header permata pengalamanku

Merangkum Jejakku di Tiap Kota untuk Bunda Tercinta

64 komentar

Semarang, Kota Kelahiranku


Aku terlahir sebagai seorang introvert. Yang selalu merasa lebih nyaman tinggal di lingkungan yang sudah kukenal daripada ke dunia baru. Aku memilih untuk mengenal dunia ini secara bertahap, bukan dengan membuat sebuah lompatan yang langsung jauh.

Surabaya, Petualangan Pertamaku


Tidak lama aku tinggal di Semarang. Sekitar usia 2 tahun, aku diajak orangtuaku pindah ke Surabaya dan tinggal cukup lama di sana. Saat TK, aku merasa nyaman bersekolah di TK yang satu jalan dengan rumahku. Ketika SD, aku mulai bersedia menjelajah beberapa blok untuk bersekolah.


Sidoarjo, Kota yang Membesarkanku


Aku tinggal di Surabaya hingga bulan pertama saat aku duduk di kelas 3 SD. Lalu, aku melanjutkan studiku di Sidoarjo. Untuk menempati rumah orangtuaku yang baru setengah jadi dibangun di sana. Ya, daripada mengontrak terus.

Begitu SMP, aku memilih SMP terbaik di kecamatan, bukan kabupaten. Walaupun sebenarnya dari sisi nilai, aku memenuhi syarat.

Waktu memilih SMU, tadinya aku berencana memasuki SMU di tingkat kabupaten. Namun seorang kawan memberiku wawasan berbeda secara tidak langsung. Dia menunjukkan keberaniannya mendaftar ke SMU terbaik di provinsi kami. Padahal NEM-nya di bawahku.

Aku pun memberanikan diri mendaftar ke SMU yang sama. Aku tahu bahwa aku akan diterima. Dan sejak itu, aku mulai menantang diri untuk tidak menapak selangkah demi selangkah, melainkan berusaha melompat lebih tinggi dari zona nyamanku.

Diterima di SMU ibukota provinsi membuatku menempuh belasan kilometer setiap hari untuk bersekolah. Karena kawatir aku datang terlambat, Bunda meminta tolong salah satu ibu temanku (yang baru dikenalnya saat pendaftaran) untuk bersedia memberiku kamar kos.

Syukurlah memang Beliau orang yang baik dan bersedia menolong. Seminggu pertama jauh dari orangtua, Bunda menengokku dengan membawa aneka buah tangan yang ternyata dilengkapi sepucuk surat di dalamnya.

Baru kali ini aku menerima surat dari Bunda. Isinya? Nasihat-nasihat klise seperti jaga diri, jaga kesehatan, makan teratur, belajar yang rajin dll. Namun yang sangat terasa dari dalamnya adalah betapa Bunda sangat menyayangiku dan mengawatirkanku, walau berusaha menutupinya.

Aku hanya bisa berusaha untuk membuat Beliau lebih ikhlas melepasku. Salah satunya dengan membawakan makanan kesukaannya yang merupakan salah satu ciri khas Surabaya, kota tempatku belajar. Agar Beliau bisa lebih menikmati kepergianku.

Masa terus berlalu. Dan perpisahan adalah sebuah keniscayaan. Saat aku kuliah dan lebih lama jauh dari Beliau. Kemudian menikah dan memutuskan langsung tinggal di rumah kontrakan. Aku tahu, selalu ada resah di hati Beliau akan keadaanku, setiap harus melepasku pergi jauh darinya.

Bogor, Kota Asing Pertamaku


Apa lagi ketika Suami membawaku semakin jauh ke sebuah kota yang tak ada satu pun sanak saudara kami di sana. Beliau selalu berusaha menutupi keberatannya. Sekuat tenaga menarik senyumnya dan bercanda, "Jangan lupa oleh-olehnya, ya."

Tentu saja Beliau senang menerima aneka oleh-oleh dari berbagai kota. Namun sebenarnya, yang lebih membahagiakan Beliau adalah adanya alasan untuk bertemu.

Makanan adalah cara termudah kami untuk mengungkapkan kasih sayang. Cukup Beliau dengan bercerita, "Tadi aku ketemu kue kesukaanmu. Kupikir, di sana kan tidak ada yang begini. Jadi aku beli sedikit. Siapa tahu kamu pulang ke sini dalam waktu dekat."

