10 Alasan Berkunjung ke Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina, Semarang

Taman Rekreasi Marina Semarang

Pertama kali datang ke sini, kami langsung terpesona sekaligus heran. Mengapa ya, kolam renang seindah ini tampak cukup sepi bahkan di akhir pekan? Padahal, Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini memiliki sejumlah kelebihan untuk didatangi, lho: Ini di antaranya:


1. Lokasi Strategis


Taman Rekreasi Marina Semarang

Terletak di daerah Semarang Barat, tepatnya di Ruko No. 3 Jalan Villa Marina. Dekat dengan Pantai Marina yang merupakan pantai kebanggaan warga Semarang. Meski berada di dalam kompleks perumahan, namun Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini terbuka untuk umum.


Kalau buat keluarga kami, lokasinya relatif dekat dari tempat tinggal. Makanya anak-anak rutin berkunjung ke sini seminggu sekali untuk berlatih renang dengan ayahnya. Maklum, mereka memang suka sekali berenang. Kolam renang itu syarat utama bagi anak-anak saat memilih hotel, misalnya.



2. Taman Rekreasi yang Asri


Taman Rekreasi Marina Semarang

Ya, sesuai namanya, di sini tidak hanya menyediakan kolam renang, namun juga taman rekreasi yang indah dan cukup luas Terdapat aneka alat permainan bagi anak-anak seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dll. Bahkan, ada beberapa hewan yang dipiara di sini. Anak-anak jelas antusias sekali.



3. Kolam Renang Aneka Kedalaman


Taman Rekreasi Marina Semarang

Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini memang cocok jika disebut wisata untuk segala usia. Karena, di sini telah disediakan kolam renang dengan berbagai kedalaman. Kolamnya luas, bersih dan nyaman. 

Bagi anak-anak atau pun balita, dapat menggunakan kolam dangkal. Di sini, kedalaman kolam tidak sampai satu meter, sehingga dapat dijangkau anak-anak. Meski begitu, anak-anak tetap harus dalam pengawasan orangtua, terutama balita.

Untuk pengunjung dewasa, dapat menggunakan kolam renang yang lebih dalam. Kalau tidak salah, yang terdalam adalah 1,5 m. Beberapa pilihan kolam yang tersedia ini membuat pengunjung jadi bisa memilih kolam yang sesuai dan berenang dengan tenang, tanpa terasa terlalu ramai.


4. Wahana Air yang Seru


Taman Rekreasi Marina Semarang

Taman Rekreasi Marina Semarang ini dibangun tahun 1992, kemudian direnovasi pada tahun 2009-2012 hingga menjadi lebih cantik dan memiliki banyak wahana permainan air layaknya water park

Salah satunya adalah perosotan dengan ketinggian kurang lebih 20 meter. Pengunjung akan diajak meluncur dengan kecepatan tertentu dan lintasan perosotan yang berkelak-kelok. Peluncur dapat meluncur menggunakan ban pelampung. Sehingga, bisa meluncur dengan aman dan tidak tersendat.

Seluncuran ini ada yang tertutup (sehingga kita merasa seperti menyusuri sebuah terowongan untuk beberapa saat) dan ada juga yang terbuka. Tentu saja, wahana air ini ditujukan bagi yang sudah memenuhi persyaratan tinggi dan berat badan. 

Untuk anak – anak, terdapat seluncuran yang tentu saja ukurannya lebih kecil dan lebih aman. Ada juga ember raksasa yang mengguyur area di bawahnya ketika penuh. Ditambah lagi wahana lain yang akan seru dimainkan oleh anak-anak, seperti aneka pancuran, semprotan dll.


5. Tempat Duduk yang Nyaman


Taman Rekreasi Marina Semarang

Di Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini, kita bisa memilih beristirahat di tempat duduk yang bermacam-macam. Ada meja dengan beberapa kursi di bawah naungan tenda, ada kursi malas dan bangku di bawah teduhnya pohon, ada pula gazebo bernuansa alami. Semuanya gratis!


6. Fasilitas Tambahan


Taman Rekreasi Marina Semarang

Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang memiliki area parkir yang luas dan tanpa dipungut biaya. Begitu juga dengan fasilitas toilet, kamar bilas dan loker. Semuanya gratis dan tersedia dalam jumlah yang cukup banyak.

