header permata pengalamanku

Sehat Selama Pandemi Bareng Morinaga Chil*Go!

91 komentar
morinaga chil go
Sehat bersama Morinaga Chil*Go!

Pandemi sudah berlangsung setahun dan belum ada kepastian kapan berakhir. Yang bisa kulakukan ya cuma berusaha terus menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak menurun, sehingga mereka tetap bisa beraktivitas optimal.

Aku sadar bahwa pola hidup sehat meningkatkan imunitas terhadap virus Corona. Karena itu, aku berusaha menerapkannya di tengah keluarga. Enggak gampang, memang. Apa lagi kalau urusannya sama anak-anak yang memang akalnya belum sempurna.

Untuk menerapkan protokol kesehatan, misalnya. Ada saja tantangannya. Kalau soal cuci tangan sih, anak-anak bisa melakukannya dengan senang hati. Akan tetapi, untuk memakai masker dan menjaga jarak, ada aja dramanya.

Meme si Balita dulu anteng kalau pakai masker. Seiring berjalannya waktu, sepertinya dia mulai merasakan ketidaknyamanan dan keterbatasan selama menggunakannya. Jadi, sering langsung dilepas deh, setiap dipakaikan. Hiks.

Kalau Bro lain lagi. Dia suka aja pakai masker, asalkan ukurannya sesuai untuknya. Jadi, kalau lagi kehabisan atau tidak menemukan masker anak, ya aku simpulkan aja talinya agar lebih pendek dan pas di wajahnya. Mana saat pakai masker, dia suka menjilati bagian dalamnya yang menempel di bibir. Argh! Iseng banget, sih? Jadi harus sering ganti deh, karena basah.

Sedangkan Bilqis, si Anak Super Ramah ini selalu memanfaatkan waktu keluar rumah dengan menambah teman. Bukannya menjaga jarak, dia malah sering menghampiri anak-anak yang ditemuinya dan diajak berkenalan. Sigh.

Makanya, aku tahu banget kalau penerapan protokol kesehatan enggak bisa dijadikan satu-satunya jalan untuk tetap sehat selama pandemi. Dari dalam pribadi sendiri, kita juga harus menjaga daya tahan tubuh anak dan keluarga agar tangguh melawan berbagai penyakit.


Tanda Daya Tahan Tubuh Anak Menurun


daya tahan tubuh anak
Morinaga Chil*Go! bisa membantu menjaga daya tahan tubuh anak, lo

Sistem imun dianggap sehat bila mampu melawan bakteri, virus, dan sel kanker secara efektif. Selain itu, ia juga tahu kapan harus bekerja dan kapan berhenti. Lalu, kapan aku tahu bahwa daya tahan tubuh anak sedang menurun di tengah gencarnya ancaman pandemi? 

Sebenarnya gampang aja. Kalau sudah mulai muncul beberapa tanda di bawah ini pada anak, maka aku meningkatkan kewaspadaan dan perawatan yang lebih intensif untuk kembali meningkatkan daya tahan tubuh anak. Ciri-ciri itu antara lain:

  • mudah lelah
  • malas makan
  • mengalami pusing/demam
  • terdapat ruam di kulit
  • masalah pencernaan seperti kembung, mual, dan diare


E-Press Conference Morinaga Chil*Go!


Beruntungnya, di tengah kekalutan menjaga anak tetap sehat selama pandemi ini, ada suntikan ilmu dalam acara E-Press Conference Morinaga Chil*Go! yang berlangsung 25 Maret 2021 kemarin secara daring.
Acara ini mengusung tema "Peduli Gizi Anak Selama Pandemi." Dipandu Kak Gita Ginezza dan diisi oleh para narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing, yaitu:
  • dr. Daeng M. Faqih S.H, M.H sebagai Ketua Umum PB IDI
  • dr. Muliaman Mansyur sebagai Head of Medical KALBE Nutritionals
  • Gregorius Daru Smaragiri sebagai Business Unit Head Morinaga Chil*Go! KALBE Nutritionals
  • Devina Hermawan sebagai ahli masak/penulis/model/ Finalis Masterchef Indonesia Session 5


Tuh! Bergizi kan, materinya? Ternyata, kita memang patut tetap waspada di masa pandemi ini karena seperti yang dituturkan dr. Daeng M. Faqih S.H, M.H, tingkat kematian anak Indonesia akibat Covid-19 masih termasuk tinggi dibandingkan negara-negara lain.