Deg! Anak mana yang tidak trenyuh hatinya. Jelas sudah pesan yang ingin Beliau sampaikan, "Segera pulang, ya. Keburu kuenya basi, lho!"

Semarang, Kembali Kami Berkumpul


Bus Trans Semarang

Dan sebuah keajaiban cerita membawa Suami memilih kota kelahiranku untuk tempat tinggal berikutnya. Yang lebih dahsyat lagi, bahkan kami berhasil memboyong kedua orangtuaku meninggalkan rumah hasil jerih payah mereka untuk tinggal bersama kami di Semarang.

Ya, tentu saja itu menunjukkan bahwa Bunda merasa jauh lebih lega bisa berkumpul dengan anak dan cucunya dibanding harus bertahan di rumah pribadinya. Tidakkah kau merasakan derasnya aliran cinta Bunda untuk kami?

Namun panjangnya jalan cerita yang telah terjalin, membuat kami kadang kala rindu dengan kuliner dari kota-kota yang pernah kami kunjungi. Kalau sudah begini, harus menunggu saat kami atau orang lain yang bisa dititipi pergi ke sana dan membawakan oleh-oleh.

Omiyago, Buah Tangan On The Go untuk Bunda


"Umi, kapankah Hari Ayah?" tanya Bilqis suatu hari.
"12 November," jawabku singkat.
"Oh ya? Berarti sudah lewat, dong? Jadi, tanggal 12 kemarin, Umi kasi kado ke Opung?" kejarnya.
"Mmm... Nggak juga," jawabku ragu.
"Kok enggak?" cecarnya.
"Ya, Umi lupa. Baru ingat saat kamu tanya ini," kataku.

"Aduh, sayang sekali. kalau Hari Ibu kapan?" tanyanya lagi.
"22 Desember," jawabku.
"Wah, sebentar lagi, dong! Berarti kali ini Umi harus kasi kado ke Nenek, ya," tegasnya.
"Mmm... Harus gitu?" tanyaku.
"Iya, dong!  Nggak boleh lupa lagi, ya." 

Ah, Bilqis. Mengapa ucapanmu selalu laksana titah ratu bagiku. Tak terbantah! Kado? kado apa, ya? Undangan Blogger Gathering dari Paxel akhirnya menitipkanku sebuah ide. Dalam acara tersebut, aku kembali diingatkan dengan keberadaan Omiyago, salah satu mitra Paxel.


Cara pemesanan di Omiyago

Sudahkah kau mengenal Omiyago? Omiyago adalah sebuah platform tempat menemukan berbagai oleh-oleh khas Nusantara. Kita tidak perlu lagi mengunjungi setiap tempat untuk mendapatkan oleh-oleh yang diinginkan. Pesan saja di sini, untuk dinikmati sendiri atau dikirim sebagai bingkisan.

Bingkisan pesanan dari Omiyago

Yang aku suka dari Omiyago, selain kepraktisan yang ditawarkan, juga kemasannya yang eksklusif. Tuh, lihat saja contoh paket yang pernah kuterima. Setiap paket akan berisi kartu ucapan terimakasih dan kartu keterangan tentang asal-usul, bahan dasar serta cara penyajian makanan yang kita pilih.

Keren banget, kan? Selain menambah pengetahuan kita, juga cocok sekali sebagai bingkisan bagi orang asing. Jadi, sekaligus memperkenalkan kekayaan kuliner Nusantara. Nggak malu-maluin deh, buat oleh-oleh! Dan, ehem, mengingatkanku pada bingkisan dari Bunda saat pertama kos.

Rangkuman Oleh-Oleh Khas 4 Kota untuk Bunda


Oleh-oleh 4 kota pilihanku untuk Bunda

Entah sudah berapa lama aku menelusuri situs Omiyago ini. Aku sedang memilih oleh-oleh khas dari masing-masing kota yang pernah kutinggali untuk kubingkiskan pada Bunda. Akhirnya inilah pilihanku:

1. Satru Asam dari Semarang


Warna-warninya mewakili keceriaan masa kecilku. Dan memang camilan ini adalah cerminan dari masa lampau yang sesungguhnya. Karena kini sudah sulit sekali menemukan makanan jadul ini. Padahal sensasi lembut, manis dan asamnya itu tak tergantikan.

