header permata pengalamanku

Mencegah Ruam Popok dengan Konsultasi ke Dokter

14 komentar
MAKUKU SAP Diapers Slim
Ruam popok? Pakai MAKUKU SAP Diapers aja!

Memiliki bayi baru artinya kembali berkutat dengan berbagai pernik kerepotan perawatan bayi. Salah satunya, masalah ruam popok. Enggak hanya memengaruhi kualitas tidur bayi, kualitas tidur Ibu juga terganggu kalau bayi rewel karena popok yang enggak nyaman. Padahal, Ibu membutuhkan waktu tidur yang cukup untuk memproduksi ASI dan mencegah masalah nifas.

Bagaimana Mencegah Ruam Popok?

Untuk mencegahnya, memang kita harus mengganti popok bayi tepat waktu. Kapankah itu? dr. S.T. Andreas Cristan Leyrolf, M.Ked (Ped), Sp.A, dokter spesialis anak menjelaskan, “Pada umumnya, bayi perlu mengganti popok setiap 3-4 jam sekali. Hal ini untuk menghindari kontak yang terlalu lama dengan urin dan feses yang dapat meningkatkan pH basa pada kulit. Namun, bayi sering merasa tidak nyaman ketika popok yang digunakan terasa penuh dan bocor sebelum waktu mengganti popok. Kondisi ini menyebabkan bayi lebih mudah rewel dan terbangun. Ketika bayi mengalami gangguan saat tidur, maka Ibu juga otomatis akan mengalami hal yang sama karena harus kembali menidurkan bayi.”

Ternyata, rajin mengganti popok aja enggak cukup menjamin anak nyaman dan terhindar dari ruam popok. Masih ada tugas lain, yaitu memilih popok yang tepat. Berdasarkan pengalamanku dengan 7 anak sebelumnya, aku memutuskan untuk memilih popok yang baru meluncur tahun 2020 ini, yaitu MAKUKU Diapers.


Mengenal MAKUKU SAP Diapers

Aku jatuh cinta pada pandangan pertama ke MAKUKU ini saat melihatnya terpajang di sebuah hipermarket. Desain kemasannya simpel, tetapi elegan sekaligus menggemaskan. Berhubung sedang hamil tua, jadi belok deh, pengin mengenal lebih dekat. 

Pas baca-baca soal fitur yang dimiliki MAKUKU Diapers ini, aku makin tertarik. Apa lagi di sana ada sampel produk popoknya yang bisa dilihat dan disentuh. Ternyata lembut banget! Mantap sudah aku ambil satu kantong untuk calon bayiku.

Begitu sang bayi lahir, aku pun mengenakan popok MAKUKU padanya. Para perawat selalu memujinya sebagai bayi tampan yang sangat tenang. Padahal, minumnya kuat banget. Namun, begitu kenyang, ya langsung tertidur pulas enggak pakai drama sampai jam minum berikutnya.

Kalau aku sih, yakin itu karena memakai popok MAKUKU. Mau tahu apa aja yang dimiliki popok kece ini hingga bisa memberikan tidur berkualitas dan perlindungan dari ruam popok bagi bayiku? Yuk, lanjut terus baca artikel ini!


Bagaimana MAKUKU Diapers Mencegah Ruam Popok?

MAKUKU
MAKUKU SAP Slim baru tipe perekat

MAKUKU SAP Diapers terdiri dari tiga lapisan, yaitu:

Lapisan Pertama

Lapisan paling atas yang langsung terlihat ini berupa lapisan permukaan non woven dengan permukaan 3D. Keunikan desain benjolan berstruktur heksagonal ini memberikan tiga fungsi, yaitu:

1. Mengurangi kontak serta gesekan, mengurangi iritasi pada pantat si kecil
2. Terdapat sirkulasi udara, mengurangi kelembapan dan ekstra kering
3. Urin menyerap lebih cepat, mengurangi kerisauan, dan mengurangi ruam popok.

Lapisan Kedua 

Berupa lapisan inti struktur SAP (Super Absorbent Polymer), merupakan polimer hidrofilik yang mampu menyerap cairan dengan baik dan maksimal. SAP setelah uji simulasi getaran dapat mempertahankan struktur aslinya. berbeda dengan produk lain yang mengalami aglomerasi, disintegrasi, dan pergeseran di tengah. 

Berbeda dengan kebanyakan popok bayi yang masih menggunakan pulp. Pulp adalah hasil dari pemisahan serat pada serat kayu yang biasanya digunakan untuk membuat kertas. 