Hal ini disebabkan oleh masih banyaknya kasus penyakit komorbid Covid-19 pada anak Indonesia, antara lain: pneumonia, demam berdarah, kurang gizi, dan diare. Nah, lo! Diare memang enggak bisa dipandang sebelah mata, ya.

Makanya, kedua dokter narasumber di atas menekankan perlunya pola makan seimbang yang dikombinasikan dengan pola hidup bersih sehat (PHBS) untuk kesehatan fisik. Sedangkan saat keluar rumah demi menjaga kesehatan mentalnya, kita tetap harus memerhatikan protokol kesehatan.



Pola makan seimbang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak) dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) serta serat untuk mendukung saluran pencernaan anak yang lebih sehat sebagai otak kedua.

Jika sistem pencernaan anak sehat, setiap kandungan gizi dalam asupannya akan terserap dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk tumbuh kembang anak. Apa lagi, 70 persen sistem daya tahan tubuh anak terdapat dalam saluran pencernaan anak. 

Untuk memastikan terpenuhinya gizi harian anak, dr. Muliaman Mansyur menyatakan bahwa kita bisa memilih Morinaga Chil*Go! sebagai camilan sehat. Susu steril ini hadir dalam lima varian rasa, yaitu: Vanila, Cokelat, Stroberi, Melon Madu, dan yang terbaru adalah rasa Original diluncurkan dalam e-press conference tersebut.

Sebagaimana yang diungkapkan Bapak Gregorius Daru Smaragiri, Morinaga Chil*Go! ini rendah gula, lo. Bukan hanya varian baru Original saja, semua pilihan rasa susu steril ini kini hadir dengan kandungan 30% lebih rendah dari sebelumnya. 

Selain diminum langsung, Morinaga Chil*Go! juga dapat dinikmati dalam bentuk aneka kreasi resep makanan sehat. Dalam e-press conference kemarin, Devina Hermawan  memeragakan dua resep Morinaga Chil*Go!, yaitu Less Sugar Panna Cotta dan Creamy Baked Broccoli Potato Cheese. Pasti enak banget!


Tips Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan Anak


Mau sehat? Selalu perhatikan sistem pencernaan dalam tubuh! Aku kembali diingatkan soal ini. Jadinya, aku mulai menata diri dan memeriksa apakah aku masih menjalankan langkah-langkah berikut ini untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan anak:


saluran pencernaan anak
Jaga saluran pencernaan anak dengan Morinaga Chil*Go!

Tipsku sederhana saja dan bisa dilakukan secara bertahap. Jika belum bisa memenuhi semuanya, bisa mulai dibiasakan sedikit demi sedikit. Soal cara menyimpan, mencuci, dan mengolah tiap jenis bahan pangan, misalnya, bisa dipelajari sambil dipraktikkan. 

Sedangkan komposisi makanannya mengikuti pola makan seimbang dengan porsi dan frekuensi sesuai usia anak. Selalu berusaha menyediakan cukup protein, lemak baik, serta buah dan sayur sebagai sumber vitamin, mineral, dan serat.

Selain itu, tentu juga memenuhi kebutuhan cairan minimal 8 gelas sehari serta mengurangi teh, kopi, dan soda. Sebab, sejatinya ketiga minuman tersebut bersifat diuretik yang memicu keluarnya cairan tubuh. 

Lalu, aku juga berusaha selalu menyediakan probiotik setiap hari yang bisa didapat dari makanan/minuman fermentasi seperti tempe, yogurt, acar, dan lain-lain.

Juga, anak diajari mengunyah dengan baik agar makanan tidak memberatkan saluran pencernaan anak untuk mengolahnya. Mereka juga harus disiplin BAB dan tidak menahannya terlalu lama. Olahraga juga merupakan kebiasaan baik berikutnya yang kusarankan.

