Anak Sehat dan Bahagia Bersama Nestle Lactogrow

lactogrow

Tanggal 14 Agustus 2019 lalu, Lactogrow mengundang para bloger dan media di Semarang untuk hadir dalam workshop Grow Happy Parenting dengan tema "Happy From The Inside Out." Tentu saja aku antusias sekali mengikutinya. Eh, tanya kenapa?


Jujur saja, kampanye Lactogrow ini sangat berpengaruh lho, bagiku. Walaupun tahun lalu aku tidak menghadiri acaranya, namun membaca ulasan dalam artikel teman-teman bloger membuatku ingin menerapkan ilmu yang diajarkan. Salah satunya bahkan aku cantumkan dalam resolusi tahun ini.


Bisa menebak resolusiku yang nomor berapa? Jawabannya adalah resolusi kedua, yaitu memeluk anak 8x sehari. Meski hingga kini aku belum memenuhi jumlah tersebut, namun setidaknya ada peningkatan frekuensi dan kualitas pelukan yang aku berikan pada anak-anak setiap hari.

Mau tahu apa saja materi yang disampaikan Lactogrow tahun ini? Yuk, simak terus sampai tuntas artikelku ini, ya. Berikut ini adalah daftar pembicara dan rangkuman masing-masing materi yang disampaikan dalam acara.


1. Pramudita Sarastri, Brand Executive Nestle Lactogrow


lactogrow

Mbak Dita membuka materinya dengan pertanyaan makna dari kebahagiaan. Tentu saja, jawaban tiap peserta bisa berbeda-beda. Namun yang menarik, ternyata jawaban masing-masing kita tidak jauh-jauh dari keluarga. Jadi, memang kebahagiaan itu dimulai dari keluarga.

Yang perlu diketahui, kebahagiaan ini bukan sesuatu yang otomatis ada, melainkan dia dapat ditumbuhkan sedari kecil dengan menciptakan anak-anak yang berbahagia tumbuh dalam keluarga yang bahagia.

Mengapa bahagia itu penting? Sebab anak yang bahagia akan memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mengalami tumbuh dan berkembang secara sehat serta meraih kesuksesan di kemudian hari. Masa kecil yang bahagia merupakan pondasi bagi masa depan yang bahagia.

Lalu, bagaimana caranya agar anak bisa bahagia? Menurut Mbak Dita, ada 3 unsur penting, yaitu:

  1. Keterlibatan Orangtua
  2. Stimulasi
  3. Nutrisi

Bicara soal nutrisi, maka Lactogrow hadir dengan melengkapi formula kandungannya berisikan Happynutri yang terdiri dari: Kalsium, 12 Vitamin, Minyak Ikan, 7 Mineral dan Omega 3 & 6. Selain itu, Lactogrow juga mengandung Lactobacillus reuteri yang berguna untuk kesehatan pencernaan.


2. Dr. dr. Ariani Dewi Widodo, Sp. AK, Dokter Spesialis Anak



lactogrow

Berikutnya, dr. Ariani lebih menjelaskan lagi bagaimana kesehatan saluran cerna mendukung tumbuh kembang anak agar optimal. Beliau mengingatkan betapa pentingnya memenuhi kebutuhan gizi anak pada 1000 hari pertamanya, terhitung sejak masa pembuahan.

Yang perlu diingat, di awal usianya, kondisi pencernaan anak belum sempurna, sehingga rentan jika ada kuman penyakit yang menyerang. Karenanya, kita perlu memastikan agar makanan yang dikonsumsinya mengandung gizi seimbang, pun memiliki probiotik untuk membantu menyerapnya.

Probiotik ini sangat penting lho, perannya. Dia memiliki fungsi, antara lain:

  1. Menjaga kekebalan tubuh
  2. Mencerna serat
  3. Melindungi dari kuman penyakit

Sama pentingnya dengan makanan bergizi, yang menjadi perantara bagi probiotik /  bakteri baik. Perantara ini berfungsi untuk membantu bakteri baik melewati saluran cerna dan sebagai prebiotik (makanan) bagi probiotik agar jumlahnya banyak, mencukupi kebutuhan tubuh yaitu 85%.