Lapisan Ketiga

Lapisan bawah yang anti bocor plus kain non woven memberikan sirkulasi udara yang baik serta terasa lembut di kulit.

Selain lapisannya yang super aman dan nyaman, MAKUKU SAP Diapers juga memiliki fitur canggih, seperti:

Permukaan Rongga Udara 

Mempunyai sirkulasi dua arah 100.000 mikropori per meter persegi. Memang ini kecil banget, ya. Enggak terlihat dengan mata telanjang. Ukuran rongga udara pada popok MAKUKU hanya 0,015 mm sehingga enggak memungkinkan molekul cair melewatinya, hanya molekul gas yang bisa. 

Hal ini membuat udara lembap keluar setelah urin membasahi permukaan dan memungkinkan udara segar masuk untuk terjadinya sirkulasi. Bagian bawah juga enggak bocor. Keduanya bermanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya ruam popok.

Indikator Urin

Indikator kuning ini akan berubah menjadi biru jika penuh. Ini sangat berguna sebagai pengingat agar segera mengganti popok. Jadi, enggak sampai kalah cepat sama datangnya ruam popok, ya.

Anti Bocor Samping

Karena sisi inti enggak sepenuhnya melekat pada lapisan bawah, maka ditambahkan lapisan anti bocor di bagian samping dan tengah lapisan bawah. Dengan begini, ada lebih banyak area penyerapan dengan kemampuan menyerap untuk kedua kalinya. Tepi yang membulat juga membuat kulit lebih nyaman.

U Shape

Makuku SAP Diapers Slim ukuran NB yang dipakai bayiku ini khusus didesain untuk bayi yang baru lahir. Menggunakan desain berbentuk “U” di bagian tengah pinggang. Ini untuk melindungi dan mengurangi gesekan dengan tali pusar bayi. 

Heat-Press Side

Khusus untuk tipe celana, kedua sisi tepi disambungkan dengan alat ultrasonik/termokompresi, bukan lem. Hal ini memberi manfaat, antara lain:

1. mengurangi gesekan di pinggang, membuat si kecil lebih nyaman
2. mudah dirobek saat mengganti popok
3. karet elastis yang tidak terputus, membuat si kecil lebih nyaman
4. lem lebih sedikit dan mengurangi iritasi.

Tape Pembuang

Fitur ini juga adanya di tipe celana, tipe yang dipakai oleh kakak bayiku. Tape ini sederhana keberadaannya tetapi gede fungsinya. Jarang banget ada di merek lain. Padahal, dengan tape ini, kita bisa mengemas popok bekas secara lebih rapi. Jadi, bau dan isinya enggak bakal berantakan ke mana-mana.

ruam popok
MAKUKU SAP Slim hadir dalam dua model dan semua ukuran

Ya, popok MAKUKU memang terdiri dari model perekat dan celana. Soal ukurannya juga disesuaikan dengan bayi di Indonesia. Rincian ukuran yang tersedia untuk setiap tipe model adalah sebagai berikut:

  • tipe perekat NB, S, dan M
  • tipe celana M, L, XL, dan XXL.


Keunggulan MAKUKU SAP Diapers Slim

Sejak awal, aku memilihkan MAKUKU SAP Diapers Slim untuk bayiku. Jadi, dia memiliki kekuatan SAP tetapi tetap ramping penampilannya. Memangnya bisa? Sebagai pelopor popok dengan teknologi inti baru struktur SAP, MAKUKU lebih maksimal penyerapannya dengan teknologi SAP yang terdiri dalam lima lapisan. Hal ini membuat MAKUKU Diapers memiliki tiga kelebihan utama, yaitu:

Anti Gumpal

Popok yang menggumpal memiliki penyerapan di satu titik aja sehingga membuat permukaan lembap dan basah. Hal ini membuat pertumbuhan bakteri penyebab ruam popok semakin cepat berkembang biak. Oleh karena itu, pemilihan popok dengan daya serap dan anti gumpal seperti MAKUKU ini sangat disarankan. 

Mengunci Cairan

SAP dapat mengunci cairan di bawah tekanan, PH, dan suhu lingkungan. Hal ini membuat enggak ada osmosis saat bayi duduk dan digendong. Juga, enggak bocor ke bawah, samping, dan belakang sehingga mengurangi ruam popok.