Yang lebih penting dari semua tips di atas adalah kita harus tetap menjaga suasana agar setiap hal tersebut dijalankan dengan gembira dan anak paham alasannya. Konon, kesehatan mental juga menjadi rahasia terpeliharanya daya tahan tubuh anak.


Camilan Sehat untuk Daya Tahan Tubuh Anak


Dari sini, aku jadi semakin yakin memilih Morinaga Chil*Go! sebagai salah satu alternatif camilan sehat yang baik bagi saluran pencernaan anak. Bagaimana tidak? Produk ini bisa memenuhi beberapa tips yang sudah kusebutkan di atas dengan berbagai keunggulannya:

inulin
Keunggulan Morinaga Chil*Go!

Serat Pangan Inulin

Kandungan istimewa Morinaga Chil*Go! ini meningkatkan jumlah bakteri baik di saluran pencernaan anak sehingga mereka tidak gampang sakit. Serat pangan inulin adalah salah satu jenis prebiotik yang tinggi serat dan rendah kalori.


9 Vitamin dan 5 Mineral

Selain protein susu, Morinaga Chil*Go! juga mengandung vitamin A, D, E, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan B12 serta mineral Kalium, Kalsium, Besi, Fosfor, Magnesium, Seng, dan Iodium membantu memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil.


Bermutu

Morinaga Chil*Go! ini sudah melalui uji kualitas PT Kalbe Nutritionals dan Morinaga Jepang. Disterilkan dengan teknologi canggih untuk memastikan terjaganya kebaikan susu bagi daya tahan tubuh anak dalam setiap botolnya.


Kemasan Dapat Didaur Ulang

Selain isinya yang sehat bagi saluran pencernaan anak, kemasannya pun ramah lingkungan demi masa depan anak yang lebih baik.


Enak Banget!

Rekomendasi World Health Organization (WHO) tahun 2015, asupan harian gula tambahan untuk anak usia di bawah 12 tahun maksimal 200 kkal atau 50 gram gula atau 6 sendok makan/hari. Morinaga Chil*Go! memenuhi rekomendasi ini dengan rasa yang tetap enak banget! Bro yang biasanya enggak suka susu putih aja jadi rutin meminumnya dua kali sehari. 

Harapannya, anak-anak bisa mendapatkan manfaat susu cair ini sebagaimana hasil riset Bloggersaborasi Morinaga Chil*Go! dengan IDAI Jatim dan NTT serta Pemerintah NTT. Dinyatakan bahwa anak yang mengonsumsi susu ini dua botol sehari disertai stimulasi memiliki daya tahan fisik yang lebih baik.

Untuk info lebih lanjut tentang Morinaga Chil*Go!, silakan berkunjung ke situs resminya di https://morinagaplatinum.com/id atau akun Instagram @morinagaplatinum. Di sana kita juga bisa membaca artikel-artikel menarik seputar tumbuh kembang anak.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo berikan Morinaga Chil*Go! agar anak tetap sehat selama pandemi!


susu bubuk
Morinaga Chil*Go! baik untuk saluran pencernaan anak dan dompet ibu

Related Posts

91 komentar

  1. anakku juga aku kasih morinaga chil kid mba, susu bubuknya, tapi dia nggak suka, lebih enak yang siap saji katanya jadi aku kasih chil go :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang Morinaga Chil*Go! juga ada yang bubuk, sih

      Hapus
  2. anak - anak memang harus dijaga banget yaaa mba kesehatan dan juga imunitasnya. Pastikan gizi mereka terpenuhi dengan baik

    BalasHapus
  3. Menjaga daya tahan tubuih tuh memang penting sekali. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang

    BalasHapus
  4. Pastinya banyak parents yg percaya dgn Chil Go ini ya.
    Bunda ga perlu khawatir anak kekurangan zat gizi.
    karena chil go lengkaappp banget!

    BalasHapus
  5. Bagus nih Morinaga Chil*Go rendah gula dan juga banyak varian rasa. Jadi anak-anak nggak gampang bosen.

