Minggu, 24 Desember 2017

Hero Zaman Now, Saatnya Kaum Lemah Menginspirasi Semua


Dua hari lalu, aku berkesempatan mengunjungi booth Asian Para Games 2018 di Pasaraya Sri Ratu, Semarang. Booth ini merupakan salah satu usaha untuk sosialisasi penyelenggaraan Asian Para Games 2018 yang berlangsung 6-13 Oktober 2018, di mana Indonesia menjadi tuan rumahnya. Bagi yang belum tahu, Asian Para Games adalah ajang olimpiade olahraga tingkat Asia khusus bagi para penyandang difabel.

Jumat, 22 Desember 2017

Indonesia Darurat Kurikulum Keselamatan Berkendara

(Sumber: dokumen pribadi)

Siapa yang suka miris jika melihat anak-anak SD atau SMP mengendarai motor di jalan raya? Saya! Rata-rata mereka hanya mendapatkan akses kendaraan namun tidak disertai dengan pembekalan tentang cara berkendara yang aman. 

Senin, 18 Desember 2017

Ada Perjalanan Penuh Inspirasi dari Jalan Tol Semarang

Proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo (Sumber: dokumen pribadi)

Ketika pertama kali memasuki Kota Semarang untuk berpindah tempat tinggal, inilah pemandangan kesibukan yang menyambutku. Serentetan tanah galian di sebelah sana, beberapa tiang yang menyangga di sebelah sini, truk-truk besar yang lalu-lalang serta mesin-mesin ekskavator yang beroperasi. Menurut Pak Sopir yang mengantar kami, ini adalah proyek pembangunan jalan tol Semarang-Solo.

Sabtu, 16 Desember 2017

Tips Perawatan Sepeda Motor Honda Vario Secara Tepat



Honda Vario merupakan salah satu produk sepeda motor keluaran dari Honda yang mana memiliki banyak peminat. Sehingga penjualan dari sepeda motor ini sangat pesat. Hal tersebut karena dirasa sepeda motor ini sangat nyaman dan stabil selama penggunaannya di jalan raya. Tetapi terkadang ada banyak masyarakat yang mana hanya bisa untuk mengendarainya saja tanpa memperhatikan perawatan dari sepeda motor tersebut. 
Mengingat sepeda motor dengan jenis matic membutuhkan perawatan yang khusus dan juga rutin agar tetap awet. Jadi di dalam menggunakan sepeda motor tersebut, memperhatikan perawatannya merupakan suatu hal yang sangat penting. Lalu bagaimana cara perawatannya? Berikut ini adalah beberapa cara perawatan Vario yang bisa Anda perhatikan:

Rutin Memanaskan Motor Dan Ganti Oli

Yang pertama tentu saja Anda harus rutin untuk memanaskan mesin motor setiap paginya. Hal tersebut karena untuk memastikan jika oli yang ada di dalam mesin siap untuk melumasi mesin tersebut, dengan demikian performa mesin tersebut menjadi lebih maksimal. Cara yang tepat untuk memanaskan mesin motor matic adalah 5 sampai dengan 10 menit. Dan juga sebaiknya Anda menggunakan kick starter untuk mengurangi baterai motor tersebut. Jika memang dirasa cukup, maka Anda bisa menarik ulur gas agar oli cukup panas. 
Selain itu Anda juga jangan lupa untuk mengganti oli secara berkala. Sepeda motor matic memang perlu perawatan yang sesuai dengan jadwal, terlebih lagi penggantian olinya. Biasanya dilakukan setiap 1000 km dan untuk penggantian oli transmisi biasanya setiap 5000 km.

Usahakan Tidak Kehabisan Bensin

Kemudian yang kedua adalah usahakan untuk tidak sampai kehabisan bensin. Jika hal tersebut terjadi, maka dapat merusak mesin dari Honda Vario tersebut. Terlebih lagi jika Vario tersebut memiliki teknologi injeksi. Oleh karena itu, selalu cek bensin Anda jangan sampai menunjukkan indikator E agar mesin selalu terjaga. 
Selain itu, Anda juga perlu mengecek kondisi dari vanbelt dan juga roler. Hal ini memang tidak boleh ditinggalkan karena kondisi vanbelt sendiri terbuat dari karet dan dikhawatirkan nantinya putus di tengah jalan. yang mana menimbulkan motor berhenti serta tidak dapat berjalan kembali. Jika memang diharuskan mengganti suku cadang, maka sebaiknya gunakan suku cadang yang asli.

Perawatan Aki

Perawatan aki juga sangat penting untuk Anda lakukan. Karena jika aki mati, nantinya motor Vario tersebut akan kehilangan power dan juga cahaya dari lampu akan berkurang. Selain itu, di dalam menghidupkan motor juga harus menggunakan kick starter yang mana dapat membuat Anda mengeluarkan tenaga yang lebih untuk menggenjotnya. Dan sebagai saran, ada baiknya jika Anda mengganti aki tersebut 7 sampai 8 bulan setelah penggantian yang terakhir.

Melakukan Servis Berkala

Selain itu, tentu saja harus melakukan servis secara berkala. Motor matic, termasuk Honda Vario ini memang membutuhkan perawatan yang khusus dan juga harus dilakukan servis secara rutin agar lebih awet. Ada baiknya jika Anda melakukan servis secara berkala kurang lebih 3 bulan sekali untuk bisa menjaga performa dari motor matic Anda.

Jumat, 15 Desember 2017

Resolusi 2018: Do The Best, Be Better


Hari telah memasuki bulan terakhir di tahun 2017. Sebentar lagi, tahun akan berganti menuju angka 2018. Seperti biasanya, orang-orang banyak menuliskan resolusi yang ingin dicapainya di tahun depan. Kalau aku, resolusi untuk tahun 2018 mendatang apa, ya?

Kamis, 14 Desember 2017

Berapa Pun Adikmu, Selalu Ada Cinta Umi Untukmu


Menemukan 2 garis merah pada testpack, memang bisa 1001 rasanya. Senang, takjub, haru, kaget, panik atau pun galau bisa saja bercampur aduk menjadi satu. Hal ini dapat dirasakan pada setiap apa pun kondisi seorang ibu. Baik yang baru menikah, mau pun yang belum menikah (Aih... Jangan sampai deh, ya). Baik yang sedang menunggu lama hadirnya keturunan mau pun yang belum lagi tuntas menimang bayi sebelumnya. Ya, rasanya memang selalu istimewa.

Rabu, 13 Desember 2017

Penerbangan Perdana Batik Air ke Sekitar Danau Toba

via. medantoday.com

Pariwisata Danau Toba kian menggeliat. Apalagi setelah pemerintah menetapkan kawasan Danau Toba sebagai tujuan wisata terbaru Indonesia selain Bali. Hal ini dimanfaatkan dengan baik oleh maskapai penerbangan Batik Air. Per tanggal 1 Desember 2017 lalu, Batik air resmi membuka penerbangan ke Bandara Silangit yang merupakan Bandara terdekat menuju Danau Toba. 

