Ide Menu Akikah

ide menu akikah

Bulan November begini biasanya kalau di belahan bumi sebelah Barat sana identik dengan thanksgiving party. Gara-gara berpikir soal pesta, aku jadi mulai cari-cari ide menu akikah untuk calon bayiku nanti yang saat ini masih memasuki usia enam bulan dalam kandungan.

Menyiapkan Bahan Setengah Jadi Daging Kambing


Untuk akikah kali ini, sepertinya akan dimasak sendiri oleh Bunda sebagaimana umumnya menu lebaran di keluargaku. Sebelum mengolahnya menjadi hidangan tertentu, biasanya Bunda menyiapkan daging kambing dalam bentuk setengah jadi dulu untuk disimpan guna menghemat tenaga.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menyiapkan daging kambing ini agar empuk, sedap, dan tidak bau adalah dengan memilih salah satu cara berikut ini disesuaikan dengan ide menu akikah yang nanti dipilih: 
  • Sisihkan lemak pada daging
  • Beri taburan garam
  • Lumuri daging dengan jeruk nipis
  • Rebus daging bersama rempah-rempah
  • Balur dengan parutan nanas
  • Bungkus dengan daun pepaya

Ide Menu Akikah dari Olahan Kambing


Setelah berselancar di dunia maya, aku mendapatkan beberapa alternatif jenis masakan olahan kambing berikut ini:

olahan kambing

Sate Kambing

Olahan daging yang satu ini paling sering dijumpai termasuk di paket akikah yang dibagikan. Wajar saja karena memang terkesan mewah dan sudah terkenal sebagai salah satu bentuk hidangan nan lezat di dunia ini.

Daging kambing yang sebelumnya direndam bumbu dipotong dadu dan ditusukkan pada bilahan bambu yang sudah dibuat tipis, kemudian dibakar di atas bara api. Disiram dengan bumbu kacang yang gurih serta kecap manis lengkap dengan taburan bawang goreng tentu sangat sedap disantap.

Gulai Kambing

Yang doyan hidangan berkuah santan pasti suka sama gulai kambing. Makanan khas Sumatera Barat ini merupakan olahan kambing yang dimasak bersama aneka rempah-rempah seperti kunyit, ketumbar, jahe, lengkuas, jintan, dan lain-lain. 

Kari Kambing

Jika sate dirasa terlalu sulit, gulai juga masih terasa berat, kita bisa memilih kari kambing. Menu yang satu ini simpel dan praktis dibuat. Potongan daging kambing yang agak tipis direbus lama supaya empuk dipadukan dengan kuah kari kental yang gurih.

Rendang Kambing

Biasanya memang kita menyantap hidangan rendang ini dengan bahan dasar daging sapi. Akan tetapi, dengan cara tepat dan racikan bumbu yang pas, olahan kambing dalam bentuk rendang pun tidak kalah menggiurkan.

Kita bisa pakai bahan bumbu rendang Jawa nan sederhana dan praktis. Atau, kalau berencana mengirimkan hidangan rendang dengan jarak yang cukup jauh, ada baiknya diolah menjadi rendang kering karena agar lebih tahan lama.

kebuli kambing

Nasi Kebuli Kambing

Bosan dengan nasi biasa, kita bisa coba suguhkan nasi kebuli kambing. Nasi kebuli merupakan hidangan khas Timur Tengah yang sudah familiar di Indonesia. Hidangan ini tampak lebih praktis dalam kemasan karena nasi dan olahan kambing sudah jadi satu.

Nasi yang kaya rempah dengan aroma daging yang mirip dengan nasi gurih kalau di Jawa ini memang bikin ketagihan. Bagaimana tidak? Beras yang dimasak bersama rempah dan potongan daging kambing pun berubah menjadi harum sekaligus gurih. Apa lagi kemudian daging tersebut dibakar/digoreng sebagai teman kebuli kambing. Nikmat!

Tongseng

Tongseng ini mirip gulai namun dibuat dengan daging masih menempel pada tulangnya. Tongseng dimasak juga bersama sayuran seperti kol, bawang merah, bawang putih, lada, merica, pala, tomat dan tidak lupa kecap manis. 

Krengsengan Kambing

Bumbu dan cara memasaknya hampir mirip dengan tongseng namun dibuat dengan sangat sedikit kuah atau bahkan nyaris tidak berkuah. Cita rasa olahan kambing ini pun pedas, gurih dan manis.