    BalasHapus
  6. seru banget acaranya kemarin ya mbaa.. aku juga ikutan loh.. hehe..
    dan aku baru tau ternyata saluran cerna itu otak keduanya manusia. makanya perlu dijaga kesehatannya ya supaya daya tahan tubuhnya bagus.

    BalasHapus
  7. Kalau masih kecil gitu pastinya agak kesulitan untuk bisa betah pake masker yah mbaak, sampai dijilatin gitu. Kita yang dewasa aja kadang suka berasa sumpek dan pengap, apalagi anak kecil.

    Imunitas dan daya tahan tubuh anak memang harus dijaga yah mbaak, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus
  8. Setuju banget, masa pandemi yang ga tahu kapan berakhir justru mengajarkan kita untuk lebih ekstra menjaga kesehatan tubuh, selain prokes . Apalagi untuk keluarga, terutama pada anak wajib dijaga daya tahan tubuhnya, hadir morinaga chil go ini menjadi solusi buat anak2 untuk selalu fit dan sehat yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Enggak ada istilah nunggu sakit dulu, ya

      Hapus
  9. Tapi beneran loh, susu cair Morinaga Chil go memang enak.
    Dulu waktu TK, anak saya selalu bawa susu cair Chil go ke sekolah, jadi kami biasanya stok banyak, dan saya sering ikutan minum saking enaknya hahahahašŸ˜…

    Dan yang asyiknya, anak saya cocok minum susu Chil Go, padahal dia sering bermasalah pencernaan nya kalau minum sembarang susu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku icipin juga emang enak banget kok hihihi..

      Hapus
  10. Kami sekeluarga, termasuk anak-anak, juga rutin mengkonsumsi prebiotik. Selalu diusahakan di sata pandemi ini sehat terus. Chil*Go ini rasanya disukain anak, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup. Penting banget prebiotik dan probiotik ini

      Hapus
  11. aku tu baru ngeh kenapa disebut Chill*Go.... ternyata memang cocok ya, karena bisa dikonsumsi on the go, praktis gitu....

    BalasHapus
  12. Masalah pencernaan anak wajib banget diketahui Orangtua. Jadi bisa tahu kalau ada masalah. Jangan lupa buat kasih nutrisi yang baik dan seimbang. Misalnya juga ditambahi Susu Chil*Go!

    BalasHapus
  13. Nah ini yang penting di masa sekarang. Perut anak terjaga ya kesehatannya. Biar daya tahan tubuhnya selalu bagus. Gak khawatir jadinya walopun kuman di sana sini. Anak sudah tahan. Dan iya, ini berpangkal dari perut yang sehat. Perut yang sehat, berawal dari makanan dan minuman sehat dan bergizi. Salah satu susu yang diminum anak-anakku nih Chil-go ini.

    BalasHapus
  14. Praktis banget nih produk Morinaga Chill Go buat menjaga kesehatan pencernaan anak. Bisa dibawa kemana2. Varian rasanya juga lezat2.

    BalasHapus
  15. rasanya enak loh mba, manisnya juga pas, apalagi menarik banget nih karena botolnya daur ulang ya mba.

    BalasHapus
  16. iyaah mba, memang pencernaan itu udah kayak otak kedua kita. makanya harus kita jaga dengan baik juga kesehatannyaa.. kalau aku menjaganya dengan probiotik dan makan makanan yang sehat, mba

    BalasHapus
  17. Ternyata kandungan chilgo lengkap ya, bisa mengatasi masalah pencernaan juga, kalau anak-anak emang suka karena rasanya enak, mamak kadang cuma beliin aja, ternyata anak-anak nggak salah pilih hehe

    BalasHapus
  18. Allhamdulillah hadirnya morinaga chill go ini, bagus banget buat tumbuh kembang anak ya Mba
    semoga anak-anak dapat bertumbuh dengan baik aamin.