Minggu, 10 Desember 2017

Surat Calon Bayi Kepada Om Shopback di Harbolnas


Semarang, 10 Desember 2017

Kepada Yang Tersayang Om Shopback
di Harbolnas

Hai, Om Shopback!
Apa kabar? Masih rajin menyediakan tempat berbelanja sambil bagi-bagi cashback? Pastinya dong, ya.
Maaf sebelumnya ya, Om, kalau Om Shopback jadi bingung siapa diriku. Kita kenalan dulu, yuk! Perkenalkan, aku adalah calon bayi yang diprediksi akan lahir di awal Februari tahun depan. Namaku... Eee... Aku belum punya nama, sih.
Tapi jangan kawatir, Om! Aku punya foto terbaru, kok. Jadi Om Shopback bisa menyapaku nanti kalau kita bertemu.


Ini dia fotoku sebulan lalu, Om! Itu sudah yang paling baru, Om. Karena bulan ini Umi belum jadwalnya kontrol lagi ke dokter untuk memotretku. Keren kan, Om?
Mmm... Wajahku nggak terlihat, ya? Oh iya, aku lupa. Waktu itu kan, aku berputar-putar terus memunggungi alat USG. Jadi wajahku bersembunyi sepanjang pemeriksaan.
Tapi sungguh deh, Om, aku ini calon bayi sungguhan. Nanti kalau Om masih penasaran, aku akan menghadap kamera eh, alat USG deh agar senyumku terlihat oleh Om.

Aku senaaang... sekali berkenalan dengan Om. Om heran dari mana aku tahu tentang Om? Jangan salah, Om. Kecil-kecil begini, aku sudah banyak tahu tentang dunia luar. Karena Umi yang menceritakannya padaku.
Om sering mengirim surat elektronik ke Umi, kan? Makanya Umi bisa bercerita padaku tentang Om. Kata Umi, belanja di Om Shopback itu keuntungannya berlipat-lipat. Selain bisa mendapatkan harga termurah diantara berbagai toko online yang ada, juga ada cashback-nya.

Apa lagi dalam rangka Hari Belanja Nasional pada tanggal 12 Desember 2017 nanti. Banyak toko online berlomba-lomba mencanangkan promo yang sangat menggiurkan. Sebagai calon pembeli, Umi tinggal pilih saja yang harga akhirnya paling murah.
Lalu, belinya melalui Om Shopback, deh. Jadinya dapat cashback juga. Lagipula, Om Shopback juga menyediakan aneka promo khusus di Harbolnas nanti, kan? Penghematan besar-besaran ini!

Sstt... Umi sudah menyiapkan strategi khusus lho, Om, menghadapi Harbolnas tahun ini. Mau aku bocorin nggak, tipsnya? Begini, Om:


1. Buat Wishlist

Langkah pertama berbelanja nih, Om. Membuat daftar belanja dulu secara rinci jenis, merek, warna, ukuran dan berbagai spesifikasi yang diperlukan serta kisaran harganya. Idealnya seminggu sebelum Harbolnas, supaya ada waktu cukup untuk berpikir dan menimbang. Jadi, tidak ada keperluan yang tertinggal dan juga tidak membeli barang-barang yang bukan termasuk kebutuhan.

2. Daftar di Om Shopback

Ini jurus andalan belanja super hemat yang tidak boleh dilewatkan kan, Om?

3. Pilih Produk

Selanjutnya, Umi memilih barang-barang yang tercantum di wishlist di bagian pencarian produk yang disediakan Om Shopback. Tinggal ketik nama barang atau berdasarkan kategorinya, keluar deh berbagai toko yang menyediakan barang tersebut. Umi tinggal melanjutkan mencari barang yang dibutuhkan di tiap toko dan memilih yang paling sesuai.

4. Kumpulkan Aneka Diskon

Nah, jika ada beberapa toko yang menawarkan barang serupa, Umi biasanya akan memilih yang termurah. Selain itu juga mempertimbangkan aneka diskon yang beredar di Harbolnas nanti. Karena kadang ada beberapa promo yang bisa didapat secara bersamaan. 
Misalnya: sudah banting harga, ada diskon dari bank, bebas biaya pengiriman, eee... bayarnya bisa pakai poin belanja lagi. Tidak lupa, jumlah cashback yang diberikan oleh Om Shopback juga diperhatikan. Semua itu tentu dengan cermat memahami setiap Syarat dan Ketentuan yang berlaku ya, biar tidak salah hitung.

5. Sesuaikan Anggaran

Umi selalu punya batasan berapa rupiah yang akan dibelanjakan di setiap momen. Jadi, tidak mentang-mentang sedang Harbolnas, belanjanya pun gila-gilaan. Menurut Umi, akan selalu ada momen yang pas untuk mendapatkan barang kebutuhan dengan harga murah. 
Karena Umi sudah kenal Om Shopback. Berbagai promo yang sedang berjalan di setiap waktu dari banyak toko online terkenal akan mampir infonya ke Umi. Asyik, kan?

6. Daftar di Toko Incaran

Pastikan sudah mendaftar sebagai anggota di toko yang menjual barang pilihan. Karena transaksi nantinya akan dilakukan langsung dengan toko tersebut. Betul kan, Om?

7. Masukkan Wishlist

Setiap toko biasanya menyediakan fitur untuk menyusun wishlist. Semua barang yang menjadi incaran di Harbolnas nanti, Umi masukkan ke dalam wishlist masing-masing toko. Jadi nanti kalau sudah harinya, tidak perlu mencari barang lagi. Tinggal klik memindahkan barang dalam wishlist ke keranjang belanja.

8. Pasang Pengingat

Iya, Umi mencatat setiap jadwal promo yang berhubungan dengan barang incarannya. Karena tidak semua promo dilakukan pada tanggal dan jam yang sama. Pengingat ini dipasang di dalam telepon genggam dan dilengkapi dengan bunyi alarm supaya lebih waspada. Hehehe...

9. Online Awal Waktu

Ini trik di hari H nih, Om. Harus sudah siap di depan komputer beberapa saat sebelum promo dimulai. Karena biasanya barang promo di Harbolnas itu cepat sekali habisnya. Hanya dalam hitungan jam bahkan detik!

10. Teliti Transaksi

Sebelum menyelesaikan transaksi, Umi sudah bersiap untuk tetap meneliti terlebih dulu. Apakah jenis produk, jumlah, alamat pengiriman, ongkos kirim dan kode promo yang tercatat sudah benar. Jangan sampai terjadi kekeliruan yang fatal karena terburu-buru.

Bagaimana, Om? Mantap ya, trik Umiku untuk menyambut Harbolnas nanti?

Nah, mungkin Om sekarang sedang bertanya-tanya ya, apa maksud dan tujuanku mengirim surat ini? Atau Om sudah bisa menebak? Hmm, sepertinya yang kedua deh, yang benar ya. Om Shopback kan canggih!
Betul, Om. Sebagaimana sudah banyak dituliskan oleh para narablog di dalam artikelnya, aku mau ikut melayangkan permintaan juga, Om. Kan katanya Om akan mengabulkan 12 permintaan terbaik diantara kami. Aku berharap, akulah salah satunya yang termasuk dikabulkan, Om.

