Saat Puasa, Corona Masih Melanda

puasa corona

Puasa? Corona kan, masih berkeliaran? Nggak apa-apa, tuh? Bisa kurang gizi dong, kalau puasa? Nanti, kalau badan lemes kan, jadi lebih mudah terserang penyakit? Katanya, kita disarankan minum 15 menit sekali untuk mencegah Corona. Lha, Kalau puasa bagaimana cara memenuhi kebutuhan air kita?


Dengan Puasa, Corona Bisa Menyerah


Hei, belum tahu, ya? Sebenarnya jika kita puasa, Corona juga bisa kita usir dengan lebih mudah. Karena, puasa itu menyehatkan fisik dan jiwa kita, lho. Tidak percaya? Simak dulu dong, ungkapan dari para ahli ini.

Menurut Ahli Gizi Universitas Gadjah Mada R. Dwi Budiningsari, menjalankan ibadah puasa mampu meningkatkan sistem imunitas atau kekebalan tubuh. Jadi, dengan berpuasa, kita bukannya makin rentan terhadap terjangan virus Corona, justru sebaliknya.


Lebih jauh lagi, dr. Heri Munajib dari bagian pusat data dan informasi PP PDNU menjelaskan bagaimana puasa bisa bermanfaat bagi tubuh di tengah pandemi Corona. Puasa diklaim dapat mengurangi terjadinya badai sitokin yang menjadi penyebab kematian akibat terinfeksi virus Corona.

Badai sitokin ini merupakan reaksi dari imun yang seharusnya menyerang virus malah berdampak buruk ikut menyerang tubuh. Nah, risiko seperti ini dapat dikurangi pada orang-orang yang berpuasa, lho.


Puasa Menyehatkan Mental


Tak hanya itu, pakar jiwa pun meyakini bahwa puasa bisa menjadi sarana untuk detoksifikasi jiwa. Seperti yang disebutkan oleh dr Lahargo Kembaren, SpKJ, psikiater dari RS Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor. Karena saat berpuasa, kita terlatih untuk mengendalikan diri. 

Selama berpuasa, otak kita juga akan mendapatkan protein. Protein ini nantinya berfungsi yang sama seperti obat antidepresi atau kecemasan. Jadi, stresnya juga akan ikut turun dan membuat tubuh jadi lebih relaks dari biasanya.

Menu dan Pola Makan yang Benar Saat Puasa


Tentu saja, manfaat metabolik dari puasa di atas dapat dirusak oleh pola konsumsi yang salah. Makanya, kita perlu menjaga agar menu dan pola makan saat berbuka dan sahur tetap benar. Yaitu, dengan mengonsumsi asupan gizi secara lengkap dan seimbang.


Soal asupan cairan, sudah pernah aku bahas sebelumnya dalam artikel Menjadi Ibu, Menghidupkan Hidup agar Lebih Hidup terkait dengan bagaimana triknya memenuhi kebutuhan cairan kita selama berpuasa. Silakan dibaca di sana, ya!

Nah, sekarang tak perlu ragu lagi ya, untuk tetap berpuasa dan raih manfaatnya dunia-akhirat di tengah pandemi Covid-19. Yuk, Semangat!

Tidak ada komentar

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^