    BalasHapus
  19. Bagian enak banget ini aku harus teriak "SETUJUUU".
    Morinaga never failed laah yaa.. Anak-anak selalu doyan dengan rasa manis yang pas.
    Aku jadi paham niih...kalau daya tahan saluran cerna anak bagus, jadi gak mudah sakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget kalau asupan bergizi bisa dikonsumsi dengan nikmat, ya

      Hapus
  20. Baru tau ad chilgo cair. Anak2ku pasti suka ini. Tks infonya ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Chil*Go! emang cair karena buat on the go

      Hapus
  21. Aku juga nonton nih acara e press conference Chilgo. Banyak insightnya yang di dapat. Di sini juga ditulis dengan apik. Anakku suka minum Chilgo

    BalasHapus
  22. aku seneng kasih anakku yang chil go kalau berpergian mba, ukuran kemasan pas untuk sekali minum jadi bisa bawa beberapa juga untuk persedian

    BalasHapus
  23. Aku pun setuju kunci menjaga kesehatan adalah dari saluran cerna. Btw anak ku juga kadang suka minum chil go nih.

    BalasHapus
  24. Terima kasih informasinya mam... Bermanfaat sekali... Ijin share artikelnya ya...

    BalasHapus
  25. ini acara yang sangat bermafaat ya mbak, dengan acara ini orang tua bisa tetap memperhatikan asupan gizi anak, dimana masa pandemi gini harus lebih meperhatikan asupn gizi anak agar lebih menjaga daya tahan tubuh

    BalasHapus
  26. Enak nih Morinaga Chil Go, selain rasanya yang memang nikmat terus praktis juga nggak ribet dibawa pergi2. Hehe..

    BalasHapus
  27. Memperhatikanm imunitas anak, apakah menurun atau tidak, jadi tantang ternsendiri ya Mbak. Selain itu kesehatan saluran dan organ pencernaan memang penting banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kudu dijaga biar kesehatan secara keseluruhan juga optimal

      Hapus
  28. Wah sekarang brand semakin berinovasi dalam hal kepraktisan ya Kak, kaya Morinaga Chil Go ini praktis buat dibawa pergi-pergi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Morinaga Chil*Go! memang dari dulu untuk dibawa langsung.

      Hapus
  29. aku baru tau kalo Morinaga Chill*Go sekarang ada kemasan kardus yang lebih besar ya, biasanya beli yang uht aja botolan kecil itu loh

    BalasHapus
  30. Ini nih yang penting selama pandemi, menjaga tubuh si kecil dengan cara merawat perutnya melalui makanan dan minuman bergizi ya. Dan susu, salah satu sumber bergizi.

    BalasHapus
  31. yg varian original enaaakk banget jadi ingredients masakan.
    Aku pakai buat bikin spagheti bolognaise
    endolitaaaa

    BalasHapus
  32. Setelah membaca ulasan ini setidaknya saya tahu ciri-ciri anak yang berdaya tahan tubuh lemah. mudah lelah, malas makan, mengalami pusing/demam,
    terdapat ruam di kulit, masalah pencernaan seperti kembung, mual, dan diare .... Selamat siang, Mbak Farida.

    BalasHapus
  33. Morinaga ini merk susu yg banyak digkonsumsi oleh para anak di keluargaku, jadi kaya semacam brand familiar di mataku.

    BalasHapus
  34. Wah keren ini Morinaga chil go, brand yang sudah terkenal dan terpercaya. Anak2 juga pasti suka ya mengkonsumsinya, bisa jadi alternatif snacking nih buat si kecil.

    BalasHapus
  35. Beneran se-enak ituu, ChilGo ini
    Anak dan ponakanku sukaaa
    bisa dikreasikan pula ya

    BalasHapus
  36. Wah ini mah kesukaan Umar dan Ali (keponaan saya) mba, kemana saya ajak mereka ke supermarket , yang ditarik duluan ya kebagian rak minuman. Dan mereka sudah notice sama si Morinaga Chil*Go! ini botol warna meraah hahhaha ☺️

    BalasHapus
  37. iya mbak, menjaga daya tahan tubuh anak di masa pandemi ini penting banget ya. jangan sampai anak anak sakit, repot ke dokternya. Jadi beneran kita iktiar memenuhi asupan nutrisi yang seimbang saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Mending jaga kesehatan aja daripada ribet ke dokter

      Hapus
  38. Aku pernah bikin mainan untuk anak-anak dari bekas botol Morinaga Chil Go, lho! Waktu itu bikinnya berdua, sampai ku-post di YouTube juga, hihi... Narsis, yaa...