Aku mintanya nggak aneh-aneh kok, Om. Permintaan standar saja dari setiap bayi yang baru lahir ke bumi. Om tahu kan, kalau di dalam perut Umi ini rasanya hangat dan nyaman sekali. Aku betah sekali di dalam sini, Om.
Aku nggak pernah merasa kelaparan, kehausan atau pengap walaupun berada di dalam ruang tertutup. Karena suplai makanan dan oksigen selalu langsung dimasukkan ke perutku melalui tali plasenta. Aku juga nggak merasa bosan di sini. Karena aku bisa bermain sepuasnya. Ada kolam tempat aku berenang setiap saat dan ada tali plasenta yang bisa aku mainkan. Kalau capai, aku tinggal bersantai di atas bantal ari-ari yang empuk. Sambil mendengarkan irama degup jantung Umi dan suara gemericik dalam organ pencernaan Umi yang sedang bekerja mengolah makanan. Asyik, deh!

Tapi, kurang dari 2 bulan lagi, aku harus meninggalkan semua itu, Om. Karena badanku akan makin besar dan tidak cukup lagi berada di dalam perut Umi. Aku harus berjuang berusaha keluar dari perut Umi agar mendapat tempat tinggal yang lebih luas.
Sebenarnya aku senang sih, Om. Karena itu berarti aku akan bertemu dengan Umi. Cuma, kabarnya lingkungan di luar sana tidak seramah di dalam perut Umi. Aku jadi kawatir, Om. Hii...
Katanya, di luar, suhunya tidak hangat dan nyaman. Bisa terlalu panas atau dingin. Juga, ada banyak debu yang suka beterbangan di udara serta serangga yang bebas berkeliaran. Takuutt... Om!

Aku butuh tempat yang aman dan nyaman, Om. Dipeluk Umi pasti enak sekali. Hangat dan aku bisa tetap mendengarkan degup jantung serta hembusan nafasnya yang biasa aku dengar dari dalam perut.
Tapi Umi kan nggak bisa terus-terusan menggendongku, Om. Kata orang dewasa, "Cape deh..." Makanya aku perlu tempat beristirahat yang lain, agar Umi bisa mengerjakan tugas-tugasnya yang menumpuk atau beristirahat. Aku butuh tempat tidur, Om.
Sedihnya, ternyata boks bayi di rumah sudah tidak ada. Boks bayi itu dipakai sejak zaman Kakak Pertamaku baru lahir. Dapatnya dari lungsuran para sepupu yang sebelumnya juga dipakai oleh tantenya.
Wih, awet juga ya, Om, sampai beberapa generasi begitu. Hingga akhirnya tidak sanggup bertahan lagi setelah dipakai Kakak Ketigaku. Karena boks bayinya sering difungsikan sebagai tempat bermain juga oleh ketiga kakakku yang saat itu masih balita. Lama-lama jebol, deh.
Hihihi... Maklum, Om. Kami kan, anak-anak yang butuh berekplorasi. Kami? Iya. Sepertinya nanti aku juga akan seperti itu, deh. Hihihi... Ampun, Om! Jangan emesh, ya!
Karena tidak punya boks bayi, jadi saat Kakak Keempat dan Kelima lahir, tidurnya seranjang dengan Umi. Bahayanya, ranjang Umi biasanya juga jadi tempat tidur Abi atau bahkan jadi seperti family room di hotel. Semua anak ikut tidur di situ. Sehingga bayi susah tidur tenang karena banyak guncangan bahkan kadang ketabrak. Ugh!
Tempat istirahat yang nyaman saat tak ada boks bayi sepertinya hanya bouncer. Tapi itu pun sudah rusak sejak zaman Kakak Kelimaku. Jadi, aku kebagian apa, dong? Huhuhu...

Tuh, terbayang kan, Om, betapa mengerikannya kehidupanku nanti? Makanya nih, mumpung Om membuka kesempatan, aku mau minta dihadiahi boks bayi saja, Om. Agar aku bisa istirahat dengan tenang tanpa banyak gangguan.
Umi sudah membantu memilihkan yang pas untukku lho, Om. Beliau menemukannya di Orami Bilna. Sebuah boks bayi berwarna cokelat gelap merek Cocolatte tipe CL 8435. Dengan harga normal 2.499.000 rupiah, didiskon 53% menjadi 1.186.515 rupiah saja! Hore...!

Bukan tanpa alasan lho, Umi memilih produk ini. Walaupun Umi belum pernah membeli boks bayi, namun punya sejumlah referensi dari berbagai pengalaman orang-orang di sekitar. Aku jadi ikut-ikutan memimpikan boks bayi ini, Om. Ini nih, alasannya:

1. Merek terkenal

Cocolatte adalah perusahaan yang sejak lama dipercaya ibu di banyak negara. Terbuat dari material berkualitas tinggi, sehingga awet digunakan dalam jangka waktu lama. Produk ini juga sudah terbukti aman untuk bayi karena tidak mengandung bahan yang membahayakan.

2. Bebas biaya pengiriman

Selain sedang diskon besar, produk ini juga beratnya hanya 15 kg. Jadi mendapat pengiriman gratis ke Semarang dari Orami Bilna. Untuk kota lain juga ada fasilitas pengiriman gratis, kok. Tinggal baca saja ketentuannya di situs Orami Bilna.

3. Bisa jadi tempat bermain

Karena produk ini memiliki 2 tingkatan (tengah dan bawah). Jadi bisa tetap dimanfaatkan sebagai tempat bermain yang aman sampai usia 3 tahun. Aku bisa merasakan kesenangan seperti yang dialami kakak-kakakku dulu, deh. Yippie...!

4. Ada baby tafel

Fungsinya untuk alas mengganti baju atau popok bayi. Sangat berguna sekali, nih. Karena di rumah tidak ada meja yang tingginya sesuai untuk Umi mengganti pakaianku. Jadi, Umi tetap bisa membantuku tanpa terlalu membungkuk. Biar tidak gampang pegal kan, Om?

5. Ada fitur getar

Wah, ini! Aku jadi bisa menikmati keasyikan bersantai seperti di atas bouncer. Yeay!

6. Ada mainan

Iya, boks bayi ini dilengkapi 2 mainan mewah untuk menghiburku. Di bulan pertama, cukuplah untuk merangsang penglihatan dan rasa ingin tahuku mengenal lebih banyak tentang dunia baruku.

7. Ada saku penyimpanan

Ini berguna untuk menyimpan aneka perlengkapanku saat berganti pakaian atau popok. Jadi Umi tidak perlu mondar-mandir ke lemari untuk mengambil ini-itu.

8. Ada kelambu

Sebenarnya rumahku tidak banyak nyamuk, sih. Tapi tetap saja Umi akan kawatir sekali jika ada seekor nyamuk saja yang berhasil menggigitku. Belum lagi semut atau lalat yang bisa mengganggu ketenangan tidurku. Selain itu, kelambu juga berfungsi untuk mengurangi intensitas debu atau dinginnya suhu AC yang mungkin terasa berlebihan bagi kulitku.

9. Mudah dipindahkan

Karena dilengkapi roda pada salah satu sisinya. Namun juga tidak begitu saja bisa didorong ke sana ke mari oleh kakak-kakakku yang iseng. Kan rodanya cuma satu sisi. Cerdas, ya?

10. Mudah dilipat

Berkat adanya tombol tekan sehingga kegiatan membereskan boks ini pun jadi mudah.