2. Lapis Surabaya dari Surabaya


Nama bolu ini praktis menunjukkan dari manakah ia populer dikenal. Aku ingat betul bagaimana Bunda dulu berusaha keras mempelajari resep untuk membuat Lapis Surabaya terenak. Berbutir-butir telur sudah yang Beliau ramu untuk memuaskan lidah anaknya ini. Kini, tinggal menikmati saja, Bun.

3. Sambal Lombok Petis dari Sidoarjo


Ya, Sidoarjo terkenal sebagai Kota Petis. Selain juga sering disebut sebagai Kota Bandeng dan Kota Udang. Tak ada petis yang lebih nikmat daripada petis khas Sidoarjo. Jika kamu ingin ikut mencicipinya, kamu bisa mendapatinya pada pilihan Produk > Jelajah Nusantara > Surabaya.

4. Bika Mini Talubi dari Bogor


Ini adalah oleh-oleh yang paling sering kami bawakan untuk Bunda saat kami tinggal di Bogor. Kami sekeluarga besar memang sangat menyukainya. Talubi adalah singkatan dari talas dan ubi, bahan dasar dari bika ini.

Ternyata, tepung talas dan ubi itu menghasilkan bika yang sangat lembut sekaligus padat teksturnya. Harum aroma talas ungu dan ubi madunya sangat menggoda. Dipadu dengan sensasi tambahan nangka pada bika kuning dan pandan pada bika hijau. Benar-benar membuai hidung dan lidah.

Fiuh, sepertinya jadi juga aku mengikuti saran Bilqis untuk memberikan bingkisan istimewa bagi Bunda. Sebagai ungkapan terimakasih atas seluruh cinta kasihnya pada kami. 

Sungguh tak ada yang dapat membalas semua jasa Beliau. Hanya berusaha menjadi anak yang baik baginya dan mampu mendidik cucu-cucunya menjadi anak yang baik pula. Agar senyum itu senantiasa tersungging di bibir dan hatinya.

Terimakasih, Bunda, telah mengisi hari-hari sejak di awal hidupku hingga detik ini.

Related Posts

64 komentar

  1. Wah aku belum kenalan dgn Omiyago nih.. TRIms y mba sudah dikenalkan...mau ngulik2 lagi ah..

    BalasHapus
  2. memang walau aku sudah setua ini ibuku tetap saja mengkhawatirkan aku, kalau ibuku gak pernah mau tinggal di rumah anaknya, dia nyaman di rumahnya sendiri, cuma kita2 agak kawatir walau ada yang menemaninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe.. ya begitulah. namanya cinta, kadang malah jadi ribet sendiri ya :)

      Hapus
  3. Walau sudah dewasa yg namanya ibu trtap menganggap anaknya adalah seorang anak kecil ya 😊

    BalasHapus
  4. Walau sudah dewasa yg namanya ibu trtap menganggap anaknya adalah seorang anak kecil ya 😊

    BalasHapus
  5. Lapisnya menggoda iman, ku jadi lapeeeer mbaak

    BalasHapus
  6. Waaah berpindah2 teruz. Pasti punya banyak pengalaman indahh. Btw itu saya kira situs makanan jepang loh awalnya. Haha. Ternyata jual lapis surabaya juga

    BalasHapus
  7. Akupun sekarang sudah kepikiran nanti ibu mau tinggal dimana kalau semua anaknya sudah menikah, tetep ibu gak mau ninggalin rumahnya

    Sambel Sidoarjo belum pernah coba nih

    BalasHapus
  8. Makanan bentuk pernyataan cinta yang paling mudah. Bahagia memang kalau diingat makanan kesukaan.

