Sewa Apartemen untuk Mengobati Rindu? Enak Nggak, Ya?

Kalau zamannya Dewa 19 lagi "Kangen", bilangnya "Ku terima suratmu ..." (hayo, siapa yang bacanya sambil bernyanyi?) Tapi kalau zaman digital, bilangnya bisa jadi diganti "Ku terima WA-mu ..." Seperti kelakuan Suami nih, hampir tiap hari kirim pesan bilang kangen.

sewa apartemen

Yah, beginilah pasangan Long Distance Marriage, ya. Walaupun setiap akhir pekan bertemu, namun tetap saja bertemu setiap hari itu lebih diimpikan. Alhasil, gawai digital pun menjadi andalan untuk berkomunikasi.

Baca juga: Romantisme Pasangan Sesama Pekerja Digital.

Sering juga kepikiran untuk mengajak aku tinggal sejenak di Jakarta, menemani Suami. Namun berbulan-bulan sudah, ide itu tetaplah masih sebatas wacana. Tentu ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya, ini 6 anak dikemanakan?

Kalau saja ada dana memadai, tentu asyik juga ya, kalau aku bisa memboyong anak-anak berlibur ke Jakarta. Selain bertemu dengan ayahnya, mereka juga bisa melakukan banyak kegiatan menyenangkan di sana, yang tak dapat dijumpainya di kota tempat tinggal kami saat ini.

Baca juga: 6 Amazing Things in The Capital of Wonderful Indonesia.

Sebagai tempat tinggal sementara, inginnya sih, pilih sewa apartemen harian saja. Berhubung menurutku, sepertinya sewa apartemen bisa menjadi solusi yang lebih baik daripada menyewa sebuah kamar hotel. Apa sajakah kelebihannya?

sewa apartemen


Lokasi


Apartemen biasanya berlokasi di tempat yang strategis, sehingga kita mendapatkan kemudahan akses menuju tempat-tempat umum, seperti: kantor, pusat perbelanjaan, pusat kesehatan, angkutan umum, obyek wisata dll. Bahkan, beberapa apartemen memilikinya dalam satu komplek!

Seperti misalnya apartemen baru milik iparku yang menjadi tempat berkumpul keluarga besar Suami saat Idulfitri kemarin. Letaknya persis di belakang obyek wisata Taman Rekreasi Sengkaling, Malang.

Baca juga: Perayaan Hari Raya Idulfitri 1440 H Keluargaku.


Harga


Harga sewa apartemen harian dan bulanan umumnya cukup murah, apa lagi tahunan, dibandingkan tarif hotel. Selain itu, harganya juga kadang masih bisa ditawar agar lebih sesuai di kantong. Tentu ini sangat bermanfaat untuk menghemat pengeluaran, kan?


Masa Sewa 


Tarif hotel umumnya dihitung per hari. Perhitungannya pun dibatasi oleh jam check in dan check out yang kadang kala merugikan, karena sesungguhnya waktu menginap kita belum sehari penuh.

Masa sewa apartemen biasanya lebih fleksibel. Kita bisa bernegosiasi soal tarif saat dihitung secara harian, bulanan atau tahunan, sesuai kebutuhan dan kondisi kita.


Lalu-Lalang


Ini terkait dengan bergantinya penghuni di sekitar kita. Ada kalanya kita merasa nyaman menginap di suatu tempat karena melihat sekitarnya tampak tenang, tidak ada tamu lain yang mengganggu. Namun, siapa yang menjamin bahwa besok tidak akan masuk tamu baru?

Hotel cenderung lebih ramai dan penuh dengan orang-orang yang berlibur yang bergantian datang dan pergi. Sedangkan apartemen biasanya dipenuhi oleh penghuni yang menetap. Sehingga sepertinya suasana sehari-harinya akan lebih mudah diprediksi daripada hotel.


Keamanan


Sewa apartemen jelas terjamin keamanannya, karena yang bisa masuk hanya yang memiliki akses. Tiap apartemen biasa dijaga satpam selama 24 jam dan selalu diawasi kamera CCTV. Keamanan juga disediakan untuk mengantisipasi gangguan lain, seperti kebakaran atau gempa bumi.