11. Bisa dibawa bepergian

Boks ini dilengkapi tas travel, lho. Jadi makin praktis jika dibutuhkan untuk dibawa pergi. Selain karena memang cara bongkar pasangnya mudah dan cukup ringan bobotnya.

Tidak salah kan, Om, kalau aku jatuh cinta dengan produk ini? Makanya, aku berharap sekali Om Shopback bersedia mengabulkan permintaanku ini. Demi masa depan generasi penerus yang lebih cerah, Om. Hehehe...

Terimakasih banyak sebelumnya ya, Om, sudah membuka kesempatan manis semacam ini dan mau meluangkan waktu untuk membaca suratku ini. Sangat ditunggu kabar baik darimu untukku, Om.

Tujuh kali tujuh sama dengan empat puluh sembilan, Om
Setuju tidak setuju yang penting penampilan ya, Om.
Hehehe...

Salam sayang,
Calon Dede Bayi Emesh-in

Senin, 04 Desember 2017

Traveloka, Jadi Bisa Menjalani LDM di Usia Senja

Tetap tekun bekerja di usia senja

"Pung, kapan pulang? Sudahlah, kerja di sini aja," ucap Nenek di seberang sana.
"Duh, aku ini kan baru mulai. Masih perlu banyak belajar," jelas Opung.
"Ya kirim dong, uangnya," canda Nenek.
"Walah, baru 2 minggu apa yang bisa dikirim?" kata Opung cekikikan.

Rabu, 29 November 2017

Strategi Jitu Mendapatkan Voucher Belanja Saat Hari Belanja Online Nasional 2017

Masyarakat yang gemar berbelanja online pastinya sudah bersiap-siap untuk menyambut pesta besar harbolnas 2017. Event hari belanja online nasional sudah mulai berlangsung beberapa tahun belakangan ini. Acara yang awalnya hanya untuk membuat kesadaran masyarakat supaya memilih untuk belanja online ini ternyata dijadikan sebagai acara tahunan. Harbolnas identik dengan akhir tahun, sama seperti toko-toko konvensional yang sering memberikan diskon besar-besaran dipenghujung tahun. Nah, kesempatan seperti itu harus Anda manfaatkan sebaik mungkin untuk melakukan pembelanjaan berbagai kebutuhan.

Rabu, 22 November 2017

Karena Rasa yang Dibalut Nostalgia, Jelas Lebih Enak

Ngopi, sepertinya sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Ada yang biasa melakukan kegiatan ini di pagi, siang, sore maupun malam hari. Tergantung kebutuhan dan seleranya. Hal ini tak lepas dari efek kafein dalam kopi yang menenangkan serta membangkitkan semangat tersendiri bagi penikmatnya.

Minggu, 19 November 2017

Aman Mengendarai Mobil di Musim Penghujan Bersama Bosch

Mengendarai mobil saat musim penghujan
"Opung, mana swish-swish-nya? Sejenak Opung bingung mendengar ocehan cucunya di kursi depan mendampingi Beliau menyetir di tengah tetes hujan yang mulai membasahi bumi. Aku langsung tanggap. "Itu lho, Pung, wiper-nya tolong digerakkan," kataku geli. Teringat lagu anak-anak, "The wipers on the bus go swish swish swish... "

Jumat, 17 November 2017

Yang Selalu Sama di Setiap Masa Kehamilanku

Hasil USG di usia 5 bulan
Mengalami masa kehamilan berkali-kali tentu saja itu artinya memiliki banyak cerita tentang masing-masingnya. Ya, sekali hamil saja bisa mengandung 1001 kisah ya. Apa lagi jika menjalaninya lebih dari sekali.

Kamis, 16 November 2017

Andai Menyusun Menu MPASI Bisa Semudah Ini

Sebenarnya menyusun menu MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu)  itu memang mudah, kok. Apa lagi jika kita mengikuti panduan dari WHO (World Health Organization) yang terbaru yaitu keluaran tahun 2010. Inti Panduan MPASI WHO untuk mudahnya dikenal dengan prinsip AFATVAH: age, frequency, amount, texture, variety, active responsive feeding, dan hygiene.

Senin, 13 November 2017

Napak Tilas Pengaruh Perkembangan Telepon Genggam di Keluargaku

Motorola T190 Foto: siamphone.com

Era Telepon Genggam Belum Pintar

Hai, Teman-Teman! Kapan kamu mulai memiliki telepon seluler? Kalau saya pribadi, terus terang baru memilikinya saat di awal menikah, yaitu tahun 2004. Itu pun dibelikan oleh Suami untuk memudahkan komunikasi. Hehehe...

Selasa, 07 November 2017

9 Persiapan Jitu Menghadapi Harbolnas Tahun Ini


Hohoho... Bukan cuma ujian ya, yang butuh persiapan untuk menghadapinya, tapi dalam rangka menjelang Harbolnas juga butuh trik yang jitu. Hayo... Hayo... Siapa ini yang sudah mengambil ancang-ancang untuk menyambut Harbolnas? Sudah menemukan toko online yang memenuhi kriteria untuk mengisi Harbolnas? Untuk memastikannya, baca dulu artikel di bawah ini, ya.

Baca: Kriteria Tempat Belanja yang Ideal untuk Harbolnas

Minggu, 05 November 2017

Kriteria Tempat Belanja yang Ideal untuk Harbolnas

Yippie! Harbolnas segera tiba! Eh, ada yang belum kenal apa itu Harbolnas? Bagi para aktivitis belanja online, sepertinya istilah yang satu ini sudah akrab selama beberapa tahun belakangan. Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Di mana lebih dari 200 E-commerce yang beroperasi di Indonesia akan secara serentak mengadakan promo diskon besar-besaran. 

Kamis, 02 November 2017

Simak 8 Tips Memilih Kamera CCTV Sesuai Kebutuhan!

Kamera CCTV banyak sekali manfaatnya. Selain untuk alasan keamanan, CCTV juga berfungsi  sebagai bukti saat terjadi kejahatan. Jika Anda menganggap beli kamera cctv online adalah suatu tindakan yang penting untuk rumah, toko atau kantor Anda, perhatikan faktor-faktor berikut dalam memilih CCTV.

Selasa, 31 Oktober 2017

Inilah 4 Kuliner Khas Kabupaten Semarang Idamanku

Selama tinggal di Kota Semarang, aku belum pernah menginjakkan kaki ke daerah kabupatennya. Ingin sih, suatu saat bisa ke sana. Jalan-jalan sambil mencicipi kuliner khasnya. Menelusuri apa saja kuliner tradisional yang dimiliki oleh Kabupaten Semarang ini melalui internet, sukses membuatku makin tergiur saja untuk mencobanya. Mau tahu apa saja kuliner yang jadi idamanku dari daerah ini?

Senin, 30 Oktober 2017

Saat Harapan Berkembang di Daerah Cuntel

"Ada 3 daerah berakhiran 'peng' di Indonesia yang memiliki panorama indah. Kopeng di Jawa Tengah, Slopeng di Madura dan Soppeng di Sulawesi Selatan," ujar guru SD-ku suatu hari di depan kelas saat pelajaran IPS. Memang, mata pelajaran satu ini adalah kekuatan terbaik milik guruku itu. Beliau sering membuat aneka 'jembatan keledai' agar pelajaran IPS yang penuh dengan hafalan itu terasa lebih menarik disimak.