    BalasHapus
  39. Wiwin | pratiwanggini.net10 April 2021 05.27

    Saya juga masih punya balita. Musti pandai-pandai menyediakan minuman sehat untuk anak. Apalagi di masa pandemi begini. Asupan nutrisinya harus mendukung imunita tubuhnya. Makasih untuk sharingnya, mom...

    BalasHapus
  40. Memang kesehatan itu letaknya di pencernaan. Begitu juga dengan anak. Dulu anakku mulutnya bau karena minum susu yang mungkin tidak cocok untuk tubuhnya. Kupikir dari mulut, ternyata berasal dari perut. Karena setiap putus susu, bau mulutnya hilang. Mungkin berkenaan juga dengan pencernaannya. Beruntung Chilgo memperhatikan pencernaan ya. Aman pastinya.

    BalasHapus
  41. Wah susunya banyak sekali
    Bikin saya ingat awal kenal dengan ChilGo dan percaya sebagai minuman bernutrisi tambahan untum anak

    BalasHapus
  42. Acara webinarnya sangat bermanfaat ya bagi orangtua agar lebih memahami kebutuhan gizi, sistem pencernaan anak, serta daya tahan tubuhnya.

    BalasHapus
  43. Susu Morinaga ini enaknya ada susu sekali minumnya yaa, enak banget jadi praktis ya. Mom

    BalasHapus
  44. Bener juga ya mba, selain menjalankan protokol kesehatan, kita juga harus mengimbangi daya tahan tubuh anak-anak dengan pemenuhan gizi yang seimbang. Plus menjaga kesehatan saluran pencernaan mereka agar asupan gizinya bisa berjalan maksimal.

    BalasHapus
  45. betul, mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi penting bgt ya bu utk daya tahan tubuh. aplg d era sprt skrg

    BalasHapus
  46. Anak saya juga suka banget ngemil susu UHT eh tapi belum coba yang chil go ini. Saya jadi tertarik dengan kandungannya yang kaya serat dan bagus untuk pencernaan si kecil.

    BalasHapus
  47. Kandungannya lengkap banget ya susunya, aku juga pengen banget anak-anak bisa terjaga daya tahan tubuhnya selama pandemi

    BalasHapus
  48. Kandungan pada susu chilgo lumayan lengkap ya? Dan bisa menjadi salah satu susu pilihan yang dapat dikonsumsi oleh anak

    BalasHapus
  49. Susu morinaga chil go memang enak beneran lho menurutku. Soalnya aku kadang suka ikutan minum juga...hehehe.

    Btw, musim pandemi yang belum tahu kapan usai ini menang bumin was2 banget. Karena mau buat anak disiplin prokes itu ektra perjuangan banget. Jadi memang kudu diimbangi dengan asupan yang bisa membantu meningkatkan imunnya. Salah satunya bs dari ngemil susu chilgo ya mbak☺

    BalasHapus
  50. Kandungan Morinaga Chil*Go lengkap banget ya, Mbak. Apalagi sekarang diperkaya dengan inulin yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan si Kecil. Ntar nyoba beli deh, semoga anak-anak suka.

    BalasHapus
  51. anakku suka banget minum Chilgo.. susu andalan nih yg harus ada kalo ngajak anak2 hangout

    BalasHapus
  52. Mempertahan kesehatan selama pandemi itu harys banget deh. Apalagi anak-anak..kasian kalau mereka sampai sakit..

    BalasHapus
  53. Terima kasih untuk tips jaga kesehatan pencernaan anaknya ya, Mbak. Morinaga kebetulan juga jadi susu salah satu ponakanku. Mereka susu yang bagus memang dan selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan anak dan pemilihan susu yang diproduksi dengan konsen untuk jaga saluran pencernaan memang penting sih menurutku. Pencernaan yang sehat kan bikin tumbuh kembang anak juga bagus

    BalasHapus

Posting Komentar