Probiotik bisa kita dapatkan dari susu dan makanan hasil fermentasi seperti yogurt, tempe, kimchi, kombucha dan kefir. Contoh bakteri baik ini adalah: Lactobacillus, Bifidobacterium, Saccharomyces boulardii dan beberapa jenis Escherichia Coli. Berarti, Lactogrow ini sumber probiotik bagus, ya?
Jelas bagus, dong! Sebab, probiotik itu memberikan pengaruh yang tidak bisa dipandang sebelah mata lho, bagi tubuh kita, antara lain: 

  1. Mengurangi durasi diare akut
  2. Menyembuhkan konstipasi
  3. Mengatasi kolik bayi
  4. Meningkatkan kecerdasan
  5. Memperbaiki mood
  6. Mengurangi kecemasan dan depresi

Bagaimana probiotik Lactobacillus reuteri meningkatkan kecerdasan? Probiotik ini menghasilkan Vitamin B12 yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Vitamin B12 membantu pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah anak terkena anemia agar tetap bisa aktif belajar.

Soal memperbaiki suasana hati dan mengurangi kecemasan serta depresi ini, aku sudah buktikan sendiri, lho. Setelah psikolog mendeteksi Si Sulung mengalami depresi akibat perundungan, salah satu perbaikan yang kulakukan dengan pola makan dan probiotik. Syukurlah, kini ia membaik.


Salah satu hal seru saat sesi dr. Ariani ini adalah para peserta beberapa kali dilibatkan dalam permainan interaktif untuk menjawab pertanyaan yang diajukan guna menguji sejauh mana pengetahuan kita. 

Terakhir, kami diminta untuk menyampaikan hal baru apa yang kami dapatkan dalam materi ini. Satu jawaban tercepat dan dua jawaban terbaik mendapatkan bingkisan dari Lactogrow. 


lactogrow

Ternyata, pemenang jawaban tercepat adalah Mbak Rita dari media. Sedang dua jawaban terbaik diraih oleh Mbak Nia Nurdiansyah dan Mbak Archa Bella dari komunitas bloger Gandjel Rel. Ketiganya berfoto bersama dengan posisi berurutan dari kiri ke kanan, bersama dr. Ariani.



3. Elizabeth Santosa, M.Psi, Psi, SFP, ACC, Psikolog


lactogrow

Tak dapat dipungkiri, memang ada kaitan erat antara makanan dengan psikis kita. Mbak Lizzy memberikan tips-tips praktis untuk diterapkan dalam keseharian agar kita bisa bahagia, karena bahagia merupakan magnet agar kita senantiasa dikelilingi hal-hal lain yang membahagiakan.

Yang pertama, para peserta diajak berlatih tersenyum, mulai dari level 1 sampai 5. Mulai dari sekadar tertarik sedikit ujung bibirnya, hingga menganga lebar. Kalau ada yang merasa sakit, berarti jarang senyum, tuh. Hihihi ...

Kita adalah produk dari tipikal orangtua kita. Sangat sulit melepaskan diri dari pengaruh didikan orangtua. Karenanya, kita perlu menciptakan lingkungan yang bahagia bagi anak sejak kecil, agar ia tumbuh bahagia hingga dewasa nanti.

Berikutnya, kami juga diajak untuk membuat jurnal syukur. Yaitu dengan menuliskan sebanyak-banyaknya hal yang kita syukuri dalam 7 hari terakhir selama 10 menit. Semakin banyak yang bisa kita tulis, mengindikasikan tingkat kebahagiaan kita.