Minggu, 29 Oktober 2017

Santai-Santai Dapat Ide? Jangan Sia-Siakan!

Hai, Teman-Teman! Lagi apa sekarang? Oh, iya, lagi baca artikelku, ya? Hihihi... Lagi santai, dong? Aku juga lagi santai aja, nih. Yang namanya sedang santai, pikiran suka acak ke mana-mana. Tiba-tiba aja kepikiran tentang keseharian sebagai perempuan. 

Jumat, 27 Oktober 2017

Memasak Mudah, Sehat dan Lezat dengan Healsio

Kesehatan adalah syarat penting yang harus terpenuhi pada diri setiap manusia untuk menjaga kualitas hidupnya. Apa lagi di zaman modern seperti saat ini. Kesibukan yang cukup menuntut kinerja raga di tengah terpaan aneka polusi di luar sana. Membuat kita seharusnya jauh lebih memperhatikan kesehatan daripada zaman-zaman sebelumnya.

Rabu, 25 Oktober 2017

Motorola Moto G5s Plus: Little Price Big Value

Keunggulan Motorola Moto G5s Plus
Ada yang berniat berganti ponsel saat ini? Mau cari ponsel yang seperti apa? Keren tampilannya? Layar lebar? Kamera canggih? Cepat pengisian baterainya? Memori besar? Harga bersahabat? Tenang, tenang... Kamu tidak salah sudah mampir ke artikel ini. Karena aku akan memperkenalkan satu ponsel yang dapat memenuhi semua kebutuhanmu itu. Yuk, simak lebih lanjut!

Alhamdulillah, Masih Bisa Menang Lomba dengan Sistem ODOP

Pengumuman Pemenang Kompetisi Blog Idphotobook 2017
Pagi-pagi jam 8 iseng mengecek daftar surat elektronik yang masuk. Niat hati sih, sedang mengharap balasan dari pemberi honor untuk penulisan artikel. Hehehe... Ternyata eh ternyata, tanpa disangka ada surat dengan subyek "Judul Terbaik..." Dan petikan bagian depan isinya tertulis "Selamat Anda telah memenangkan judul terbaik..."

Selasa, 24 Oktober 2017

Steve Jobs Mengajarkan 10 Kualitas Pebisnis Ini Padaku

Siapa yang tidak kenal Steve Jobs? Seorang pendiri sekaligus CEO dari salah satu perusahaan gawai terbesar di dunia, Apple Inc. Sebuah label yang terkenal dengan produk-produknya yang canggih, cantik dan tidak ada satu pun yang pernah aku miliki selama ini. Hehehe...

Minggu, 22 Oktober 2017

Melatih Kemandirian Anak, Bagaimana Caranya?

Mendidik anak menjadi pribadi adalah sebuah keniscayaan untuk membekalinya agar memiliki keterampilan yang dapat membuatnya bertahan dalam hidup. Pribadi yang mandiri akan mampu menyelesaikan masalah walaupun dia harus melakukannya sendirian. Bagaimana cara membentuk pribadi yang mandiri ini sejak dini? Aku akan menjabarkannya secara berurutan menurut usia sesuai dengan pengetahuan dan pengalamanku, ya. 

Jumat, 20 Oktober 2017

Rondo Royal: Lembut, Renyah dan Kaya Rasa


Kembali ke kota kelahiran itu seperti menemukan mutiara yang lama hilang. Bahagia sekali! Sebenarnya saat itu aku hanya sebentar tinggal di kota ini. Ibaratnya hanya menumpang lahir saja. Untuk kemudian tumbuh selama kurang lebih 2 tahun dan dibesarkan di kota lain, Surabaya. Tak disangka, sejak 2 bulan lalu aku kembali memasuki kota ini, kota kelahiranku, ibukota provinsi Jawa Tengah.

Merekam Jejak Memori, Mengasah Cita dan Cinta

Momen terakhir berenang di daerah Jabodetabek sebelum pindah rumah

Huhuhu... File di telepon genggamku sudah mulai sesak, nih. Ya, maklumlah memang teleponnya imut harga minimalis begini. Jadi kapasitas memorinya tidak terlalu besar. Sudah mulai harus bersih-bersih memilih dan memilah mana file dan aplikasi yang bisa dihapus.

Rabu, 18 Oktober 2017

AC Nyaman dan Hemat Energi? Ya Daikin Jawabannya


Hayo, siapa yang mengalami seperti video di atas? Pakai AC yang makan tempat? Jadi rebutan yang di dalam dengan yang di luar ruangan, yang di ruang satu dengan ruang lainnya? Setelan suhu yang terlalu dingin atau panas? Suaranya berisik? Hembusan anginnya mengganggu? Sekering listrik jadi gampang mati karena kelebihan beban? Yang harus ditebus dengan biaya listrik membengkak tinggi?Dan masih setumpuk masalah lainnya datang akibat salah pilih AC?

Selasa, 17 Oktober 2017

Menjadi Orangtua Responsif, Modal Awal Membentuk Anak Mandiri

Menjadi penulis blog yang sekaligus menjalankan peran sebagai ibu itu sebuah tantangan tersendiri, ya. Karena harus pandai-pandai mengatur waktu antara menulis blog, mengurus rumah dan mengurus anak. Setelah membahas tentang tips sederhana dalam memanajemen rumah, kali ini aku akan berbagi tentang salah satu caraku memanajemen anak. Sehingga, sebagai ibu kita tetap bisa memiliki waktu untuk menyalurkan hobi, yaitu menulis blog.

Senin, 16 Oktober 2017

Teliti Sebelum Membeli, Daripada Menyesal Nanti

Tugu Muda, Semarang
Sebagaimana yang pernah aku ceritakan di sini, kedua orangtuaku beserta kakak sulungku datang mengunjungi kami yang baru saja pindah ke kota Semarang ini. Sekarang, aku mau bercerita tentang pengalaman saat kami mengantar Beliau bertiga ke stasiun untuk pulang kembali ke rumah.

Minggu, 15 Oktober 2017

Sstt... Cintaku Bersemi di Dapur dan Kamar Mandi

Pindah rumah, sebuah momen yang sepertinya dialami oleh hampir setiap keluarga ya. Seperti juga kami yang baru menjalaninya belum genap 2 bulan lalu. Saat memutuskan rumah mana yang akan menjadi hunian kami berikutnya, apa saja sih, bahan pertimbangan kami?

Sabtu, 14 Oktober 2017

Tips Manajemen Rumah Agar Pekerjaan Beberes Lebih Mudah


Program One day One Post (ODOP) dari Blogger Muslimah Indonesia belum lagi berjalan separuhnya. Namun saya sudah ngos-ngosan aja ini menjalaninya. Hohoho... Sambil rehat dari postingan untuk mengikuti aneka blog karena sedang jenuh juga, aku mau memenuhi niatanku sendiri di sini ah, untuk menulis artikel mandiri dengan tema seputar perbaikan diri.

Jumat, 13 Oktober 2017

Mudahnya Memilih Paket Wisata Murah di JadiPergi

The World Is a Book and Those Who Do Not Travel Read Only One Page
Berlibur adalah salah satu cara untuk menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari. Liburan juga bisa kita manfaatkan untuk menambah wawasan dan belajar berbagai hal baru. Selain itu, tentu saja juga sebagai cara mendapatkan waktu yang berkualitas bersama keluarga dan orang terdekat.