Perabotan


Hampir semua sewa apartemen sudah dilengkapi dengan perabotan. Ada yang lengkap dan ada juga yang setengah lengkap. Dengan sewa apartemen, kita sudah bisa menempati hunian layaknya menginap di hotel.

sewa apartemen


Jumlah Kamar


Hitung saja jika aku bersama keenam anakku harus menginap di hotel, butuh berapa kamar? Dengan sewa apartemen satu unit, kita bisa menggunakannya beramai-ramai. Jika memerlukan kamar tersendiri, kita bisa memilih apartemen dengan 2-3 kamar atau tipe studio.


Fasilitas Kamar


Sewa apartemen itu biasanya sudah termasuk dapur, ruang santai dan bahkan kadang balkon. Berkumpul pun seperti aktivitas harian di rumah, tak perlu nenangga ke kamar sebelah. Kalau menginap di hotel, kita harus merogoh kantong sangat dalam untuk mendapatkan fasilitas ini.


Fasilitas Apartemen



Selain fasilitas kamar, sewa apartemen juga membuat kita dapat menikmati fasilitas umum yang disediakan apartemen tersebut untuk seluruh penghuni. Bisa berupa kolam renang, tempat olahraga, taman, area bermain, spa, lahan parkir, minimarket, laundry dan kantin.

Tak salah kan, kalau aku lebih suka memilih sewa apartemen daripada menginap di hotel? Bahkan, kalau ada yang jual apartemen yang pas di hati semua faktor di atas, bisa dipertimbangkan nih, untuk berinvestasi. Hehehe ... Mimpi kali, ye?

22 komentar

  1. Saya paling suka cari apartemen kalau nginap di sebuah kota, soalnya lebih lengkap dan harganya juga gak mahal-mahal banget kayak hotel.

    UDah gitu, fasilitasnya udah lengkap, gak perlu bawa ini itu, cocok banget kalau bepergian bawa bayi nginapnya di apartemen :)

    BalasHapus
  2. Slash satu kelebihan apartemen itu memang fasilitas nya yang lengkap ya. Jadi pas kita menginap itu gak harus repot repot ngapain lagi gitu. Apalagi kalau harga sewanya terjangkau. Sangat banyak diminati pastinya

    BalasHapus
  3. Gara-gara sering nonton drakor, saya jadi familiar dengan apartemen. Benar banget masalah hunian kayak gitu jika harus long distance mending sewa apartemen saja. Bisa kumpul keluarga besar dan nyaman ditempati. Segala sarana sudah ada dan kita bisa bebas ngapain. Kalau nginap di hotel jatuhnya lebih boros karena seperti alasan yang dipaparkan Mbak Farida di atas.

    Sewa apaertemen adalah solusi terbaik kala kita butuh hunian nyaman yang memungkinkan kita tetap bisa kumpul dengan kerluarga besar. Bonding jadi lebih dekat karena tak perlu dipisah sekat.
    Gak nyamngka apartemen juga nyediain sarana penunjang di dalamnya. baguslah, gak perlu bikin kita repot kala pindahan.

    BalasHapus
  4. The good thing about renting apartment is that is very handy, practical, and the location is usually very strategic. So this will be good for your visit with the family

    BalasHapus
  5. Dulu sempet gitu ortu mau beli apartemen.. tapi karena satu dan lain hal yg harus dipertimbangkan akhirnya ga jadi hehe

    BalasHapus
  6. Wah sekarang ada sewa apartemen harian ya? Kirain cuma bulanan atau tahunan saja. Wah..asyik tuh mba ..bisa jadi solusi saat kangen hehe..

    BalasHapus
  7. Kalau bareng keluarga memang lebih enak sewa apartemen harian ketimbang hotel karena paati jauh lebih murah :)

    BalasHapus
  8. owh, so sweet wa nya~~ berapa lama mbak udah LDM (long distance marriage)? aku belum pernah terlintas untuk sewa apartemen, abis aku pikirnya sewa harus per tahun gitu, hehe.. tapi kalo baca situasi kondisi di tulisan ini, pertimbangan untuk sewa apartemen lebih pas dari pada cari hotel ya..