    BalasHapus
  9. Saya pernah kuliah dan tinggal di Semarang, banyak kenangan disana hiks jadi kangen masa itu

    BalasHapus
  10. Tinggal berpindah-pindah kota itu menurutku sangatsangat menarik Mbak. Ono memang ada minusnya yakni berpisah dengan orang tua tercinta. Ikut senang akhirnya setelah berpindah ke sana ke mari Mbak Farida kembali berkumpul dengan Bunda. Dan setiap saat dapat memberikan oleh-oleh untuk beliau. Semoga rezekinya bertambah lancar ya mbak. Amin

    BalasHapus
  11. udah lama penasaran sama omigayo. baca ini tambah penasaran lagi. cuss meluncur ke sana :D

    BalasHapus
  12. Baru tau ada Omiyago ini. Bisa jadi solusi nih kalau lagi pengin jajanan khas Nusantara. Juga jika perlu bingkisan untuk dikirimkan pada yang tercinta...
    Cuss ah kepoin Omiyago

    BalasHapus
  13. Saya baca ini serasa ikut merasakan perjalanan hidupnya dari satu kota ke kota lain.
    Inspiratif karena dapat beradaptasi dengan kota yang berbeda.

    BalasHapus
  14. Keempatnya daku suka, pas memang jadi buah tangan 😍

    BalasHapus
  15. Saya udah pernah coba buka web Omiyago. Pilih-pilih dulu apa yang mau saya beli. Asik memang ada e-commerce seperti ini. Bisa beli berbagai makanan daerah tanpa harus pergi ke manapun

    BalasHapus
  16. Sepertinya saya harus meluncur nih ke Omiyago ini, baru tahu.

    BalasHapus
  17. Wah udah keliling rupanya mbak. Banyak pengalaman menarik pastinya dari setiap kota. Ibundanya pasti senyum bahagia

    BalasHapus
  18. Subhanalloh, serunya bisa merasakan hidup di berbagai kota. Sejauh ini saya cuma di Magetan, Jogja dan Jakarta saja. Semoga Allah beri kesempatan mencicipi banyak tempat seperti Mbak Farida.

    BalasHapus
  19. Duhh bubda nya mba pasti senang banget dapat buah tangan dari anak tersayang, apapu bentuknya

    BalasHapus
  20. Menarik ya pernah tinggal di beberapa kota dan emg oleh2 jgn sampai lupa untuk meninggalkan kesan suatu daerah didalam hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. yup, kuliner adalah salah satu ikon suatu daerah

      Hapus
  21. sempat searching sambel Bu Rudi di Omiyago ada loh jadi pengen beli lapis Surabaya nih kefikiran hehehe

    BalasHapus
  22. Omiyago bis juga nih jadi bekal oleh2 untuk keluarga ya..

    BalasHapus
  23. Seru juga ya mba, pernah tinggal di beberapa kota yg pasti memiliki adat dan kebiasaan berbeda. Eh..itu ada tempat beli oleh2. Wuah makin praktis ga pake repot ngunjungi outlet2 satu persatu

    BalasHapus
    Balasan
    1. asyik sih bisa kenal macem2 tempat. kalo beli oleh2 emang praktisnya di omiyago aja :)

      Hapus
  24. Aku pernah nyoba omigayo yang snack-snack keringnya itu rasanya enak loh :)

    BalasHapus
  25. Wah asyik juga ya bisa punya pengalaman tinggal di beberapa tempat jd punya banyak wawasan...

    BalasHapus
  26. Sebagai anak rantau, jauh dari orangtua apalagi ibu itu memang berat. Selalu kangen ibu apalagi masakan beliau ya.

    Omigayo ini punya banyak variasi jajanan yaa.. jadi bisa milih2 untuk buah tangan ibu tercinta

    BalasHapus
  27. Beberapa hari lalu sempat kepikiran pesan Bolu Meranti pakai Omiyago. Eh, baca tulisan ini jadi inget lagi :D

    BalasHapus
  28. Wah sennagnya bisa berpindah2 gtu. Aku dr lahir sampai kerja di Sby terus. Baru pindah setelah nikah hehe. Dan aku bersyukur bisa pindah krn pd akhirnya bisa kenal banyak budaya dan org baru.
    Omiyago ini enak ya kalau kangen oeh2 daerah asal bisa langsung pesen

    BalasHapus
  29. Keren nih kakak satu ini tinggalnya pindah-pindah, jadi anak rantau ya kak, sama Yopi juga gtu heheh. Jadi banyak budaya baru dan bahasa baru yang bisa kita pelajari ya kak

    BalasHapus
  30. Jadi kangen Amih. Pengen ngasih kejutan juga buat Amih kirimim pia kesukaan beliau di Omiyago.

    BalasHapus

Posting Komentar