Kamis, 12 Oktober 2017

Gua Kreo, Menyusuri Perjalanan Menakjubkan Ditemani Para Kera

Pintu masuk Gua Kreo

Baiklah, sesuai janjiku di sini, aku akan melanjutkan cerita perjalananku dari Waduk Jatibarang menuju ke Gua Kreo. Perjalanan ini dimulai dengan menunggu agak lama taksi online yang kami pesan datang. Rupanya, Sang Sopir baru saja diserempet sepeda motor yang dikendarai anak sekolah saat menuju ke lokasi kami. Bemper depannya miring. Dengan sedikit disiasati dibantu Tim SAR yang saat itu sedang berkumpul di dekat tempat kami menunggu, maka kami pun diantar ke Gua Kreo.

Rabu, 11 Oktober 2017

Waduk Jatibarang, Waduk Kebanggaan Kota Semarang

Gerbang Waduk Jatibarang
Hai, Teman-Teman! Tahu tidak kalau Kota Semarang punya waduk? Apa hayo, namanya? Eit, bukan Waduk Gajah Mungkur, ya. Itu kan di Wonogiri. Apa? Waduk UNDIP? Hohoho... Iya. Bagi yang sudah membaca artikelku ini, mestinya sudah pada tahu tentang adanya waduk di kawasan universitas tersebut, ya. Namun, ada lagi satu waduk yang dimiliki Kota Semarang dan memjadi kebanggaan warganya, namanya adalah Waduk Jatibarang.

Selasa, 10 Oktober 2017

Merajut Mimpi Sang Putri, Merangkai Kata Mengejar Cita

Memiliki anak yang menginjak usia remaja itu sebuah tantangan tersendiri. Kebutuhannya akan independensi dan privasi menyeruak kental di usia ini. Kadang menimbulkan friksi yang mewarnai hari. Fiuh, kembali orangtua dituntut memiliki kesabaran yang berbeda. Keluasan hati untuk mengakui kemandiriannya sambil tetap bersedia di garis belakang untuk mengamati dan mengingatkan saat dia mulai salah arah.

Senin, 09 Oktober 2017

Tips Mengatasi Anak Susah Mandi Sesuai Usianya


Siapa di sini yang anaknya susah sekali diajak mandi? Padahal, tinggal di iklim tropis begini menuntut kita untuk rutin mandi 2x sehari. Sehingga kulit menjadi bersih, sehat dan wangi. Namun, rupanya hal itu tidak serta-merta diamini oleh anak-anak. Duh, mengapa ya, begitu? Bagaimana cara mengatasinya?

Jumat, 06 Oktober 2017

BIG, Menata Geospasial Baru untuk Mendukung Ibukota Baru

Sumber: big.go.id


Tahukah Teman-Teman bahwa Pemerintah berencana memindahkan ibukota negara kita ke luar Jawa? Wacana yang sebenarnya sudah bergulir sejak era Presiden Soekarno ini akan segera direalisasikan Pemerintah. Rencana detil pemindahan telah dibahas 3 Juli 2017 lalu.

Rabu, 04 Oktober 2017

Sehat Cerdas untuk Semua dengan Ayam dan Telur

Hai, Ibu-Ibu! Apa nih, bahan makanan favorit keluarga di rumah? Kalau di rumahku, jawabannya adalah ayam dan telur. Dan sepertinya, ini adalah jawaban mayoritas dari para keluarga di Indonesia, ya. Tidak heran, sebagai sumber protein, tentu saja ayam dan telur ini memiliki rasa dan aroma yang gurih menggugah selera dan bisa diolah menjadi beragam menu.

Selasa, 03 Oktober 2017

Yuk, Salurkan Donasimu Melalui Lazis Baiturrahman


Amal jariyah adalah amalan yang manfaatnya dirasakan terus-menerus oleh yang lain. Misalnya, kita menyumbangkan sesuatu untuk kepentingan umum. Selama benda tersebut masih digunakan oleh orang lain, maka pahalanya terus mengalir buat kita, bahkan setelah kita meninggal sekali pun. Walau sudah tidak dapat berbuat apa-apa, namun kita masih mendapatkan curahan pahala akibat sedekah kita.

Senin, 02 Oktober 2017

Jasmerah, Jangan Sekali-Kali Meninggalkan Sejarah


Bulan ini, aku mengikuti program One Day One Post (ODOP) yang diadakan oleh Blogger Muslimah Indonesia. Program ini dibuat sebagai motivasi untuk memperbaiki kualitas blog masing-masing agar semakin kece, semakin original dan semakin meningkat pengunjungnya. One Day One Post (ODOP) bulan ini akan berlangsung selama tanggal 2-31 Oktober 2017. Mohon doanya ya, agar bisa konsisten.

Sabtu, 30 September 2017

Kereta Api Indonesia: Dulu, Kini dan Masa Mendatang

Stasiun Poncol tampak depan (Sumber: dokumen pribadi)
"Enak ya ternyata, keretanya. Rasanya seperti kereta bisnis," komentar kakakku setibanya di rumah kami setelah turun di Stasiun Poncol.
"Lha, memang kamu terakhir naik kereta ekonomi kapan?" tanyaku.
"Nggak pernah. Hehehe.. Aku selalu naik kereta bisnis waktu zaman kuliah dulu," jawab kakakku.

Rabu, 27 September 2017

Berjalan-Jalan Dahulu, Beroleh-Oleh Kemudian. Harus, Gitu?

Bermain bersama teman di Pantai Parangtritis

"Sayang, aku dan anak-anak diajak jalan-jalan ke Parangtritis sama temanku hari ini," begitu laporan Suami pagi-pagi saat masuk rumah dengan wajah berseri-seri.

"Wah, asyik! Jam berapa? Aku siap-siap dulu, ya!" Girangnya hatiku. Inilah salah satu keramahan penduduk di sini terhadap orang yang baru pindah, pikirku.

"Mmm... Anu, Say. Tapi kamu nggak bisa ikut. Nggak cukup kan, mobilnya. Karena dia berangkat sekeluarga juga. Jadi aku maksimal cuma bisa ajak 3 anak. Tanpa kamu," jelas Suamiku.

Minggu, 17 September 2017

Tembalang, Pesona Rayuan Mata dan Lidahnya Bukan Sembarang


Kota Semarang terkenal dibagi dalam 2 bagian, yaitu Semarang Atas dan Semarang Bawah. Hal ini mengacu pada kontur geografis ketinggian dari lokasi Kota Semarang itu sendiri. Sebagiannya berada di dataran rendah, dan sebagiannya berupa dataran tinggi.

Kamis, 31 Agustus 2017

Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Rontok


Sebagai makhluk sosial, tentu kita akan terdorong untuk berinteraksi dan bekerjasama dengan orang lain. Hal ini membuat beberapa orang yang memiliki kesamaan tertentu (misalnya hobi, daerah asal, visi dll) berkumpul berkumpul membentuk komunitas. Dengan bergabung dalam sebuah komunitas, kita bisa menyalurkan bakat, perluas jaringan pertemanan dan memiliki segudang pengalaman bersosialisasi yang dapat membentuk diri kita menjadi lebih kreatif, inovatif dan mandiri.