Tips dari Mbak Lizzy agar anak kita bahagia, adalah:

  1. Makan makanan bergizi dan tepat waktu
  2. Ruang bermain dan eksplorasi
  3. Mengungkapkan emosi positif
  4. Menjaga waktu tidur
  5. Mencintai tanpa syarat
  6. Antusias saat mendengar

Keterlibatan merupakan satu kata kunci yang sama yang digunakan Mbak Lizzy dan Mbak Dita. Kita terlibat dengan anak, anak pun terlibat dalam keseharian kita agar ia lebih paham tentang segala hal-hal baik yang ingin kita sampaikan. Salah satunya, dalam menyiapkan makanan yang sehat.


lactogrow

Permainan berikutnya, kami dibagi berdasarkan kelompok meja duduk untuk membuat menu makan selama 24 jam dari plastisin dalam waktu 10 menit. Berhubung satu kelompok anggotanya 6 orang, kami berkelompok kecil 2-2 untuk membuat menu sarapan, makan siang dan makan malam.

Tentu saja, kami tetap saling diskusi dan membantu untuk menentukan menu apa yang kami susun agar memenuhi kebutuhan gizi seimbang dan tampak menarik. Syukurlah, kelompok kami merupakan salah satu kelompok yang menang dalam permainan ini. Ini hasil karya kami:

lactogrow

Hadiahnya, berupa sebuah kantong besar dari kain dengan gambar ekspresi senyum khas Lactogrow dan di belakangnya bertuliskan slogan Lactogrow, yaitu "Grow Happy." Lucu sekali, ya. Kata teman-teman, ini tempat pakaian kotor. Tapi aku lebih setuju menggunakannya untuk menyimpan mainan.

lactogrow

Selain hadiah-hadiah di atas, setiap peserta tidak pulang dengan tangan kosong, kok. Masing-masing kami mendapat bingkisan yang lumayan berat. Ternyata, isinya memang banyak dan bagus-baguuss ... Ada susu, gelas, tas, dompet, buku dan pulpen.

lactogrow

Memang seru sekali acara Lactogrow ini. Bertaburan ilmu, permainan dan hadiah. Untuk mendapatkan materi yang lebih lengkap dan ikut merasakan keseruannya, silakan simak video berikut ini, ya:

27 komentar

  1. Wah bermanfaat banget acaranya mbak, mana diisi dengan narasumber yang berkompeten pula, jadi menambah banget wawasan tentang perkembangan anak, tentunya pulang bawa oleh-oleh ini yang jadi nilai plus juga, hahahha

    BalasHapus
  2. Selain dari makanan sehari-hari, kalau aku sih masih perlu membarikan nutrisi tambahan dan biasanya suka aku berikan susu setiap mau sekolah dan malam hari mau tidur.

    BalasHapus
  3. Acara yang sunghuh seru pun bertabur ilmu.
    Kebahagiaan ini bukan sesuatu yang otomatis ada, melainkan dia dapat ditumbuhkan sedari kecil dengan menciptakan anak-anak yang berbahagia tumbuh dalam keluarga yang bahagia....Well noted, jadi pengingat diri nih:)
    Makasih sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  4. Bahagianya anak2 sebenernya memang sangat sederhana. Kasih sayang yang cukup dan perhatian dari orangtua. Gizo juga jangan sampai terlupa, supaya tumbuh kembang dan dan bahagianya maksimal..

    BalasHapus
  5. Wah..Grow Happy bener-bener bikin happy ya....Datang ke acara ini juga bikin happy...banyak hadiah dan ilmu...

    BalasHapus
  6. Udah dua kali ikut acara Lactogrow, senang banget, baguuussss banget acara yang mereka buat. Anak anak juga bahagia kalo diajak main

    itu dokter dan psikolog kenapa cantik cantik banget yaaa

    BalasHapus
  7. ternyata bakteri baik ada beberapa macam ya, dan aku tahunya hanya Lactobacillus dan itupun efek melihat iklan. Dan bisa memperbaiki mood adalah salah satu yang baru aku tahu setelah baca artikel ini...

