Tips Suka Membaca Bagi Orang Dewasa

Tips Suka Membaca

Harus diakui, minat baca masyarakat Indonesia ini memang masih sangat rendah. Banyak yang menggaungkan untuk menanamkan kegemaran membaca sejak dini. Lalu, bagaimana dengan yang sudah dewasa? Masih bisa kok, membiasakan dengan menjalankan tips suka membaca berikut ini.


1. Rumuskan Motivasi


Tips Suka Membaca

Sebagai langkah awal, kamu harus punya motivasi buat membaca. Pikirkan, mengapa ingin membaca? Sebagai bloger, kita memang perlu banyak membaca. Begitu juga pelajar yang ditugasi membuat karya tulis. Sebab, menulis sangat sulit dilakukan oleh orang yang sedikit membaca buku.

Ada orang yang membaca buku karena ingin mengetahui sesuatu, mempelajari keterampilan baru, mencari hiburan, atau memulai kebiasaan bagus dalam hidup. Sebaiknya, motivasi yang kamu miliki ini memang sesuatu yang berarti besar bagi kamu. Bukan sekadar tugas yang dipaksakan.

2. Berteman dengan Penggemar Buku


Tips Suka Membaca

Teman itu memang bisa memengaruhi kita, ya. Hal ini berlaku juga untuk kebiasaan membaca. Kamu bisa berteman dengan orang-orang yang suka membaca. Atau bahkan mengikuti komunitas buku di sekitarmu. Kita bisa meniru daya tahannya dalam membaca dan mengerti mengapa suka membaca.


3. Banyak Melihat Buku


Tips Suka Membaca

Tresno jalaran soko kulino. Jika kita terbiasa melihat buku, lambat-laun kita akan mulai tertarik membaca. Sempatkan waktu untuk berkunjung ke toko buku atau perpustakaan. Baca resensi buku di blog teman-teman untuk menemukan buku yang sanggup membuatmu jatuh cinta.

“Cuma perlu satu buku untuk jatuh cinta pada membaca. Carilah buku itu. Mari jatuh cinta.” - Najwa Shihab.

Baca juga: [Resensi Buku] Mana yang Paling Enak?


4. Mulai dari yang Kamu Suka


Tips Suka Membaca

Cari tahu jenis bacaan apa yang kamu suka. Persempit pilihan bacaan lebih jauh lagi dengan mempertimbangkan genre atau topik yang diinginkan. Bacalah beberapa buku dari genre atau yang membahas tema pilihanmu untuk mencari penulis yang sesuai seleramu.

Tidak perlu langsung membaca satu buku. Kamu dapat memulainya dengan membaca beberapa lembar buku sehari. Kalau kamu sudah suka membaca, kamu akan membaca lebih banyak dan tak keberatan membaca jenis buku lain yang bukan kesukaanmu.

Untuk buku cerita, banyak yang bagian awalnya terasa lambat karena harus mengembangkan latar belakang dan karakter yang terlibat. Namun, jika buku itu tak membuatmu kecanduan dalam 50-75 halaman, tutup saja dan ambil buku lain, daripada memadamkan minat bacamu.

Tidak tahu jenis bacaan apa yang kamu sukai? Kamu bisa meminta rekomendasi buku bacaan dari orang lain atau melirik buku-buku best seller dan populer di toko buku. Biasanya, buku-buku ini memiliki nilai lebih yang bisa bikin kamu semangat membaca.

Baca juga: Inspirasi Itu Bernama Yorick.


5. Alokasikan Waktu


Tips Suka Membaca

Kebanyakan orang malas membaca karena waktunya tidak pas. Waktu yang tepat memengaruhi konsentrasi dan kenyamanan. Tiap orang bisa jadi memiliki waktu tersendiri yang terasa pas dipakai untuk membaca.

Ada yang suka membaca di pagi hari, karena kondisi otak masih segar. Ada juga yang memilih membaca saat istirahat atau sebelum tidur. Jika kamu punya jadwal tetap menunggu setiap hari, bisa juga dimanfaatkan untuk membaca. Misalnya saat menunggu bus/seseorang, dalam kendaraan dll.

Sediakan waktu setidaknya 10-15 menit dulu untuk membaca secara konsisten setiap harinya. Kemudian bertahap setiap bulan, misalnya, tambahkan 5 menit lagi hingga menjadi kebiasaan dan kenyaman tersendiri bagi kamu. 


6. Sediakan Tempat Nyaman


Tips Suka Membaca

Tempat yang sesuai untuk membaca ialah tempat yang terang, sejuk, bersih, nyaman, tenang dan rapi sesuai selera kita. Tempat yang lebih kondusif seperti perpustakaan atau taman baca tentu sangat layak dipilih, karena lingkungannya sangat mendukung dan memotivasi untuk terus membaca.


7. Belajar Cara Membaca Efektif


Tips Suka Membaca

Di internet, kamu bisa menemukan bagaimana cara membaca dengan lebih baik, cepat, terkonsentrasi dan lebih paham. Membaca secara berurutan dari baris awal hingga akhir digunakan untuk membaca bacaan yang sifatnya padat, banyak istilah asing atau merupakan bacaan baru bagi kita.

Dalam membaca, kita mencerna informasi saat mata berhenti bergerak. Minimalkan berhenti, dan perbanyak kata yang terbaca tiap mata bergerak. Biasanya, dalam satu halaman hanya akan terdapat beberapa kata kunci penting. Memindai vertikal dan horizontal bersamaan akan sangat membantu.

Nah, itulah sedikit tips suka membaca yang bisa diterapkan orang dewasa untuk menumbuhkan minat baca. Semoga bisa membuat kamu jadi lebih gemar membaca buku, ya. Kalau kamu, apa buku pertama yang membuatmu jatuh cinta dan jadi suka membaca?

5 komentar

  1. Aq akan bertemanndg farida. Biar suka baca n_n

    BalasHapus
  2. Klo aku tantangannya adalah meluangkan waktu. Rasanya sekarang sulit banget meluangkan waktu, sibuk dengan main hp.

    BalasHapus
  3. Mulai dari yg kita suka, iya memang betul. Kalau bukan baca dari yg kiya suka gak minat juga buat baca. Dulu sih aku suka bgt sama buku2 detektif gara2 nonton conan&sherlock. Lama lama merembet ke genre yg lain hehehe. Tipsnya oke mba, aku juga melakukan hal yg sama :')

    BalasHapus
  4. Tantanganku adalah Mood yang datang dan pergi. 不不不 .. Kalo pas lagi mood, dalam seminggu bisa 2 - 3 buku di atas 100 halaman. Kalo lagi gak mood, satu bulanpun kadang gak ada satu bukupun. Ya paling mentok artikel Blog. Bukan buku. 五五五

    BalasHapus
  5. kalo baca2 konten online apa termasuk kategori suka membaca gak yah hehe. Secara sekarang berat bawa buku. jadi gugling pdfnya ut dibaca kalo ada waktu utamanya saat bikin jurnal

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^