Selain itu, di sini juga terdapat kantin yang menyediakan aneka camilan, minuman kemasan, mi instan dan gorengan. Disediakan meja makan di dalam mau pun di luar kantin. Kantin ini juga menjual alat bantu renang seperti ban dan jaket pelampung. Semua dengan harga standar. 

Bahkan, di Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini terdapat aula besar dengan halaman yang cukup luas di belakangnya. Fasilitas ini digunakan oleh sekelompok rombongan untuk mengadakan lomba yang sangat seru sekaligus berbasah-basahan saat kami pertama kali datang.


7. Harga Tiket


Meskipun Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini berbentuk water park, namun tiket masuknya terbilang murah. Bahkan, di bawah rata – rata harga tiket waterpark pada umumnya. Untuk pengunjung di bawah 3 tahun, tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Harga tiket masuk di Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini untuk Senin - Jumat adalah 35.000 rupiah. Sedangkan pada Hari Sabtu, Minggu dan hari libur harganya 45.000 rupiah.



8. Jam Buka


Tidak banyak kolam renang yang buka hingga malam hari. Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini adalah salah satu alternatif bagi yang ingin menikmati segarnya efek dari olahraga berenang waktu malam. Jam buka yang berlaku setiap harinya adalah sebagai berikut:

  • Senin - Rabu: 12.00 - 19.00
  • Kamis - Sabtu: 07.00 - 19.00
  • Minggu dan hari libur: 06.00 - 19.00



9. Kicauan Burung


Ya, yang unik dari Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini adalah adanya banyak burung yang beterbangan di atas lokasi. Semakin sore, akan semakin banyak. Membuat suasana berenang di sini terasa lebih ceria mendengarkan kicauannya dan melihat tingkah lucu mereka.

Hal ini adalah bukti nyata bahwa Kolamm Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang ini memiliki banyak pepohonan dan air bersih. Ya, meskipun tidak pernah tutup, namun pengelola tetap melakukan pembersihan kolam setiap hari.


10. Pemandangan Matahari Terbenam


Taman Rekreasi Marina Semarang

Secara keseluruhan, berada di Kolam Renang dan Taman Rekreasi Marina Semarang memang sangat menyenangkan. Kita bisa menikmati segarnya air dalam berbagai variasi percikan, teduhnya pepohonan, hijaunya rerumputan, asyiknya aneka permainan dan hewan-hewan yang menggemaskan.

Ada satu lagi yang layak ditunggu saat sedang di sini, yaitu pemandangan di langit saat matahari akan terbenam. Sinar mentari keemasan di antara gumpalan awan dan lintasan bayangan burung-burung kecil, di atas riak air dan ayunan daun yang dibelai angin itu, adorable!

Nah, kalau kamu sedang ke Semarang, sempatkan untuk mampir ke sini, ya!

10 komentar

  1. Semarang kotanya masih sering banjir kah? Cuacanya panas kah?
    Aku pingin main k sanaa

    BalasHapus
  2. Saya tuh baca foto ini kebayangnya kalo ke sini bisa nyetok foto banyak buat IG, ada banyak spot kece buat foto-fotoee. 😍

    BalasHapus
  3. Aku baru tahu kalo Taman Rekreasi Marina ini ada kolam renangnya juga, eh water park ya. Bagus loh, jadi pengen renang di sana mbak, hihiii

    BalasHapus
  4. Kalo main ke sini, bocah2 pasti ndak mau pulang yhaaa
    nuansanya asri bangeettt
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  5. Nilai plus banget bisa menikmati kolam renang umum sambil menatap sunset
    Fasilitasnya terbilang cukup lengkap ya
    Area rekreasi seru bersama keluarga pastinya

    BalasHapus
  6. Aku udah beberapa kali nih kesini, tempatnya emang enak dan air di kolam utamanya juga bening banget, tiketnya emang lumayan sih harganya

    BalasHapus
  7. Kalau bawa anak anak ada kolam renang itu kok ya weenak tenan hahaha. Nice info kak. Fasilitas lengkap jadi pilihan keluarga deh

    BalasHapus
  8. Sekarang udah lebih bersih dan terawat ya Mbaa...aku terakhir ke sana pas zaman kuliah di UNDIp, dan banyaak nyamukk...hikss. Tapi liat tampilannya sekaarang kok jadi lebih bagus. Bisa nih, kapan2 dicoba berenang sama anak2 di sana

    BalasHapus
  9. Keren ini ya Mbaaaaku belum pernah kemari wkwkwk pengen juga. Apikk suasananya bwrsih juga ya. Seru buat plesiran

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^