    BalasHapus
  8. Edukasi yg super berfaedah dari para Narsum nan mumpuni
    Kok Lactogrow blum mampir Surabaya yaaak?
    Rencana daku mau ikutan hehehehhehe
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  9. Aku auto nyoba senyum begitu baca post ini haha. Mulai senyum kecil sampai senyum lebar 😁😁

    BalasHapus
  10. saluran pencernaan yang gak nyaman emang ngaruh ya ke mood anak, terlebih kalo anaknya ekspresif, duh bisa-bisa cranky all the way deh

    BalasHapus
  11. Bener banget, kebahagiaan anak berawal dari pencernaan yang sehat, nutrisi yang bergizi dan stimulasi yang tepat untuk tumbuh kembang yang optimal :)

    BalasHapus
  12. Wah aku suka banget kalo ada acara edukatif yang ada dokter anak dan psikolog. Karena sbg ortu berasa haus banget ilmu parenting dari hari kehari, lucky you

    BalasHapus
  13. Selalu iri kalo ada acara bagus seperti ini. Dapet banyak ilmu parenting ya mbk. Sebisa mungkin setiap hari peluk anak, dan srying ajak anak bermain bersama

    BalasHapus
  14. kunjungan perdana salam kenaal

    BalasHapus
  15. seru sekali ya mbak acaranya, jadi tahu kalau probiotik juga diperlukan selain makanan sehat. Alhamdulillah anak saya juga dapet probiotik dari susu yang dia konsumsi

    BalasHapus
  16. benar juga ya, mbak. kalau anak sehat, dia pun bahagia. kalau anak bahagia, orang tua juga bahagia

    BalasHapus
  17. sepakat ya Mba, sekomplit apa pun susunya, gak akan juga maksimal buat tumbang anak kalo ortunya gak ikut terlibat aktif yah. btw nasya juga minum nestle mba

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Bener banget, bahagia itu kita yang tumbuhkan ya mba, dengan menghargai hal-hal sederhana yang kita dapatkan hari ini..banyak bersyukur..

    BalasHapus
  20. Iya banget, perut yang sehat bisa bikin anak jadi pintar dan bahagia. Susu nih, produk yang bisa diandalkan untuk tubuh anak agar selalu sehat

    BalasHapus
  21. Terima kasih Mbak tipsnya. Jadi membuka fikiran dan hati nih untuk membuat hidup lebih bahagia. Aku coba ah menuliskan 7 hal yang patut disyukuri hari ini.

    BalasHapus
  22. Stimulasi dan asupan nutrisi sangat penting buat tumbang emang ya. Setuju saya mak.lagi berusaha ini. Semangattt buat kita


    Btw, jadi pengen meluk anak juga miniml 8 kali ❤❤

    BalasHapus
  23. Asupan kaya gizi sekaligus stimulasi optimal bisa membantu anak tumbuh berkembang menjadi pribadi yg sehat dan cerdas juga kreatif ya mbak

    BalasHapus
  24. Bahagia banget, kak...dapet ilmu pengasuhan sekaligus berkumpul dengan sesama blogger.
    Waktunya mama upgrade ilmu dan langsung di aplikasikan setibanya sampai di rumah.
    Nuhun, kak...sudah berbagi ilmu.

    BalasHapus
  25. Jadi lactogrow ini juga mengandung probiotik ya mbak? Bagus donk bikin pencernaan anak jd ancar dan gak sembelit gtu ya mbak

    BalasHapus
  26. wait wait, kayaknya pernah liat salah satu temenku instastory acara ini deh. dia jadi peserta gitu.

    btw salam kenal.

    BalasHapus
  27. Suka sama acara yang isinya sarat ilmu begini, tentang stimulan utk melatih motorik dan kecerdasan anak bisa dilatih sendiri di rumah ternyata ya.

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^