Ini terbukti banget, sih. Soalnya, bayiku sempat diberi popok merek lain oleh perawat saat di rumah sakit karena jumlah popok MAKUKU yang kubawa kurang. Maklum, saat itu ceritanya kami harus menginap di rumah sakit lebih lama dari perkiraan. Ternyata, popok merek lain itu bikin pipis bayi lelakiku bocor sampai ke perut, dong. Jadi deh, aku balik lagi minta suami mencarikan popok MAKUKU aja. 

Tipis

Popok yang tebal belum tentu memiliki penyerapan yang besar dan baik. Popok tebal juga bisa menghambat perkembangan bayi karena pada pantat bayi seperti ada yang mengganjal. Apa lagi jika sudah penuh, bakal terasa berat deh. 

Inti struktur SAP membuat popok sangat tipis dan ringan dengan daya serap tinggi. Cuma setebal 1,6 mm, lo! Bayi akan lebih nyaman menggunakan popok yang tipis karena enggak menghambat bayi bergerak dan tetap nyaman beraktivitas.

Dengan banyak beraktivitas, bayi pun akan mengonsumsi asupan gizi lebih banyak. Begitu juga kenyamanan tidur yang didapatnya akan membantu bayi tumbuh dan berkembang optimal.


MAKUKU SAP Diapers Slim Baru

MAKUKU Diapers
MAKUKU SAP Diapers Slim baru tipe celana

Eit! Jangan sampai salah beli, ya! Sebab, popok kesayanganku ini merupakan pembaruan dari varian yang sama sebelumnya. Apa aja bedanya? Cek bagian-bagian ini, ya!

Kemasan

Sama persis, kecuali ada tulisan SAP sebagai nama varian di bagian depan kemasan.

Daya Serap

Ditingkatkan hingga bisa menampung 500 ml, dari yang sebelumnya berkapasitas 400 ml.

Ukuran

Lebih panjang untuk semua ukuran. Jadinya, area serapannya lebih banyak, ya. Untuk ukuran NB, jadi bisa lebih lama memakainya, masih cukup untuk bulan berikutnya.

Penyebaran

Area inti permukaan menyebar merata hingga 120 mm, meningkat 9% dari yang sebelumnya seluas 110 mm.

Tambahan Karet

Khusus untuk tipe perekat ukuran S, ada karet pinggang agar ukurannya lebih pas.

Karet Pinggang

Dibuat lebih elastis sehingga bayi lebih nyaman.

Gelembung di Pinggang

Bagian pinggang tipe celana memiliki gelembung besar untuk meningkatkan ventilasi udara dan mengurangi rasa pengap.

Lapisan Atas

Menggunakan kain non woven hot air yang lebih lembut dari sebelumnya. Lebih sedikit bulu halus, serat lebih tipis, sentuhan lebih halus, dan mengurangi gesekan pada bayi.

Lapisan Bawah

Lapisan belakangnya diperbarui menjadi biokomponen spunbond. Lebih halus disentuh dan mengurangi gesekan pada kulit bayi.


Di Mana Beli MAKUKU Diapers?

Popok ini tersedia di mana aja. Bisa dicari di toko perlengkapan bayi, supermarket, dan hipermarket di kotamu.  Selain itu, dapat ditemukan secara daring di toko resminya di Shopee dan Tokopedia. Untuk lebih lengkapnya, silakan kunjungi aja website MAKUKU, ya!


Khawatir Soal Ruam Popok? Konsultasi ke Dokter, Yuk!

konsultasi
Ruam popok? Konsultasi ke dokter dulu

Sudah tahu dong, bahayanya ruam popok? Bikin bayi rewel dan enggak bisa mendapatkan tidur yang berkualitas. Selain itu, juga mengganggu kualitas istirahat maupun ASI sang ibu. Jika dibiarkan, tumbuh kembang bayi pun bisa terganggu.

Kalau bayi Anda mengalami ruam popok, coba ganti dulu popoknya dengan popok MAKUKU dan gunakan baby rash cream yang dijual bebas. Jika masih ragu atau kondisi ruam popok berkelanjutan, konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Langkah ini sangat penting untuk mengurangi kekeliruan ataupun hoaks mengenai kesehatan bayi.

Enggak perlu bingung soal biaya konsultasi ibu dan anak, karena MAKUKU telah berkolaborasi dengan 10 rumah sakit untuk mendukung kesehatan bayi di masa pertumbuhan dengan mengadakan konsultasi dokter gratis. Jadi, kita bisa bebas tanya dokter gratis di sini.