    BalasHapus
  9. I feel you, Mbaaaak. Sebagai mantan pejuang Long Distance Marriage, ngerti banget rasanya kudu itung-itungan budget penginapan. Apartemen juga salah satu pilihan saya Mbak, biar hemat tapi tetep nyaman. Apalagi pas jaman anak masih MPASI ya, perlu kitchenettenya buat masak.... Duhhh, jadi nostalgia. Semangat Mbaaaak!

    BalasHapus
  10. Wah ternyata Mba Farida LDR ya..Semoga bisa dimudahkan berdekatan ya.. btw tinggala di apartemen jg asyik kyknya ya hehe

    BalasHapus
  11. Aku...aku bacanya sambil nyanyi hihihi, ini lagi jaman aku sekolah banget tapi liriknya masih hapal sampe sekarang.
    Hihihi kangen terima duit kali istirnya hihihi.
    Di Jakarta banyak apartemen harian juga kok yang bisa disewa lumayan irit buat urusan makan dan yan punya anggpta keluarga banyak, seru pastinya.

    BalasHapus
  12. Baru tau kakaknya dan suami itu LDR pasti penuh perjuangan banget ya terutama masalah kepercayaan. Btw aku belum pernah sih nginep di apartemen tapi rasanya pengen juga punya itu soale fasilitas umumnya disana cukup lengkap juga.

    BalasHapus
  13. baru tahu mba LDM-an sama suami, itu isi WA-nya yah romantis hahaha kangen2an :p

    dulu sebelum nikah suami tinggal di apartemen emang enak sih deket sama pusat perbelanjaan dan lokasinya juga strategis banget :p

    BalasHapus
  14. Iyaa...
    Zaman sekarang ya...bagi yang punya apartemen, bisa juga tuuh..melirik usaha kaya begini.
    Menyewakan harian.

    Aku pernah pas ke Bogor tinggalnya di Apartemen, bukan hotel.
    Tapi jadi berasa hommie siih...
    Enak banget...

    BalasHapus
  15. Enaknya sewa apartemen itu sudah lengkap ada furnish dan perabotan mulai dari piring, galon air, kompor, kulkas, kasur lengkap dengan sprei dan segala yang dibutuhkan, kecuali makanan yaa...heheee, selamat beromantisme ya Mbaak

    BalasHapus
  16. Bener ya Mbak, kalau dihitung2 sewa apartemen bisa lebihurah ya daripada hotel, hmm jadi pengen juga nih bermimpi punya apartemen *mimpi aja dulu, biar dijadikan wishlist juga kelak 😀

    BalasHapus
  17. masyaAllah mesra banget Mba hihiii btw memang ya sewa apartemen terasa lebih hemat daripada nginep di hotel

    BalasHapus
  18. Beberapakali liburan ke kota lain saya pun mulai coba nginap di apartemen yang bisa disewa harian, apalagi kalo liburan bareng keluarga besar, lebih hemat, ada dapurnya juga yang bikin adik-adikku yang masi punya anak kecil jadi terbantu banget.

    BalasHapus
  19. kadang aku kalo pergi ke luar kota agak lama, lebih pilih sewa di apartemen daripada di hotel mba, lebih terjangkau harganya dan dekat dengan keramaian ya biasanya ada fasilitas mini market bahkan super market dan mall.

    Desri

    BalasHapus
  20. kayaknya aku belum pernah masuk apartemen. Eh apa pernah tapi lupa ya. Memang soal keamanan cukup aman karena yang punya akses aja yang bisa masuk

    BalasHapus
  21. Saya belum pernah sewa apartemen untuk sementara, kalau dulu sih pas tinggal di negeri orang, memang di apartemen terus.. Tapi tentu beda dengan apartemen kebanyakan di Indonesia. Enaknya di apartemen ya apa-apa ada yg ngurusin, service mudah karena pasti ada penanggung jawabnya. Oh ya jadi ingat waktu ke Bandung, saya pernah sewa condotel semalam. Konsepnya apartemen begitu, tapi dinamakan condotel karena semuanya diurus oleh pihak hotel. Cukup nyaman juga menyewa semacam condotel/apartemen kalau sedang liburan terutama dengan jumlah anggota keluarga yang banyak seperti saya. :D

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^