuenya yang dibuat dari fondant semua
    Makanya kudu modal besar juga haha

    BalasHapus
  11. Waw, boleh juga nih dicoba. Pastinya kado yang dipilih juga kudu sesuai budget yaaa, hehe.

    BalasHapus
  12. Wah lumayan nih, aku sering bingung kalau mau beli kado buat ulang tahun temen2 anakku, krn biasanya saling ngasi kado ya khan.. :)

    BalasHapus
  13. Buat yang keluarga muslim emang paling cocok kasih hadiahnya yang berbau agama dulu deh buat si anak. Jadi si anak bisa lebih semangat dalam beribadah, dikasih mukenah seperti di atas misalkan atau bisa juga baju ngaji untuk anak cewek hihihihi.

    BalasHapus
  14. Kalo cari kado buat cewel ni gampang2 susah. Postingan ini bisa jadi nambah ide buat beliin kado anak perempuan

    BalasHapus
  15. Kemarin liat sepatu untuk anak cewek di mal, jadi pengen beli deh. Tapi sayang aku gak punya anak cewek wkwkw. Hadiah buat anak cewek lebih banyak variasinya ya daripada anak laki.

    BalasHapus
  16. Anakku paling seneng yang buku mewarnai nih. Hobi banget kalau main2 warna.. bisa buat terapi emosi juga :)

    BalasHapus

Posting Komentar