header permata pengalamanku

Apa Aja Barang yang Dibawa Bepergian?

6 komentar
barang untuk bepergian
PPKM sudah tidak terlalu ketat nih, sekarang. Banyak destinasi wisata yang dibuka dengan tetap jaga protokol kesehatan. Sudah tahu mau ke mana, berapa lama, seperti apa medannya, dan apa aja yang akan dilakukan? Nah, kesibukan berikutnya adalah menyiapkan barang untuk bepergian. Bagaimana caramu melakukannya? 

Bepergian sekeluarga tentu urusannya lebih ribet dibandingkan sendirian. Namun, itulah pilihan yang sering kuambil karena seru dan enggak perlu khawatir meninggalkan anak-anak. Soal barang yang dibawa bepergian, aku biasanya mempertimbangkan hal-hal berikut ini:

Sertifikat Vaksin dan Tes Covid-19

Di masa pandemi begini, sertifikat vaksin menjadi surat sakti yang tidak boleh tertinggal, ya. Setidaknya, kita harus sudah mendaftar di aplikasi Peduli Lindungi dan ada sertifikat vaksin sekeluarga di sana. Jika menggunakan moda transportasi umum, ada tambahan syarat lulus tes Covid-19 juga.

Aturan Moda Transportasi

Selain itu, perlu memastikan barang untuk bepergian kita bukan termasuk yang dilarang masuk moda transportasi umum pilihan, baik dari sisi jenis maupun jumlahnya. Kapasitas bagasi pun harus dihitung teliti, ya.

Kondisi Destinasi

Pelajari juga tempat tujuan. Barang-barang apa yang tidak boleh digunakan di sana. Juga, cari tahu sekiranya kita bisa mendapatkan benda-benda keperluan kita dengan mudah tanpa harus membawanya dari rumah. Misalnya, jika menginap, ketahui ada fasilitas apa dan bisa membeli keperluan di mana.

Pakaian

Jika perjalanan lebih dari 2 hari, biasanya aku cuma membawa pakaian sehari-hari tiga buah untuk tiap orang. Masing-masing untuk dipakai, dicuci, dan dijemur. Aku memilih bahan yang tipis agar hemat tempat dan cepat kering. Jadi, enggak otomatis kalau lebih lama berarti bawaan akan lebih banyak, lo. 

Pakaian tambahan hanya dibawa jika benar-benar diperlukan. Misalnya, baju formal untuk menghadiri undangan. Pilih aja pakaian berbahan lembut dan jatuh karena tidak mudah kusut. Atau tambahkan jas hujan dan penutup antiair untuk tas jika sedang musim penghujan.

Pilih yang Ringkas

Suka baca? Cukup bawa satu buku aja. Perlengkapan P3K enggak perlu dibawa sekotak. Bungkus aja dengan plastik yang lebih fleksibel. Bawa versi mini dari barang keperluan kita. Pasta gigi, sampo, sabun, pembersih muka, krim wajah, dan sisir semua yang ukuran kecil aja. 

oppo reno 5

Utamakan yang Multifungsi

Kalau punya barang multifungsi, itu lebih bagus lagi. Pilih alat makan yang bisa untuk makan nasi maupun kuah. Sabun 3 in 1 yang bisa untuk wajah, tubuh, dan rambut. Pakaian dan alas kaki yang cocok untuk segala situasi dan suasana.

Untuk mengabadikan momen juga, bisa cukup menggunakan kamera ponsel. Kalau penat pilih Realme C2 atau Oppo A1K, mending tambah lagi anggarannya buat beli Oppo Reno 5. Dengan spesifikasi seperti di atas, sepertinya asyik juga dipakai merekam kegiatan seru di malam hari.

Tas-tas Kecil

Iya, bisa jadi kita butuh beberapa tas yang lebih kecil untuk tiap klasifikasi barang. Baju dan sepatu bisa dikemas dalam tas tersendiri, demikian juga barang-barang lain yang lebih kecil seperti alat mandi dan perawatan tubuh. Ini bikin tas kita lebih rapi dan mudah mencari barang.

Selain itu, sediakan juga tas kecil untuk dibawa ke mana-mana. Isi tas ini merupakan benda-benda utama yang harus segera bisa diambil dalam segala situasi, misalnya: dompet, tiket, kunci, tisu, obat-obatan, serta ponsel seperti Oppo Reno 5 dan pengisi baterainya.

Related Posts

6 komentar

  1. Kalau sertifikat vaksin daku sudah langsung ada di aplikasi kak, gak ribet bawa, jadi tinggal scan barcode simple deh

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, sekarang ya, Mbak. Sekarang bisa berwisata lagi. Tapi tetap terus menerapkan protokol kesehatan. Dan tipsnya ini keren. termasuk bawa sendiri sabun yang bisa wajah, badan plus keramas. Insya Allah bulan depan mau jalan-jalan lagi, Mbak.

    BalasHapus
  3. Puhya sertigikat vaksin dan sudah melakukan tes covid di masa pandemi begini jadi terasa sangat penting memang. Nah bawa barang bawaan semisal sampo merangkap sabun begini, atau pelembab rangkap lotion dan krim wajah juga jadi kunci biar bawaan nggak terlalu berat dan jadi ribet sendiri.

    BalasHapus
  4. Sekarang udah wajib banget punya sertifikat vaksin tuh yaa mba. Alhamdulillah udah selesai vaksin sampai tahap 2 meskipun belum bisa kemana mana

    BalasHapus
  5. Sertifikat vaksin sekarang jadi hal yang wajib di bawa ya hehe. Tapi bisa dari aplikasi sih. Karena bepergian kemanapun sekarang suka ditanyain. Beberapa hari lalu mau coba masuk MCD juga harus menunjukkan kartu vaksi lebih dulu.

    BalasHapus
  6. Masa PPKM seperti sekarang ini memang lebih banyak barang yang harus disiapin. Nggak hanya barang tapi juga sertifikat vaksin dll ya.

    BalasHapus

Posting Komentar