header permata pengalamanku

Pakai .com atau .id? Ini Penjelasan Perbedaannya!

25 komentar

beda com dan id
Mau memulai karir sebagai blogger atau ingin memperlebar promosi usaha dengan memiliki website? Jangan kaget dengan banyaknya istilah website yaaahh.. salah satunya domain nih. Domain sendiri adalah nama website yang akan digunakan sehingga memudahkan pencarian serta diakhiri dengan ekstensi seperti .com, .co.id, .id dan lain sebagainya.

Berbagai jenis ekstensi tentu memiliki perbedaan. Seperti perbedaan .com dan .id yang paling banyak digunakan. Tapi mana sih yang paling pas buat website kamu? Penyedia layanan seperti niagahoster domain tentu akan sangat membantu memilih domain yang paling cocok untuk website kamu.


Apakah selesai dengan masalah domain saja? Tentu tidak, Esmeralda!


Perlu diingat bahwa tiap website mempunyai server untuk menghimpun berbagai data pada website. Kalo pilih gratisan, yah siap-siap ngelag aja sih.. ada error dan hilang kudu legowo. Makanya pake VPS Indonesia saja. Yap, salah satu pilihan yang aman dilakukan yakni dengan menggunaan VPS alias Virtual Private Server.

Keunggulannya tentu karena bersifat privat yang tidak harus berbagi dengan user lain jika dibandingkan dengan ruang penyimpanan (file hosting) yang lain. Penggunaan domain seperti .com dan .id juga memiliki perbedaan jenis VPS yang rekomended loh. Nah untuk semakin jelasnya.. lanjutin baca pembahasan dibawah ini yaa


Apa itu .com?

Kalu jalan-jalan di internet.. sering banget ga sih ketemu dotcom alias .com. Ekstensi yang seperti “rumah” bagi website ini seperti sudah menjadi ciri khas banget ya dari internet. Udah kaya internet dan .com itu adalah hal yang tidak bisa dipisahkan.

Hal ini disebabkan karena .com merupakan si yang paling pertama ada di internet. Kepanjangan dari .com sendiri yakni commersial yang artinya pemilik website tersebut melakukan kegiatan komersil di websitenya. Hebatnyaa, seluruh dunia bisa pakai ekstensi ini!


Bagaimana dengan .id?

Berbeda dengan .com, .id merupakan ekstensi khusus Indonesia dan penggunaannya fokus di pasar Indonesia. Diperlukan proses registrasi dengan menggunakan KTP, SIM hingga pasport untuk dapat menggunakan ekstensi .id ini. Pada ekstensi .id ini, penggunaanya tidak terbatas pada satu bidang atau lembaga. Penggunaanya bisa digunakan oleh perorangan, badan usaha, organisasi dan lain sebagainya.


Jika kamu menggunakan .com

Website kamu akan terkesan keren dan besar karena ekstensi ini adalah yang paling populer di dunia. Hal ini karena jangkauan .com yang bersifat internasional membuatnya dapat diakses oleh siapa saja. Kepemilikannya juga lebih mudah karena tidak ada pembatasan bentuk badan usaha maupun individu.


Optimalisasi kata kunci juga lebih luas karena website akan diidentifikasi netral (bisa diakses siapa saja) oleh mesin pencari. Dengan luasnya jangkauan tentu akan meningkatkan jumlah pengunjung website. Selain itu, harga yang ditawarkan untuk memperoleh ekstensi .com ini cukup terjangkau.


Namun, ada pula hal yang harus kamu waspadai dari penggunaan ekstensi .com. Dari segi keamanannya, ekstensi .com memiliki resiko hacking lebih tinggi karena jangkauannya yang luas dan kemudahan aksesnya. Pada beberapa artikel akan cukup sulit untuk masuk ke pencarian teratas search engine.


Website dengan ekstensi .com harus didukung oleh server yang kuat dan tersebar untuk menghindari freeze atau lag karena banyaknya pengunjung yang mengakses web. Hal yang sepertinya mudah tapi cukup menjadi PR adalah penggunaan nama website alias domain yang disinyalir sama atau telah digunakan oleh website lain, sehingga harus mengubah nama yang masih tersedia atau mengganti dengan ekstensi lain.