Senin, 28 Agustus 2017

Ini 6 Alasan Kamu Memilih Tempat Hangout

Sumber: lazone.id
Mobilitas masyarakat yang semakin tinggi, mengantarkan maraknya dibuka berbagai jenis café dan restoran. Café dan restoran inilah yang dijadikan sebagai tempat singgah sementara di tengah kesibukan beraktivitas atau pun sebagai tempat berekreasi di akhir pekan. Nongkrong alias hangout, istilahnya.

Rabu, 23 Agustus 2017

Kopi dan Batik, Oleh-Oleh Khas Indonesia


Tahukah Anda bahwa Indonesia memiliki beraneka jenis kopi unggulan dengan ciri khasnya masing-masing? Kenikmatan kopi Indonesia yang beragam ini sudah banyak diakui oleh dunia. Masing-masing jenis kopi khas suatu daerah memiliki karakteristik unik yang membedakan satu dengan lainnya. Baik dari sisi kekentalan, keasaman maupun citarasanya. Hal ini ditentukan oleh faktor alam seperti jenis tanah, tinggi tanah dari permukaan laut, varietas kopi, serta faktor manusia seperti metode penanaman, pemrosesan dan lama penyimpanan. Inilah beberapa karakter kopi unggulan Indonesia menurut daerahnya masing-masing.

Gayo

Citarasa kopi dari Aceh ini memiliki tingkat intensitas aroma yang harum dan gurih dengan kekentalan yang kuat. Rasa pahitnya tidak tertinggal di lidah, sehingga nyaris tidak terasa pada kopi ini. Selain itu, rasanya juga tidak sepat dengan tingkat keasaman yang ringan hingga sedang.

Mandailing

Kopi Sumatera memiliki citarasa yang berat. Bisa dikatakan paling berat dan kompleks di antara jenis-jenis kopi yang ada di dunia. Beberapa ahli kopi mengatakan kopi Sumatera memiliki citarasa unik dengan karakteristik aroma tanah, tembakau dan rempah. Kopi Sumatera memiliki tekstur halus dan berbau tajam dengan tingkat keasaman yang rendah.

Jawa

Walau Kopi Jawa citarasa dan aromanya tidak sekuat jenis kopi dari daerah lain, namun kopi ini memberikan pengalaman yang unik dan berbeda karena aroma rempahnya yang tipis dan mirip cokelat, kacang atau herba. Tingkat keasaman kopi ini juga rendah.

Kintamani

Kopi Kintamani berasal dari Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Merupakan salah satu dari tiga kopi Indonesia yang telah mendapat sertifikat Indikasi Geografis Unik. Keunikan Kopi Kintamani terletak pada sensasi rasa buah-buahan yang asam dan segar. Hal ini disebabkan kopi di daerah ini ditanam secara  tumpang sari bersama dengan tanaman lain, seperti jeruk dan sayuran. Selain itu, kopi ini memiliki citarasa yang lembut dengan tingkat keasaman sedang.

Toraja

Meskipun sering disebut bercitarasa mirip dengan kopi Sumatera, namun kopi Toraja memiliki ciri sendiri. yang tentunya berbeda. Rasa tanah yang kuat dengan sensasi cokelat, caramel atau herbal. Kadar asam sedang membuatnya diminati pasar penyuka kopi asam.

Flores

Kopi Flores Bajawa memiliki aroma dan rasa yang tahan lama dibanding dengan kopi lainnya. Kopi ini memiliki tingkat keasaman yang tinggi dengan rasa cokelat, buah atau kayu plus sedikit aroma sitrus dan bau tembakau di belakang. Sebuah keunikan yang mungkin tak didapatkan dari biji kopi yang berasal dari daerah lain.

Karena keunikan dan kualitasnya, maka kopi-kopi di Indonesia sangat layak dijadikan sebagai salah satu alternatif oleh oleh khas Indonesia, di samping batik yang memang sudah terkenal di dunia sebagai kebudayaan warisan milik Indonesia.

Bicara tentang kopi dan batik Indonesia, kedua produk ini bisa kita dapatkan di situs resmi Batik Keris, lho. Ya, Batik Keris yang merupakan sebuah label produk batik terkenal sejak dulu ini sekarang bisa kita akses koleksinya melalui internet. Aku ingat betul bagaimana Batik Keris ini merupakan sebuah citra batik yang berkelas dalam benakku sejak kecil dulu. Produk-produknya yang dikenakan oleh banyak model ternama selalu menghiasi halaman utama dalam majalah wanita langganan Bundaku. Di situs ini, kita bisa menemukan beragam model pakaian batik untuk pria maupun wanita. Baik untuk kesempatan santai maupun formal. Selain, tentu saja, berbagai pilihan oleh-oleh khas Indonesia seperti aneka jenis kopi, dalam bentuk biji maupun bubuk, dari seluruh penjuru Nusantara yang menyajikan keunikannya masing-masing.

Oleh-oleh khas Indonesia? Kunjungi Batik Keris Online saja!


Rabu, 16 Agustus 2017

Federal Matic, Revolusi Dingin Tiada Tanding!


Hai, Teman-Teman! Kali ini kita ngobrol tentang sepeda motor, yuk! Apakah kamu pengguna sepeda motor? Kemungkinan besarnya, iya kan? Karena memang sekarang pengendara sepeda motor sudah sedemikian menjamur di jagat Indonesia ini. Apa lagi jika kamu tinggal di kota besar. Karena lebih dari 70% pengguna sepeda motor berada di kota besar dengan dominasi lalu lintas yang padat.

Sabtu, 29 Juli 2017

Festival Pasir Raksasa Hingga Lumpur yang Sayang Dilewatkan jika Ke Korea Selatan


Dilansir dari CNN Indonesia, Korea Tourism Organization (KTO) menyebutkan bahwa 17,2 juta orang wisatawan mancanegara telah berkunjung ke Korea Selatan sepanjang 2016. Dan, masyarakat Indonesia berada di  peringkat ke-9 untuk wisatawan mancanegara yang berlibur ke Korea Selatan.  Jumlah masyarakat Indonesia yang berlibur di tahun 2016 saja tercatat 295.462 jiwa.

Tingginya minat wisatawan dari Indonesia salah satunya karena harga tiket yang cukup terjangkau. Info tiket pesawat dari Jakarta ke Seoul bisa kamu temukan mudah di layanan- layanan online. Rata-rata harga tiket pesawat dari Jakarta ke Seol mulai dari Rp1.899.000 hingga Rp2.746.548,-

Saat berkunjung ke Korea Selatan sempatkan diri kamu untuk ikut serta pada acara festival-festival seru dan popular seperti di bawah ini, di antaranya:



1.  Festival Lumpur Boryeong (Boryeong Mud Festival)

Banyak perusahaan kosmetik yang menjadikan lumpur dari gunung vulkanik atau laut mati untuk dijadikan bahan kosmetik atau masker karena bermanfaat untuk kecantikan. Harganya pun relatif tinggi dibandingkan harga masker-masker biasa. Tapi di Korea Selatan, kamu bisa menggunakan lumpur sebanyak-banyaknya lho! Tanpa dipungut biaya.

