Ini 5 Ide Kegiatan Ramadan yang Meningkatkan Kesehatan!

ide kegiatan ramadan

Puasa di tengah pandemi Covid-19 ini menuntut kita untuk tetap waspada menjaga kesehatan walau sedang berpuasa. Apa saja sih, ide kegiatan Ramadan yang seru dan bisa kita lakukan bersama keluarga selama di rumah? Kalau aku sih, setidaknya melakukan lima aktivitas ini:


1. Membersihkan Diri


Kebersihan tubuh merupakan salah satu syarat penting untuk menjaga kesehatan. Jadi, walaupun sedang berpuasa, jangan sampai rasa lemas membuatmu malas mandi, ya. Malah, mandi itu membuat badan dan pikiran jadi segar.

2. Bersih-Bersih Rumah


Pekerjaan satu ini memang berat jika dilakukan sendirian. Seolah tidak pernah ada habisnya. Namun, kalau dijalankan secara gotong-royong, acara bersih-bersih rumah bisa menjadi salah satu ide kegiatan Ramadan yang menyehatkan, menyenangkan, dan mengesankan.

ide kegiatan ramadan

3. Olahraga Bersama


Olahraga saat bulan Ramadan, apakah memungkinkan? Tentu saja. Pilihlah jenis olahraga yang ringan alias low impact. Ide kegiatan Ramadan ini bisa dilakukan setelah salat Subuh atau saat sore sambil menunggu azan Magrib.

Ajak keluarga untuk bersepeda santai atau jalan kaki di sekitar rumah, senyampang daerahmu belum termasuk zona merah dalam pandemi Covid-19 ini, ya. Jika tidak, masih banyak olahraga ringan yang bisa dilakukan bersama di rumah. Misalnya senam, atau seperti anak-anakku yang mengulang latihan pencak silat secara mandiri.
ide kegiatan ramadan

4. Memasak Bersama


Daripada beli menu masakan untuk sahur dan  mnbuka puasa di luar rumah, mendingan masak sendiri bersama keluarga. Ide kegiatan Ramadan ini tak hanya membuat acara puasa menjadi lebih seru, tetapi juga lebih terjamin kebersihan, nilai gizi, dan rasanya.


5. Membaca Alquran


Kesehatan tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi fisik, namun juga mental. Memperbanyak membaca Alquran bersama keluarga adalah ide kegiatan Ramadan yang sangat menyejukkan hati dan menyehatkan mental.


Itulah lima ide kegiatan Ramadan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Jika kita meniatkannya semata untuk mencapai rida Allah, maka setiap kegiatan tersebut dapat terhitung sebagai bagian dari ibadah kita di bulan Ramadan ini.

Kalau kamu, punya ide apa? Bagi di kolom komentar, ya!

Posting Komentar