Jika kamu menggunakan .id

Segala hal yang harus diwaspadai dalam menggunakan ekstensi .com dapat diatasi dengan menggunakan .id. salah satunya keamanan. Jangkauannya yang terbatas, membuat ekstensi .id memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi karena dikelola oleh pemerintah. Target pengunjung juga lebih fokus ke pasar dalam negeri.


Belilah domain di penyedia hosting yang terbaik

Hnah daripada bingung mikirin konseptual ekstensi .com dan .id, serahkan saja pada penyedia domain dan hosting yang terbaik. Menggunakan layanan profesional Niagahoster dalam pengembangan website kamu tentu akan lebih efektif dan efisien. Pada niagahoster domain terdapat berbagai penawaran harga seuai dengan budget dan target pasar kamu. Psst, di Niagahoster banyak promo domain murah loh. 


Pihak Niagahoster juga akan memberi berbagai tips supaya memperoleh domain dan ekstensi terbaik untuk dapat meningkatkan bisnismu. Di Niagahoster, domain lama juga bisa dipindah ke Niagahoster dengan pelayanan profesional yang dapat dihubungi setiap saat. Fitur kelola yang ditawarkanpun lengkap termasuk kecepatan integrasi blogspot.


Setelah mengatur domain, hal lain yang tidak boleh sampai lolos adalah mendapatkan VPS yang dapat mendukung kekuatan website kamu supaya anti nge-lag. VPS Indonesia Niagahoster menyediakan berbagai fitur dengan harga terjangkau namun dengan kualitas profesional. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 99.900.


Berbagai layanan profesional untuk mendukung website kamu dapat diperoleh di VPS Indonesia Niagahoster. Layan tersebut mulai dari berbagai pilihan sistem operasi, beragam panel, jaminan uptime yang tinggi, mengelola berbagai akun hosting, penggunaan VPN hingga garansi uang kembali. Bahkan jika terjadi error, Niagahoster akan melakukan yang terbaik dengan layanan customer service yang selalu dapat dihubungi.


Kapan lagi nih, bikin domain dan VPS yang anti drama di Niagahosting? 

Related Posts

25 komentar

  1. Wah makasih share ilmunya yah. Dulu mah ngeblog tuh kita cuma modal nulis aja, tapi blogger zaman sekarang mah harus upgrade ilmu dan mulai belajar hal2 kayak gini

    BalasHapus
  2. itulah salah satu alasanku memilih .com ketimbang .id saat beli domain back in 2016 lalu :)

    BalasHapus
  3. Harganya terjangkau ya mulai drai Rp 99 ribu saja. Aku jujur awal pakai blog ya tahunya harus dot com. Alhamdulillah sampai skarang masih aja pakai dot com :)

    BalasHapus
  4. Memang ada plus minus-nya ya mbak domain com dan id ini, id biasanya dipakai sama brand lokal biar menunjukan identitas. Nah, sekarang penasaran jadi pengen nanya kalau .info kayak punya mbaknya apa kelebihannya nih?

    BalasHapus
  5. Oh, begitu ya perbedaannya, jadi tahu nih. Thanks sharingnya mbak :D Kalau aku sih pilih dot com ya karena kupikir sudah umum diseluruh dunia. Kalau masih bingung, serahkan ke Niagahoster aja dengan paket harga yang terjangkau.

    BalasHapus
  6. Aku dulu milih dot com biar lebih netral aja karena id kan Indonesia banget. Moga sih tulisan di blog atau website kita bisa dijangkau semua apa pun yang dipakai

    BalasHapus
  7. Wah, kupikir .id itu khusus akun resmi kantor negara aja, haha ternyata bisa juga buat personal atau bisnis ya.. jadi mau nyoba buat web bisnis sendiri nantinya.. doakan yaaa semoga bisa bikin sendiri bisnis yg bermanfaat aamiin

    BalasHapus
  8. Dari sini baru ngeuh bener beda com dan id...wah, pantesan com sering kena hack (aku juga pernah kena spam parah) karena itu alasannya.
    Btw, keren ini jika terjadi error, Niagahoster akan melakukan yang terbaik dengan layanan customer service yang selalu dapat dihubungi, bagus nih kadang layanan purna jual kurang di tempat lain ...