Asalkan, kamu datang saat Festival Lumpur Boryeong yang diselenggarakan  tanggal 21 – 30 Juli 2017 . Festival ini sudah berlangsung sejak tahun 1977 dan tetap diselenggarakan hingga saat ini. Bahkan pengunjungnya pun tak hanya warga lokal melainkan wisatawan mancanegara pun ikut meramaikan Festival Lumpur Boryeong.

Festival Lumpur Boryeong diadakan di daerah yang bernama Boryeong. Awalnya, festival ini diselenggarakan untuk memasarkan kosmetik produksi dari Boryeong. Khususnya produksi kosmetik lumpur yang kaya akan mineral. Namun, setelah melihat antusias dari warga sekitar dan para turis, Festival Lumpur Boryeong rutin diadakan tiap tahun.

Selama Sembilan hari Festival Lumpur Boryeong digelar, kamu bisa mengikuti beberapa rangkaian acaranya seperti Mud Self Massage Zone, Mud Pool Side, Mud Love Love, Lari Marathon 10 km, Kompetisi Gulat Lumpur, parade festival, cat tubuh dengan lumpur  dan puncak acaranya Giant Mud Bath. Untuk tahun ini, pembukan Festival Lumpur Boryeong akan dibuka oleh penyanyi PSY dan IU.



2.  Festival Kunang- Kunang Muju (Muju Firefly Festival)

Mitos di Indonesia, kunang-kunang merupakan kukunya orang mati yang sudah meninggal.  Namun, di Korea Selatan persisnya di Kota Muju Provinsi Jeolla Utara, kunang-kunang dijadikan festival.  Sejak tahun 1977,  Muju Firefly festival menjadi festival terbaik. Muju Firefly Festival diadakan setiap bulan Juni dengan tujuan untuk mengingat keberadaan dan melestarikan kunang-kunang. 


Festival Kunang-Kunang Muju pun dijadikan salah satu festival budaya tahun 2012 oleh Departemen Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata, Korea.  Hal ini dikarenakan, di Korea  tidak sembarangan tempat terdapat kunang-kunang. Kunang-kunang hanya dapat ditemukan di sungai Namdaechong Muju.

Daerah Muju memiliki iklim yang dipengaruhi oleh pegunungan di sekitarnya dan menyebabkan suhu antara siang dan malam berbeda. Suhu tertinggi yang pernah terjadi di daerah Muju mencapai 35 derajat celcius.  Daerah Muju pun memiliki Namdae Stream yang memiliki aliran cabang dari sungai Geum. Hal-hal inilah yang menyebabkan daerah Muju seolah berkah bagi warga sekitarnya. Belum lagi setiap tahunnya para wisatawan mancanegara pun selalu menyempatkan untuk berwisata ke daerah tersebut.

Kegiatan yang paling banyak dinantikan yakni saat para pengunjung diperbolehkan untuk mengamati dan memberi makan kunang-kunang.  Saat acara  Festival Kunang-Kunang, kamu pun bisa menyusuti Seopdari atau jembatan bersejarah di Namdae Stream. Acara ini pun telah menjadi andalan sejak tahun 2006. Seopdari merupakan jembatan yang dibangun dari awal musim dingin hingga musim panas dan  terbuat dari cabang-cabang pinus serta kayu lumpur. Tak hanya itu, masih di tempat yang sama, setiap malamnya Anda bisa merasakan kemeriahan dengan adanya kembang api tradisional atau Nakhwanori ataupun menyaksikan upacara tradisional leluhur (Didilbanga Aekmmaginori). Acara ini pun berhasil mendapatkan penghargaan dari Ministry of Cultural Award ke-41.



3.  Festival Pasir Korea (Heundae Sand Festival)

Terakhir festival yang paling popular yakni Heundae Sand Festival. Festival ini digelar saat musim panas pada bulan Juni hingga Agustus. Sesuai dengan namanya, Festival Pasir Korea diadakan di Heundae, pantai poluler di Korea Selatan yang memiliki pasir putih nan indah. Pantai Heundae berada di antara bukit Dalmaji dan Pulau Dongbaekseom, Kota Busan, Korea Selatan.

Heundae Sand Festival merupakan ajang internasional . Pasalnya, di ajang ini, kamu bisa melihat karya dari para seniman kreatif yang membuat karya luar biasa yang berasal dari pasir. Berbagai karakter terkenal dari Korea dibuat dalam bentuk pasir dan diberikan efek cahaya tertentu. Bahkan, pengunjung pun bisa masuk ke dalamnya.

Nah, pastikan ketiga festival di atas masuk di dalam itinerary kamu ke Korea Selatan. Saat mengunjungi banyak objek wisata, kamu juga harus memastikan akomodasi di setiap daerah yang akan kamu kunjungi. Misalkan saat akan melihat Heundae Sand Festival mungkin kamu akan mencari penginapan sekitaran Busan. Untuk mencari penginapan saat kamu pergi ke Korea Selatan, agar lebih mudah kamu bisa booking hotel online murah dan mudah hanya di Reservasi.com kapan saja dan di mana saja pun kamu bisa memesan hotel sesuai dengan yang diinginkan.

Senin, 10 Juli 2017

Diary Ramadhan Penuh Berkah 2017


Ramadhan Penuh Berkah Bersama Abutours & Travel

Hai, Sahabat! Bagaimana pengalamanmu selama Bulan Ramadhan tahun ini? Adakah kisah menarik di baliknya? Katanya, Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Dan aku bersyukur merasakan berkah Ramadhan di tahun ini. Semoga Anda juga mengalaminya, ya. Mau tahu apa saja kebaikan yang kudapatkan pada Ramadhan kali ini? Tentu saja, jika disebutkan, akan sangat banyak. Namun aku akan menceritakan 3 diantaranya.


Rabu, 05 Juli 2017

Kehidupan Keluarga Kami Sebagai Cyber Family

Jika bicara tentang kehidupan dunia maya, bisa dibilang keluarga kami adalah contoh nyata apa yang disebut Cyber Family. Bagaimana tidak? Karena selama belasan tahun ini kami melakukan sebagian besar aktivitas kami menggunakan fasilitas internet. Berbelanja, belajar, bekerja, berbisnis maupun berekreasi. Semua kebutuhan ini bisa kami penuhi langsung dari rumah.

Senin, 26 Juni 2017

[Resep Kue Kering] Rocky Road Cookies

Assalaamualaikum, Teman-Teman! Bagaimana kalian sekeluarga mengisi Hari Raya Idul Fitri kali ini? Mudik ke rumah orangtua? Berkunjung ke sanak keluarga? Berkeliling menemui para tetangga? Berlibur ke tempat rekreasi bersama anak-anak? Atau di rumah saja?

Bahan Bumbu Rendang Jawa Nan Sederhana dan Praktis

Selamat merayakan Idul Fitri 1438 Hijriyah, ya! Taqabbalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima amal kami dan amal kalian di Bulan Ramadan tahun ini yang baru saja berlalu. Bagaimana suasana hari raya di sana? Kemungkinan, tidak jauh-jauh dari ketupat, opor dan rendang, kan? Eh, itu sih, kebiasaan di daerah sini ya? Di sekitar wilayah Jabodetabek tempat aku sekarang tinggal, biasanya ketiga menu itulah yang menghias meja makan di saat hari raya Idul Fitri telah tiba.