header permata pengalamanku

Artikel Toga adalah Jawara di Blog Lifestyle Ini!

25 komentar

blog lifestyle
Apa niche alias ceruk blogmu? Bagaimana caramu menentukannya? Kalau aku, memang sejak awal enggak ingin membatasi dengan satu tema tertentu. Penginnya bisa membahas tentang berbagai hal yang kulihat, kudengar, kurasa, dan kualami.

Itulah kenapa aku menamai blog ini dengan sebutan "Permata Pengalamanku" dengan slogan "Berbagai ulasan pengalamanku tentang segala sesuatu". Jika boleh memilih, sepertinya julukan blog ulasan adalah yang paling tepat untuk blog ini.

Kenapa Jadi Blog Lifestyle?

Sayangnya, ceruk blog ulasan tampaknya kurang umum di dunia blog. Mungkin memang enggak banyak ya, blog yang mengkhususkan diri mengulas tentang apa aja. Ketika diminta untuk memilih salah satu ceruk dari beberapa opsi yang ada dalam sebuah formulir pendaftaran blog, aku memutuskan bahwa blog lifestyle merupakan identitas yang paling dekat dengan karakteristik blogku ini. 

Alhasil, seperti kebanyakan blog yang menyatakan dirinya sebagai blog lifestyle, isi blog ini memang tampak gado-gado. Padahal, sebenarnya dia bukan berangkat dari kebingungan menentukan ceruk, melainkan karena definisinya sebagai blog ulasan belum dikenal secara luas.

Seiring perjalanan, ternyata kemudian blog ini jadi lebih banyak membahas tentang lifestyle dan traveling. Tentang aneka destinasi wisata, tips traveling, dan sebagainya. Tanpa sadar, aku sering berbagi mengenai pengalamanku saat mengunjungi suatu tempat.

Meski begitu, aku tetap aja enggan mengganti ceruknya menjadi blog traveling. Sebab, secara pribadi, aku bukan pengin dikenal sebagai bloger yang suka jalan-jalan. Benar aja, begitu masa pandemi datang, blog ini kemudian jadi lebih banyak diisi dengan artikel-artikel kesehatan secara perlahan dan alami. 

Hal ini masih bertahan hingga kini. Lalu, apa mau membanting setir blog ini menjadi blog kesehatan aja? Rasanya sih, enggak juga. Aku merasa kurang mumpuni sebagai rujukan di bidang kesehatan. Semua artikelku pada dasarnya hanya berdasarkan pengalaman pribadi. Jadi, ya tetap lebih cocok disebut blog ulasan, sih.

Katanya Artikel Toga adalah Jawaranya? Kok, Bisa?

toga adalah
Ajaibnya, meski artikel jalan-jalan dan kesehatan pernah menjadi yang terbanyak di blog ini, tetapi yang paling populer justru adalah artikel-artikel kecantikan. Berpadu dengan kategori kesehatan, kategori kecantikan ini bertemu di satu titik yang disukai para pengunjung, yaitu jika terkait dengan bahan-bahan yang alami.

Itulah kenapa artikel toga adalah yang paling populer di blog ini. Jika sebelumnya enggak ada artikel tertentu yang menonjol di sini, berangsur tetapi pasti, artikel tentang manfaat secang untuk kesehatan dan kecantikan kulit melaju cepat hingga jauh melampaui artikel-artikel yang lain. Sampai kini pun masih bertahan dalam daftar 10 artikel terpopuler meskipun sudah tayang sejak lebih dari 3 tahun yang lalu.
 
Membaca tren ini, aku jadi suka menayangkan artikel-artikel yang berbau toga, entah itu yang bermanfaat untuk kesehatan ataupun kecantikan. Contoh artikel lain yang memuat tentang toga adalah manfaat jintan hitam untuk kesehatan dan kecantikan. Selain itu, ada pula artikel tentang makanan penghilang bau mulut dan cara cepat memutihkan gigi dengan bahan-bahan alami. 

Juga, terdapat uraian tentang manfaat dalam sebuah resep sayur asem yang menjelaskan kandungan baik tiap bahan dalam menu ini bagi kesehatan dan kecantikan. Misalnya, asam yang mengandung vitamin C sangat baik sebagai pencegah kanker, penyakit jantung, strok, dan menjaga kecantikan.

Bahkan, resep sayur asem dari daerah tertentu memiliki bahan-bahan yang bermanfaat lebih. Contohnya, asem goreng di Betawi menggunakan kunyit. bumbu aromatik seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, dan lengkuas yang bagus untuk menambah nafsu makan. Demikian pula dengan tambahan serai di sayur asem ikan Banjar.

Memang, beberapa artikel yang kusebutkan belakangan tidak setenar artikel secang yang menajdi pionirnya. Namun, aku tetap suka mempublikasikan artikel-artikel semacam ini karena sangat terasa manfaatnya. Kita jadi bisa menebarkan pengetahuan untuk memberi solusi masalah-masalah kesehatan dan kecantikan dengan bahan-bahan yang mudah didapat di sekitar kita.

Bagaimana denganmu? Apakah artikel tentang toga juga menarik bagimu? Jika kamu seorang bloger, apakah kamu juga senang memuat artikel-artikel tentang bahan-bahan alami yang bermanfaat sepertiku?

Related Posts

25 komentar

  1. Keren banget tulisannya
    dari challenge "toga" bisa dapat ide membuat tulisan ini
    sementara saya masih nyut2an, cari ide kesana kesini :D

    BalasHapus
  2. Sampai saat ini, blog saya juga tidak punya nice, Mbak. Saya pilih gado-gado saja. Jadi kapan saya ada cerita, saya langsung tulis saja. Tapi mungkin ke depannya saya wajib juga punya blog yang khusus bercerita 1 hal saja. karena katanya, blog nice itu lebih berpotensi. Tapi tetap saya berpatokan, ngeblog seenjoynya aja hehehe.