    BalasHapus
  9. Baru tahu kalau .id memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi.
    Kalau secara keren-kerenan sih, yg terlihat keren .com ya.
    Makanya saya punya tuh blog .com, hehehe.
    Nah, alasan lain kenapa harus .com atau .id memang tidak tahu wkwkw.
    Karena itu wajib menyerahkan pada ahlinya aja macam Niagahoster *jempol*

    BalasHapus
  10. Dulu aku beli domain dot com tahun 2012. Saat itu masih kurang banyak tahu soal domain, pakai dot com karena saran teman, ikut-ikutan. Akhirnya pakai. Setelah sekian lama baru tahu, penjelasannya sama persis kayak yang mbak tulis.

    BalasHapus
  11. Walah saya pakai .com, ternyata lebih besar risikonya kena hack ya... Makanya harus milih penyedia layanan domain dan hosting profesional seperti niagahoster ya...

    BalasHapus
  12. Terima kasih pencerahannya maak...jadi paham akuuu. Sejak awal membuat blog sudah di sarankan teman supaya pakai .com dengan membayar biaya langganan.

    BalasHapus
  13. Aku dari awal ngeblog pakai .com
    Baca ini jadi tahu apa perbedaannya
    Pastinya perlu penyedia hosting yang terpercaya ya mbak

    BalasHapus
  14. Aku baru ngeh perbedaannya pas baca article ini meski aku dah ngeblog lama. Makasih ilmunya mbak

    BalasHapus
  15. Sempet tertarik beli domain id, tapi biaya perpanjangannya yang gak nguatin. Akhirnya ya tek biarin aja.

    Ya, domain com lebih enak dan jangkauannya lebih luas.

    BalasHapus
  16. WAh makasih banyak insight nya, saya jadi paham nih tentang bedanya dot com sama dot id. Selama ini saya pikir sama saja, ternyata enggak yah,

    BalasHapus
  17. wah ilmu baru ini mbak, saya dulu pakai dotcom karena kebanyakan blogger merekomendasikan dotcom. kalau id dikelola pemerintah yaa, baru tahu saya mbak, thanks ya artikelnya

    BalasHapus
  18. Saya punya dua blog satu depannya .com yang kedua belakangnya my.id. Keduanya emang beda sih. Blog utamaku pakai .com. Alhamdulillah sejauh ini aman-aman aja

    BalasHapus
  19. Whoaaa akhirnya aku mudeeengg

    Makasiii sharing dan penjelasannya

    Udah ngga kepo lagiii

    BalasHapus
  20. Yeay~
    Aku juga pakai Niagahoster. Migrasi ceritanya, kak..
    Soalnya harga dan pelayanan di Niagahoster terbaik.
    Seneng banget dan puas banget.

    Masalah .com dan .id ini memang menimbulkan polemik ya..
    Eaaa~
    Setidaknya bagi yang ingin serius di dunia blogger atau menulis media digital.

    Tapi biasnaya .id lebih mehonk euuii~

    BalasHapus
  21. dulu aku pakai .id karena mikir Indonesia banget kan
    eh kaget waktu tahu harga perpanjangan lebih tinggi dari .com, hahaha
    udahlah ganti aja ke .com yang ekonomis.

    BalasHapus
  22. Berarti milih domain juga harus dipikirin juga ya, apa cocok akhirannya .com apa .id. Pengen yang .id sih cuman agak mahal ya hihi.

    BalasHapus
  23. Oh JD karena jangkauannya lebih luas , jadi security nya juga riskan utk dihack ya mba ,yg dotcom. Aku sendiri pake yg dotcom juga. Dan pernah sekali dihack. Tp untungnya programmer yg pegang maintenance blog ku, langsung gercep. Jadi aman sih.. aku juga pernah baca ttg .id atau .org .

    Biasanya aku hati2 tuh kalo ada website yg UTK bantuan dana, tapi pakainya .com, bukan .org. Krn harusnya .org kan kalo utk organisasi apapun

    BalasHapus
  24. Makasih Mak infonya , baru tau bedanya secara detail, sy tahunya id memang khusus Indonesia, sy pake com karena terbaca luas, tp baru tahu kalau rentan di retas ya

    BalasHapus
  25. mau pakai com atau id sama-sama ada plus minusnya ya, mbak. tinggal kita aja nih yang sukanya pakai com atau id

    BalasHapus

Posting Komentar