Program ini diperuntukkan guna mengedukasi ibu mengenai ruam popok bayi dan didampingi langsung oleh dokter spesialis anak serta spesialis kulit. Selain itu, MAKUKU juga akan membagikan popok gratis kepada ibu yang datang untuk melakukan konsultasi.

Kesepuluh rumah sakit yang turut serta dalam program kolaborasi konsultasi ibu dan anak ini, yaitu:
  • RS St. Carolus di Jakarta
  • RSIA Bina Medika di Tangerang
  • RS Lira Medika di Karawang
  • RS Hermina Pasteur di Bandung
  • RS Hermina Pandanaran di Semarang
  • RSIA Putri di Surabaya
  • RS Mitra Medika Premiere di Medan
  • RSIA Azzahra di Palembang
  • RSIA Bunda Asy Syifa di Lampung
  • RSIA Ananda di Makassar

Bagaimana? Apakah kotamu termasuk tempat konsultasi dokter gratis yang tersedia di sini? Kebetulan banget kalau di kotaku sih, ada. Jadi aku bisa konsultasi, deh. Cari tahu jadwalnya, ah! Yuk, ganti popok si kecil ke MAKUKU dan manfaatkan fasilitas tanya dokter gratis ini!

Related Posts

14 komentar

  1. Kebetulan anaknya teman juga menggunakan popok ini, katanya memang bagus dan ga bikin ruam babynya, selain itu juga tipis ukurannya jadi bikin nyaman si baby juga

    BalasHapus
  2. Senyaman itu Makuku diaper ya kak. Kebetulan sepupu aku baru lairan anak ketiga, aku mau rekomendasiin makuku ke dia..

    BalasHapus
  3. Makuku is the best ya Mbak, jadi favorit para Emak nih yaa agar selalu pakai Makuku untuk bayi tercinta.

    BalasHapus
  4. Ruam menjadi salah satu masalah yg bikin makemak galauu pasalny si anak jadi rewelll
    Heuu jadi ingatt zmn anakku bayi mbaa
    Yabagus jika kemudian ada diapers yg concern dgn nasalah inij, bahkan ada indikator urine-nya

    BalasHapus
  5. Apalagi kalau tinggal divdaerah panas, pasti kena ruam

    BalasHapus
  6. Makuku paling cocok untuk babby biar nggak kena ruam popok. Bayi akan lebih anteng dan bakalan lebih nyaman dengan diapers ini

    BalasHapus
  7. gemess banget lihat Adek bayi bobo pulas, tenang gitu, pasti karena popoknya yang bikin nyaman ya, emaknya pun juga tenang karena udah pakai MAKUKU SAP diapers untuk adek bayi.

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah, di kotaku, Makassar, ternyata ada juga tempat konsultasi dokter gratis. Memang, ruam popok pada bayi akan sangat menganggu karena membuat tidak nyaman sehingga bayi akan rewel karenanya. Syukurlah, sudah ada popok Makuku yang siap mengatasi hal tersebut.

    BalasHapus
  9. ruam popok emang bikin bayi ngga nyaman. Sirkulasi udara yang baik jadi salah satu kuncinya ya Kak. Alhamdulillah Makuku mengerti masalah pada bayi. Popok jempolan nih

    BalasHapus
  10. Adek aku jg dulu kena ruam gara" popok dan itu bikin ia nggak nyaman. Jd emang mesti pilih" popok yang sesuai sih

    BalasHapus
  11. Ketika pertama kali pakai Makuku, SAP diapers slim, anak sulungku bilang, ummi sayang dibuang, halus banget bahannya kayak bahan baju adik.

    BalasHapus
  12. Gak kebayang sedihnya para ibu di saat anak rewel gegara ruam popok. Sebaiknya memakai popok yang tidak menimbulkan alergi atau ruam popok ya mbak. Makuku bisa jadi solusi

    BalasHapus
  13. Makuku inovatif banget ya kak, Inti struktur SAP-nyabikin popok sangat tipis dan ringan dan berdaya serap tinggi. Wahh auto nyaman dan aman buat baby, nih.

    BalasHapus
  14. Anak kena ruam popok memang bikin khawatir, karena bikin anak tidak nyaman. Makanya milah pilih diapers penting adanya. Jadi begitu ketemu yang cocok, terus deh dipakai.

    BalasHapus

Posting Komentar