Sop Kambing 

Kalau ingin momen istimewa ini dirayakan dengan berbeda, kita bisa memilih ide menu akikah berupa sop. Dengan begini, kita telah menghidangkan olahan kambing bersama sayuran sekaligus.

kambing korea

Kambing Masak Bumbu Wijen

Nah, kalau yang ini adalah olahan kambing Korea. Daging kambing ditumis sampai warna kecokelatan, lalu ditambahkan bumbu campuran kecap asin dan manis, serta dihidangkan dengan taburan wijen di atasnya. Menu kambing Korea ini pun siap membuat lidah bergoyang.

Rolade Kambing

Bunda suka sekali mengolah daging menjadi rolade. Menu olahan kambing ini akan mudah disantap anak-anak. Dengan tambahan kentang, wortel, dan buncis, mereka pun bisa ikut bergembira menyambut akikah.

Kambing Gepuk

Gepuk adalah makanan khas Sunda. Biasanya dibuat dari daging sapi yang dipipihkan, diolah dengan aneka rempah dan teksturnya agak hancur serta kering sehingga tidak mudah basi. Jadinya, olahan kambing yang satu ini bisa dinikmati berhari-hari.

Abon Kambing

Selain itu, bisa juga mencoba olahan kambing berupa abon yang lebih mudah dikunyah dan rasanya biasa disukai anak-anak. Abon kambing juga bisa disimpan dalam waktu yang cukup lama dalam suhu ruangan atau dingin.


Nah, jadinya enak pilih yang mana, ya? Atau kamu punya ide lain?

13 komentar

  1. Baru tahu bisa dijadikan abon. Biasanya di sini dijadikan rendang sama gulai aja

    BalasHapus
  2. Nggak nyangka Kambing bisa diolah beraneka menu, malah bisa jadi abon
    Karena aqiqah umumnya saya lihat hanya lontong dan gulai

    BalasHapus
  3. Wadididaaw! Aku suka sih semuanya (anaknya doyan makan kambing)

    Jadi yang juaraaa itu tetep tongseng sih buatku, sama krengsengan, eh apa ya itu bahasa Indonesianya, yang kayak dikecap tapi pedes pake rawit dan ditumis tanpa kuah

    BalasHapus
  4. masakan kuliner nusantara menyenangkan

    BalasHapus
  5. Banyak banget ya ternyata ide menu Aqiqah, kalau saya nggak pernah bikin acara sih, selalu pesan, lalu bagi-bagikan ke panti asuhan dan keluarga.

    Nggak pernah masak besar sendiri, lebih suka yang praktis dan pesan-pesan gitu, kebanyakan memang cuman gule dan sate sih :)

    BalasHapus
  6. Lihat nasi kebuli jadi ngiler, belom nemu yang cocok di Pekanbaru nih hehe

    BalasHapus
  7. Saya pernah makan krengsengan kambing. Awalnya saya agak aneh sama namanya karena saya orang sumatra. Eeeeh alah pas dimakan di akikahan anak temen, kok yo enak. Jihihi

    BalasHapus
  8. Sate kambing enak niiih. Nasinya anget plus saus kacang pedes. Kalo menu lain mungkin krengsengan kambing deh. Kalo tongseng kan berkuah ya. Aku sukanya yang gak terlalu berkuah kalo kambing.

    BalasHapus
  9. Apapun menu daging kambing saya selalu suka. Goreng, kuah, maupun bakar. Dagingnya, menurut saya, lebih tasty ketimbang daging sapi. Aaahh jadi pengen tongseng deh. Dikasih tomat dan emping dah kebayang enaknya

    BalasHapus
  10. Yummyyyy, kambing memang endeusss bisa diolah jadi banyak varian menu yaa.

    Btw, ini anak keberapa?
    Semoga lancaarr dan penuh berkah yaaa

    BalasHapus
  11. Kambing Masak Bumbu Wijen. Boleh nih jadi pilihan olahan Kambing. Jarang nemu juga menu ini.

    BalasHapus
  12. Saya suka daging kambing, tapi dari menu diatas hanya beberapa yang baru saya coba, bisa nih jadi menu baru hidangan dirumah. hehe

    mba semoga lancar ya persalinannya, semangat ��

    BalasHapus

Hai, terimakasih sudah berkunjung.
Jejakkan komentarmu di sini ya... ^_^