    BalasHapus
  3. Sepertinya pengaruh pandemi juga gak sih, aku juga sering search tanaman toga yg bisa ditanam di rumah atau tanaman untuk detox. Aku udah punya blog niche nih, blog khusus beauty

    BalasHapus
  4. Artikel toga itu apa, Mbak? Blog saya sampai sekarang masih lifestyle dan gado-gado juga, sih. Mungkin niche khusus nanti bikin blog baru aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel tentang tanaman obat keluarga, Say

      Hapus
  5. Daku belum terpikirkan untuk bikin tentang artikel toga, karena kudu riset mendalam biar gereget hehe

    BalasHapus
  6. Ngomongin soal niche blog emang susah sih menurutku buat bertahan pada 1 topik tertentu. Lebih mudah memang pilih yang gado-gado. Hehehe

    BalasHapus
  7. Blogku jg gado2 sih, penginnya sih pny yg niche tertentu tp ngurus satu blog aja masih keteteran. Ya sudahlah apa adanya aja skrg, yg penting ttp nulis.

    BalasHapus
  8. waah baru tahu lho kalau daun salam dan lengkas juga bagus untuk menambah nafsu makan. Hmm, boleh juga nih cari resep yang ada kedua bahan ini atau cara mengolahnya dengan benar jadi makanan enak yang disukai anak agar nafsu makannya jadi bertambah, dua bocilsku rada susah makan :(

    BalasHapus
  9. Blog saya juga blog gado-gado mba. Karena menulis di blog berangkat dari catatan curhatan. Dapat diduga juga kalau yg trend di blog juga tulisan tentang curhatan, hehehe.

    BalasHapus
  10. Berbeda dengan saya mba, niche saya memang dari awal hanya ingin menyimpan memori kenangan saya saat traveling, berkembang banyak yang baca, banyak yang dm tanya soal traveling, akhirnya makin semangat untuk berbagi. namun kemudian berkembang membahas hal-hal lain yang pastinya bermanfaat. Namun saya tetap menyangkut pautkannya dengan dunia traveling, karena saya merasa passionnya memang di dunia traveling, skill menulis saya juga rasanya memang di situ

    BalasHapus
  11. Ah iya, aku juga memilih Lifestyle sebagai Niche blog ku mbak
    Biar kata orang blog gado gado, tapi aku bangga, hehe

    BalasHapus
  12. Wah, sama nih mba.. Niche blog Lifetyle jg milikku, biar bisa sering nulis dengan banyak tema yg lain juga.. Agar gak bosen juga nih dan biar bisa tetap nulis rutin..

    BalasHapus
  13. Dulu aku juga bingung menentukan niche tapi akhirnya masa bodo aja soalnya klo gak gitu malah gak nulis2. Hihi..
    Malah aku baru tahu lho mbak klo tulisan apa aja ini namanya lifestyle 🤭😀

    BalasHapus
  14. Sama, blogku pun jadinya gado-gado alias lifestyle. Artikel toga memang banyak yang mencari karena saya sendiri sering mencarinya di google entah itu tips atau perawatan yang alami untuk kecantikan/kesehatan.

    BalasHapus
  15. Toga kini makin diminati krn masyarakat semakin sadar tentang kesehatan. Kita harus bs mencegah drpd mengobati.

    Mengetahui toga bs menyehatkan tubuh serta mengurangi pengeluaran utk obat2 kimia yg biasanya mahal dijual.

    BalasHapus
  16. Sama nih, blog aku juga gado-gado sih. Karena emang dari awal pengen nulis apa aja yang pengen ditulis sih jadi klaimnya ya niche Lifestyle. Tapi seru juga sih kalau punya blog yang punya niche khusus. Katanya sih yang punya niche khusus lebih disukai Google ya.

    BalasHapus
  17. Farida mah daebaaaakk.
    Ternyata banyak ya yg googling seputar toga

    Aku ga telaten bercocok tanam, euyyy

    BalasHapus
  18. Kalau di blog utama ini saya tidak banyak menulis tentang artikel bahan alami. Tapi saya punya 1 blog lagi yang membahas ttg kesehatan dan gaya hidup natural. Jadi isinya gak jauh-jauh dari pengobatan dengan bahan alami dan gaya hidup natural.

    BalasHapus
  19. wah kemarin nggak ada kepikiarnpoun kalau toga itu tanaman obat keluarga. Tahunya malah toga yang dipakai untuk wisuda itu

    BalasHapus
  20. Oh inilah yang dimaksud dengan artikel toga yaa...?
    Aku suka banget dengan artikel kesehatan based on pengalaman pribadi. Rasanya jadi lebih mantap mencoba daripada hanya teori dan literatur.

    BalasHapus
  21. Ah sama mbak, akupun lebih suka nulis seputar kesehatan dan kecantikan :) tp ya kebutuhan cuan jd semua dimasukin aja haha

    BalasHapus
  22. Hahaha awalnya saya bingung toga itu apaan, kirain yang dipake pas wisudaan itu. Rupanya setelah baca komentar dari mbak yang di atas, rupanya toga itu tanaman obat. Owalaaaaa T-T

    BalasHapus
  23. Awalnya bikin blog untuk keterampilan rajut tapi seiring waktu jadi lifestyle. Masih perlu banyak belajar untuk nge-blog

    BalasHapus
  24. Mantap ya benar sekali, menulis tentang manfaat bahan herbal sangat membantu dan selalu banyak dicari pembaca

    BalasHapus

Posting Komentar